1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Origin Menelisik Sejarah Tahu

Discussion in 'History and Culture' started by zacktheripperz, Feb 22, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. zacktheripperz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    102
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,146 / -0
    [​IMG]

    SANGAT sedikit pengetahuan secara eksak mengenai sejarah asal usul dan metode pembuatan tahu. Meski ada banyak teori yang diajukan mengenai asal usul tahu, informasi sejarahnya masih langka, karena kebanyakan bersifat spekulasi dan legenda. Seperti halnya asal usul keju dan mentega, asal usul tahu dan cara produksinya belum diketahui secara pasti dan kurang bukti.

    Yang dikenal sekarang adalah bahwa pembuatan tahu merupakan teknik kuno. Tahu secara luas dikonsumsi pada masyarakat Cina Kuno dan teknik pembuatan dan penyajiannya kemudian tersebar luas di banyak negara Asia. Tahu pun kemudian menjadi salah satu produk pangan populer di masyarakat Asia.

    Saat ini ada tiga teori mengenai asal usul tahu. Yang paling umum dari tiga teori itu menyebutkan tahu ditemukan di Cina utara sekitar tahun 164 sebelum Masehi oleh Lord Liu An, seorang pangeran pada masa Dinasti Han. Meski ini mungkin, kurangnya informasi yang konkret mengenai periode ini menjadikannya teori ini agak sulit untuk menentukan apakah memang yang menemukan metode pembuatan tahu itu adalah Lord Liu An atau bukan. Alasannya, dalam sejarah Cina, berbagai penemuan penting seringnya dihubungkan dengan para pemimpin dan figur penting (dan berkuasa) pada zaman itu.

    Teori kedua menyebutkan, metode pembuatan tahu ditemukan secara tidak sengaja ketika bubur kedelai yang mendidik tumpah dan bercampur dengan air laut yang tak murni. Garam laut yang mengandung kalsium (Ca) dan magnesium (Mg), bercampur dengan susu kedelai sehingga membeku dan menghasilkan bahan gel seperti tahu.

    Teori ini sangat mungkin lebih diterima sebab sejak zaman kuno susu kedelai sudah dikonsumsi sebagai sajian sup lezat seperti halnya di era modern sekarang. Meski secara teknis masuk akal, sedikit bukti atau fakta yang bisa membuktikan atau tidak membuktikan bahwa asal usul pembuatan tahu memang melalui cara seperti ini.

    Teori ketiga memercayai bahwa orang Cina kuno mempelajari metode membekukan susu kedelai dengan cara meniru teknik pembekuan susu yang dimiliki orang-orang Mongol dan India Timur. Bukti utama teori ini adalah adanya persamaan etimologis antara istilah Cina untuk menyebut produk susu terfermentasi di masyarakat Mongol (rufu yang berarti "susu rusak") dan istilah doufu atau tofu. Meski cukup menarik dan mungkin, tidak ada bukti untuk memperkuat teori ini. Jika pun ada, tak lebih dari spekulasi para akademisi.

    Meski pengembangannya sudah terjadi sebelum Pangeran Liu An hidup, tahu telah dikenal secara umum diproduksi dan dikonsumsi sebagai bahan pangan di Cina sejak abad ke-2 M. Meski jenis tahu di zaman dulu tidak sama dengan yang sekarang, deskripsi dari beberapa tulisan dan puisi pada era Dinasti Song dan Yuan memperlihatkan teknik pembuatan tahu telah distandardisasi pada saat itu, hingga tingkat di mana tahu sama dengan yang ada pada zaman sekarang.

    Tahu dan teknik pembuatannya lalu diperkenalkan ke Jepang pada periode Nara (akhir abad ke-8), seperti juga ke negara-negara di kawasan Asia Timur. Penyebaran ini mungkin bersamaan waktunya dengan penyebaran ajaran Buddha karena tahu menjadi bahan penting dalam memenuhi kebutuhan protein para imam Buddha yang menerapkan diet vegetarian. Sejak saat itu, tahu menjadi bahan pokok di sejumlah negara, seperti Vietnam, Thailand, dan Korea, dengan variasi regional dalam hal metode pembuatan, bentuk tekstur, rasa, dan penggunaan.

