1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

menghindari bosan dengan pasangan dalam rumah tangga

Discussion in 'Parenting and Pregnancy' started by endarmora, Nov 24, 2017.

  1. endarmora Members

    Offline

    Joined:
    Nov 18, 2017
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2 / -0
    Menghindari bosan dengan pasangan dalam rumah tangga harus dilakukan setiap pasangan. Mengingat bosan dengan pasangan dalam berumah tangga adalah hal yang wajar. Artinya bahwa se istimewa apa pun pasangan hidup Anda, pasti punya kekurangan. Meskipun sering ditimpa kebosanan, kita harus pandai pandai dalam menghindari kebosanan dalam rumah tangga dengan cara yang benar. Rumah tangga yang dihinggapi rasa kebosanan biasanya diwarnai dengan sikap yang serba tidak maksimal. Suami tidak maksimal mengelola diri dan memimpin rumah tangga sehingga berimbas kepada sikap istri yang juga tidak maksimal dalam melayani suami dan juga anak-anak. Bisa jadi hal tidak maksimal mengekspresikan rasa cinta kasihnya. Akibatnya bisa muncul ketegangan atau bahkan sikap apatis, suami-istri berjalan sendiri-sendiri mengikuti idealisme masing-masing.
    [​IMG]

    Rasa bosan dengan pasangan dalam berumah tangga berkaitan dengan faktor internal dan eksternal. Faktor internal, rasa bosan suami atau istri berkaitan dengan apresiasi dirinya terhadap kondisi rumah tangganya. Seperti ketika seorang suami melihat keadaan rumah yang tidak rapi setiap kali pulang kerja. Atau istri mendapati suami pulang kerja dengan setumpuk permasalahan kantor yang kemudian menjadi pekerjaan rumah yang mengganggu istri.

    Secara eksternal, yaitu sebab-sebab munculnya rasa bosan berasal dari hal-hal di luar diri. Seperti mungkin saatnya untuk mengganti warna cat rumah dengan warna yang lebih segar. Atau mungkin sudah saatnya mencoba menu makanan baru atau mengganti penampilan

    Penyebab bosan dengan pasangan dalam rumah tangga:
    Sering melakukan kesalahan berulang-ulang. Mungkin saja istri memasak terlalu asin dan terjadi berulang kali untuk masakan kesukaan suami atau istri kembali memakai baju warna gelap yang tidak disukai suami. Dengan seringnya terjadi kesalahan maka akibatnya, Anda berdua merasa bosan dengan keadaan yang terus berulang yang tidak anda sukai.

    [​IMG]
    Beban yang anda pikul memang berat dan tidak pernah henti.
    Mungkin istri beraktivitas terlalu banyak di luar rumah sehingga ketika sampai di rumah menginginkan suasana yang sedikit santai untuk mengendorkan urat saraf, sementara suami datang dengan permasalahan kantor dan tuntutan pelayanan dari istri. Atau mungkin juga dengan kondisi ekonomi rumah tangga kurang mencukupi sehingga suami atau istri harus bekerja keras. Fisik yang lelah dan pikiran jenuh, akhirnya tidak ada waktu lagi untuk sekedar bercengkrama dengan pasangan. Yang ada adalah ketegangan demi ketegangan yang lama kelamaan akan menimbulkan kebosanan-kebosanan dalam menghadapi permasalahan hidup.

    Idealisme yang terlalu tinggi.
    Apapun hal yang tidak seimbang akan berakhir pada kebosanan. Harapan yang terlalu tinggi pada pasangan akan menimbulkan kekecewaan.

    Tips untuk menghindari bosan dengan pasangan rumah tangga
    selalu perbaharui niat.
    Setelah bertahun tahun berumah tangga, ada saatnya untuk merenung. Mungkin karena kesibukan kantor atau rumah, anda berdua tidak sempat saling mengingatkan pada niat semula menjalani rumah tangga sebagai ibadah. Anda berdua perlu untuk mengukur kembali keikhlasan dalam menghadapi berbagai problematika rumah tangga. Keihklasan adalah sumber sehingga anda akan kuat menjalani kondisi apapun dalam hidup.

    [​IMG]

    Susunlah manajemen yang baik dalam rumah tangga.
    Kebosanan sering datang karena tidak adanya perencanaan dan manajemen yang baik dalam mengatur aktivitas rumah tangga. Sebagai akibatnya, tenaga, pikiran, waktu, dan dana tidak tergunakan secara maksimal untuk hal-hal yang penting.

    Pahami amal utama.
    Selalu ingat bahwa setiap tugas yang dilakukan suami atau istri pasti bernilai ibadah yang tinggi jika dilakukan dengan ikhlas dan benar.

    Memperkokoh keimanan dan kepercayaan diri.


    [​IMG]
    Bercerminlah dan melihat rumah tangga orang lain.
    Anda bisa bertanya pada orang tua yang lebih berpengalaman tentang kiat-kiat mereka mengatasi kelelahan atau kebosanan dalam menjalani cobaan-cobaan hidup. Uraian mereka akan bisa memacu semangat anda dalam mengatasi kebosanan
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ansyahhh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 10, 2010
    Messages:
    551
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +139 / -8
    Perdalami agama gan,,kalo misal ane agama islam,,perdalami lebih jauh lagiii,,InsyaAllah gak akan bisa habis rasa penasaran kita ini dengan agama islam,,dan InsyaAllah diberkahi rumah tangganya,,,Alhamdulillah,,
     
  4. kirinkato Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 27, 2018
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    salah satu niat yang paling kuat agar tidak bosan dengan pasangan adalah berniat menikah karna ibadah. nikah itu ibadah dan proses didalamnya (berumah tangga adalah ibadah). jadi bukan hanya berpikiran serba dunia (kesenangan berkeluarga, s*ks, dll) namun ingat bahwa berumah tangga adalah salah satu jalan menuju surga nya Allah.
     
  5. johnfafa Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 9, 2011
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Yg penting ganti2 gaya aja om biar ga bosen:cinta:
     
  6. j0hnzkeren Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 18, 2009
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +18 / -0
    Yang paling penting komunikasi. Apa pun kalau ga ada komunikasi yah bosan. Tapi, realisasi ide yang bisa dicapai juga
     
  7. poe2601 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 2, 2010
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Kuncinya gampang ditulis, susah dikerjakan : SABAR dan IKHLAS. :ogbloon:
     
  8. abank_irenk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    saling terbuka dan saling percaya, ada masalah langsung diskusikan
     
  9. ribas22 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2015
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -15
    bersyukur dengan apa yang dimiliki...
     
  10. nazar17 Members

    Offline

    Joined:
    Jul 30, 2016
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    ganti gaya, ganti tempat pasti ga bakalan bosen dah :oghoho:
     
  11. FaradibaSara Members

    Offline

    Joined:
    Sep 4, 2019
    Messages:
    4
    Trophy Points:
    11
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +0 / -0
    memang kadang kerasa sulit banget sih, kembali lagi ke pasangan masing-masing dan memang harus diomongin baik-baik sebelum semakin bersamalah. jangan asal curhat, takutnya jadi salahpaham guys. kalau butuh curhat mungkin bisa ke psikolog, bisa juga sih chat psikolog atau psikiater via halodoc bareng pasangan. saran yang diberikan pasti lebih bikin lega, kamu bisa chat pas lagi senggang berdua sama pasangan. mereka siap bantu 24 jam. semoga masalah teratasi ya guys
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.