1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Memahami Lebih Jauh Tentang Genre Game

Discussion in 'Games Free Talk' started by eXcImEr, Oct 21, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. eXcImEr M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,259
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,945 / -1
    Apa itu genre?, genre adalah jenis tipe gaya permainan suatu game. Para gamer biasanya memilki tipe-tipe genre game tertentu sebagai favorit mereka. Bahkan terkadang dalam 1 game punya banyak genre / system cara bermain yang ganda (multigenre) Berikut ini adalah penjelasan tentang berbagai kategori game yang telah beredar hingga sekarang, jika ada yang kurang tolong diingatkan

    Genre game ini sangat menarik dan disukai oleh semua kalangan Gamers, system permainan gampang dan mudah dikuasai di segala usia walau begitu kadangkala ada game genre ini yang memakai tingkat kekerasan sangat tinggi hingga harus dilihat batasan usia nya.

    Untuk action dan action adventure gameplaynya sebenarnya sama, bahkan system permainannya berbeda-beda setiap gamenya untuk menghilangkan gaya bermain yang itu-itu saja, namun secara garis besar perbedaannya adalah :

    Action
    Untuk action biasanya gerakan objek/karakternya monoton, mamakai system level yang harus diselesaikan untuk maju ke level berikutnya. kebanyakan tanpa tingkat kesulitan yang tinggi.

    Action Adventure
    Untuk action adventure atau yang biasa kita sebut game pertualangan biasanya menuntut Gamers untuk sedikit bersabar dan berkerja keras. Game ini biasanya tanpa system level tapi memakai system save ditengah permainan atau checkpoint yang terus dilanjutkan hingga permainan selesai, gameplaynya memiliki banyak variasi sehingga menambah kenikmatan bermain. Selain itu seiring dengan jauhnya permainan, tingkat kesulitanpun semakin sulit dan harus membuat si Gamers meningkatkan status karakter game tersebut untuk menyeimbangi permainan yang lebih sulit. Game ini juga sering menyimpan rahasia/misteri seperti halnya RPG yang lumayan fun untuk ditemukan dan dipecahkan.

    Beberapa Jenis Game Action & Action Adventure

    Survival Horror Action
    Game action/action adventure yang dibuat untuk memacu adrenalin para gamer dengan ketakutan, kecemasan, dan keterkejutan dengan nuansa horrornya. Buat yang jantungan disarankan jangan deh coba-coba main game tipe ini, ntar koit lagi. He, he.
    Contoh game : seri Dino Crisis, seri Resident Evil, seri Fatal Frame, seri Silent Hill dsb.

    2D Person Action/Adventure
    Game action bergrafik 2 dimensi yang tidak bisa bergerak bebas. Gamers hanya bisa bergerak maju atau mundur hingga mencapai ujung jalan untuk menyelesaikan permainan.
    Contoh game : seri Metal Slug, Mario Bros (snes), Contra (Snes), Sonic (Sega Megadrive), dsb. kebanyakan genre game ini terdapat di konsol lampau atau portable yang belum mendukung 3D yang baik.

    3D Person Action/Adventure
    Game action bergrafik 3 dimensi yang bisa bergerak bebas 360 derajat dilingkungan sekitar untuk menyelesaikan misi-misi didalam permainan.
    Contoh Game : Assasin Creed, Knights Of The Temple, Jack Keane, Dsb

    Multigenre Action/Adventure.
    Game action/action adventure yang mengandung banyak jenis genre sebagai sub play untuk menambah keasyikan bermain seperti Fighting, Racing, dan Shooting dapat dilakukan dalam 1 game saja.
    Contoh game : seri Grand theft auto, seri True crime. dsb

    Stealth Action/Adventure
    Stealth adalah game action/action adventure yang menuntut Gamers harus melakukan suatu kegiatan secara diam-diam misalnya harus menghabisi musuh secara Silent And Deadly dengan cara menyamar, kamuflase atau mengendap-endap tanpa diketahui musuh lainnya. Fitur stealh lebih banyak berfungsi sebagai sub play kebanyakan game daripada sebagai main play untuk menghindari kejenuhan bermain.
    Contoh game : seri Splinter Cell, seri Metal Gear Solid, Seri Prince of Persia. dsb
    Simulation adalah game yang mengendalikan suatu objek yang bergerak/tidak bergerak baik secara langsung maupun tidak langsung dengan tujuan melakukan hal-hal tertentu. Game ini sangat menarik karena bisa membuat kita berfantasi seakan objek yang berada dalam game tersebut adalah nyata dan milik kita.

