1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Mengenal Parkinson Gejala, penyebab dan cara mengatasinya

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by mandrakes, Nov 28, 2017.

  1. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    793
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,606 / -3
    [​IMG]
    Menurut Wikipedia Penyakit Parkinson (bahasa Inggris: paralysis agitans, Parkinson disease) adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson dengan gejala yang paling sering dijumpai adalah adanya tremor pada saat beristirahat di satu sisi badan, kemudian kesulitan untuk memulai pergerakan dan kekakuan otot. Parkinson menyerang sekitar 1 di antara 250 orang yang berusia di atas 40 tahun dan sekitar 1 dari 100 orang yang berusia di atas 65 tahun. Parkinson Primer disebabkan berkurangnya dopamin, karena bertambahnya usia, sedangkan Parkinson Sekunder disebabkan terhambatnya pengaliran dopamin yang bisa saja disebabkan oleh tumor, stroke, gangguan pembuluh darah dan trauma.

    [​IMG]
    Apa aja sih gejala2 Penyakit Parkinson
    • Merasa lemah atau terasa lebih kaku pada sebagian tubuh.
    • Gemetaran halus pada salah satu tangan saat beristirahat.
    Setelah gejala awal tersebut, selanjutnya akan muncul gejala-gejala lain yang mungkin dialami oleh penderita, seperti:

    • Tremor makin parah dan menyebar.
    • Otot terasa kaku dan tidak fleksibel.
    • Pergerakan menjadi lambat.
    • Berkurangnya keseimbangan dan juga koordinasi tubuh.
    Penderita penyakit Parkinson juga bisa mengalami gejala fisik lainnya (misalnya konstipasi, sulit tidur atau insomnia, kehilangan indera penciuman atau anosmia, serta masalah daya ingat) dan gejala psikologis (misalnya cemas dan depresi).
    Hingga saat ini, diperkirakan terdapat lebih dari 10 juta orang di dunia yang menderita penyakit Parkinson. Semua orang bisa terkena penyakit ini, namun kebanyakan adalah kalangan orang tua dan lebih cenderung terjadi kepada laki-laki.
    Biasanya gejala penyakit Parkinson mulai terasa ketika penderitanya memasuki usia 50 tahun. Tapi ada sekitar 5 persen orang yang mengalami gejalanya pada usia 40 tahun.

    [​IMG] [​IMG]
    Penyebab Penyakit Parkinson
    Penyakit Parkinson memengaruhi bagian kecil dari otak tengah yang bernama susbstantia nigra. Fungsi dari substantia nigra adalah mengirim pesan ke berbagai saraf di tulang belakang yang berfungsi mengendalikan otot-otot pada tubuh. Pesan akan dikirimkan dari sel otak ke saraf dan otot dengan memanfaatkan senyawa kimia yang disebut neurotransmiter. Salah satu neurotransmiter utama yang dihasilkan oleh sel otak di substantia nigra adalah dopamine.

    Pengaturan gerakan dari tubuh sangat dipengaruhi oleh dopamine. Saat jumlah dopamine menurun akan menyebabkan aktivitas otak akan terganggu. Inilah yang menyebabkan munculnya tanda-tanda dan gejala penyakit Parkinson.
    Adapun Penyebabnya antara lain :
    1. Seringnya terkena benturan di kepala terutama di bagian saraf otak bagian tengah
    2. Stress atau trauma berkepanjangan yang menjadikan penderita depresi menurunnya kadar dopamine dalam tubuh
    3. Faktor keturunan
    4. Toksin / Racun dari menghirup asap rokok, pestisida maupun herbisida terpapar secara langsung maupun tidak langsung
    5. Efek samping dari obat obatan yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama semisal obat hipertensi, jantung maupun stroke
    6. Faktor Usia
    7. Faktor pekerjaan, karena terlalu sering bekerja dibawah tekanan yang membuat depresi, sedih, cemas maupun tegang maupun sering lembur / bergadang hingga kurangnya jam istirahat

    [​IMG]
    Cara pengobatan Penyakit parkinson
    Penyakit Parkinson bisa diobati dengan berbagai obat, seperti levodopa, bromokriptin, pergolid, selegilin, antikolinergik (benztropin atau triheksifenidil), antihistamin, anti depresi, propanolol dan amantadin. Tidak satupun dari obat-obat tersebut yang menyembuhkan penyakit atau menghentikan perkembangannya, tetapi obat-obat tersebut menyebabkan penderita lebih mudah melakukan suatu gerakan dan memperpanjang harapan hidup penderita.

