1. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Jangan rindu, ini berat, kau tak akan kuat, biar aku saja. Cek info libur
    Dismiss Notice
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  6. Mau kasih kado lebaran buat yang terkasih? Yuk ikuti event Kado Hari Raya Untuk Perempuan! Ada gamis & khimar gratis buat kado kamu loh~
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Knowledge Membumikan Harapan

Discussion in 'Book Review' started by marikyu, May 27, 2018.

?

Apakah kamu tertarik untuk membaca buku ini?

  1. Ya

  2. Tidak

Results are only viewable after voting.
  1. marikyu MODERATOR

    Offline

    moonlight :)

    Joined:
    Jan 26, 2013
    Messages:
    12,347
    Trophy Points:
    261
    Ratings:
    +20,094 / -0
    [​IMG]

    Judul Asli: Al-Baitul Muslim Al-Qudwah Amal Yahtaj Ila 'Amal
    Penulis: Abu Al-Hamd Rabi'
    Penerbit: Dar At-Tauzi' Wa An-Nasyr Al-Islamiyah
    Tahun Terbit: 1426 H / 2005 M
    Judul Terjemahan: Membumikan Harapan
    Penerjemah: Masturi Irham, Nurul Muthaharah, dkk.
    Editor: Ali Ghufron
    Penerbit: PT Era Adicitra Intermedia
    Jumlah Halaman: 426
    ISBN: 978-602-1680-22-3
    Rating: 4/5



    KELEBIHAN

    1. Membahas segala permasalahan rumah tangga disertai cara mencegah dan menanggulanginya.
    2. Terdapat potongan ayat al qur'an dan kutipan hadits sebagai landasan dari materi yang ditulis oleh penulis.
    3. Terdapat lembar evaluasi diri di setiap bab.

    KEKURANGAN

    1. Ada beberapa bahasa yang sulit untuk dipahami bagi orang awam.
    2. Ada beberapa permasalahan anak masa kini yang tidak dibahas oleh penulis.

    REVIEW

    Menurut saya, buku ini sangat cocok dibaca untuk pria dan wanita muslim yang memimpikan rumah tangga islam idaman. Tidak hanya yang masih single, bagi yang sudah berumah tangga baik yang sudah memiliki anak maupun belum memiliki anak juga sangat saya anjurkan untuk membaca buku ini. Di bagian awal buku ini membahas secara singkat tentang memilih pasangan hidup sampai mengadakan pesta pernikahan yang sesuai dengan syariat islam. Meski hanya 11 lembar, namun poin-poin pentingnya sudah tercakup dalam bab pertama ini. Tidak hanya membahas sudut pandang dari orang yang akan menikah tapi juga sudut pandang dari orang tua yang akan menikahkan anaknya dan apa yang harus dilakukan oleh kedua orang tua tersebut.

    Di bagian selanjutnya terdapat pembahasan mengenai hak dan kewajiban suami istri, cara memupuk jalinan cinta dan kasih sayang, memecahkan perselisihan rumah tangga secara baik dan benar, dan bagaimana kedudukan islam dalam hal berumah tangga. Buku ini menjelaskan bahwa kehidupan antara suami dan istri akan selalu mengalami pasang dan surut. Hal tersebut wajar terjadi, dan sebagai umat islam kita harus mengetahui bagaimana cara menghadapi permasalahan tersebut. Salah satu kunci dari permasalahan dan penyelesaian dalam kehidupan berumah tangga adalah kemampuan berkomunikasi.

    Pada bab selanjutnya membahas cara mendidik anak dengan baik dimulai dari mempersiapkan hal-hal apa saja yang harus diketahui oleh kedua orang tua sampai dengan tugas apa saja yang harus dilakukan oleh kedua orang tua agar anaknya dapat tumbuh dengan memiliki akhlak yang baik. Penjelasan interaksi antara orang tua dan anak tersebut dibagi menjadi lima fase yaitu: sebelum kelahiran, masa menyusui, anak usia dini (3-6 tahun), masa kanak-kanak tahap akhir (12 tahun), dan anak usia puber. Bab terakhir membahas tentang berbagai problem dalam mendidik anak beserta solusinya. Ada anak yang kecanduan menonton televisi sampai dengan anak yang kecanduan narkoba. Semua hal itu dibahas secara tuntas oleh penulis.

    Bagi pembaca yang masih single, diharapkan apa yang disampaikan oleh penulis dapat menjadi bekal untuk kehidupan berumahtangganya kelak.
    Bagi yang sudah menikah, diharapkan kehidupan berumahtangganya akan mampu membawanya mendapatkan kebahagian dan keberkahan di dunia maupun akhirat.
    Bagi yang memiliki anak dengan segala permasalahannya, diharapkan buku ini mampu menjadi solusinya.
    Demikian hasil review saya, semoga bermanfaat! :bye:
     
    • Like Like x 1
    • Semangat! Semangat! x 1
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.