    Beberapa Jenis Game Simulation

    Assets Simulation
    Game simulasi yang menuntut kita untuk membuat/membangun/mengelola suatu objek/asset/bangunan/instalasi yang dikendalikan secara personal untuk mencapai tujuan tertentu.
    Contoh game : game-game SIM / Tycoon series

    Action Simulation
    Game simulasi plus action yang menuntut kita untuk mengendalikan suatu objek tertentu secara langsung untuk melakukan suatu hal secara aktif, misalnya mengendalikan kendaraan perang untuk bertempur.
    Contoh Game : Game-game Pesawat Tempur, dsb

    Vehicle Simulation
    Game simulasi realitas yang tata cara permainan mengambil dari objek aslinya, dengan tujuan mengajari player bagaimana cara mengoprasikan suatu kendaraan yang tidak biasa dikendarai orang awam dan rumit untuk dioperasikan
    Contoh Game : Seri Flight Simulator, Rail Simulator & Ship Simulator

    Music simulation
    Game simulasi yang menuntut kita mengendalikan suatu objek secara tidak langsung untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan musik.
    Contoh game : Seri Guitar Hero, seri Dance-Dance Revolution

    Lovesims/visual novel
    Game ini hanya berupa suatu percakapan antar tokoh disertai dengan gambar CG (Computer Graphic) Anime yang indah. Jalan ceritanya berjalan sendiri tanpa bisa kita kendalikan, kita hanya bisa mengatur jalan cerita melalui pilihan langkah sang tokoh di game tersebut untuk mencapai akhir yang buruk atau bahagia, kayak Sinetron gitu deh. Game ini hanya dibuat di negara asal anime yaitu jepang dan lumayan populer di sana namun tidak begitu di negara lainnya. Game ini kurang mendapat perhatian karena gameplaynya yang dinilai kurang berbobot, selain itu game tipe ini yang beredar di Indonesia kebanyakan game-game adult yang tidak baik untuk gamer usia dibawah umur.
    Game jenis ini cukup banyak disukai Gamers didunia karena gameplaynya yang sangat menarik dan alur ceritanya yang membuat kita serasa berada didunia lain, di beberapa game ini memungkinkan Gamers bisa mengontrol lebih dari 1 karakter secara bergantian dan memberinya perintah apa yang karakter tersebut harus lakukan, Game ini juga mengharuskan Gamers untuk berpikir dan berstrategi karena game ini memiliki banyak celah yang bisa dipecahkan untuk mencapai kesuksesan bermain sehingga menciptakan gaya bermain yang berbeda-beda pada setiap player.

    Beberapa Jenis Game RPG

    Normal RPG
    Game RPG pada umumnya. Kita tidak dapat menggerakkan karakter dengan bebas seperti halnya game action. System battlenya memakai pilhan menu yang beragam, misalnya menyerang, bertahan atau memulihkan diri dan setelah menu dipilih karakter tersebut akan bergerak dengan sendirinya sesuai perintah. Game ini menuntut peningkatan status/level karakter untuk melangkah ke level yang lebih sulit, game ini biasanya juga disertai dengan mini game, puzzle, sub boss, secret mission/item/karakter, dsb yang fun untuk ditemukan dan dipecahkannya sehingga membuat game ini lama untuk diselesaikan, dengan demikian kepuasan gamer terjamin. Genre game ini sangat populer di negara manapun.
    Contoh game : The Witcher, Seri Neverwinter Nights, Titan Quest, Dsb

    Turn Based RPG
    Kurang lebih sama dengan RPG namun dalam system battlenya, selain bisa menggerakkan lebih dari 1 karakter secara bergantian, Gamers juga bisa mengatur letak dan posisi serta menggerakkan karakter yang ada seperti bidak catur dan menggerakkannya dalam suatu field pertempuran yang ruang lingkupnya terbatas. Karakter baru bisa menyerang jika ia berada di jarak yang pas dengan musuh. Selain dari level karakter yang tinggi, Kemenangan juga dipengaruhi formasi karakter yang digunakan dalam mengepung dan menghadapi formasi lawan, game tipe ini jarang ada dipasaran terutama di PC.
    Contoh game : Final Fantasy Tactics, seri Super Robot Wars, seri Front Mission, dsb (semuanya game konsol)

    Action RPG
    Sama seperti normal RPG, perbedaannya, di Action RPG karakternya bisa digerakkan secara bebas dan bisa melakukan gerakan aktif di lingkungan sekitarnya seperti game action/adventure.
    Contoh game : seri Kingdom Hearts, dsb

    RPG simulation
    Game multigenre berupa RPG/action RPG + Simulation, game tipe ini juga jarang ada di PC
    Contoh game : seri Harvest Moon. dsb.

    MMORPG
    Dasarnya seperti RPG pada umumnya namun versi online, karakter yang bisa kita kendalikan hanya 1, namun ruang lingkup penjelajahan lingkungannya lebih luas, bisa berinteraksi dengan karaker lain dan umumnya bisa membentuk Guild dan bekerja sama untuk bersaing dengan gamer lainnya.
    Contoh Game : Ragnarok, Seal, RF, Phantasy Star, Lineage, Dsb
    Game shooting adalah game yang menuntut Gamers untuk menghabisi musuhnya dalam game tersebut dengan cara menembakinya dengan berbagai jenis senjata api, kemampuan ditentukan dari teknik dan strategi masing-masing gamer. semakin sangar senjata yang kamu tenteng, semakin mudah bagimu dalam melibas musuh.

