1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mengenal Robert Steven, Master Bonsai Dunia dari Indonesia

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by shinminho, Jul 2, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shinminho Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    5,166
    Trophy Points:
    267
    Ratings:
    +6,813 / -0
    [​IMG]


    KETERTARIKAN Robert pada dunia bonsai muncul tanpa sengaja pada 1980-an. Bermula dari jalan-jalan ke Puncak, Bogor, dia melihat sebuah pohon kerdil yang indah. Dia lalu membelinya.

    ''Sejak itu saya tertarik membuat bonsai. Nggak pakai sekolah khusus karena memang saya suka seni lukis dan patung,'' ujar Robert saat ditemui di rumahnya, Jl Batu Tulis VIII No 27-A, Jakarta Pusat, pekan lalu.

    Praktis, Robert hanya mengandalkan insting seninya dalam membuat bonsai. Tak lama kemudian, pria kelahiran Binjai, 1958, tersebut bergabung dengan PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia). ''Nah, justru dari situlah saya mulai bingung karena bonsai saya dikritik. Mereka bilang ini salah, nggak sesuai pakem, nggak sesuai aturan,'' ungkapnya.

    Tapi, di dalam hati, Robert berontak. Dia hampir saja memutuskan untuk tidak lagi mendalami bonsai. Sebab, dia menganggap hobi bonsai tidak sesuai dengan cita rasa seninya yang meledak-ledak.

    Suratan takdir berkata lain. Menteri kehakiman waktu itu, Ismail Saleh, yang merupakan penasihat PPBI mengajak Robert belajar bonsai ke Tiongkok. Alasannya sederhana, Robert bisa berbahasa Mandarin sehingga bisa menjadi penerjemah sekaligus belajar tentang bonsai yang memang berasal dari Tiongkok sejak lebih dari 1.300 tahun lalu.

    Di Tiongkok, Robert mendapat pencerahan mengenai seni bonsai yang lain dari biasanya. ''Di sana tidak diajarkan mengenai peraturan-peraturan, tapi falsafah serta aspek seni dan estetikanya. Saya pikir inilah yang bener karena seni itu memang nggak ada aturannya, nggak ada benar nggak ada salah,'' tegasnya.

    Setelah pulang dari Tiongkok, dia baru menyadari bahwa di dunia bonsai tidak ada yang secara khusus mendalami estetika bonsai. Semua buku yang ada hanya mengajarkan teknik pembuatan dan kriteria-kriteria bonsai. ''Itulah yang ditelan mentah-mentah oleh penggemar bonsai dan dianggap sebagai aturan baku,'' katanya.

    Robert berani mempertahankan argumennya bahwa membuat bonsai tidak boleh mengikuti aturan secara membabi buta. ''Semua aturan dalam buku saya catat. Mana yang dianggap salah dan mana yang dianggap benar. Ternyata, semua itu ada alasannya. Yaitu, aspek estetika seni dan aspek hortikultura yang berkaitan dengan fisiologi dan morfologi tanaman,'' terangnya.

    Sejak saat itu, Robert mulai menulis artikel soal bonsai dan mencetak buku pertamanya berjudul Vision of My Soul yang akhirnya menjadi best seller di dunia. ''Saat itulah konsep saya dikenal di seluruh dunia dan mulai banyak diundang untuk memberikan ceramah serta mengajar di berbagai negara,'' jelasnya.

    Sebelum itu, banyak pencinta bonsai yang mengalami gejolak batin karena bonsai terlalu banyak aturan. ''Tapi, kok banyak bonsai yang menyimpang dari aturan justru terlihat lebih indah. Nah, sekarang mereka mendapatkan pembenarannya dari konsep saya itu,'' ujarnya.

    Cara pandang Robert akhirnya diakui dunia. Hingga sekarang, dia telah memenangi lebih dari 200 kompetisi bonsai tingkat nasional maupun internasional. Dia juga dipercaya menjadi sekretaris jenderal Asia-Pacific Bonsai Friendship Federation (ABFF) dan menjadi duta Bonsai Clubs International (BCI) serta Dewan Direksi BCI sejak 2002 hingga sekarang.

    Karena dianggap sebagai salah seorang guru bonsai terbaik dunia, Robert kini dipercaya menjadi pakar di beberapa situs bonsai dunia serta menjadi penulis tetap di berbagai majalah bonsai di Amerika dan Eropa.

