1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by banop, Sep 13, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. banop M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,903 / -0
    Apa yang Anda rasakan sesaat sebelum tampil melakukan presentasi di depan umum? Apakah telapak tangan Anda berkeringat, kerongkongan kering dan tercekat, wajah memerah, suara bergetar, jantung berdebar, dan perut mulas? Penderitaan semacam ini tak hanya Anda alami saat berbicara di hadapan ratusan orang yang tidak Anda kenal, tetapi juga saat rapat bersama rekan-rekan Anda sendiri.

    Pada saat itu, Anda sebenarnya sedang mengalami sindrom tidak percaya diri. Penyebabnya, entah karena Anda memang tidak terbiasa berbicara di depan umum, atau tidak siap tampil. Hal ini tak hanya dialami oleh Anda yang baru pertama kali menjadi pembicara. Bahkan orang yang sudah sering tampil sebagai public speaker pun masih sering mengalaminya. Mengapa hal itu bisa terjadi? Bisa karena belum mempersiapkan diri dengan materi, bisa pula karena tidak tahu siapa hadirin yang dihadapi.

    Membangun kepercayaan diri

    Menurut Alexander Sriewijono, psikolog yang juga pendiri TALK-inc, School for TV Presenter-MC, seorang pembicara yang sukses selalu tahu cara membangkitkan kepercayaan dalam dirinya, sebaik ia tahu cara membawakan pidato atau presentasinya. Apalah artinya kata-kata yang hebat apabila tidak disertai keyakinan pada saat menyampaikannya.

    Untuk membangun kepercayaan diri, ada tiga strategi yang dapat dilakukan:

    Mengembangkan sikap matang, yang terdiri atas tiga hal:

    1. Kecerdasan emosional, yaitu kemampuan untuk mengendalikan emosi dan rasa takut yang muncul dalam dirinya, dan menjadikan emosi itu sebagai pemacu untuk bertindak sesuai tujuan yang ingin dicapai.

    2. Tampilkan kematangan usia, sehingga Anda dapat menyampaikan gagasan dan perasaannya secara dewasa, asertif, dan profesional. Artinya, Anda tidak berbicara seperti remaja, menggunakan gaya bahasa remaja (kecuali saat berbicara di forum remaja), atau berpikir dangkal seperti remaja yang belum mampu berpikir kritis.

    3. Membangun gambaran yang positif terhadap diri sendiri. Penilaian orang lain terhadap diri kita (impression) sering mempengaruhi penilaian kita tentang diri sendiri (self-image). Penilaian yang buruk membuat kita jadi rendah diri. Bagi orang yang memiliki penghargaan diri (self-esteem) yang rendah, penilaian orang lain terhadap dirinya membuat ia menjadi terpuruk. Inilah mengapa kita cemas atau takut tidak tampil bagus, takut ditertawakan, takut salah, dan seterusnya.

    Kendalikan penghambat kepercayaan diri Anda, yang umumnya ada tiga hal:

    1. Cara berpikir negatif terhadap diri sendiri, seperti perasaan tidak siap tampil di depan umum, tidak menguasai topik, takut dikritik, takut presentasinya akan mengecewakan, tidak tahu apa yang harus disampaikan, dan lain-lain. Jelas bukan hadirin yang membuat Anda tidak percaya diri, melainkan pikiran negatif Anda sendiri.

    2. Nyatakan perasaan atau pikiran Anda dengan lebih spesifik, apakah sedih, takut, kecewa, kesepian, dan sebagainya; bukannya "saya merasa kacau". Ketika mengekspresikan perasaan marah, jelaskan dulu perilaku spesifik yang tidak Anda sukai, lalu perasaan Anda sendiri. Atau bila ada perasaan ganda mengenai sesuatu, sampaikan dengan jelas. Misalnya, "Saya punya perasaan ganda tentang apa yang baru Anda lakukan. Saya senang dan berterima kasih Anda telah membantu saya menjelaskan masalah, tapi saya tidak suka diinterupsi ketika belum selesai berbicara." Penggunaan kata "Saya" atau "Saya merasa" akan membantu Anda mengekspresikan perasaan yang sulit tanpa menyerang harga diri lawan bicara.

    3. Cara Anda menempatkan diri yang terlalu rendah atau terlalu tinggi di hadapan orang lain. Pembicara yang memandang dirinya lebih dari orang lain tidak dapat menciptakan atmosfer yang positif dalam suatu presentasi. Ia berbicara terus-menerus, mendominasi percakapan, dan tidak memberikan kesempatan pada hadirin untuk mengungkapkan gagasan, sehingga komunikasi berlangsung satu arah. Sebaiknya, pembicara yang merasa dirinya lebih rendah daripada hadirin cenderung tidak tegas ketika menyampaikan suatu pesan yang harus diwujudkan dalam tindakan. Ia membiarkan hadirin mendebat argumentasinya tanpa hasrat kuat untuk mempertahankannya. Ketika hadirin asyik berbicara sendiri, ia tidak berani memperingatkannya.

