1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Machinery Mengenal Cara Kerja Layar Sentuh (Touch Screen)

Discussion in 'Science and Technology' started by Hyperangel, Mar 7, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hyperangel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2010
    Messages:
    651
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,621 / -0
    Mengenali bagaimana cara kerja layar sentuh dapat membantu untuk merawat dan membedakan jenis-jenis layar sentuh pada handphone jaman sekarang ini. Ada 3 jenis, yaitu resistive, capacitive dan surface acoustic wave system.

    1. Resistive Screen

    Sistem resistif layarnya dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif dan resistif terhadap sinyal-sinyal listrik. Maksud dari lapisan yang bersifat konduktif adalah lapisan yang bersifat mudah menghantarkan sinyal listrik, sedangkan lapisan resistif adalah lapisan yang menahan arus listrik.

    Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sebuah bintik-bintik transparan pemisah, sehingga lapisan ini pasti terpisah satu sama lain dalam keadaan normal. Pada lapisan konduktif tersebut juga mengalir arus listrik yang bertugas sebagai arus referensi.

    [​IMG]

    Ketika terjadi sentuhan kedua lapisan ini akan dipaksa untuk saling berkontak langsung secara fisik. Karena adanya kontak antara lapisan konduktif dan resistif maka akan terjadi gangguan pada arus listrik referensi tersebut.

    Efek dari gangguan ini pada lapisan konduktif adalah akan terjadi perubahan arus-arus listriknya sebagai reaksi dari sebuah kejadian sentuhan. Perubahan nilai arus referensi ini kemudian dilaporkan ke controllernya untuk di proses lebih lanjut lagi.

    Informasi sentuhan tadi diolah secara matematis oleh controller sehingga menghasilkan sebuah koordinat dan posisi yang akurat dari sentuhan tersebut. Kemudian informasi diintegrasikan dengan program lain sehingga menjadi aplikasi yang mudah digunakan.

    Layar dengan teknologi ini memiliki tingkat kejernihan gambar sebesar 75% saja, sehingga monitor akan tampak kurang jernih. Touch sensor jenis ini sangat rentan dan lemah terhadap sentuhan benda-benda yang agak tajam.

    Teknologi ini tidak akan terpengaruh oleh elemen-elemen lain di luar seperti misalnya debu atau air, namun akan merespon semua sentuhan yang mengenainya, baik itu menggunakan jari tangan langsung maupun menggunakan benda lain seperti stylus. Sangat cocok digunakan untuk keperluan di dalam dunia industri seperti di pabrik, laboratorium, dan banyak lagi.

    Definisi sederhananya:
    Layar yang cara kerjanya harus ditekan, dapat menggunakan jari atau benda apapun yg ditekankan di layar. Kelemahan untuk layar ini adalah jika diletakkan dikantong (terutama kantong celana), bisa tertekan-tekan dan mengakibatkan layar jadi gampang rusak karena sering tertekan.

    Indoor: sangat baik
    Outdoor: kurang optimal

    Contoh HP yg menggunakan layar resistif adalah Samsung Star, Sony Erricson W950. Siri-cirinya adalah dengan disertakan stylus didalam paket HP-nya. Pilihlah wadah yang menggunakan model flip, jadi layar dapat terlindung dari tekanan. Sebaliknya tidak disarankan menggunakan wadah HP model pouch.


    2. Capacitive Screen

    Sistem kapasitif memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan kunci dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya. Panel touchscreen ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik secara kontiniu untuk kemudian ditujukan ke sensornya.

    [​IMG]

    Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari tangan atau tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor sentuhan dalam touchscreen jenis ini. Ketika lapisan berada dalam status normal (tanpa ada sentuhan tangan), sensor akan mengingat sebuah nilai arus listrik yang dijadikan referensi.

    Ketika jari tangan Anda menyentuh permukaan lapisan ini, maka nilai referensi tersebut berubah karena ada arus-arus listrik yang berubah yang masuk ke sensor. Informasi dari kejadian ini yang berupa arus listrik akan diterima oleh sensor yang akan diteruskan ke sebuah controller. Proses kalkulasi posisi akan dimulai di sini.

    Kalkulasi ini menggunakan posisi dari ke empat titik sudur pada panel touchscreen sebagai referensinya. Ketika hasil perhitungannya didapat, maka koordinat dan posisi dari sentuhan tadi dapat di ketahui dengan baik. Akhirnya informasi dari posisi tersebut akan diintegrasikan dengan program lain untuk menjalankan sebuah aplikasi.