    Buku-buku Robert laris-manis di berbagai negara hingga harus cetak ulang. Akhir 2008, dia kembali mengeluarkan buku keduanya berjudul Misson of Transformation yang juga menjadi salah satu buku panduan bagi penghobi bonsai dunia.

    Dia berasumsi, segala model pohon di alam tidak terbentuk secara kebetulan, tapi selalu ada alasannya. ''Misalnya, di mana letak sumber airnya, di mana arah sinar mataharinya, anginnya, serta faktor ekternal lain akan memengaruhi bentuk pohon. Contohnya, pohon beringin di alam terbuka pasti berbeda dari yang hidup di pinggir sungai,'' tuturnya.

    Jadi, menurut Robert, bonsai yang bagus adalah bagaimana membentuk tanaman kecil tapi dapat membuat orang yang melihat membayangkannya seperti pohon besar yang tumbuh di alam. ''Tanpa pendekatan hortikultura dan estetika, bonsai akan terkesan artifisial seperti kerajinan tangan yang semua hampir sama,'' cetusnya.

    Aspek alam dan aspek seni estetika itu tidak pernah diajarkan di buku mana pun. Karena itu, buku-buku Robert selalu menjadi rujukan. Robert juga selalu tak lupa menekankan filsafat bonsai. Yaitu, membuat pohon bernuansa cuplikan alam nyata dalam ukuran mini. Jadi, bonsai harus sedekat mungkin seperti pohon besar di alam.

    Beruntung, Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya akan jenis tanaman serta iklim yang sangat menunjang. Dengan demikian, dia tidak perlu susah-susah mencari bibit yang potensial. Bahkan, ada pedagang yang khusus menyediakan bibit bonsai.

    Jenis pohon yang sering dijadikan bonsai, antara lain, cemara udang, santigi, wahong, dan kelingkit. Awalnya, bibit tanaman ditaruh dalam pot besar lebih dulu untuk membentuk struktur percabangan. Ketika struktur sudah terbentuk, baru pohon dipindahkan ke pot kecil.

    ''Untuk membuat pohon bonsai, diperlukan waktu relatif lama, 4-5 tahun. Jadi, nggak bisa instan, harus melatih kesabaran,'' katanya.

    Kini, ayah dua anak itu semakin sibuk mengurusi kegiatan para penghobi bonsai. Sebab, dua minggu sekali Robert harus pergi ke luar negeri mengajar di berbagai organisasi bonsai di negara tersebut. ''Saya sudah di-booking hingga 2011, mengajar bonsai di berbagai negara,'' tutur pemilik usaha bahan stempel merek Mark Stamp itu.

    Robert kini memiliki lebih dari 500 bonsai yang sebagian besar diletakkan di taman miliknya di Jl Taman Pluit Putra Putri. Dia menilai semua bonsai buatannya adalah masterpiece (karya terbaik) karena dirinya tidak pernah membuat pengulangan. ''Jadi, satu sama lain pasti berbeda,'' ungkapnya.

    Meski sudah tenar sebagai master bonsai dunia, dia menolak menjual karya-karyanya, walau ditawar dengan harga berapa pun. ''Awalnya banyak yang menawar. Tapi, karena tahu saya nggak pernah jual, mereka jadi nggak berani nawar lagi. Untuk koleksi saja, dinikmati sendiri. Mungkin saya satu-satunya yang seperti itu,'' katanya.

    Namun, Robert menyatakan masih bisa mendapat penghasilan lebih dari hobinya. Yaitu, menjadi satu-satunya importer peralatan bonsai di Indonesia. Bahkan, tahun lalu, dia membuat replika pot antik dari zaman Dinasti Qing. ''Pot itu saya bakar di salah satu tempat pembakaran pot tertua di dunia, di Tiongkok. Usianya sudah 500 tahun tapi masih berfungsi,'' ungkapnya.

    Pot model kuno tersebut dibuat dalam jumlah terbatas (limited edition), hanya 500 buah. Sebuah pot memiliki nomor dan sertifikat yang ditandatangani Robert sebagai master bonsai dunia.

