1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Physics and Chemistry Materi Gelap Adalah Pemicu Kepunahan Massal di Bumi?

Discussion in 'Science and Technology' started by blackdahlia1995, Feb 26, 2015.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blackdahlia1995 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 17, 2014
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +128 / -0
    Sejarah Bumi diwarnai dengan peristiwa kepunahan massal, beberapa di antaranya sulit untuk dijelaskan.
    [​IMG]
    Kepunahan massal di Bumi diduga terjadi secara periodik, setiap 25-30 juta tahun. Profesor biologi dari New York University, Michael Rampino, mengungkapkan bahwa kepunahan massal tersebut berhubungan dengan materi gelap.

    Materi tak kasatmata itu diduga berkontribusi pada kepunahan dinosaurus dan akan berperan dalam kepunahan-kepunahan massal yang mungkin bakal terjadi jutaan tahun mendatang.

    Dalam makalah di Monthly Notice of the Royal Astronomy Society Februari 2015, Rampino menyatakan, hal itu bisa diterangkan dengan menghubungkan periode kepunahan massal dengan periode tata surya bergerak melewati awan partikel di Bimasakti.

    "Sejarah Bumi diwarnai dengan peristiwa kepunahan massal, beberapa di antaranya sulit untuk dijelaskan. Mungkin materi gelap—sesuatu yang masih belum jelas, tetapi menyusun seperempat dari alam semesta—menyimpan jawabannya," ungkapnya.

    "Sangat penting dalam skala yang lebih besar (kosmos), materi gelap mungkin juga memengaruhi secara langsung kehidupan di Bumi," imbuh Rampino seperti dikutip news.com.au, Selasa (24/2).

    Tata surya berputar mengorbit pusat galaksi Bima Sakti dengan periode 250 juta tahun. Dalam perputaran itu, menurut Rampino, tata surya melewati zona awan partikel yang kaya akan materi gelap.

    Rampino mengungkapkan, ketika melewati awan partikel, materi gelap yang terkonsentrasi akan memengaruhi gravitasi di tata surya, mengganggu orbit benda-benda langit semacam komet dan asteroid.

    Gangguan pada orbit komet dan asteroid bisa membuat benda langit itu mengalami ketidakstabilan dan kemudian terlempar ke tata surya bagian dalam. Jika masuk dan menghantam Bumi, maka mengakibatkan kepunahan massal.

    Pengaruh materi gelap tak cuma itu. Menurut Rampino, materi gelap punya sifat saling menghilangkan dan menghasilkan panas. Hal itu bisa memicu ketidakstabilan pada inti Bumi.

    Ketidakstabilan inti Bumi bisa memicu erupsi gunung api, gempa bumi, serta perubahan ketinggian muka air laut. Menurut Rampino, itu pun terjadi setiap 25–30 juta tahun sekali.

    Gagasan Rampino memang kontroversial. Astrofisikawan dari Monash University, Michael Brown, mengungkapkan, pernyataan bahwa materi gelap memengaruhi kepunahan massal masih kurang dasar ilmiah. "Klaim kepunahan secara periodik hingga kini masih dianggap skeptis, mengaitkan itu dengan periode gerak tata surya melewati galaksi adalah kesimpulan yang sangat lemah," kata Brown.

    Brown menambahkan, "Materi gelap tidak terkonsentrasi seperti materi umumnya." Materi itu menyebar. Sulit membayangkan adanya materi gelap yang terkumpul di satu wilayah dan memengaruhi gravitasi di tata surya.

    Jika memang materi gelap terkonsentrasi dan bisa berefek pada gravitasi di tata surya, maka pasti materi itu juga mampu memengaruhi gravitasi bintang. Dengan begitu, maka pasti materi gelap sudah ditemukan.

    Soal materi gelap yang bisa memengaruhi inti Bumi seperti argumen Rampino, Brown mengatakan, "Klaim hubungan materi gelap dengan aktivitas geologi itu hampir merupakan omong kosong."

    Materi gelap, menurut Brown, tidak berinteraksi dengan materi lainnya. Materi itu bisa melewati Bumi, Matahari, dan benda langit lain tanpa menimbulkan efek. Pernyataan bahwa materi gelap bisa memengaruhi inti Bumi sangat lemah.

    (Yunanto Wiji Utomo/Kompas.com)
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. bikinid Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 3, 2012
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +9 / -0
    materi gelap itu ada hubungannya dengan black hole kah?

    puyeng euy bacanya, tulisan semua hehe
     
  4. Abdul_Choir M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 2, 2012
    Messages:
    540
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +669 / -0
    materi gelap itu komposisi nya apa sih ?
     