    Beberapa Jenis Game Shooting

    Arcade Shooting
    Game yang simple. Sang Gamers hanya perlu menembak habis semua objek/musuh yang muncul dihadapannya tanpa perlu bergerak dengan cursor shoot dilayar yang digerakkan secara bebas, Gamers akan bergerak berpindah tempat secara otomatis jika semua musuh yang ada dihadapan telah habis, gerakan yang digunakan hanya muncul untuk menembak dan sembunyi untuk menghindari tembakan. Game ini sangat asyik jika dimainkan dengan alat tambahan berupa pistol pad, game tipe ini banyak tersedia di game center yang dilengkapi pistol pad.
    Contoh game : seri Time Crisis, Ninja Assault, dsb.

    FPS (First Person Shooting)
    FPS adalah game shooting/ tembak menembak yang memakai sudut pandang orang pertama. Genre game ini juga sangat populer di AS begitupun halnya Indonesia. Genre game ini juga sering dipertandingkan dalam berbagai turnamen game baik individu maupun perkelompok. Game ini umumnya agak sulit dimainkan bagi gamer pemula karena harus mengontrol arah senjata dan karakter sekaligus secara manual dengan joystick (konsol) atau keyboard dan mouse (PC).
    Contoh game :
    Normal FPS : Seri Call Of Duty, seri Battlefield, Seri Counter Strike, Dsb.
    Survival Horror FPS : seri Doom, Area 51, F.E.A.R, dsb
    FPS Strategy : Commandos – Strike Force, seri Rainbow Six. dsb

    TPS ver. 1 (Third Person Shooting)
    TPS adalah game shooting yang gameplaynya tidak beda dengan FPS yaitu menembak dengan cara membidik kursor senjata secara manual atau dengan lock on (membidik secara otomatis) untuk memudahkan Gamers menghabisi musuh yang berkeliaran secara acak dengan jumlah yang banyak, namun memakai sudut pandang orang ketiga, penjelasan gampangnya yaitu bukan cuma senjatanya yang kelihatan di layar seperti halnya game FPS tapi karakternya juga.
    Contoh game : Freedom Fighters 25 to Live, seri Hitman, Red Dead Revolver, Seri Mercenaries, seri Syphon Filter, dsb
    Genre game yang simple, cukup mengalahkankan lawan dengan cara duel 1 lawan 1 maka anda menang. Game ini sangat mengasyikkan bila dimainkan berdua dengan teman. Namun walau simple, untuk mengalahkan lawan yang tangguh dibutuhkan keahlian khusus karena untuk mengeluarkan jurus-jurus tertentu yang mematikan memerlukan kunci penekanan kombinasi tombol yang gesit dan cepat.

    Beberapa Jenis Game Fighting

    2D Fighting
    Game fighting bergrafik 2 dimensi (Kartun/Animasi) yang gerakan karakternya hanya terbatas pada gerakan maju/mundur dan lompat/merunduk saja. Biasanya karakter dalam game ini memungkinkan untuk dapat bergerak gesit dan mengeluarkan jurus yang super maut yang menurut kita mustahil untuk dilakukan.
    Contoh game : seri King Of Fighters, seri Guilty Gear, seri Naruto, dsb

    3D Fighting
    Game fighting bergrafik 3 dimensi yang gerakannya masih bersifat realistis dan tidak terbatas pada gerakan maju mundur saja. misalnya karakter dalam game ini bisa melakukan gerakan memutar di lingkungannya untuk menghindari serangan lawan. biasanya gerakan karakter dalam game ini tidak bergerak terlalu gesit untuk menambah unsur realitasnya.
    Contoh game : seri Tekken, seri Dead Or Alive, seri Soul Calibur, dsb.

    Fighting Action
    Game Third Person Action + Fighting yang menuntut kita untuk menghabisi musuh yang berkeliaran di lingkungan dengan kombinasi serangan fisik sebagai serangan utamanya. Pada dasarnya bertarung secara keroyokan dengan kroco-kroco hingga puncaknya duel 1 lawan 1 dengan si boss. Terkadang, selain pertarungan fisik, kita juga bisa menggunakan senjata yang terdapat di lingkungan game tersebut untuk menghabisi lawan, seperti pisau, golok, Bat Baseball, dsb.
    Contoh Game : The Bouncer, Death by Degress, Jet Li - Rise of Dragon, Tekken 5 – Devil Within, dsb.
    RACING

    Racing adalah game balapan menggunakan kendaraan mesin, baik itu mobil atau motor. (soalnya kalo balapan dengan sepeda dan sejenisnya dianggap game sports). game yang simple, cukup tekan gas, maju, salip lawan untuk mencapai yang terdepan dan anda menang. Game ini juga dibutuhkan keahlian khusus jika ingin menguasainya secara sempurna. Sang Gamers harus tahu kondisi lintasan, cuaca, dan jenis kendaraan yang cocok dipakai balapan di berbagai macam situasi.

    Beberapa Jenis Game Racing

    Normal Racing
    Game racing pada umumnya. Untuk balapan kita tinggal memilih mobil yang telah tersedia dan mengumpulkan point untuk membuka mobil baru yang lebih canggih tanpa bisa dimodifikasi
    Contoh Game : seri V-Rally, seri Collin Mcrae , seri NASCAR, dsb.

