1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Discussion Membahas Fenomena Hegemoni Guru Yang Sudah Berakar

Discussion in 'School and Campus Zone' started by XquisiterS, Mar 31, 2018.

  1. XquisiterS Members

    Offline

    Joined:
    Mar 10, 2018
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Kalau kita bicara pendidikan nih, pasti tak jauh-jauh dari si pengajar dan pelajarnya. Sepertinya sudah cukup banyak ya orang yang membahas bandelnya murid atau tips-tips yang ditujukan untuk murid.

    Nah, khusus untuk thread ini saya akan membahas poin untuk si guru (Saya menerima masukan apabila ada yang tidak setuju dengan pernyataan yang saya tuliskan ini). Kebetulan juga saya juga menjadi seorang guru, jadi banyak yang bisa dibahas di topik kali ini.

    HEGEMONI SEORANG GURU DI SEKOLAH

    Coba lihat beberapa kasus di bawah ini :
    • Guru yang berlomba-lomba memberikan tugas saat liburan sekolah
    • Guru yang statementnya tidak mau dibantah meski sang murid sudah punya argumen dan bukti kuat
    • Siswa yang senang jika gurunya sakit dan absen
    • Guru killer, yang keberadaannya sangat dibenci
    4 fenomena itu mungkin cukup umum terjadi di sekolah-sekolah di Indonesia, tanpa memandang itu sekolah elit atau sekolah pinggiran.

    Sekarang sebenarnya apa sih esensi sekolah ini? Apakah semua materi yang diajarkan di sekolah akan digunakan semuanya? Seberapa penting nilai akademis untuk kehidupan nyata? Seberapa penting ranking sekolah di kehidupan? Apakah pelajaran eksak itu harga mati, sehingga semua orang harus menguasai?

    Banyak pertanyaan yang kalau ditanyakan ke guru yang bersangkutan, mungkin beliau akan gelagapan menjawabnya. Tapi, nyatanya dalam keseharian belajar mengajar si guru tersebut malah memaksakan kehendak agar murid HARUS menguasai pelajarannya, tidak peduli apa yang disukai dan yang tidak disukai murid tersebut.

    Memang ini bukan salah 100% pada gurunya, namun juga ganjilnya kurikulum yang berlaku di negara ini. Kurikulum yang berlaku di Indonesia bisa dibilang benar-benar kuno karena berdasarkan pada pendidikan pada masa Revolusi Industri. Tentu saja jika Revolusi Industri dibandingkan dengan Milenial, akan sangat jauh sekali. Makanya kita banyak melihat fenomena "KIDS JAMAN NOW".

    Karena hegemoni-hegemoni ini, maka pendidikan di Indonesia tidak bisa berjalan mulus sesuai rencana. Sekolah-sekolah yang ternyata juga banyak yang mengejar ambisi pribadinya untuk terkenal dan diakui, membuat esensi pendidikan menjadi abstrak dan melenceng dari tujuan sebenarnya.

    Lebih lengkap : Guru Tak Seharusnya Menjadi Hegemoni di Sekolah
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Sunday_KNIGHT SUPERMOD

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Jun 10, 2012
    Messages:
    40,896
    Trophy Points:
    238
    Ratings:
    +758,149 / -6
    Sudah cukup sulit hal ini dihilangkan selama si guru masih punya ego dan merasa lebih pintar,
    padahal belum tentu, paling tidak si guru cuma pintar semalam dari muridnya (mlam belajar apa yang akan diajarkan besok),
    jadi gak selamanya guru lebih pintar, dan efek ini tentu saja ke point lainnya (guru killer, guru absen siswa senang, etc),

    tapi dulu punya guru yang sangat terbuka di sekolah, selalu tanya ke siswanya kalo menyelesaikan suatu kasus,
    dan beliau gak merasa malu *bukti guru hebat di mata gw. Maklum ada anak di kelas yang kepandaiannya beda level,
    bisa gw katakan jauh lebih jago dari si guru. At least banyak pelajaran yang gw dapatkan dari hubungan seperti itu,

    kepandaian menular ke siswa lain, dan gw juga ngerasa cara ginian bisa buat gw berkembang dalam keilmuan gw,
    soalnya ane juga seorang pengajar ..... :ngacir:
     
  4. XquisiterS Members

    Offline

    Joined:
    Mar 10, 2018
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    1
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    Nah yang benar memang harus seperti itu. Jangan menunjukkan hegemoni, krn juga sudah terbukti tidak ada manfaatnya sama sekali

    Sent from my Lenovo P1a42 using Tapatalk
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.