    ''Pot tersebut mendapat tanggapan yang luar biasa dari seluruh dunia dan sekarang tinggal sedikit sisanya. Karena itu, pantas dikoleksi,'' ujarnya lantas tersenyum. (*/c5/ari)

    http://www.jawapos.com/halaman/index.php?act=detail&nid=142988

    gak nolak klo :grp: or :thx: jg gpp
     
    • Like Like x 3
    • Thanks Thanks x 3
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kanga6us M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 21, 2009
    Messages:
    2,197
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +328,169 / -0
    mantep deh bang..:top:
     
    • Like Like x 1
  4. intelcore M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    567
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +39 / -0
    tokoh bonsai ini yak
    ada jg ternyata
     
  5. g_kenz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 3, 2009
    Messages:
    3,582
    Trophy Points:
    232
    Ratings:
    +343,356 / -0
    :dead: baru tahu gw Indonesia punya master bonsai...
     
  6. hemo_chan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    637
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +252 / -0
    baru tau bikin bonsai bisa sampai bertahun2
     
  7. adon_decoy M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 21, 2009
    Messages:
    1,435
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +7,099 / -0
    mantep bener...... indonesia kalo masalah bonsai
     
  8. adjie_eight M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    309
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +182 / -0
    buat tanaman bonsai agak susah dikit, we pernah coba tp gagal
    pohon cemara udang yang bagus tuk taman, itu yang dari dulu sampai sekarang pengen we beli (bonsai yang dah jadi)
    pohon serut itu juga bagus klo tuk taman, ketimbang bonsai yang hidup di pot, perawatannya agak sedikit susah kayaknya ya :D

    tambahan, pertama kali liat taman yang ditanami pohon serut dan dirantai, we fikir yang punya rumah orang yang aneh
    eh rupanya pohon jenis ini memang mahal dan bergaransi

    hahaha
     
  9. BangoKing M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 24, 2008
    Messages:
    313
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +179 / -0
    sama kek tetangga gw neh rumahnye jadi trademark gara2 ada 2 puun bonsai gede
     
  10. terongsquad M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 22, 2009
    Messages:
    716
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +22,120 / -0
    Astaga.. Kirain master bonsai dunia dari jepang atau negeri cina.. ternyata dari indonesia juga ya?

    Takjub bro!! :XD:
     
  11. sunsphoenix M V U

    Offline

    ~Super Cool~

    Joined:
    Oct 5, 2008
    Messages:
    5,736
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,249 / -0
    keknya bru baca kemarin d koran :???:

    hemph
     
  12. echiikid M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +31 / -0
    harus dimajuin nih budaya bercocok tanam negara kita...
     
  13. Lemerou Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2010
    Messages:
    26
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wew kemaren baca jg...ada di koran
     
  14. erryc M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 16, 2009
    Messages:
    320
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +51 / -0
    terus berkarya oom!!!
     
  15. Will M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2010
    Messages:
    1,934
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,280 / -0
    ternyata ada juga tokoh bonsai di indonesia :top:

    seni itu abstrak, ga ada aturannya :rokok:
     
  16. faythz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 3, 2009
    Messages:
    4,846
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +5,567 / -0
    bonsai terkenal jg ya di indo, kirain ga terlalu
     
  17. summonedskull M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,981
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,796 / -0
    di indo banyak bakat terpendam, sayang mutiara kalo ngga diangkat dari lumpur ya tetap terpendam :ngacir:

    ntar si oom malah ditawarin kewarganegaraan baru lagi... :ngacir:
     
  18. demon_23 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 6, 2010
    Messages:
    620
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +5,609 / -0
    Mantep dah...

    sesuai kata pepatah....

    tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina....
     
  19. modjokujo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    1,191
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +5,558 / -0
    master of bonsai..
    :sembah::sembah:

    gila itu gede banget bonsai digambarnya..
    :keringat:
     
  20. Bacopt M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 4, 2010
    Messages:
    500
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +535 / -0
    widih.. hebatnya :top:

    dimulai dari cemoohan ..

    jadi master .. :top:
     
  21. lynxsynch Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 27, 2010
    Messages:
    191
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +6 / -0
    wiw2... masternya bonsai ada di indo toh... dewo2...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

Users found this page by searching for:

  1. master bonsai indonesia

    ,
  2. Robert steven ppbi

    ,
  3. karya karya master bonsai indonesia yang lagi hebat

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.