    Racing Adventure
    Game racing yang menuntut Gamers untuk memulai karir balapannya dari bawah hingga menjadi pembalap proffesional. Biasanya game ini memakai system Cash yaitu uang yang didapat dari hasil balapan untuk digunakan memodifikasi mobil atau membeli mobil baru yang canggihan dikit agar karir balapannya terus berkembang hingga menjadi juara sejati di segala kejuaraan.
    Contoh game : seri Gran Turismo, seri Need for Speed Underground/Most Wanted/Carbon, dsb

    Racing Action
    Racing action adalah game racing yang selain balapan semata juga disertai gerakan action didalamnya , seperti menghalau lawan dengan gerakan selain gas/rem untuk mencapai kemenangan dalam suatu balapan atau kejar-kejaran misalnya dengan cara menghancurkannya maupun dengan cara mencuranginya. Genre racing action biasanya juga terdapat dalam beberapa game action adventure sebagai sub play seperti seri GTA dan seri True crime.
    Contoh game – 187 Ride or Die, seri Burn Out, seri Driver , seri Spy Hunter, dsb
    Strategi adalah game menguras otak karena memerlukan pemikiran yang cerdik untuk menyelesaikan permainan dengan pemikiran kita sendiri. Strategi juga sering terdapat di beberapa genre game sebagai celah untuk memainkan game tersebut dengan tepat dan lebih baik. Karena itu dengan adanya strategi, setiap orang bisa menciptakan gaya bermainnya sendiri-sendiri.

    Beberapa Jenis Game Strategy

    RTS (Real Time Strategy)
    Di game ini kita memungkinkan player mengontrol objek dengan jumlah banyak dalam sekali jalan secara langsung dengan cara memberi perintah apa yang objek tersebut harus lakukan, misalnya kita diharuskan mengontrol sepasukan prajurit sekaligus dan memerintahkannya untuk menghancurkan pertahanan prajurit musuh. Tampilan kegiatan koloni yang dijalankan dengan perintah kita itulah yang disebut real time dimana kita bisa melihat secara langsung keadaan di medan pertempuran dan berpikir dengan cepat apa yang selanjutnya harus dilakukan. Apakah terus mendesak musuh atau mundur demi menghindari kekalahan yang sia-sia.
    Seperti game simulasi, kita dituntut untuk membangun suatu instalasi yang mendukung dalam pertempuran, serta mencari sumber daya untuk membentuk pasukan serta objek perang dan pendukung yang tidak gratis. Biasanya objek-objek tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing sehingga kita dituntut untuk memilih objek yang benar dalam menghadapi objek lawan agar tercipta kemenangan tanpa kerugian yang besar, seperti menjadi jendral lah…
    Contoh game : seri Command & Conquer (kecuali Renegade), seri Age of Empire, dsb.

    Plan Strategy
    Secara garis besar sama seperti RTS namun genre ini tidak menuntut untuk membangun suatu instalasi ataupun mencari sumber daya melainkan memakai system persiapan sebelum perang. Sebelum berperang kita dituntut untuk mempersiapkan apa yang diperlukan untuk keperluan perang, baik itu pasukan dsb, kemudian mengatur formasinya dalam field peperangan, Setelah itu baru berperang deh. dengan arahan kita, pasukan tersebut akan bertempur sendiri dan akan menampilkan event peperangan yang memukau disertai menu pendukung peperangan misalnya untuk serangan bantuan, formasi, pertahanan, special attack, , dsb
    Contoh Game : seri Kessen, seri Romance of Three Kingdoms, HC : Great Battles Of Rome.

    RTS + RPG
    Game RTS yang bedanya beberapa karakter bisa di kostumisasi dengan item-item pendukung, bisa naik level, dan disertai menu-menu lainnya yang umumnya terdapat di game RPG, namun di game ini juga terdapat menu RTS seperti pengumpulan sumber daya, membangun markas, dan membentuk pasukan seperti halnya RTS
    Contoh Game : Warcraft, dsb
    Sports
    Sports adalah game olahraga yang gameplaynya tergantung dari jenis olah raga itu sendiri. Game sports ada bermacam - macam, misalnya Golf, American football (rugby), Sepakbola, Basket, Baseball, Gulat, Voli, Memancing, dsb.
    Contoh game : seri Winning eleven, Championship Manager, seri Smack Down, Seri NFL, seri NBA, Golf Profesional, dsb.

    X-Treme Sports
    Sama seperti sports namun olahraga disini adalah olahraga keras yang biasa anak muda gaul lakukan seperti balap sepeda, skate board dan sebagainya.
    Contoh game : seri Tony hawk Pro Skater, seri BMX, dsb.

