1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Legend/Myth Mengungkap Misteri Suku Dagon dan CIncin Saturnus

Discussion in 'History and Culture' started by HcDohl, May 25, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. HcDohl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    1,125
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +984 / -0
    Sorry kalo :repost:, gua langsung tutup thread

    Suku Dogon merupakan salah satu suku kuno Afrika. Dahulu mereka hanya dikenal sebagai salah satu penghuni benua Afrika, tapi pengetahuan mereka tentang kosmologi telah membuat peradaban mereka menjadi misteri.

    Sesuatu yang jauh di luar jangkauan peradaban manusia purba telah mereka lakukan. Inilah misteri tentang Suku Dogon dan bintang Sirius.

    Awal Mula Misteri Suku Dogon Suku Dogon sebagai salah satu suku yang mendiami pedalaman Afrika Barat Prancis (pada awal abad ke-20, semua daerah Afrika barat menjadi milik Prancis, sehingga dikenal dengan Afrika Barat Prancis). Suku Dogon bukanlah suku yang suka mengumbar tentang kebudayaan mereka dan pengetahuan mereka ke hadapan publik.

    [​IMG]

    Awal mula pengetahuan rahasia mereka terkuak, dimulai ketika seorang ahli Antropologi dari Prancis menghabiskan 16 tahun dari masa hidupnya untuk mempelajari kebudayaan Suku Dogon.

    Marcel Griaule adalah ahli antropologi berkebangsaan Prancis yang menghabiskan 19 tahun untuk mempelajari kebudayaan Afrika. Dari 19 tahun tersebut, 16 tahun di antaranya digunakan untuk mempelajari secara khusus tentang kebudayaan suku Dogon. Dari sinilah misteri tentang secret knowledge of Dogon’s mulai lebih dipertanyakan publik.

    Pengetahuan Rahasia Suku Dogon Tepat pada tahun 1947 ketika Marcel telah 16 tahun berada di tengah-tengah suku Dogon, Marcel didekati oleh para tetua-tetua suku. Para tetua-tetua suku kemudian mengatakan kepadanya jika mereka akan menceritakan kepadanya tentang pengetahuan rahasia suku Dogon.

    Pengetahuan yang bahkan oleh sebagaian besar masyarakat suku Dogon tidak tahu. Mereka menganggap Marcel telah terlalu lama menaruh minat terhadap mereka, sehingga mereka merasa layak untuk memberikan penghormatan kepada Marcel dengan menceritakan sesuatu dari suku mereka yang sangt rahasia.

    Pada hari itu juga adalah pertama kali suku Dogon menceritakan pengetahuan rahasia mereka kepada orang luar dengan cara yang sudah menjadi tradisi mereka secara turun-temurun dari generasi ke generasi mereka. Menceritakan semua pengetahuan tentang alam, suku, bahkan kepercayaan mereka secara lisan, tidak ada surat-surat kuno untuk dibacakan, hanya secara lisan.

    Cincin Saturnus Dari semua hal yang diceritakan para tetua suku Dogon kepada mereka, salah satu hal yang paling menarik adalah pengetahuan mereka tentang kosmologi. Mereka menceritakan bahwa permukaan bulan sungguh kering dan tandus, menceritakan tentang Saturnus sebagai planet yang memiliki cincin, menceritakan tentang Jupiter (yang mereka sebut Dana Tolo) sebagai planet yang memiliki empat bulan (satelit) besar.

    Mereka juga sudah tahu jika galaksi kita, galaksi Bima Sakti adalah galaksi bintang yang berbentuk spiral, dan mereka juga sudah tahu jika planet-planet dalam galaksi ini bergerak dalam orbit elips mengelilingi matahari. Dari kisah inilah juga diketahui jika suku Dogon memiliki penghormatan khusus untuk bintang Sirius. Mereka tahu jika bintang yang selalu bersinar paling terang di malam hari ini sebenarnya bukan hanya satu, tetapi terdiri dari 2 bintang kembar.