    Atasi rasa takut Anda. Anda bisa membiarkan rasa takut menguasai pikiran, atau justru menggunakannya untuk membuat latihan berbicara yang maksimal. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum menyampaikan presentasi:

    * Atur nafas sampai merasa tenang.

    * Buat jeda beberapa saat sebelum memulai pidato.

    * Yakini bahwa tanda-tanda kecemasan fisik itu tak terlihat.

    * Jangan biarkan hadiri mengetahui kegugupan Anda, apalagi meminta maaf untuknya.

    * Buatlah persiapan matang sebelum tampil.

    * Terimalah ketidaksempurnaan.

    * Jangan terbebani oleh penampilan, fokuslah pada komunikasi.

    * Jangan membebani pikiran dengan berusaha menghafal isi pidato.

    * Gunakan alat-********** untuk mengalihkan kecemasan.

    * Bayangkan diri Anda tengah memberikan pidato yang bagus dan kuat.

    [​IMG]

    percaya diri cuy
    :hero: :hero: :hero: :hero: :hero: :hero: :hero: :hero:

    Code:
    http://www.banjarmasinpost.co.id/read/artikel/6885/mengatasi-rasa-takut-berbicara-di-depan-umum
     
    • Like Like x 4
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. hirako_shinji M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 20, 2009
    Messages:
    1,537
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +5,570 / -1
    saia orangnya ga pedean
    :onion-07:
     
  4. evo M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 12, 2009
    Messages:
    152
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +35 / -0
    nice info gan :top:
    mudah2an bisa dipraktekkan.
     
  5. lexius Members

    Offline

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    infonya bagus banget tuh... :top::top:

    tapi Q termasuk yg gak pedean kalo bicara di depan umum gitu

    :onion-07::onion-07:
     
  6. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    tpsnya bagus...cuman membangun PD tuh gk gampang lowh...gk semudah membalik telapak tangan...mesti latihan...
    btw....:niceinfo:
     
  7. balthasar12 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 9, 2009
    Messages:
    257
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +788 / -0
    Thx gan,,, tips yng bgs.. akan dicoba..
     
  8. tyann M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    872
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +362 / -0
    tp ada lo yg PD nya naik turun kayak gw....di saat mo maju gw yakin, tp pas uda nyampe di depan sangat amat gugup...:onion-07:
     
  9. kazzel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2009
    Messages:
    700
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +251 / -0
    Ane juga ga pedean kalo disuruh pidato didepan presiden:madesu:
     
  10. banop M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,903 / -0
    jangankan elu :haha:

    gw aja bisa pingsan kalo pidato di depan presiden :hahai:
     
  11. kucinglistrik M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    5,194
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +38,594 / -0
    wah tips yg menarik....
    tapi beda rasanya klo suruh pidato di depan umum sama ujian skripsi.... :haha:
     
  12. kzha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,869
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +7,159 / -0
    teorinya seh gampang gan, tapi prakteknya :madesu:
    belum ngomong,. mau naik ke podium aja udah gemetaran ne kaki,. :dingin:
     
  13. kucinglistrik M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 1, 2009
    Messages:
    5,194
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +38,594 / -0
    gemeteran kerna belum makan kali tuh.... :hehe:
     
  14. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,631
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,744 / -0
    Secara teori kelihatan gampang, tapi saat praktek ga ada gampangnya sama sekali :madesu:

    Saran yg sulit dilaksanakan :ngacir:
     
  15. Azheem M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 5, 2009
    Messages:
    1,041
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +8,418 / -0
    langsung mengena bos sarnx...:dead:
     
  16. blue_lionx M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 13, 2008
    Messages:
    4,370
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +32,198 / -0
    tips yang menarik.. :top:

    saya ini kan pemalu kalau untuk tampil di depan umum... :malu1:
     
  17. errzotl Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 19, 2008
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    Nice info gan.
    Gw kl presentasi kadang masih suka muncul rasa panik dsb.
     
  18. adadajah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 16, 2009
    Messages:
    532
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +765 / -0
    kata temen2..gue orangnya sih PD abis. tp kalo disruh presentasi depan auidiens yg banyak, gue suka "nervouse",
    kadang malah suka salting.
    moga dengan tips ini gue bisa lebih PD.

    :niceinfo:
     
  19. mavericks M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 13, 2008
    Messages:
    1,537
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,315 / -0
    makasih buat thread ini....makasih juga buat info nya
     
  20. Happybahbah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 17, 2008
    Messages:
    1,789
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,373 / -0
    tips yg baik..
    tips ini juga bisa kepake pada saat sidang2 skripsi bagi yg masih mahasiswa.. :top:
    tapi pastilah sulit dalam pelaksanaannya..
    kunci agar pidato bagus salah satunya adalah percaya diri..
     
  21. rizzanr M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 13, 2009
    Messages:
    2,802
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +2,420 / -0
    udah tau teorinya taoi tetep aja suka gemeteran
    belum terbiasa kayaknya
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.