1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Modifikasi Memodifikasi Motor

Discussion in 'Otomotif' started by Dickenz, Mar 11, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Dickenz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +2,728 / -0
    Jaman sekarang siapa sih yang tidak punya motor? Sepertinya saat ini hampir sebagian keluarga memiliki setidaknya 1 buah kendaraan roda dua ini.
    Motor digunakan sebagai pilihan untuk sarana transportasi yang mudah dan murah jika di bandingkan menggunakan alat transportasi umum,biaya operasionalpun relatif lebih ekonomis.

    Bagi sebagian orang,motor tidak lagi sekadar menjadi alat transportasi,tetapi sudah menjadi jati diri bagi pengendaranya.
    Mereka tidak mau tungganganya sama dengan yang lain,mereka tidak mau dibilang ‘Pasaran’.
    Atas dasar inilah maka sebagian orang kemudian melakukan modifikasi motornya dan juga atas dasar seni,serta kreatifitas tentunya.
    Oleh karena itulah banyak dijumpai motor-motor dengan bentuk yang sudah tidak lagi standar bawaan pabrik,
    ada yang berdesain modern,futuristik,classic bahkan yang extrem sekalipun juga ada.

    Namun disatu sisi banyak orang yang melakukan modifikasi motornya tanpa penghitungan, dan konsep yang cermat,
    yang penting tampil beda, tanpa memperhatikan lagi estetikanya sehingga modifikasi cenderung menjadi ‘dekorasi’.
    Tidak sedikit modifikasi yang mereka lakukan menyimpang dari penggunaan motor yang seharusnya, karena penggantian sebagian komponen secara radikal.

    [​IMG]

    Ambil contoh sederhananya adalah modifikasi pada bagian knalpot.
    Untuk mengejar suara motor yang ingin terdengar ‘gahar’,mereka menggunakan knalpot tipe racing-’bobok’, nyaring dan kencang memang suaranya tapi apa mereka tidak sadar bahwa sebagian besar orang merasa terganggu dengan bunyinya?

    Selain dari bentuk knalpot modifikasi tersebut yang kurang enak untuk dilihat hal ini juga sebenarnya dari segi kenyamanan dirasa kurang dan juga melanggar tata tertib berlalu lintas,karena sudah mengganggu ketertiban umum.

    Contoh berikutnya modifikasi yang relatif tidak sesuai adalah:
    - Penggunaan klakson dengan berbagai macam bunyi yang terdengar mengagetkan bagi yang mendengarnya
    - Penggunaan lampu yang terlalu terang ‘halogen’ yang dapat mambahayakan pengendara lain yang ada di depannya karena relatif menyilaukan pandangan
    - Penggunaan aksesoris yang mempunyai bentuk yang runcing,seperti handgrip,footstep yang dapat mencederai pengendara
    - Tahukan modifikasi yang lainnya?

    Sebenarnya boleh boleh saja melakukan modifikasi atas motornya, namun tentunya harus tetap mengedepankan fungsi dan estetika.
    Merubah salah satu bagian dari motor secara tidak langsung telah merubah kestabilan motor secara keseluruhan.
    Perlu diingat bahwa pabrikan membuat motor dilakukan oleh ahlinya sedemikian rupa dengan melakukan tes dan riset sebelumnya,sehingga dari segala sisi sudah diujicoba kelayakannya.

    Menurut penulis,yang juga mempunya motor yang pernah dimodif, bahwa konsep dasar modifikasi sebenarnya adalah keseimbangan antar bagian.
    Sebagai misal, seseorang melakukan ‘bore up’ atas silinder motor, okelah tenaga motor akan naik secara signifikan,
    tetapi apakah sudah diimbangi dengan penambahan bagian pengereman yang lebih pakem, karena tenaga motor yang menjadi besar tentunya membutuhkan daya pengereman yang besar juga? apakah bagian rantai juga dilakukan perubahan dengan yang lebih kuat tentunya untuk mengimbangi tarikan motor yang kuat?
    apakah material blok silinder tidak mengalami panas yang berlebih karena kapasitas mesin yang sudah berubah?
    dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain yang bisa timbul akibat memodifikasi motor…

    Akhirnya pilihan tergantung pada masing-masing individu, memilih melakukan modifikasi ataukah tetap dengan kondisi motor yang standar?
     
    • Like Like x 5
    • Thanks Thanks x 5
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,251 / -0
    wew gambar moodifNy extrem banget :matabelo:
    --
    di Modif si gpp,, sal jgn mengurangi Keamanan n Kenyamanan pengendara aj. pa lagi klo sampai mengganggu pengendara lain.. wah siap2 aj kena semprot :hihi:
    cth buruk: Rem lampu belakang kuning (silau men,, bs bikin celaka yg lain jg), tp ane trmasuk yg nggunain dulu (waktu masih bebek) :malu:,, stelah kena Tilang pak pulisi n dkasih liat Pasal2 yg nyebutin hal itu gak boleh, ane langsung tobat :hehe:
    yg paling parah di jaman skarang sih bukan karna modifNy,, tp krna pengendaraNy sendiri yg ngModif diriNy tuk tampil keren kaya pemain sirkus..