    Di dalam otak levodopa diubah menjadi dopamin. Obat ini mengurangi tremor dan kekakuan otot dan memperbaiki gerakan. Penderita Parkinson ringan bisa kembali menjalani aktivitasnya secara normal dan penderita yang sebelumnya terbaring di tempat tidur menjadi kembali mandiri.

    Pengobatan dasar untuk Parkinson adalah levodopa-karbidopa. Penambahan karbidopa dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas levodopa di dalam otak dan untuk mengurangi efek levodopa yang tidak diinginkan di luar otak. Mengkonsumsi levodopa selama bertahun-tahun bisa menyebabkan timbulnya gerakan lidah dan bibir yang tidak dikehendakik, wajah menyeringai, kepala mengangguk-angguk dan lengan serta tungkai berputar-putar. Beberapa ahli percaya bahwa menambahkan atau mengganti levodopa dengan bromokriptin selama tahun-tahun pertama pengobatan bisa menunda munculnya gerakan-gerakan yang tidak dikehendaki.

    Sel-sel saraf penghasil dopamin dari jaringan janin manusia yang dicangkokkan ke dalam otak penderita Parkinson bisa memperbaiki kelainan kimia tetapi belum cukup data mengenai tindakan ini.

    Untuk mempertahankan mobilitasnya, penderita dianjurkan untuk tetap melakukan kegiatan sehari-harinya sebanyak mungkin dan mengikuti program latihan secara rutin. Terapi fisik dan pemakaian alat mekanik (misalnya kursi roda) bisa membantu penderita tetap mandiri.

    Makanan kaya serat bisa membantu mengatasi sembelit akibat kurangnya aktivitas, dehidrasi dan beberapa obat. Makanan tambahan dan pelunak tinja bisa membantu memperlancar buang air besar. Pemberian makanan harus benar-benar diperhatikan karena kekakuan otot bisa menyebabkan penderita mengalami kesulitan menelan sehingga bisa mengalami kekurangan gizi (malagizi).

    Adapun Terapinya yang dapat mengurangi tremor antara lain

    • Mengkonsumsi obat obatan semisal levadopa yang berfungsi untuk menaikkan kadar dopamine dalam tubuh tetapi seiring waktu obat ini akan menurunkan efek yang dihasilkan sehingga penderita perlu menambahkan dosis tentu saja dengan arahan dan petunjuk dari dokter spesialis.
    • Hindari tempat2 berpolusi dan tempat2 gaduh serta pekerjaan yang membuat penderita stress, berhenti menonton berita dan perbanyak tertawa (menonton acara2 komedi atau sinetron yang membuat penderita bahagia atau tertawa)
    • Perlu dukungan dan kasih sayang dari anggota keluarga atau kerabat terdekat untuk memberi rasa nyaman dan gembira jangan sesekali membuat penderita sedih ataupun marah
    • Hindari rokok, alkohol maupun asap2 obat nyamuk atau pestisida
    • Memberikan nutrisi penunjang seperti suplemen neurobion, minum jus buah buahan semisal brokoli, tomat, wortel, manggis, mengkudu
    • Hindari memakan makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi seperti bagian tenderloin, bakso, sate, gorengan di pinggir jalan (kalau mau gorengan bisa asal menggorengnya dengan minyak / margarin yang non kolesterol seperti minyak zaitun, minyak wijen, minyak canola)
    • Rajin berolahraga ringan setiap pagi hari, penderita tidak boleh terbaring terus di tempat tidur. ajak penderita jalan-jalan pagi hari untuk mendapatkan suplai udara bersih disamping itu untuk melatih otot2 agar tidak kaku
    • Konsumsi teh hijau, karena kandungan polifenol di dalam teh hijau terbukti mengurangi senyawa beracun yang dapat mengganggu fungsi sel-sel saraf di otak.
    Disadur dari berbagai sumber seperti wikipedia, alodokter, parkinson.org