    Puzzle
    Game yang santai, relax, dan asyik bagi segala usia,. Game ini memakai system gameplay yang itu –itu saja namun butuh pemikiran, kita hanya perlu mengatur suatu objek benda untuk menyelesaikan permainan. Misalnya game menyusun balok, game kartu, catur, tebak-tebakan dan lain sebagainya, namun harus diwaspadai karena game tipe ini juga ada yang mengajarkan berjudi seperti game domino, mahyong, poker, dsb.
    Contoh game : Who Wants To Be A Millionare, seri Tetris, dsb

    Flash Game
    Game ringan yang fun untuk dimainkan, diciptakan dari program sederhana yang siapa saja bisa menciptakannya asal memahami dengan teliti program pembuatnya, kapasitasnya kecil dan mudah didownload di internet.

    Game Emulator
    Emulator adalah program untuk memainkan game konsol agar bisa dimainkan di pc, beberapa konsol yang bisa dimainkan di pc dengan emulator adalah Playstation, GBC/GBA, Snes, Nintendo 64, Nintendo DS, dsb. namun jika ingin memainkan game konsol kelas berat, emulator saja tidak cukup, seperti halnya game PC, perlu komputer dengan spesifikasi yang memadai, game emulator disebut dengan ROMS dan dapat didownload di internet, jika ingin memainkan konsol game yang bermedia CD seperti playstation, install dulu program emulatornya, masukkan cd gamenya, jalankan programnya dan mainkan.

    Real Moment game
    Game yang bernuansa realistis. Dengan sensor gerak kita bisa melakukan gerakan solah-olah kita sedang berinteraksi dengan objek dalam game tersebut. Game type ini sedang dikembangkan oleh beberapa pengembang game dan diramalkan akan menjamur dimasa depan kelak.

    Game Online
    Game Online adalah game PC atau game konsol yang medianya dilengkapi modem agar terhubung dengan internet dengan tujuan untuk melakukan aktifitas dalam game tersebut secara massal dengan Gamers yang lain mekipun Gamers tersebut berada ditempat yang berbeda dengan kita. Game ini sangat mengasyikkan dan bisa membuat ketagihan karena selain bermain kita juga bisa berkomunikasi, bersaing dan berkerjasama dengan Gamers lain dalam game tersebut.
    Untuk mengetahui bahwa game tersebut mendukung online atau tidak Biasanya di sampulnya ada tulisan “Online” atau “With Net Play”
    Game online juga memiliki berbagai macam genre seperti yang telah dijelaskan diatas, game online termasuk game tipe penguras dompet karena untuk bermain mau tidak mau kita harus mengeluarkan uang lebih untuk tagihan internet dan iuran untuk server perusahaan pengelola game tersebut.

    LAN Game adalah system bermain game PC sacara bersama sama dengan perangkat komputer yang saling berhubungan satu sama lainnya di satu tempat (misalnya game center), penyelenggaraan turnamen game PC adalah salah salah
    satu contohnya.
     
    • Like Like x 2
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    bos, apa gak lebih cocok ini thread di pindah ke games free talk??

    topiknya spesifik gila nih bos...
     
  4. eXcImEr M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,259
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,945 / -1
    biar di move ama momod aja kalo emang salah taro :???:
     
  5. Raestloz M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 5, 2009
    Messages:
    4,991
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +4,534 / -0
    Bagian RPG kurang tuh :piss:

    Salah, bukan Normal RPG, tapi Western RPG

    RPG secara mendasar terbagi menjadi 2:

    1. Western RPG
    - Game RPG dari barat dapat dicirikan dari setting yang biasanya berkisar dalam dunia Middle Age di kawasan Eropa (atau mirip-mirip begitu), era dimana benteng dan raja masih berkuasa, lengkap dengan monster dan sihir. Western RPG juga banyak dicirikan dengan sistem JOB, dan biasanya merupakan game single character: sepanjang permainan karakter utama hanyalah kamu seorang, sisanya hanyalah karakter pembantu untuk melanjutkan jalan cerita.

    Sebagian orang menyebut "Western RPG" sebagai "Dungeon Crawler", memang benar, karena RPG dari barat sangat menekankan sistem free-exploration dan real-time battle dan memiliki banyak sekali dungeon.

    Ciri2 Western RPG:
    - Settingnya sekitar Middle Ages
    - Karakter utama hanya satu dan diciptakan sendiri oleh player
    - Memiliki banyak sidequest dan seringkali main quest tidak banyak mempengaruhi
    - Berbasis free-exploration dengan real-time battle
    - Biasanya terfokus pada "dungeon"
    - Memiliki sistem "job"/"class" yang wajib dipilih
    - Atribut karakter ditingkatkan secara manual oleh player saat level up
    - Memiliki "storage" yang terbatas

    Contoh terkenalnya adalah seri Elder Scrolls, Diablo, Dungeons and Dragons



    2. JRPG (Japanese RPG)
    Tipe dasar RPG berikutnya adalah Japanese RPG, yang tentu saja lahir di Jepang. JRPG sangat menekankan unsur cerita dan biasanya memiliki banyak karakter yang berperan dalam perkembangan alur cerita. Dunia JRPG sangat beragam, tidak seperti Western RPG yang biasanya mentok di Middle Ages