    Mereka kemudian melanjutkan deskripsi mereka tentang bintang sirius dengan panjang lebar. Bintang paling terang yang biasa kita lihat adalah bintang Sirius A, merupakan bintang paling besar sekaligus yang paling terang dari 2 bintang kembar tersebut, yang disebut suku Dogon sebagai ’Sigi Tolo’.

    Bintang sirius A ini diorbit oleh bintang yang lebih kecil dari sirius A, sirius B yang oleh suku Dogon disebut Po Tolo atau juga dikenal degan Digitaria. Suku Dogon percaya jika bintang kecil ini adalah benda yang paling berat di alam semesta karena terbuat dari sebuah bahan metal yang mereka sebut Sagala.

    Bintang Po Tolo ini akan mengorbit Sigi Tolo setiap 50 tahun dalam sebuah orbit elips. Suku Dogon juga mengklaim jika ada bintang ketiga dalam sistem bintang ini yaitu, emme ya, yang berarti matahari para wanita.

    Bintang ini dideskripsikan sebagai bintang yang memiliki berat 4 kali lebih ringan daripada Po Tolo, bergerak ke arah yang sama di dekat Sigi Tolo tapi dengan orbit yang lebih besar. Emme ya dikatakan memiliki satelit atau planet sendiri yang disebut Goatherd (gembala kambing) atauthe star of women (bintang para wanita).
    Semua ini tergambar dalam topeng sigui tua yang berumur 400 tahun yang mewakili kosmologi. Semua pengetahuan di atas dideskripsikan dari pengetahuan rahasia suku Dogon kepada Marcel.

    Mereka mengklaim semua pengetahuan di atas adalah pengetahuan turun-temurun. Mereka percaya bahwa semua pengetahuan di atas berawal ketika sekitar 5.000 tahun lalu, sebuah kapal dewa datang bersamaan dengan munculnya api dan guntur.

    Kapal itu membawa para Nommo, dewa yang digambarkan bisa hidup di darat dan air dan berwujud setengah ikan. Para Nommo inilah yang dipercaya para tetua suku Dogon telah mendirikan peradaban suku Dogon sekaligus mewarisi pengetahuan tentang kosmologi di atas dan mengenai surga.

    [​IMG]
    Bintang Sirius A dan Sirius B, diambil dari teleskop Hubble
    [​IMG]
    Bintang Sirius A dan Sirius B, diambil dengan teleskop x-ray

    Makalah Marcel Griaule mengenai Dogon yang ditulis bersama rekannya, Germaine Dieterlen, dipulikasikan pada tahun 1950. Makalah itu disebut A Sudanese Sirius System.

    Marcel kemudian meninggal di Paris pada tahun 1956 karena serangan jantung. Ketika Marcel Griaule meninggal, suku Dogon juga mengadakan upacara khusus bagi orang mati sebagai tanda penghargaan yang tertinggi bagi pria ini dari suku Dogon. Pada tahun 1965 kemudian, sebuah buku mengenai Dogon oleh Marcel dan Dieterlen diterbitkan. Buku tersebut dinamakan Le Renard Pale atau The Pale Fox.

    Kosmologi Versi Modern Kita semua tahu bahwa bulan kering dan tandus, apalagi sejak hebohnya pendaratan pertama manusia di bulan. Kita juga tahu jika planet Saturnus memiliki cincin dan Jupiter memiliki 4 bulan (satelit) raksasa, tapi berapa banyak dari Anda yang tahu jika bintang yang selalu terlihat terang pada malam hari terdiri dari 2 bintang kembar?

    Bintang sirius A memang dapat dilihat dengan mata telanjang, tapi bintang sirius B tidak akan kelihatan dengan mata telanjang. Bintang sirius B baru ditemukan sains modern pada tahun 1862 oleh Alvan Graham Clark.