    Tahu belum dikenal sebagai bahan pangan bagi masyarakat Barat sebelum medio abad ke-20. Meski demikian, kontak budaya yang meningkat dan adanya minat terhadap vegetarian, menjadikan tahu sebagai salah satu produk yang kini lebih familiar di kalangan orang Barat.:piss:


    SOURCE
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,110 / -2
    teori ketiga mungkin ada benarnya, susu kedelai kalau agak lama akan menggumpal membentuk "bunga tahu" yaitu sejenis tofu yang lebih lembek dan kenyal, di tempat asal saya dulu banyak yg jual gituan

    dan "bunga tahu" ini akan berubah menjadi bentuk yang lebih keras apabila diperlakukan dengan baik(di rendam dalam susu kedelah agak lama, dan tidak di tutup) yang lebih kita kenal sebagai tofu

    bedanya tahu dan tofu, tahu lebih keras dan tofu lebih lembek
    itu disebabkan karena tahu dibuat dari "ampas kedelai" sisa pembuatan susu kedelai oleh karena itu tdk heran kalau tahu lebih keras dan tidak lebih kenyal dari tofu
    sedangkan tofu sendiri terbuat dari penggumpalan susu kedelai seperti yg telah saya jabarkan di atas
     
    Last edited: Feb 22, 2010
  4. gamerboyzzz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 26, 2008
    Messages:
    262
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +11,343 / -0
    Yang gw tahu..
    Tahu atau Tofu adalah sebutan yg sama..
    Tahu di Indonesia, Tofu sebutan Universal..
    Yang ngebedain lembek sama keras itu Tahu mentah, Tahu matang...

    "Bunga tahu" atau yang biasanya disebut "Kembang Tahu" juga dibuat dengan metode, ga didiemin doank trus berubah..
    Susu kedelai yang didiemin lama2 emang mengeras, tapi sebutannya susu kedelai basi..

    :)
     
  5. revenand M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 3, 2008
    Messages:
    236
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +188 / -0
    kalo emang susu kedelai yg dibekukan itu jadi air susu kedelai basi brarti tofu tu jatuhnya basi ya?

    bukannya kalo lembut ma ga nya tahu tergantung dari jumlah air yg ada waktu ngebuat tahunya ya? ane pernah lyat ko tahu cina yg padat bgt jd aga2 keras gtu!

    bener ga?
     
  6. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,724 / -0
    di amerika tahu dimakan mentah2 dari kulkas ya:???:

    saia lebih suka tahu goreng deh, dimakan sama cabe:top:
    salut buat para pembuat tahu:hehe:
     
  7. meech M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 1, 2007
    Messages:
    1,873
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +87,942 / -0
    tofu = bhs mandarin untuk makanan yg disebutkan diatas (ato bhs indonesia nya tahu)
    krn pertama kali ditemukan di Cina, makanya bhs inggris pun mengambil kata tofu untuk nama makanan tersebut (mungkin sebutan universal jg, secara engrish itu bhs universal)

    untuk keras dan lembek saya ga tahu :lol:
    soalnya blm pernah liat pembuatannya
     
    Last edited: Feb 22, 2010
  8. giganticskies M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 22, 2009
    Messages:
    5,702
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +7,765 / -1
    Kalo ga salah kan ada macem2 Tahu? Tahu Indonesia aja beda dengan tahu cina? Gimana teorinya? Masa sih dari yang basi? Bukannya kalo yg basi itu tempe :???:
    Ada tahu takua, Tofu telur, tofu udang, tofu biasa...
     
  9. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,724 / -0
    ^
    tempe bukan basi, tapi fermentasi:swt:
    ga enak banget kan kedengarannya kalo makan barang basi...
    berarrti yogurt juga basi dong:hehe:
     
  10. meech M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 1, 2007
    Messages:
    1,873
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +87,942 / -0
    @giganticskies
    tahu itu emang uda banyak macamnya, kan uda diproduksi di berbagai negara
    susu aja banyak merk nya, pdhal sama" susu sapi
    tahu bandungan dan tahu bandung aja rasanya uda agak beda (pdhal nama kota nya mirip :lol:)
    meskipun banyak macamnya yg pasti ada kemiripannya

    @hidey-holey
    di daerah jateng ada lho makanan tempe yg uda hampir basi
    namanya "tempe sangit" (klo ga salah)
    gw heran jg, koq ada yg mau makan ya? :keringat:
     
  11. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,341
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,724 / -0
    meech:
    mungkin terdesak kali ya?
    kaya nasi aking gitu, soalnya ga bisa beli yang bagus:???:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.