  5. valarze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,518 / -0
    Senyawa gelap (eng. Dark Matter) adalah suatu senyawa teoritis yang dianggap menyusun lebih dari 80% alam semesta di luar sana. Keberadaan senyawa gelap ini belum bisa dipastikan secara langsung. Tapi dari pengamatan dan penghitungan pergerakan dan gravitasi suatu benda di luar angkasa, bisa diperoleh selisih dan selisih tersebut tidak dapat dijelaskan, dan diduga merupakan dark matter.

    Selama ini tidak ada hubungan bahwa materi gelap dapat berpengaruh terhadap kepunahan massal. Dan pembuktiannya juga bisa dibilang tidak mungkin untuk saat ini karena senyawa gelap tersebut belum bisa dipastikan keberadaannya, hanya sebatas teori yang melengkapi bagian yang hilang dari sebuah rumus. Dengan demikian, dibutuhkan waktu yang sangat lama dan teknologi yang sangat canggih untuk membuktikan hipotesa bahwa senyawa gelap dapat menyebabkan kepunahan massal. Adapun proses yang harus dilalui adalah:

    1. Membuktikan keberadaan, wujud dan komposisi dari senyawa gelap.
    2. Mengamati dan membuktikan efek dari senyawa gelap ke berbagai hukum fisika yang kita pegang saat ini.

    Kedua proses tersebut masing2 saja sudah memerlukan waktu yang sangat lama.

    Tapi yang nama hipotesa itu boleh2 saja. Mau dibilang kita harus realistis, terkadang sulit apalagi di zaman sekarang ini, teknologi sudah semakin maju dan kita sudah bisa mengamati berbagai macam kejadian yang berada di luar jangkauan indera manusia. Semakin banyak kejadian yang kita amati, semakin banyak pula pertanyaan. Untuk beberapa kejadian-kejadian khusus, hukum2 fisika yang dulu pernah dibuat (dan tidak tergoyahkan selama ini) pelan2 mulai menemui titik buntu.

    Ingat2 saja bahwa satu teori sederhana yang sudah terbukti hari ini, mungkin saja merupakan sebuah hipotesa yang tidak masuk akal beberapa ratus tahun yang lalu. :siul:
     
  6. ahsanba Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2014
    Messages:
    72
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +148 / -0
    ane bingung penjelasannya yg dijelasin di atas :???:

    lalu bagaimana bisa materi gelap mampu memusnahkan benda alih-alih sampai terjadi kepunahan massal?

    materi gelap mempengaruhi gerak orbit benda langit pun masih membingungkan.

    mungkin yg dimaksud pemusnahan massal secara tidak langsung ya? berarti masih butuh pemicu lain yg bisa membuatnya terkonsentrasi tadi.

    jika benar misalkan secara tidak langsung, yah kalo ditilik kembali semua materi alam semesta ini sudah pasti bisa membuat kepunahan massal.

    kalo antimatter mungkin bisa dinalar.

    tapi, seorang profesor biologi bisa memberi hipotesa jagad raya? mungkin semua hal terkecil ditelusurinya kali ya,

    sampai kita orang awam dibuat bingung :em0100:

    cuman ane hanya berpedoman pada Guru ane yg katanya "kita jangan berlebihan pada sesuatu" itu saja.
     
  7. valarze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,518 / -0
    Itu kan semua masih hipotesa. Bisa benar bisa salah... :siul:

    Dalam dunia sains, semakin kita menemukan sesuatu, akan semakin banyak pertanyaan. Tinggal bagaimana kita menjawab pertanyaan tersebut.

    Memang dalam suatu metodologi ilmiah, kita mulai dari sebuah masalah, kita buat hipotesanya lalu kita coba tentukan apakah hipotesa itu benar atau salah.

    Nah, masalahnya dalam pengamatan jagad raya, banyak kejadian yang tidak mungkin kita jawab karena:

    1. umur jagad raya ini skala nya jauh lebih besar daripada umur manusia.
    2. ukuran jagad raya ini terlalu jauh dibandingkan dengan skala satuan manusia.

    Berbagai hipotesa tersebut seringkali diberitakan ke media sains. Tentu saja seperti artikel2 yang lain, anda tidak akan menemukan sebuah kesimpulan. Yang ada hanyalah penjelasan mengenai bagaimana hipotesis itu dibuat dan apa saja bukti2 pendukungnya.

    Nah, hipotesa ini tidak harus dibuat oleh seorang dalam bidangnya. Siapa saja bisa membuat hipotesa, dan dengan menyebarluaskan hipotesa tersebut, kita akan membuka sebuah ruang perdebatan dan juga tantangan untuk diri sendiri ataupun orang lain agar bisa membuktikan atau mematahkan hipotesa itu. Dan tentu saja, diharapkan ada dasar dalam membuat hipotesa tersebut, bukan asal nebak. Meskipun seseorang cuma asal tebak, pasti ada orang lain yang akan tertarik dengan tebakan itu dan melanjutkan memikirkannya.
     