    Pada tahun 1920, di Mount Wilson Observatory, para ilmuwan baru mampu meneliti jika bintang sirius B ternyata 10.000 kali lebih redup dari bintang sirius A. Pada saat yang sama juga diperoleh kesimpulan jika massa bintang sirius B yang begitu berat telah menyebabkan orbit dari bintang sirius B menjadi bergelombang.

    Sains modern juga telah mampu menjelaskan tentang orbit Sirius B, tapi dengan lebih detail. Menurut sains modern, bintang sirius A dan Sirius B akan berdekatan setiap 49,9 tahun sekali dan menciptakan suatu badai megnet yang besar di antara mereka.

    Saat badai magnet besar ini terjadi, bintang sirius A dan sirius B akan berputar dengan sangat cepat. Ksomologi versi sains modern menurut saya lebih terkesan hanya melengkapi pengetahuan kosmologi suku Dogon. Seperti kata para pengagum noetic science, “Today’s science was not so much making ‘discoveries’ as it was making ‘rediscoveries’.”

    Robert Temple dan Misteri Sirius Robert Temple merupakan salah satu anggota dari Royal Astronomical Society sekaligus penulis buku. Pada tahun 1966, Robert Temple mempelajari buku dari Marcel Griaule dan Germaine Dieterlen, le Renard Pale.

    Robert kemudian menjadi lebih penasaran tentang bagaimana mungkin suku Dogon yang terisolasi ini bisa mengetahui tentang bintang sirius B yang tidak terlihat oleh mata telanjang serta sistem bintang sirius itu sendiri tanpa teleskop.

    Robert Temple kemudian melakukan inestigasinya untuk menelusuri kemungkinan lain jika pengetahuan mereka telah diwarisi oleh peradaban suku lain. Robert Temple akhirnya menuangkan kesimpulannya bahwa suku Dogon mungkin telah didatangi oleh para alien pada masa dahulu.

    Fenomena astronot kuno memang hingga kini juga menjadi misteri tersendiri. Tidak banyak yang yakin, tetapi begitu banyak bukti yang mendukung.

    Bantu Ts nya dong dgn memberi cendol hijo-hijo :maaf:....


    Code:
    http://www.whooila.com/2011/02/mengungkap-misteri-suku-dagon-dan.html
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. gegege M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    729
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +419 / -0
    wah,, sama kayak orang aztec ya...?
     
  4. diabetes M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 19, 2011
    Messages:
    3,327
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +9,944 / -7
    tuh bajunya baju masa depan y:???:
     
  5. LoveHeart M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 23, 2010
    Messages:
    430
    Trophy Points:
    72
    Ratings:
    +2,108 / -0
    waduh ini suku pedalaman afrika, tapi dah maju bener dibidang ilmu pengetahuan nya...
    Yang jadi pertanyaan gw selama ini, mereka itu bisa tw semua hal ini murni dari sains ato ada campuran supranatural yah? kan biasa nya kl orang2 pedalaman macam ini sangat kental banget sama yg nama nya kekuatan gaib2 gitu
     
  6. 1c4ru5 Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 9, 2010
    Messages:
    6,665
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +5,886 / -1
    aztec kyk maya itu sama2 ahli astrologi biasanya
    krn pd umumnya bangsa indian yang besar pandai astrologi tp ada keunikkan tersendiri
    tp gw rasa kok foto dagon/dogon itu kek hoax ya :swt:
     
  7. kensai1986 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +4 / -0
    wew...
    menurut sejarah peradaban paling maju itu di cina, sebab mereka banyak menuliskan catatan2...
    kalau peradaban lain kebanyakan di ukir di batu, jadi kalau ada penemuan apa2 agak kurang terlihat.
     
  8. pemantau Members

    Offline

    Joined:
    May 31, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    keren, jangan2 suku dagon pernah kebulan tapi gak bilang..
     
  9. DjakartaSoera M V U

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    May 16, 2011
    Messages:
    49,763
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +8,251 / -2
    Keren kebudayaan yg terbilang cukup maju:top:
     
  10. arisabifatih Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 30, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +2 / -0
    Coba tarik kesimpulan gan dari suku suku di Dunia ini ada benang merahnya ilmu pengetahuan tentang astronomi baik itu di afrika asia maupun amerika hampir sama semua tentang cara pandang astronominya.
     
