1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Mbah Moen Wafat di Makkah, Arab Saudi. Langit Mendung Makkah Disebut Iringi Kepergiannya

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Aug 6, 2019.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,918
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +96 / -0
    Pemimpin Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) KH Maimun Zubair yang lebih dikenal sebagai Mbah Moen dilaporkan wafat saat menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, pada Selasa (6/8/2019). Beliau berusia 90 tahun saat menghembuskan nafas terakhirnya.


    [​IMG]
    Mbah Moen (kanan) mengalungkan selendang ke Presiden RI Joko Widodo. (Dok. Istimewa/CNNIndonesia.com)

    Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Saadi mengonfirmasi kebenaran kabar duka tersebut, dilansir dari CNNIndonesia.com. Ketua Mahkamah Konstitusi Indonesia Mahfud MD juga mengucapkan bela sungkawanya atas meninggalnya Mbah Moen lewat akun Twitter-nya.


    Mbah Moen juga merupakan Ketua Majelis Syariah PPP. Sepanjang hidupnya, Mbah Moen dikenal sebagai seorang alim, ahli fikih, sekaligus penggerak baik di lingkungan organisasi keagamaan maupun di kehidupan politik.

    Beliau pernah berpesan bahwa dakwah selayaknya dilakukan secara damai, tak perlu keras dan galak. Menurutnya, kondisi hari ini berbeda dengan zaman perang di era sebelum kemerdekaan.

    Lahir di Rembang pada 28 Oktober 1928, Mbah Moen merupakan putra dari Kiai Zubair, Sarang, seorang alim dan faqih. Sang ayah adalah murid dari Syaikh Said al-Yamani serta Syaikh Hasan al-Yamani al-Makky.

    Dasar pendidikan agama Mbah Moen sangat kuat dipengaruhi dari orang tuanya. Dia meneruskan pendidikan mengajinya di Pesantren Lirboyo, Kediri, di bawah bimbingan Kiai Abdul Karim. Selain itu, selama di Lirboyo, Mbah Moen juga mengaji kepada Kiai Mahrus Ali dan Kiai Marzuki.



    Dimakamkan di Makkah

    Kementerian Agama (Kemenang) menyebut bahwa Mbah Moen akan dimakamkan di Makkah, Arab Saudi. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun memastikan bahwa Mbah Moen akan dimakamkan di Makkah.


    [​IMG]
    Mbah Moen akan dimakamkan di Makkah, Arab Saudi. (Detikcom/Didik Dwi H)

    "Jenazah Kyai Haji Maimun Zubair rencananya akan disemayamkan di Kantor Urusan Haji Indonesia Kota Makkah, sebelum kemudian akan dimakamkan di kota kelahiran nabi ini," dikutip dari akun Kemenag.

    Menag pun mengimbau agar umat Islam Indonesia untuk melakukan salat ghaib bagi mendiang Mbah Moen.


    Dalam prosesi pemandian jenazah di Rumah Sakit An-Noer, para santri disebut melantunkan tahlil saat menanti jenazah beliau.

    "Langit mendung Kota Makkah seakan gambarkan duka Menag @lukmansaifuddin beserta para santri Kyai Haji Maimun Zubair yang sedang menanti pengurusan jenazah almarhum di halaman RS An Noer pagi ini," ungkap akun Twitter resemi Kemenag, Selasa (6/8).

    "Lantunan tahlil menggema mengiringi dibawanya jenazah Almarhum Mbah Maemon (Allahu yarhamuhu) dari RS An-Noer Makkah untuk dimandikan," tambah Kemenag.



    Sumber: Portal IDWS via CNNIndonesia.com
     
  2. mic2 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 6, 2010
    Messages:
    1,002
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,077 / -0
    Turut berduka cita untuk wafatnya beliau

    Sent from my ASUS_X01BDA using Tapatalk
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.