1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Mengenal Gejala Penyakit Diare

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by sdk30, Jul 7, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. sdk30 Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 27, 2013
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -1
    [​IMG]

    diare adalah salah satu jenis penyakit dimana si penderita akan mengalami sebuah rangsangan untuk melakukan buang air besar secara terus menerus serta tinja atau fesesnya akan mengalami perubahan bentuk dari yang biasanya padat akan menjadi cair, dalam istilah bahasa Indonesia dapat juga disebut dengan mencret. Penyakit ini pada umumnya dapat juga menyebabkan si penderitanya mengalami dehidrasi karena kekurangan banyak cairan. Gejala penyakit diare lainnya dapat juga bersifat sakit dan kram pada perut, demam, kembung dan terkadang feses mengeluarkan darah. Penyakit ini tidaklah datang dengan sendirinya, hal umum yang dapat memicu terjadinya penyakit tersebut menurut para ahli kesehatan diantaranya:
    1. Alergi terhadap suatu makanan ataupun obat-obatan
    2. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri, parasit dan virus
    3. infeksi oleh virus atau bakteri yang disertai juga dengan penyakit lain seperti campak, infeksi tenggorokan, malaria, infeksi telinga dan lain-
    4. Yang terakhir dapat juga disebabkan oleh pemanis buatan
    Berdasarkan sebuah meta analisis yang dilakukan di seluruh dunia, setiap anak pada umumnya akan mengalami gejala penyakit diare minimal satu kali dalam setahun. Beberapa orang anak yang terkena penyakit tersebut salah satu diantaranya disebabkan oleh rotavirus. Begitu juga dengan yang terjadi di negara kita, biasanya balita atau bayi terkena penyakit tersebut dan penyebabnya adalah rotavirus. Bakteri ataupun virus yang dapat menyebabkan terjadinya diare, organisme-organisme ini akan mengganggu proses penyerapan makanan pada usus halus, sehingga dampaknya makanan tersebut tidak dapat dicerna lalu kemudian masuk ke dalam usus besar.

    Makanan yang tidak dicerna tersebut tidak mampu diserap oleh usus sehingga akan menarik air pada dinding usus. Pada saat yang bersamaan, dalam keadaan ini proses transit yang terjadi dalam usus sangat singkat sekali sehingga air tidak mampu diserap dan mengakibatkan feses menjadi cair. Untuk penanganan diare akut dapat meneruskan pemberian makanan seperti biasa dan meminum air putih yang cukup agar tidak terjadi dehidrasi. Hindari juga makanan berserat untuk sementara dan juga tidak meminum dulu susu murni maupun produksi.
     
  2. sgtang3lo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +0 / -0
    wah ane kemaren barusan kena diare.. sampe lemes,gak bisa ngapa2in..
    cumann bisa tidur seharian..

    Thanks banget info nya,bisa jadi pengalaman ane jangan sampai kena diare lagi nih :oggajes:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.