1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mengapa banyak orang yang suka memakai kata kasar apabila emosi?

Discussion in 'CurHat' started by ice_craymels, Mar 16, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ice_craymels M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 9, 2010
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    Sering kali ketika seseorang emosi maka akan keluar kata2 kasar/ caci maki. Mengapa? Apakah setelah mengatakannya perasaan jauh lebih enak?
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Safarudin4 M V U

    Offline

    ~Hikki~

    Joined:
    Apr 5, 2009
    Messages:
    5,626
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,122 / -5
    itu cuman kebiasaan. Kebiasaan baca di manga, atau nonton. lingkungan sekitarnya dikelilingi oleh org-org yg sering berkata kasar. Manusia pada dasarnya mengikuti apa yg dia lihat dan dia dengar. jadi krn udh sering lihat atau dengar atau dengar sekaligus melihat, maka kata-kata kasar/caci maki dengan mudahnya dia ucapkan.
    soal perasaan jauh lebih enak, menurut saya itu tidak benar. masih ada cara yg lain yg lebih bagus untuk meredam emosi. seperti istighfar (orang islam).
    soal kebiasaan, terkadang orang-org tidak sengaja dan tidak menyadari bahwa itu bukanlah hal yg seharusnya dia lakukan atau dia katakan. awalnya mugnkin dari menonton dan dirasa keren bilang gitu, akhirnya dia mempraktekkan (biasa anak muda selalu mencoba-coba hal baru). lama kelamaan dia terbiasa dan menjadi kebiasaan

     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  4. kaosbolong Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 16, 2009
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    ala bisa karena biasa ya gan....
     
  5. ninjaugal M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +50 / -0
    Ini sifat manusia untuk "melampiaskan" segala sesuatu.
    Jika orang merasakan suatu emosi "sedih, marah, senang" dia akan mencari hal-hal atau melakukan sesuatu yang sebanding dengan emosinya.
    Contoh : senang ----> melompat-lompat
    marah ----> membentakbentak.

    Kadang ada yang bisa melampiaskannya dengan spontan. seperti kasus ice_craymels.
    yang langsung membentak.
    Ada juga yang mencari pelampiasan lain.
    contoh : marah ----> main game untuk dilampiaskan.

    Jika ada orang yang dalam kondisi marah lalu membentak-bentak, tenang saja sebenarnya itu adalah hal yang jauh lebih positif, karena kita tahu dia sedang marah... saat seperti ini coba bawakan segelas air (dilampiaskan dengan minum air dingin).

    Yang sangat bermasalah adalah yang memendam permasalahan dan emosinya. Karena kita tidak tahu dia akan tenggelam dalam bentuk pelampiasan seperti apa (narkoba, minuman keras, judi, main perempuan, play girl...)

    Dari hal ini juga kita bisa mengetahui masalah orang dari bentuk pelampiasannya :
    contoh :
    orang minum beer : dia merasa hidupnya banyak tekanan, dan ingin bersenang-senang dan kalo bisa melupakan segala sesuatu yang dia alami.

    jadi sebenarnya bukan "karena biasa"... secara teorinya... ember yang penuh air dan tumpah keluar isinya.
    jadi orang yang sabar itu, bukan karena embernya besar, tetapi karena dia menemukan bentuk pelampiasan yang cocok dengan tidak membentak-bentak
    (beberapa org segera mengingat dengan cerita lucu, ada yang meremas tangannya kuat-kuat, dan ada yang membaca doa...)
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. elmambast M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 28, 2010
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +6,602 / -0
    Untuk lebih nguatin kekesalannya gan . . .
     
  7. ice_craymels M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 9, 2010
    Messages:
    224
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    Lalu bagi orang yang tidak bisa mengeluarkan kata2 kasar tidak dapat meluapkan emosinya?
    kalo kayak gitu gimana jadinya dong?
     
  8. suspect_zero Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    hmm, kalo menurut gw untuk sebagian orang bukan g bisa meluapkan emosi, tp bisa mengontrol emosiny dengan lebih baik,
    menurut gw itu lebih bagus drpd maki2 g jelas yang biasanya bukannya menyelesaikan masalah tp menambah parah masalah
    CMIIW
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  9. babyglamorous Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 16, 2011
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    Biasanya karna pada saat emosi orang tuh ga bisa berpikir jernih gan, makanya orang selalu menyesal setelah ngucapin hal2 yang nyakitin hati orang lain -.-"
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  10. ninjaugal M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 5, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +50 / -0
    Seperti yang kujelaskan sebelumnya...
    Orang yang saat merasakan sesuatu perasaan, pasti akan meluap...
    Perbedaan antara :
    1. Orang yang tidak mampu menahan emosinya : langsung marah2 dengan kata2 kasar (mencari pelampiasan dengan kata2 kasar)
    2. Orang yang mampu mengontrol emosinya : dia akan mencari hal lain sebagai pengganti pelampiasan emosinya (kata2 kasar diganti dengan bekerja)
    3. Orang yang menahan emosinya : orang ini biasanya melakukan pelampiasan, tetapi tidak puas, dan yang menahan emosinya suatu saat jika dia kebetulan bertemu dengan bentuk pelampiasan yang salah, maka dia akan terjerumus ke dalamnya. Sekalipun dia tidak menemukan pelampiasan... orang ini akan mengalami masalah gangguan kesehatan (jantung, tekanan darah, sakit kepala, sakit maag)

    Di antara ke-3 orang tadi, tentunya yang bermasalah adalah tipe no.1 dan no.3.
    Untuk no.1, kita gunakan cerita lucu, humor, atau membawakannya segelas air.

    untuk no.3, kita sering ngajak cerita aja, sampai dia merasa bahwa kita tempat curhat yang enak, sehingga dia akan melampiaskan (menceritakan segala sakit hatinya).