    Ciri khas JRPG adalah "random encounter" dimana battle dilakukan didalam sebuah battlefield dan dapat terjadi kapan saja sehingga "selalu bersiap" adalah wajib, tidak seperti Western RPG dimana kita dapat melihat musuh dari jauh dan mencoba melarikan diri

    Ciri JRPG:
    - Menekankan cerita
    - Karakter biasanya berjumlah lebih dari satu, apabila hanya satu biasanya ada karakter lain yang berperan amat penting dalam perkembangan cerita dan terhubung dengan karakter utama karena suatu alasan
    - Biasanya karakter sudah disiapkan oleh cerita dan tidak bisa diutak-atik
    - Atribut arakter meningkat secara otomatis saat level up
    - Memiliki "storage" yang tidak terbatas
    - Lebih terfokus pada dunia diatas bumi
    - Berbasis random encounter dengan area eksplorasi dibatasi oleh sejauh mana cerita sedang berjalan
    - Biasanya memiliki sistem "peran" daripada "job"

    Contoh terkenal: seri Final Fantasy, Dragon Quest, Legend of Heroes
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  6. eXcImEr M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,259
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,945 / -1
    @Raestloz
    makasih tambahannya, sangat berguna :top:
     
  7. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Memberi tambahan skaligus perbaikan, kata "western/eastern" bukanlah nama genrenya, sebenernya yang bener itu CRPG sm JRPG,

    CRPG - genre ini sperti namanya populer dgn yang namanya computer, dari game2 spt pool of radiance lahir game CRPG yang lebih menekankan terhadap system aturan yang complicated dan role-play c/o: Dungeon & Dragons. Pada suksesinya, game ni lebih digemari oleh orang-orang dari daerah narat, hence nama Western RPG jadi muncul.

    JRPG - genre ini pertama dipopulerkan oleh orang2 Jepang dengan console2nya, karena itu disebut jg Console RPG, lebh menekankan sistem battle yang sederhana dan plot yang linear dan hampir tak ada unsur role-play khas RPG, gaya penceritaan yang linear n seperti membaca buku, membuat sub-genre ini mendapat berbagai kritikan dari para RPG lover luar jepang. Tetapi disamping kekurangannya, ini ditutupi dengan kekuatan di segi cerita yang pada saat itu tak dimiliki CRPG, yaitu complexitas. serta sistem yang simple membuat para pemula dalam RPG lebih mudah untuk jatuh cinta terhadap genre ini. KArena genre ini lebih ngetop di negara asia, maka nama Eastern RPG pun muncul kepermukaan.

    Kedua game memiliki persamaan yaitu,
    - sistem battle yang "cenderung" turn based (banyak orang yang gak tau kalo game DnD termmasuk NWN itu turn based) terlepas dari genre Action RPG (diablo n teman2nya bernaung)
    - Alur cerita sangat klise dari mulai anak yatim yang memiliki takdir luar biasa, atau boss yang terlalu dipromosikan (di cutscene kliatan serem pas ngelawan ya bgt doank) c/o: Seifer Sphiroth/King of Shadows NWN2
    - terdapat beberapa pengecualian terhadap game2 tertentu.

    - Western RPG/CRPG tidak ekuivalen dgn Action RPG yang artinya Ys series, Elder Scrolls, Diablo dll masuk sub-genre sendiri.
    - Level keanekaragaman JRPG dan CRPG tidak berbeda jauh, JRPG banyak mentok di fantasy world yang kurang lebih terinspirasi dgn karya J J R Tolkien, sementara CRPG mentok di medieval. tapi dewasa ini, kedua sub-genre sudah berevolusi lebih maju, dari game2 seperti Mass Effect, Fallout series, Freedom Force, Final Fantasy series, Zone of Enders, dll yang merambah diluar jangkuan semula
     
    Last edited: Oct 22, 2009
  8. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Menambahkan skaligus memperbaiki

    Genre Action dan Adventure pada awal mulanya adalah genre yang terpisah,

    Apa sih bedanya?

    jelas beda!

    Action interaksi pemain dgn gerakan2 yang lincah, dan rintangan2 yang memerlukan ketangkasan dan kesigapan menekan tombol.

    Adventure lebih menekankan unsur jalan cerita, seperti membaca novel, pemain diarahkan ke 1 arah cerita mengandalkan trigger2 dalam permainannya, trigger2 ini berupa puzzle yang menuntut pemain sedikit memutar otak.

    Contoh game ini : Grim Fandango, Monkey Island series, Tex Murphy dll.

    Genre Action Adventure adalah genre hybrid, gabungan dari kedua genre tsb, contohnya: Resident Evil series (walau game in bisa dibilang Survival Horror jg).

    Berbeda dgn Adventure, Action game memiliki banyak sekali percabangan,

    dari segi cara bermain:

    Platformer - Disebut ini karena game ini identik dgn karakter yang melompat kesana kemari menaiki berbagai platform, dan tentu diberikan musuh sbg rintangan yang harus dilaui slain jebakan.

