1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mengungkap Mitos Paru-Paru Basah

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by molenjawa, Jul 17, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. molenjawa M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 28, 2010
    Messages:
    2,174
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,632 / -0
    [​IMG]

    Bagi kalangan medis, sebenarnya istilah ini lucu. Semua Paru-paru selalu basah karena dibasahi oleh darah. Sesuai fungsinya, paru-paru adalah tempat pertukaran O2 dengan CO2 oleh Hemoglobin yang berada dalam sel-sel darah merah. Oleh karena itu wajar kalo paru-paru selalu basah, dan tidak pernah ada paru-paru kering, kecuali tentunya orang mati.


    Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud paru-paru basah?
    Paru-paru basah sebenarnya adalah Effusi pleura, yaitu keadaan dimana rongga pleura seseorang terisi cairan berlebih. Rongga pleura adalah suatu rongga yang menyelimuti paru-paru. Normalnya terisi sedikit cairan yang berfungsi sebagai pelumas pada waktu paru-paru mengembang dan mengempis saat bernafas sehingga tidak terjadi gesekan yang menyakitkan. Cairan ini di produksi dan diserap dalam jumlah yang sama sehingga jumlahnya akan selalu tetap.


    Pada efusi pleura, terjadi penumpukan cairan di rongga pleura. Hal ini bisa terjadi karena jumlah produksi yang meningkat atau jumlah penyerapannya berkurang. Sehingga terjadi kelebihan cairan di rongga tersebut. Penyebab penimbunan cairan ini bisa bermacam-macam. Antara lain infeksi, baik infeksi spesifik yang biasanya disebabkan oleh kuman TB (Tuberculosis), maupun infeksi non spesifik yang disebabkan oleh kuman atau jasad renik selain TB.


    Selain infeksi bisa juga disebabkan oleh kanker baik kanker di paru (ini yang terbanyak) maupun kanker di luar paru yang sudah menyebar (metastase) ke paru. Penyakit auto imun juga bisa menyebabkan penumpukan cairan ini. Selain itu penyakit-penyakit diluar paru juga bisa menyebabkan efusi pleura. Antara lain penyakit gagal jantung, gagal ginjal dan gagal hati / liver. Dimana pada penyakit-penyakit diluar paru tersebut biasanya selain ada efusi pleura juga disertai dengan bengkak di bagian lain tubuh seperti bengkak di tungkai, di wajah dan di perut (ascites).

    Jadi, penyebab paru-paru basah bukanlah udara malam yang terserap saat bernafas karena tidur di malam hari. Tidur di luar ruangan, apalagi kondisi dingin, dilantai alias tidak memakai alas dan ditambah tidak memakai pakaian tebal, akan menurunkan fitalitas tubuh. Nah, saat fitalitas tubuh menurun inilah penyakit menyerang atau jika sudah terkena menjadi semakin parah.

    Sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Kite M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    589
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +516 / -0
    apakah efusi pleura itu sama dengan edema paru?
     
  4. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,266 / -0
    Tidak sama.
    Efusi pleura = rongga pleura yang terisi oleh cairan. Paru-parunya sendiri gpp.
    Edema paru = pembuluh darah yang lewat di dalam jaringan paru2 terisi darah berlebihan akibat darahnya gak bisa lewat. Rongga pleuranya gpp.

    Analoginya: rongga pleura tuh seperti ruang antara kulit kacang rebus dan lapisan di luar kacang, sedangkan paru2 itu kacang yg sudah dikupas.
     
    • Like Like x 1
  5. 1nuy45h4 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    272
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +24 / -0
    apakah ada obat gak ya yang langsung menyembuhkan penyakit paru-paru basah nggak yah. ? :???:
     
  6. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,266 / -0
    Kayanya nggak. Karena efusi pleura adalah tanda klinis, yang biasanya disebabkan oleh penyakit lain.
    Kayanya dengan mengatasi penyakit yang mendasari itulah cara mengatasi paru2 basah.
     
  7. Kite M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    589
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +516 / -0
    apa tidak ada jalan untuk mengeluarkan cairan berlebih dlm pleura?
    soalnya kalau setelah penyakit dasarnya hilang (misal bakteri), penumpukan cairan tetap ada kan?
     
  8. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,266 / -0
    Tergantung jumlah cairan.
    Kalo misalnya cuma dikit, setelah penyakit dasar hilang, cairan bisa terserap sendiri.
    Tapi kalo sampe banyak sekali cairannya, sampe orangnya sesak banget, mungkin dilakukan penyedotan cairan pleura.
    Kalo gak salah namanya pleurocentesis.
    Sekalian cairannya dianalisis di lab biar ketauan kira2 penyebabnya apa.
     
  9. rozaq M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    576
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,348 / -0
    uhm gitu...

    jadi bener dumz kalau para tetuah bilang jangan tidur tanpa alas karena bisa berakibat paru2 basah...
     
  10. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,266 / -0
    Wah, mungkin itu mitos saja kk.
    Karena efusi pleura itu lebih kompleks...
    Mungkin maksudnya jangan tidur tanpa alas, takut kedinginan, nanti kasihan saluran napasnya (alias paru2nya), karena lebih mudah kena infeksi.

    *itupun hubungannya mesti dicari2 karena agak jauh.
     
  11. rajirukun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 23, 2010
    Messages:
    685
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +65 / -0
    wah mesti lebih ati2 lagi nih
    walaupun tidur tanpa alas itu mitos tapi hindari aja lebih baik
     
  12. forcefox M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    612
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,185 / -0
    bener juga...Memang fungsi paru-paru itu memang harus dalam basah tapi dengan darah...
    Berarti kalo penyakit gara-gara sering tidur malam itu apa donk, sesak2 begitu//?
     
  13. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,093
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,266 / -0
    Itu mungkin alergi dingin atau sedang infeksi saluran napas atas.
     
  14. blink_i2 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 16, 2010
    Messages:
    28
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    kl naik mtr tanpa pelindung dada jg potensinya besar kena paru2 basah
     
  15. fokus Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    perlu dilakukan penyedotan pleura tuh kayaknya bro kl udah sampe banyak gitu cairannya
     
  16. simomone M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 27, 2009
    Messages:
    3,523
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +37,187 / -0
    dulu waktu kecil pernah kena paru2 basah gara2 dibonceng pake sepeda motor di depan tiap pagi pas mau ke sekolah..

    untung sekarang udah sembuh total..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.