1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mau Tahu Gimana Caranya Minyak dan Gas Bumi Di Dapatkan?

Discussion in 'Science and Technology' started by smkosasih, Dec 18, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. smkosasih M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 9, 2008
    Messages:
    5,341
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,187 / -0
    1. Seismic
    [​IMG]

    Proses ini bertujuan untuk mencari t4 yang memiliki kandungan Gas/ minyak Bumi. Dengan menggunakan gelombang Akustik (acoustic waves) yang merambat ke lapisan tanah. Gelombang ini direfleksikan dan ditangkap lagi oleh sensor. Dari proses perambatan gelombang ini akan diolah dan terlihatlah lapisan-lapisan tanah untuk diolah manakah lapisan yang berpotensi mengandung gas/oil.

    [​IMG]


    2. Drilling and well construction
    [​IMG]

    Proses ini disebut juga proses "pengeboran minyak". Biasanya pake rig (tempat untuk mensupport proses pengeboran, dsb).Simpel nya, kita membuat lubang di tempat yang diidentifikasi ada kemungkinan sumber minyak/gas di tempat tersebut.

    Perlu di ketahui dalam proses ini ada kemungkinan blow out (pressure yang ga bisa di kontrol, langsung ke surface), jadi harus ada pengendalian pressure dari dalam tanah.

    Pressure downhole / dalam tanah lebih besar dari pressure atmosferik, untuk mengimbanginya biasanya pake mud a.k.a lumpur dengan spesific gravity (berat jenis) tertentu. Mud ini akan menciptakan Hydrostatic pressure yang bisa menahan pressure dari dalam.

    Setelah "lubang" siap, maka selanjutnya akan di cek apakah ada kandungan minyak/ gas nya.


    3. Well Logging
    [​IMG]

    Proses ini yang paling mahal. Tool nya mahal, karena harus tahan pressure dan temperature yang tinggi. Di samping memetakan lapisan tanah, proses ini juga mengambil sample untuk nantinya d cek kandungannya (minyak, gas, ato cuma air).

    Dari sini ketahuan lapisan tanah dan batuan. Mana yang mengandung air, mana yang ada gas, dan lapisan tanah mana yang "mungkin" ada kandungan minyaknya.


    4. Well Testing
    [​IMG]

    Proses ini adalah proses dimana lapisan yang diperkirakan mengandung oil/gas di "tembak", dengan explosif. Setelah itu minyak yang terkandung diantara pori-pori batuan akan mengalir menuju tempat yang pressure nya lebih kecil (ke atmosferik a.k.a ke permukaan tanah).

    Untuk mengontrol pergerakan ini, sumur diisi dengan liquid tertentu untuk menjaga under balance (sumur masih bisa di "kendalikan" dan tidak blow out), contoh liquid: brine, diesel, ato air aja.

    Gas, minyak, air, ataupun berbagai macam zat yang keluar akan dicari Rate nya. Untuk minyak berapa BOPD(barrell oil per day) yang bisa dihasilkan. Untuk gas, berapa MMscfMM/d (Million metric standart cubic feet per day atau berapa juta cubic feet) yang bisa dihasilkan sumur tersebut.

    Proses testing ini juga mengambil sample liquid maupun gas, dan juga data-data tentang pressure, temperature, specific grafity, dll untuk selanjutnya diolah oleh reservoir engineer. Data ini akan menunjukan seberapa besar dan seberapa lama kemampuan berproduksi dari reservoir sumur tersebut.

    [​IMG]

    Gas/minyak dibakar agar tidak mencemari lingkungan. Sistem pembakarannya sudah sangat maju, dengan mixture gas, minyak, angin, dan air untuk menjadikan pembakaran yang optimal.


    5. Well Completion
    [​IMG]

    Proses ini adalah proses instalasi aksesoris sumur sebelum nantinya sumur siap diproduksi. Fungsi utamanya adalah menyaring "pasir" yang dihasilkan setelah proses penembakan dalam well testing.

    Pasir yang sampai ke surface dengan pressure diibaratkan "peluru" yang nantinya akan membahayakan line produksi. Pipa produksi akan terkikis oleh pasir dan akhirnya Burst (pecah).

    [​IMG]

    Dengan Completion ini (alatnya gravel pack), akan menangkap pasir di dalam sumur dan menyaringnya sehingga tidak ikut ke surface.


    6. Production
    [​IMG]

    Inilah proses yang membahagiakan, dimana sumur siap untuk berproduksi dan nantinya akan diolah lagi ke tempat penyulingan untuk diolah dalam berbagai bentuk. Contoh: Minyak tanah, bensin, solar,kerosin, LPG, dll.

    sumber:apakabardunia.com

    maaf kalu repost...
    :maaf:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. nurhana M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 10, 2009
    Messages:
    266
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +684 / -0
    mantap threadnya gan gue kasih jempol soalnya baru kali ini gue paham bagaimana cara mendapatkan minyak dan gas bumi ternyata memerlukan proses yang sangatttttt panjang dan mahal pantas aja kalau harganya mahal.....
     
  4. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,340
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    saat drilling inilah yang harus diperhatikan,
    biar kejadian lapindo gak terulang lagi:ehem:
     
  5. ThePuckals Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 6, 2008
    Messages:
    146
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,001 / -0
    wah,,sial.,
    padahal gw mo nulis ttg ini,,ternyata dah ada yang duluin.,:hot:
    tp gpp boss,.,


    gw mo nambahin dikit,,
    sebelum dilaksanakannya proses seismic, ada 1 tahapan sebelum melakukan proses pekerjaan seismic. karena biaya pelaksanaan seismik yang mahal maka dilakukan pekerjaan pendahuluan yaitu tahap Geological Survey (survei Geologi atau Pemetaan Geologi atau pemetaan permukaan), nah nanti kalo seismik sudah selesai diambil data dan diolah kita bisa melakukan pemetaan bawah permukaan (Subsurface Mapping).


    jadi sia2 donk kalo nge-run seismik di daerah volkanik dengan harapan mencari minyak,,hehe:hot:
    kalo cari potensi panasBumi si masih bisa...



    bagi para Geoscientist yg laen dan dah sesepuh, klo mo nambahin monggo,.,
    hehe
    CMIIW:piss:





    Oiya,,nambahin sedikit ttg Lapindo,
    sebenarnya tu bukan faktor alam,tapi emang faktor kalalaian dari pihak lapindo sendiri,hehehe
    bener seperti apa yg dikatakan Hidey-holey,,drilling emang sangat riskan, salah perhitungan tekanan sedikit saja bisa berakibat blow out.
     
    Last edited: Dec 18, 2009
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.