    Capasitive touchscreen baru dapat bekerja jika sentuhan-sentuhan yang ditujukan kepadanya berasal dari benda yang bersifat konduktif seperti misalnya jari. Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90%, sehingga cocok untuk digunakan dalam berbagai keperluan interaksi dalam publik umum seperti misalnya di restoran, kios elektronik, lokasi Point Of Sales, dsb.

    Definisi sederhananya:

    Harus dengan sentuhan jari, tidak dapat menggunakan benda lain (kuku, stylus, dsb). Karena layar ini bekerja dengan memanfaatkan muatan listrik yang ada ditubuh kita. Layar sentuh model kapasitif ini hampir tidak memiliki kelemahan yang berarti, karena layar ini adalah pengembangan terbaru untuk menggantikan layar resistif.

    Indoor: sangat baik
    Outdoor: sangat baik

    Keunggulannya: layar jenis ini tidak terpengaruh terhadap tekanan, jadi walaupun HP diletakkan dikantong tidak menjadi masalah. Penggunaan wadah model pouch bisa dikategorikan aman. Ciri-cirinya adalah tidak disertakan stylus didalam paket HP-nya. Contoh HP yg menggunakan layar kapasitif adalah Samsung Corby Touchscreen, iPhone.


    3. Surface Acoustic Wave System

    Teknologi touchscreen ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Di dalam monitor touchscreen ini terdapat dua tranduser, pengirim dan penerima sinyal ultrasonik.

    Selain itu dilengkapi juga dengan sebuah reflektor yang berfungsi sebagai pencegah agar gelombang ultrasonic tetap berada pada area layar monitor.

    Kedua tranduser ini dipasang dalam keempat sisi, dua vertikal dan dua horizontal. Ketika panel touchscreen-nya tersentuh, ada bagian dari gelombang tersebut yang diserap oleh sentuhan tersebut, misalnya terhalang oleh tangan, stylus, tuts, dan banyak lagi. Sentuhan tadi telah membuat perubahan dalam bentuk gelombang yang dipancarkan.
    [​IMG]

    Perubahan gelombang ultrasonik yang terjadi kemudian diterima oleh receiver dan diterjemahkan ke dalam bentuk pulsa-pulsa listrik. Selanjutnya informasi sentuhan tadi berubah menjadi sebentuk data yang akan di teruskan ke controller untuk diproses lebih lanjut.

    Data yang dihasilkan dari sentuhan ini tentunya adalah data mengenai posisi tangan Anda yang menyentuh sinyal ultrasonik tersebut. Jika ini dilakukan secara kontinyu dan terdapat banyak sekali sensor gelombang ultrasonic pada media yang disentuhnya, maka jadilah sebuah perangkat touchscreen yang dapat Anda gunakan.

    Teknologi ini tidak menggunakan bahan pelapis metalik melainkan sebuah lapisan kaca, maka tampilan dari layar touchscreen jenis ini mampu meneruskan cahaya hingga 90 persen, sehingga lebih jernih dan terang dibandingkan dengan Resistive touchscreen.

    Tanpa adanya lapisan sensor juga membuat touchscreen jenis ini menjadi lebih kuat dan tahan lama karena tidak akan ada lapisan yang dapat rusak ketika di sentuh, ketika terkena air, minyak, debu, dan banyak lagi.

    Kelemahannya kinerja dari touchscreen ini dapat diganggu oleh elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya. Sedikit saja terdapat debu atau benda lain yang menempel di atasnya maka touchsreen dapat mendeteksinya sebagai suatu sentuhan.

    Touchscreen jenis ini cocok digunakan pada ruangan training komputer, keperluan dalam ruangan untuk menampilkan informasi dengan sangat jernih dan tajam dan saat presentasi dalam ruangan.


    Multi Touchscreen

    Multi layar sentuh adalah pengembangan dari teknologi layar sentuh yang sudah ada. Dari arti kata “multi” yang berarti banyak, sudah terlihat bahwa keunggulan layar sentuh ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari. Layar multi sentuh ini mampu disentuh oleh puluhan jari dari orang yang berbeda-beda secara bersamaan.

    Layar multi sentuh ini dapat digunakan untuk membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi objek pada layar monitor seperti foto atau games.

    Layar multi sentuh ini biasa digunakan pada handphone, komputer, MP3 player, dan sebagainya.


    sumber



    sorry kalo :repost: :idwspiss:

    gak keberatan nerima ijo2nya :grp::thx:
     
    • Thanks Thanks x 21
    • Like Like x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. deleter M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    743
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +129 / -0
    Hmmm baru tau cara kerja Touchscreen......

    ternyata secara garis besar tidak serumit itu......walaupun dalam prakteknya memang rumit sekali......

    mungkin suatu saat akan ada touchscreen yang disorot seperti hologram gambarnya dan kita dapat mengontrolnya dengan tangan.......
     