    Contoh : Contra, Mario series, Castlevania series, Prince of Persia, Assassin's Creed

    Stealth Action - terinspirasi dgn cara kerja para agen rahasia di dunia perfilman, game genre ini mengutamakan kepintaran anda dalam mengatasi masalah tanpa ketahuan baik dgn kekerasan maupun menipu lawan

    Contoh : Riddick series, Metal Gear, Splinter Cell

    Survivor Horror - sebenarnya scr resmi tidak ada genre seperti ini, hanya saja pengaruh Hollywood merambah ke dunia game (terutama karena film2 spt night of the living dead) sehingga genre ini menjadi populer, tapi pada aslinya game ini biasanya jatuh ke Stealth Action atau Action Adventure biasa

    Contoh : Clock Tower, Resident Evil, Silent Hill

    Dari segi sudut pandang permainan,

    1st person action - (termasuk shooter dan teman2nya) game genre ini menkankan ke bagaimana pemain dapat merasakan lingkungan yang ditawarkan oleh game tsb secara lebih. dalam genre ini lebih mudah mengarahkan jalannya karakter karena tidak terhalang "avatar" dari karater tsb,

    Contoh: Modern - Crysis, Halo. Classic - Doom, Quake, Wolfenstein.

    3rd person action - (termasuk over the shoulder dan teman2nya) satu2nya perbedaan dgn 1st person action ialah, dalam 3rd person action kita dapat melihat avatar dari karakter kita dan memungkinkan kita memiliki sudut pandangan yang lebih luas. (bisa melihat kemana2) Ide dari sudut pandang ini adalha agar pemain dapat melihar dari jalannya cerita seperti menonton sebuah film. dgn sudut pandang orang ketiga ini, pemain dpt lebih mudah mengarahkan manuver dari karaker.

    Contoh: Modern - Max Payne, Gears of War. Classic - Mario, Contra.

    sisanya adalah gabungan dari berbagai bentuk genre ini yang terkadang dinamakan Open-world action atau open-world action adventure atau kadang Action saja
     
  9. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Wah ketauan gak perna mendalami genre

    Sesungguhnya Race adalah sebuah sub-genre sport bkn genre tersendiri, tetapi banyaknya game racing membuat berbagai website dan majalah membuat kategori sendiri untuk racing game

    Pada umumnya genre Racing dibagi menjadi 3

    Arcade Racing, yaitu permainan balapan yang lebih menekankan excitement dalam bermain. sub-genre ini populer dari mesin arcade yang jatuhnya mendarat juga di pc ataupun console,

    contoh arcade race: hampir semua game race generasi awal, Midnight series, NFS series, Burnout Paradise, kebanykan game racing di arcade

    Racing Simulation/Simulation Race/Sim Race - genre ini tdk ditekankan di kenyamanan bermain tapi di tingkat realisme dalam bermain. Ditandai dgn tingkat kesultain yang "cenderung" lebih tinggi dan butuh skill lebih.

    Contoh : GT Series, NFS Shift.

    Semi-Simulated Race - genre yang masuk sini adalah genre yang memiliki kedua unsur sub-genre race diatas. Game ini bisa lebih mudah dari Arcade Race ataupun bisa lebih sulit dari Simulation Race, atau ditengah2 tergantung dari pengembangan developer,

    yang termasuk semi-simulated race: Racedriver GRID
     
  10. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    cm 1 Plan Strategy? Turn based strategy kali
     
    Last edited: Oct 22, 2009
  11. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Mau bgmn jg Shooter adalah sub-genre dr action
     
  12. seanman M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 22, 2009
    Messages:
    881
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +3,268 / -0
    waduh TSnya jangan dimarah2in dung.. dah bagus dia hehehe... kita bantulah... hahaha...
    yep turn base strategy beda yah ama plan strategy..
    civilisation.. untuk plan?
    dan heroes untuk turn based...
    FPS termasuk sub genre..action tapi telah menjadi genre tersendiri karena kekhususannya bro..
    apapun genrenya yg penting uenak dimainin jalan terus...
     
    Last edited: Oct 22, 2009
  13. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Ada beberapa genre khusu yang disebut 2.5d fighting dimana backgroud 3d tetapi gameplay 2d. Dan ada kasus2 tertentu spt Street Fighter IV dan EX series yang menggunakan grafik 3d tp gameplay 2d.

    ?Fighting Action? - Genre spt ini dinamakan Beat'em Up game.
     
  14. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Sebenernya bagian simulasi jg ada yang salah tu. Karena ada sub genre Life-Sim n Asset Sim namnya adalah Business sim , tapi kedua genre inipun sbnrnya masuk strategi, knp karena mengutamakan skill memanage daripada merasakan lgs yang disimulasikan (ini bkn pendapat gw lo tapi dari sananya bgt), contoh game simulasi gak jauh2 dari sesuatu hal nyata yang divirtualkan spt Microsoft Flight Sim atau berbagai game pesawt tempur.
     
