1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Memunculkan fitur developer di Android plus fungsinya

Discussion in 'Free Talk Zone' started by konveksi_kaos, Feb 20, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. konveksi_kaos Members

    Offline

    Joined:
    Aug 20, 2013
    Messages:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +6 / -0
    Jika anda membuka setting anda akan menemukan pilihan pengembang yang di dalamnya terdapat pilihan untuk mengaktifkan USB debugging dan beralih ke ART. Ternayata sebenarnya masih banyak pilihan lain yang terdapat pada menu itu. Sayangnya Google telah menyembunyikannya secara default sehingga anda tak dapat melihatnya. "Menu yang hilang" itu memang sengaja diciptakan untuk beberapa alasan keamanan. Jadi hanya orang-orang yang membutuhkannya yang akan memunculkan fitur developer di Android

    Untuk lebih kenal lebih dalam tentang Android simak cara menampilkan menu yang hilang beserta fungsinya dibawah ini.

    Menampilkan menu yang hilang

    Seperti yang telah disebutkan fitur developer di Android telah dihilangkan secara default. Selain karena alasan diatas juga karena fungsinya yang jarang digunakan kebanyakan pengguna Android.

    [​IMG]
    Memunculkan menu developer yang hilang itu bukan lah hal yang sulit. Anda hanya perlu untuk pergi ke setting lalu pergi ke bagian tentang/about. Disana anda akan menemukan beberapa informasi tentang perangkat yang anda gunakan. Untuk mengaktifkan menu pengembang yang hilang perhatikan Nomor Bentukan/Build Number, tekan 5 kali pada nomor yang tertera. Maka anda akan mendapatkan notifikasi bahwa anda seorang pengembang.

    Sampai disini mungkin anda tidak akan melihat perubahan pada bagian about. Namun jika anda membuka pilihan pengembang maka anda akan menemukan banyak sekali pilihan yang sebelumnya tidak ada. Ingat berhati-hatilah dengan pilihan-pilihan itu karena dapat berpengaruh buruk pada perangkat anda jika memasukkan perintah yang kurang tepat.

    Fungsi-Fungsi Developer
    Nah untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan mari pahami fungsi-fungsi dari menu pengembang yang sudah anda tampilkan.

    [​IMG]

    • Take bug report: Pilihan ini berfungsi untuk mengumpulkan log file yang berisi laporan aplikasi yang anda jalankan yang mana laporan tersebut juga akan disiapkan untuk dikirim. Dengan demikian anda dapat mengirim semua hal yang terjadi pada aplikasi perangkat Android anda kepada orang yang anda inginkan
    • Desktop backup password: Merupakan pilihan untuk memasukkan sandi yang digunakan untuk merestore data yang sebelumnya anda simpan. Jika anda tidak memiliki password ini maka anda tidak dapat mengapaplikasikan beckup pada perangkat yang anda inginkan.
    • Stay awake: Merupakan suatu pilihan yang memungkinkan anda untuk membuat layar perangkat Android anda tetap menyala saat terhubung. Dalam hal ini adalah USB baik itu saat melakukan pengisian daya ataupun terhubung ke komputer.
    • Select runtime: Ini merupakan pilihan untuk mengubah cara runtime perangkat Android anda yang mana Android Lollipop menggunakan ART sementara Android versi sebelumnya menggunakan Dalvik. ART memang diakui lebih cepat daripada Dalvik namun demikian ART juga punya kelemahan. Perlu diperhatikan juga tidak semua perangkat akan mendukung pilihan ART jadi berhati-hatilah dan cari informasi tentang perangkat anda terlebih dahulu.
    • Enable Bluetooth HCI snoop log: Pilihan ini akan mengaktifkan log Bluetooth Host Control Intervice yang mana sangat berguna untuk mengetahui aktifitas dan hubungan bluetooth. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang bergelut di bagian
    • Process stats: Ini merupakan pilihan yang akan menyuguhkan anda stat proses aplikasi yang berjalan pada perangkat anda. Mungkin anda tidak memahami dengan nilai yang akan diberikan. Namun nilai tersebut sangat berguna bagi pengembang untuk menganalisa aplikasi buatan mereka untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada.
    • USB debugging:Fitur ini akan mengaktifkan USB debugging yang dibutuhkan saat menjalankan Adroid Debug Bridge maupun DDMS
    • Revoke USB debugging authorizations: Fitur ini akan menghilangkan autorisazi sebelumnya sehingga anda dapat melakukan autorisazi yang dibutuhkan.
    • Power menu bug reports: Pilihan ini akan menambahkan pilihan pengiriman bug saat anda menekan power. Fitur ini sangat berguna saat anda menguji suatu aplikasi.
    • Allow mock locations: Pengaturan ini akan memungkinkan anda memasukkan lokasi secara manual. Yang mana akan mengelabuhi perangkat sehingga mereka berpikir anda sedang berada di lokasi yang anda masukkan tadi.
    • Select debug app: Fitur ini akan memilih suatu aplikasi untuk melakukan debug yang mana juga sangat berguna untuk mengetahui apakah aplikasi itu sudah berjalan dengan benar atau belum.
    • Wait for debugger: Fitur ini akan membuat aplikasi menunggu untuk selesainya debug dari aplikasi sebelumnya. Fitur ini hampir tidak digunakan oleh orang biasa/bukan pengembang aplikasi.


    Lebih lengkapnya langsung ke sumber
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. l0st4m4st4 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 27, 2011
    Messages:
    34
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +3 / -1
    terima kasih gan, berguna banget infonya
     
  4. Negane M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 8, 2009
    Messages:
    1,574
    Trophy Points:
    127
    Ratings:
    +723 / -0
    numpang tanya, ada gak cara untuk memunculkan informasi spek gadget android secara lengkap? saya tahunya kalo hal itu tuh cuma bisa dilakukan dengan mendownload program tertentu saja
     
  5. cenkirpal Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 21, 2014
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +2 / -0
    nice info gan hehehe
     
  6. andre4ns Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 27, 2009
    Messages:
    151
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +18 / -0
    nah, akhirnya tau juga nih fungsi yang ada dev menu
     
  7. ignas14 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    14
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Coba bentar tipsnya.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.