  4. superlover M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 6, 2009
    Messages:
    424
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +146 / -0
    kaya di Iron Man,waktu bkin armor ya? hehe..
    tapi kalo gk salah,yg berbasis infra red udah ada. Jadi ada alat yg memproyeksikan sinar infra merah ke meja,nah itu bentuknya keyboard,plus bisa digunakan sbg keyboard jg.. CMIIW :piss:
     
  5. Allred M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 6, 2009
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +110 / -0
    Hmm nice info, menarik banget, dari dulu penasaran touchscreen kerjanya gimana, ternyata konsepnya ga rumit2 amat ya.
     
  6. consciousness M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2010
    Messages:
    983
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,630 / -0
    gini ya cara kerjanya..
    :top::niceinfo:
    trnyata banyk macemnya jga ya..
    tp bner ga katanya kalo pake gadget yg touchscreen tu lebih rentan untuk rusak gtu...
     
  7. ardiartantya Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 28, 2010
    Messages:
    33
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    Setahu ane udah ada gan... walau masih dalam pengembangan. Wujudnya untuk handphone. Dari foto yang pernah ane lihat, alat itu dipasang di lengan. Saat digunakan alat itu memproyeksikan angka 1 - 9 pada telapak tangan (sperti telapak tangan disorot senter), lalu angka yang terproyeksi itu yang disentuh menggunakan jari tangan yang lain untuk menghubungi nomor tertentu. Setelah ditekan cahaya proyeksi CALL, alat itupun menghubungi nomor yang dituju. Seingat saya alat itu membaca perubahan pada syaraf untuk menentukan nomor yang disentuh.

    Sayang... saya lupa sumbernya
     
  8. TurquoiseCat M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 4, 2010
    Messages:
    303
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +14 / -0
    gitu ternyata cara kerjanya
    lumayan simpel walau tetep susah dibikin
    touchscreen ini bikin hp jd lebih simpel
    tp bikin layarnya rentan rusak jg
     
  9. Luminescence M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 11, 2010
    Messages:
    777
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +17 / -0
    emang kalo untuk HP mnding yg biasa" aja deh. kan skrg bnyk tuh yg model touchscreen.
    makin canggih teknologi, makin rentan juga rusaknya. :yareyare:
     
  10. axlform M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    1,015
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,097 / -0
    wah hp gw rentan rusak nih. tapi enak make tacskrin,ga make ada yang nonjol2,halus selembut kulit bayi :hihi:
    ternyata cara kerjanya ribet aja,kirain sederhana,eh baca ini malah makin tambah bingung. mana ada yang make IR lagi.
     
  11. darkkyuby Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 27, 2010
    Messages:
    92
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    bru tau ane
    nice info gan,
     
  12. yuripuspita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,144
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +4,765 / -0
    ada tv yang layar sentuh ga ya sekarang...
     
  13. hentaigumi M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 14, 2010
    Messages:
    2,150
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,764 / -0
    Hmm, ada info tentang touchscreen pertama di dunia enggak yah (pasti item putih nih)?
    Lalu, touchscreen paling canggih jaman sekarang seperti apa yah?
     
  14. foerkoeq M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    426
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,386 / -0
    oalah... gitu toh..... !! baru tau ane.... :tkp2:
     
  15. airgun7 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 17, 2010
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +0 / -0
    nice info gan

    ane bakal lebih ati2 make barang yang touch screen
     
  16. you_are_maho M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2010
    Messages:
    1,102
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +8,216 / -0
    wih, kerja nya lumayan rumit yah...:hehe:
    dan ane baru tau juga ada 3 macem yang ane baru tau dulu cuma resistive ama capacitive..:hehe:
    btw :niceinfo:
     
  17. sinsisme M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 25, 2009
    Messages:
    1,538
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +2,678 / -0
    Wah jadi pegen beli Iphone setelah baca cara kerja touch screennya :top:
     
  18. Armandotop122 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    443
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +339 / -0
    makasih gan
    ane dapat pencerahan gimana touchscreen bekerja
     
  19. tovic M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 19, 2009
    Messages:
    1,130
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +355 / -0
    wah ternyata gitu cara kerjanya
    tapi sayang ndak punya gadget yg pake layar sentuh
    sumuanya masih manual :terharu:
     
  20. gravitazy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 19, 2010
    Messages:
    480
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +960 / -0
    oOOOo,,, begitu thoh...
    pake prinsip sentuhan..


    dengan adanya touchscreen ...
    dimensi beberapa gadget dapat di buat sekecil dan seefisien mungkin...:::top:
     
  21. asp1978 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 7, 2010
    Messages:
    149
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +22 / -0
    :peace: baru tau momod
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.