  15. eXcImEr M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,259
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,945 / -1
    huahahahaha :lol: gw dikritik abis ama ni orang, bener2 maniak game sampe tau segitu banyaknya :top:
    mau gimana lagi, itu artikel saia buat dengan pemikiran saia sendiri tanpa copas dari sumber lain jadi maklum deh banyak kekurangan :swt:
     
  16. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    duh sori2 abis maklumlah, kalo di message board kita gak bisa liat ekspresi msng2 jadi kesannya gw marah2 ato ngritik, gw cm membagi pengetahuan yang gw tau kok, kalo ad yang salah dr gw jg boleh di perbaiki. skali lg sori y...
     
    Last edited: Oct 22, 2009
  17. SuzukiRyo M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 13, 2008
    Messages:
    3,927
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,126 / -0
    Turn based perasaan hanya battle system, bukan genre.

    kemudian bagaimana dengan Dynasty Warriors & Samurai Warriors ? setauku 2 game ini disebut Hack and slash bersama dengan Devil May Cry waktu nonton review dari gametrailers.com

    kalo gitu berarti tidak selalu sebuah game punya satu genre saja.
     
  18. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    Smuanya termasuk action. cm ada percabangan lg. genre gak bisa ditentukan dgn tema gameitu sendri tapi dgn sistem dan bagaimana kita memainkannya. Hack n Slash sendiri itu bkn genre tapi sebutan untuk game action yang krjanya cm main tebas2 tanpa harus memakai strategi yang mendalam. Turn based Strategy termasuk sub genre strategy. Turn based strategy bkn battle system kecuali konteks yang u bicarakan adalah RPG. coba u main heroes ato RoTK ato Total war series, mank cm battlenya aja yang turn based? semua hal termasuk managing n decision makingnya turn based kan? Kalo bkn cm battlenya tp seluruh pemainan turnbased, apa gak termasuk sub-genre?

    Tentu bnyk game yang punya gabungan berbagai genre, tapi untuk mengkategorikan genre gak mungkin 70% dari game masuk multi-genre smua, ntar orang nanya, "u sk game apaan? gw suka game yang multi-genre..." ini contoh bahwa pemisahan genre dibutuhkan untuk memilah2 game. maka biasanya dilihat dari porsi game itu cenderung ke arah mana.

    Contoh: Tentu Dynasty Warriors itu action tapi jg ada strategynya, kmn kita harus jalan. mau lgs membantai officer atau menghentikan flow prajurit dgn mengalahkan gate captain, tapi unsur strategy dari situ terlalu kecil dan hampir tidak dibutuhkan sehingga lebih condong masuk game action. tentu boleh disebut ke hack n slash jg, gw cm lebih prefer memakai yang tradisional untuk penjelasan.

    Contoh lain, Heroes, ada unsur RPG kan? naik level ect. ect. nambah skill belajar magic. Tapi unsur itu kalah dibanding unsur strategy, decision making serta resource management dari game itu sendiri, sehingga tergolong game strategy. yah kira2 seperti itu.
     
    Last edited: Oct 22, 2009
  19. Riizent M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 15, 2008
    Messages:
    378
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +105 / -0
    wah runyem jg ya klo ngomongin game genre >.<, apalagi gw console gamer, jadi ga tw deh kayak gimana itu diablo, heroes, civilization & other pc games
    ditambah sekarang makin banyak game yg nawarin gaya maen yg unik

    mending samain persepsi dulu yg disebut game genres itu gimana
    terus kapan suatu game disebut action, adventure, rpg, dst
    kayak yg di-post ndr3, kayaknya lo game developer ya, sampe memperdalam genre gitu

    tipe game GTA itu bukannya sekarang disebut sandbox ? termasuk genre bukan y

    dari banyak pendapat, menurut lo genre dari game yg gw sebut ini apa ?
    1. God of war
    2. Tales series
    3. Kingdom hearts
     
  20. ndr3 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2009
    Messages:
    335
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +4,404 / -0
    1. Action
    2. gak perna main, tapi sepertinya Action RPG. (tergantung presepsi u jg mengenai RPG(kalo yang hardcore kadang gak ngakuin game2 tertentu kyk Ys series termasuk RPG))
    3. gak perna main, yang gw main versi gba n ntu action
    kalo versi ps sejauh yang gw liat kayknya action dgn sentuhan RPG y?

    Sandbox bkn genre, tapi sebuah mekanisme game dimana kita bisa bebas melakukan hal2 tertentu tanpa dibatasi waktu ataupun misi, game2 sanbox itu spt spore - (yang galactic civilization stage), Sim city dan sims series, GTA jg lantaran gak punya batasan yang umum. intinya seprti namanya game dimana kita ditempatkan untuk berada/mengendalikan sebuah kotak pasir sesuai dgn keinginan

    Tapi sebernya gak masalah si u punya presepsi kyk apa toh buat kt para gamer yang penting adalah keasikan bermain to? terlepas apa genrenya
     
    Last edited: Oct 22, 2009
  21. SuzukiRyo M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 13, 2008
    Messages:
    3,927
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,126 / -0
    @ndr3:

    :top: bisa dimengerti.

    Kalo yang aku tau Tales series itu JRPG, cuman battle systemnya lebih ke real time based / action. Kingdom hearts perasaan dah dijelasin di post pertama deh...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.