  11. goz_275 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 9, 2012
    Messages:
    286
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +38 / -0
    kayaknya sih semua suku di dunia pas jaman dulu didatengin alien ye??
    apa dulu ada alien dateng ke bumi naek pesawat terus pesawatnya di jarah manusia bumi trus dipake buat kabur ke luar angkasa??
    terlalu banyak misteri,,
     
  12. keplexxx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 28, 2012
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    mungkin suku mereka ya yang pertamakali ke bulann ?????????????
     
  13. nove711 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    44
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    ini akan menjadi sebuah kisah tentang alien lagi sepertinya
     
  14. diabetes M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 19, 2011
    Messages:
    3,327
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +9,944 / -7
    kok kayaknya baru denger nama neh suku ya :bloon:
     
  15. hro M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 22, 2010
    Messages:
    554
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +39 / -0
    diseluruh belahan dunia bilangnya pernah didatengin makhluk dari atas atau keturunannya....
    perkataan jujur atau cuma legenda turun temurun yak....?

    haduuuhh...gw kudu rajin2 ibadah nih biar masuk surga...
    jadi bisa minta pengetahuan tentang semua misteri yang gw tau dan belum tau....:hehe:
     
  16. bar0n M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 13, 2010
    Messages:
    1,286
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +1,119 / -0
    Cuma satu yg bikin gw bingung,
    Kl emang suku ini dulunya udah maju pengetahuannya (paling ga lebih maju daripada suku/bangsa lain) kenapa sekarang mereka tidak berkembang menjadi bangsa yg paling maju?? Padahal mereka kan udah unggul startnya daripada bangsa2 lain
     
  17. Akatsuki_Rolan40 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 22, 2009
    Messages:
    18,276
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +108,881 / -1
    Kyanya ampir semua suku2 d peradaban masa lalu pd d datengin makhluk asing yah...
    Apa gara2 makhluk asing lbih tertarik ama suku2 d peradaban masa lalu...
    Sdangkan yg skrng udah g menarik lg...
     
  18. bujin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    113
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    keren ya, disaat manusia pada belum tau, mereka udah tau duluan
    mungkin karna manusia jaman dulu masi pada belum ngerti, makannya alien berani muncul kali n ngasi tau
     
  19. nanoezzy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2011
    Messages:
    46
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    orang-orang suku emang malah hebat ya gak perlu alat canggih buat neliti luar angkasa
     
  20. cempee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 11, 2009
    Messages:
    1,620
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,956 / -0
    kenapa pasti sirius ya ? :bloon:
    itu topengnya kaya pernah liat :haha:

    kalau menurut Ts itu cuma cerita atau ada sebuah bukti yang menunjukkan kalu mereka tau tentang astronomi ?
     
    • Like Like x 1
  21. daelorang M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 29, 2012
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +32 / -0
    ternyata masih banyak misteri dari peradaban kuno,,kirain cuma peradaban aztec dan mesir doang yang fenomenal,,ternyata masih ada peradaban yang juga fenomenal, yaitu suku dogon ,,gimana caranya coba bisa mempelajari ilmu pengetahuan yang sebelum nya masih belum di ketahui kebenaranya ,dan baru bisa di buktikan oleh para ilmuan beberapa tahun setelahnya ,,ampe dihubung2 kan dengan alien,,kayaknya semakin tinggi dah kemungkinan alien pernah dateng ke bumi,kalau bener alien pernah dateng k bumi,,kenapa pada zaman peradaban kuno ya ??bukan pada saat sekarang,.padahal menurut gua jika dateng ny sekarang ,saat ilmu pengetahuan semakin maju,pasti bisa membantu menjawab setiap misteri di bumi ini..dan juga akan mempengaruhi perkembangan teknologi saat ini.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.