    SMS pas lagi naek motor
    Nelpon pas lagi naek motor :swt:
     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 3
  4. azkareza M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    450
    Trophy Points:
    157
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,202 / -0
    modif motor yg bikin org laen kesel :
    pake klakson punya mobil > bikin kaget!
    pake knalpot ga standart (saringannya dilepas) > berisik bikin budeg!
    pake lampu rem warna putih > set daah.. malah bikin keder yg dibelakangnya!
    pake lampu strobo (merah+biru) > gunanya apa.. emang dia pikir dia polisi apa?
    ga pake spatbor belakang > klo ujan bikin nyiprat parah!
    :piss:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. bhaso Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    118
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +218 / -0
    Paling bener motor Standar bozz,,,
    Kasian engineerny,,, untuk bikin part2 aja butuh riset dan percobaan yg lama,,,
    semuany sudah d perhitungkan,, dr segi desain, fungsi, ma safety
    kita kadang2 modif seenak perut sendiri aja,,,
    g ada modal ilmu padahal,,,
    :piss::piss:

    (Padahal tiger gw jg d gnti ban gede, knalpot, ma setang :panda::panda:)
    wekekeke... Sotoy yak,,, kt dosen gtu soalny...
    :hahai::hahai::hahai:
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 2
  6. Dickenz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +2,728 / -0
    yang parah lagi klo motor 4 tak dipasang knalpot 2 tak........
    :haha:
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  7. namsadin Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 23, 2009
    Messages:
    4,210
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +86,879 / -0
    nambahin saja, efek buruk buat motornya sendiri: turbelensi berkurang, ring piston lebih cepat aus .
     
  8. icalbrown Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 3, 2009
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +3 / -0
    Modif ok,
    tapi liat dulu,
    ada duit di dompet ngga ?
    :D hahahaha
     
  9. junk_master M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 9, 2009
    Messages:
    1,406
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +45,884 / -0
    Modifikasi ekstreme untuk Kontes ga papa, tapi kalo harian harus memperhatikan fungsi dan keamanan nya. Dan jangan sampai merugikan pengguna jalan lain dah.
     
  10. upilgajah M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 16, 2009
    Messages:
    772
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +3,844 / -1
    ikut nimbrung ye gan motor gw jg gw modif tp skrng malah jarang gw pake soalnya didaerah gw polisinya sadis sadis pake ban kecil lngsng dicoblos pake pisau n tilangnya mahal amat jd skrng modifnya beralih ke yg aman aman aj kyk ngecat bodi gnt velg ma yg msh cita cita mau pasang audio tp gak tau dech kapan bisanya hehehehe
     
  11. 4dministrator Banned User

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 22, 2010
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +177 / -0
    ayo dong kasih pic lagi, siapa tau saya dapat inspirasi buat modeif tiger
     
  12. katjibang Members

    Offline

    Joined:
    Feb 2, 2009
    Messages:
    9
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo mo modif mio naik cc ada yang tau diman?
     
  13. megapro04 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,037 / -0
    nich gan.. motor ane...

    [​IMG]
    [​IMG]

    tapi akibat beban berlebih di box.. bisa terjadi seperti ini... (khusus megapro n tiger)
    [​IMG]


    yg penting slalu safety.. kalo ngga bakal jadi kek gini nich...
    [​IMG]

    **Tempat biasa ane nongkrong.. lokasi di Barito semarang.. di bengkel Pandil.. spesialis center body n sulap motor dari yg ancur jadi utuh gan..
     
    Last edited: May 18, 2010
  14. the4th Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    15
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    Modif motor juga harus memperhitungkan kegunaan motor. Apakah buat day use (sehari-hari) atau buat show off (event otomotif, balapan dsbg). Banyak yang salah kaprah dengan masang knalpot racing yang dibobok dsbg biar suara gahar....padahal efeknya...secara output berubah volume otomatis bensin nyedot banyak.....salah-salah ramuan bensin di combusting chamber jadi kurus (ditest dengan cara geber lama dan liat kondisi busi sehabis digeber, kalau ada bercak putih itu artinya kurus)...ujung2nya upgrade main jet dan pilot jet....konsumsi bahan bakar naek....tadinya 3 liter buat 2 hari (kasarnya). Jadi 3 liter buat 1.5 hari....ujung-ujungnya dompet lebih dalem lagi....jadi pikir2 dulu dah kalau mau modif....tu motor mau dipake buat apa??? harian atau ?? Kalau buat harian..mending maksimalin fungsi-fungsi yang udah ada....gas spontan enggak haram kok dipakai di motor harian (dengan resiko suka kaget aja pas start lampu merah ^_^). Tapi kalau udah mulai obok-obok mesin papas head, ganti liner, ganti piston, bor bandul...buat motor harian...wah itu mah sembrono....
     
  15. Dickenz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 16, 2009
    Messages:
    625
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +2,728 / -0
    Klo masalah piston sih, menurut gw gkpapa.....
     
  16. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,202 / -10
    [​IMG]
    ini enak cuman 1, biasanya ada juga yang dikasih dikanan kirinya coy...
     
  17. megapro04 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,037 / -0
    tergantung kesukaan si bro... masalahnya utk side box harus diperhitungkan kegunaan juga.. kalo gunanya cuma buat gagah2an mending gag usah pake...

    secara.. givi e21 or kappa k21.. harganya 2jt... ampun bro kalo bwt gaji under 1jt kaya saya...
    [​IMG]
    [​IMG]
     
  18. udinsaja Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    ada yang bisa modif motor pulsar ga ya
     
  19. udinsaja Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 19, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kira2 harga side box berapaan ya
     
  20. megapro04 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    385
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,037 / -0
    tergantung mas bro...

    cari yg model e21/k21 apa yg v35 ato yg lainnya...

    tapi kalo pingin murah pake aja topcase... trus dimodif jadiin kanan kiri...

    Contoh :
    [​IMG]
     
  21. batman89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    24
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +8 / -0
    emang suaranya jadi gimana bro?
    berisik amat yah?
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.