    Akhir kata semoga pembaca dapat mengerti dan waspada akan bahaya penyakit parkinson ini atau dapat memberikan support terhadap mereka yang terkena penyakit ini, semoga bermanfaat kurang lebihnya saya mohon maaf
     
    Last edited: Nov 28, 2017
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Nino12 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 28, 2017
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    6
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5 / -0
    keren artikelnya lengkap banget :oghero:
     
  4. general_riou Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +0 / -0
    Apakah ada efek samping pengobatan parkinson jangka panjang?
     
  5. mandrakes M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 24, 2009
    Messages:
    793
    Trophy Points:
    117
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,606 / -3
    pengobatan pakai levadopa dalam jangka panjang tentunya dapat mengurangi efektifitas obat tersebut sehingga perlu penambahan dosis sesuai dengan saran dokter akibatnya seiring peningkatan dosis tentunya kerja ginjal menjadi sangat berat, sehingga pengobatan memakai levadopa kurang efektif dan efisien, alangkah baiknya jika penggunaan levadopa ditekan hingga tubuh tidak memerlukan levadopa lagi untuk memproduksi dopamine (maksudnya ditekan disini adalah hanya meminum levadopa disaat2 tertentu misal acara resepsi, meeting dsb, tidak setiap hari / setiap saat) sehingga otak tidak ketergantungan obat dopamine.

    terapi parkinson paling efektif untuk saat ini ialah pengobatan dengan cara memberikan penderita lingkungan yang nyaman, aman, tenang dan senang peran keluarga sangat penting untuk kesembuhan penderita buang jauh jauh acara berita, koran atau apapun itu yang dapat membuat penderita tertekan, sedih, putus asa. Untuk aktifitas setiap hari penderita diberi suplemen khusus saraf dan otot seperti neurobion forte (warna pink). untuk memenuhi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh juga membantu mengurangi intensifitas tremor pada penderita parkinson sehingga aktifitas sehari hari seperti berjalan, makan bisa dilakukan penderita secara mandiri
     
    Last edited: Dec 3, 2017
  6. sfidn Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 5, 2018
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    untuk mencegahnya gimana gan? apakah olahaga dan menjalankan pola hidup sehat kaya para atlet binaraga seperti yang dianjurkan di forum fitnes dan forum kesehatan di luar sana udah cukup?
     
  7. johnjohn M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 31, 2010
    Messages:
    1,895
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +998 / -7
    Pencegahan, sebagian sudah tertulis di atas, seperti:
    hindari benturan pada kepala (kalo atlit mma, tinju, bela diri laennya, rentan nih).
    hindari paparan asap rokok, pestisida maupun herbisida
    hindari stress/depresi berkepanjangan, juga kurang nya istirahat.

    Ada juga faktor yg tak bisa di hindar atau dicegahi seperti: faktor keturunan (genetik dna) sama faktor usia (semua orang akan me-nua/aging, tak bisa di cegah)...

    ngikutin atlet binaraga nyang mana dulu Gan, ada juga yg kurang baik, seperti penggunaan steroid, atau ngangkat terlalu berat sekali sehingga cidera dan menjadi lumpuh total, terlalu banyak suplemen sehingga kerja ginjal menjadi berat dan akhirnya rusak.

    pola hidup sehat, harus dari 3 faktor utama berikut:
    1. Istirahat cukup (tidur berkualitas, 7 sampai 8 jam setiap hari).
    2. Gizi seimbang.
    3. Olahraga fisik secara teratur. (disesuaikan dengan usia)
     
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.