  8. Xenion M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 7, 2012
    Messages:
    732
    Trophy Points:
    92
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +245 / -0
    sebenernya materi gelap itu kayak apa ?
    gk ada gambarnya jadi agak gk ngerti hehe
     
  9. xplode7 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 5, 2010
    Messages:
    71
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +2 / -0
    jadi dark matter itu cuma suatu senyawa yang masih dalam tahap teori yang belum dibuktikan kebenarannya
    malah mungkin, pada awalnya, senyawa ini memang tidak ada

    yang pasti, ada 'sesuatu' yang menyebabkan terjadinya kepunahan dinosaurus
    nah sesuatu itulah yang menyebabkan perdebatan dan munculnya teori2 salah satunya adalah dark matter
     
  10. vandeventer Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 18, 2012
    Messages:
    120
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    materi gelap itu sebenarnya apa?
    apakah yang dimaksud sejenis dengan "black hole" ?
     
  11. rdr213 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -3
    dark matter : limit antara materi atau imaterial
     
  12. rdr213 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -3
    di dalam atom pun terdapat dark matter yg mmbuat rotasi elektron jd ga menentu
     
  13. r1andra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 24, 2011
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    32
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    materi gelap kaya gimana ya???
    apa kaya black hole gitu apa gimana???
    masih belum paham...
     
  14. nicoginting Members

    Offline

    Joined:
    Jul 23, 2014
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    cool
     
  15. ilhamdx Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2014
    Messages:
    121
    Trophy Points:
    32
    Ratings:
    +8 / -2
    Yang bikin punah ya pas kiamatlah.
     
  16. lockersocrates Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +29 / -0
    saya bingung nih ma pernyataan ini "Materi gelap tidak terkonsentrasi seperti materi umumnya."
    lalu bagaimana Astrofisikawan dari Monash University, Michael Brown, bisa mengungkapkan bahwa materi itu berwarna gelap?
    anehnya lagi, sesuatu yang belum jelas kok dibahas ... "... Mungkin materi gelap—sesuatu yang masih belum jelas,..."
    bingung saya~
     
  17. valarze M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,758
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +5,518 / -0
    mungkin maksudnya materi gelap itu tidak hanya berkumpul di satu lokasi tapi tersebar di setiap sisi alam semesta. Mungkin simplenya kaya udara, ada di mana2...

    definisi gelap di sini sebenarnya bukan masalah warna, tapi bisa karena mendeskripsikan sesuatu yang tidak terlihat di alam semesta yang hitam gelap.

    Simplenya, karena ada sesuatu yang janggal di alam semesta sana, yang kurang sejalan dengan ilmu yang mereka gunakan saat ini. Dan manusia selalu ingin tahu kenapa...

    Jadi materi gelap itu ada sebuah konsep untuk sesuatu yang sedang mereka amati di luar angkasa sana. Kenapa mereka bisa bicara kalau materi gelap itu ada padahal tidak kelihatan? Sama saja seperti kita bilang angin itu ada padahal tidak kelihatan.

    Kenapa saya bilang ada angin? Karena saya melihat daun2 begoyang.
    Kenapa daun2 bergoyang? Karena ada angin

    Anda mungkin tidak bisa membuktikan angin secara fisik, tapi dengan mengamati adanya pergerakan daun, anda yakin kalau ada sesuatu yang menggerakkan daun itu, dan itu namanya angin.
     
  18. lockersocrates Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    227
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +29 / -0
    setelah membaca berbagai sumber di internet dan buku kosmologi nampaknya saya mulai mengerti soal dark matter ini.
    bahaya juga bila dark matter, sebutan para ilmuwan astronom, yang belum diketahui apa itu mengganggu materi-materi di alam semesta.
    banyangkan, pada tahun 2010 para ilmuwan itu mendeteksi massa galaksi memiliki 95% penyusunnya adalah materi yang belum diketahui. materi yang belum diketahui itu terpecah menjadi 72% dark energy dan 23% dark matter.

    mohon koreksi bila salah persepsi.
     
  19. h6c7boys M V U

    Offline

    Maestro

    Joined:
    Oct 18, 2011
    Messages:
    733
    Trophy Points:
    222
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,060 / -0
    black hole ya gan
    yang nyedot2 semua yang dideketnya
     
  20. silentbutdeadly Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 23, 2009
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -3
    fisiknya belum ada
    cuman teori doank
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.