    Cara menemukan tipe orang no.3 (menahan perasaan dan emosinya):
    1. Mereka memiliki kecenderungan untuk menyendiri (introvert) dan agak takut berbicara.
    2. Biasanya kurang menonjol di kelas, dan memiliki keluarga yang broken home (papa mama sering bertengkar, atau hanya memiliki 1 orang tua saja...).
    3. Selanjutnya entah dominan, saya menemukan mereka memiliki kesukaan untuk menggambar atau membuat cerita (pelampiasan kecil2kan dalam bentuk imajinasi dan khayalan)
     
    • Like Like x 1
  11. break777 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 12, 2010
    Messages:
    1,163
    Trophy Points:
    196
    Ratings:
    +5,142 / -0
    kalo mnurut gw kebiasaan it gan. . .

    tp ada jg biar nunjukin kalo dy marah. . jd pke kata2 kasar
     
  12. bonadog Members

    Offline

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    8
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +1 / -0
    sepertinya , bukan kebiasaan tetapi penguasaan diri yg kurang aja
     
  13. corelestialbeing M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 31, 2011
    Messages:
    494
    Trophy Points:
    37
    Ratings:
    +1,207 / -0
    gak semua orang loh

    mungkin kebiasaan dia aja
     
  14. miq_ M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    489
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +143 / -0
    ketika emosi telah menguasai, sifat asli pun muncul :hehe: bercanda :peace:

    kenapa mengunakan kata yang kasar, tanpa sadar untuk menyakiti (atau membalas) orang yag membuat marah
    kata kasar bukan satu2nya cara, kadang dengan fisik.. namun yang paling aman ya kata2, tetutama apabila secara fisik kalah

    masalah inspirasi kata2 seperti ada bisikan gitu dari dalam pikiran ( pengalaman sendiri lah, walaupun akhirnya tidak dilontarkan)
     
  15. Iian Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 7, 2011
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +9 / -0
    :ehem: tpi knpa lbih bnyaq orang ga bsa ngntrol diri
    neh gw pribadi :takut:
     
  16. jbrandy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 23, 2011
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +5 / -0
    ya pelampiasan sesaat aja, dari pada di tahan2 kan malah ga enak mending dikeluarin
     
  17. merry1891 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 25, 2011
    Messages:
    30
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    terus terang.. itu gw bgt...
    tp gw sependapat dgn jbrandy.. pelampiasaan sesaat aja untuk melegakan hati...
    tp ga ada klanjutannya...
     
  18. AgengHellKaiser M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 22, 2011
    Messages:
    2,054
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,614 / -1
    mungkin oorang2 sering memakai kata kasar saat emosi itu karena mereka ingin di tahu klau lagi emosi, cuz masa klo orang lagi marah mereka bilang, "SAYA MARAH...!!!"
    pastinya dengan kata2 kasar itu mereka menunjukkan kalau mereka benar2 sedang marah...IMO :peace:
     
  19. greenzchoky Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2011
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    ya kadang masih untung klo klo efek marah nya ngeluarin kata2 kasar daripada perbuatan kasar.......
    walaupun efeknya sama2 menyakitkan,,,,,, yang pasti apapun perbuatan kasar ga akan membuat sesuatu lebih baik......
    keep calm n positive thinking..... tapi klo dah mendesak boleh juga tuh kasar2an
    ihhihiihih.. PEACE
     
  20. Section Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 20, 2010
    Messages:
    27
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +15 / -0
    itu namanya mindset... ketika marah, ada bagian di tengkuk ke atas yang menghambat informasi masuk. makanya ketika marah cendung menjadi batu. Kok bisa sih sebuah hal bisa membuat orang menjadi marah?

    jawabnya : karena dia nya yang ingin begitu... ga ada faktor lain. Ketika lingkungan memberi contoh seperti itu, keputusan langsung tergantung pada diri, apakah ada perlu respon marah? apakah marah itu aksinya "begitu"? dst...

    Marah itu perlu, cuman yang salah itu marah dengan emosi... emosi yang membuat kerja tubuh menjadi tidak stabil, beraktivitas lebih dan bisa merusak tubuh. Sama seperti tertawa biasa dengan tertawa emosi.

    Nah, hubungannya dengan kata-kata kasar itu ya karena kebiasaan. Ini disebabkan oleh apabila keadaan mendesak, kita perlu melepaskan energi yang terpendam karena emosi, terserah bagaimana caranya. Dan kebanyakan orang puas melakukan hal tersebut dengan kata-kata kasar dan perilaku kasar. Namun apabila dibiasakan dengan hal lain, itu bisa berubah.

    Contoh :

    lagi emosi marah responnya memasak.
    lagi emosi marah bakal teriak "PINTER!!!"

    (gw pribadi sih berhasil membelokkan kata-kata "anjing" menjadi "anting"... meski bedanya tipis, tapi lumayan lah...)
     
  21. greenzchoky Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 28, 2011
    Messages:
    53
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    :hahai: bused dah.....
    ntar gmana kata ce nya,,, khan pada saat kita marah!!!
    tiba2 teriak "anting" ekh si ce tiba2 ngomong "mana anting" ato " mau donk anting"
    kyanya marah nya ga jadi n malah ketawa ketiwi....... hihihihiihih
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.