1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Manfaatkan Fitur Gratis untuk mendatangkan pelanggan

Discussion in 'Entrepreneur Talks' started by beekinenak, Feb 26, 2016.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. beekinenak Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 23, 2011
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +0 / -0
    Mudah-mudahan thread ane bermanfaat untuk teman-teman semua, jangan lupa reviewnya ya gan...:D :D

    Membuka usaha itu mudah, seperti mambalikkan telapak tangan, yang sulit adalah bagaimana teman-teman menarik pembeli untuk melakukan transaksi. Memasarkan produk yang teman-teman jual, menjaga kualitas produk saat digudang dan saat pengiriman, packaging pun harus di perhatikan agar produk sampai dengan aman dan tidak rusak.

    Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menarik pembeli, namun jangan lupa memperhatikan faktor biaya, banyak teman-teman pengusaha yang membuang banyak biaya untuk menarik pembeli namun hasilnya sia-sia, dari flayer sampai promosi yang kita lakukan pasti mengeluarkan biaya yang besar. Kepuasan pembeli adalah salah satu cara untuk mendapatkan pembeli baru, contoh kecil bisa saya share sedikit cerita dari teman pengusaha saya.

    [​IMG]
    sumber gambar: google​

    Bidang usaha yang digeluti oleh teman saya adalah bidang fashion pria, fokus produk yang dijual adalah celana jins. Awal usaha merintis dia hanya bermodalkan 3 buah mesin jahit dan 1 orang penjahit, saat saya ke tempat produksi-nya di daerah pamulang, saya melihat tempatnya sangat sederhana, di ruangan yang kira-kira besarnya 3x2 atau sebesar kamar tidur dia sedang membriefing penjahitnya tentang pesanan celana yang dia jual. Sambil melihat proses pembuatannya, saya bertanya-tanya soal usaha yang dia jalankan, dari modal usaha, pembelian dan pemilihan bahan, sampai dengan pangsa pasar yang di pilih. Dia memberikan saran kepada saya untuk memastikan terlebih dahulu pangsa pasar yang diincar, karena apabila kita tidak fokus, bukan untung yang kita dapat, malah kerugian dan hutang yang akan menghampiri kita. :takuts :takuts

    Singkat cerita saya pulang dan kembali menjalankan bisnis keripik yang biasa saya jalani, saya memulai bisnis dengan menjadi reseller keripik, pangsa pasar saya dulu adalah anak-anak kampus, karena saya memulai bisnis saat masih kuliah. Sekitar 6 bulan tidak bertemu, saya dihubungi oleh teman saya si penjual jins, dia membuka toko kecil-kecilan masih di daerah pamulang dan saya di undang kesana untuk melihat-lihat dan membeli produknya. Sesampainya di sana memang tokonya tidak sebesar yang saya bayangkan, namun lokasinya lebih baik dan lebih strategis di banding lokasi yang pertama. Dengan melihat lokasi toko yang baru dan sudah ada 3 penjahit dengan 3 mesin jahit, terlihat usahanya berkembang sangat cepat, sebagai teman saya sangat bangga karena melihat usahanya berkembang sangat pesat. Saya meminta sedikit tips dari teman saya agar usaha yang saya jalani ini berkembang dengan cepat.


    [​IMG]
    [​IMG]


    Teman saya menyarankan untuk mencoba berjualan online, dari sosial media hingga toko online ternyata menyediakan banyak fitur yang bisa kita manfaatkan secara maksimal, banyak perusahaan Indonesia maupun luar yang membuka jasa toko online, berbagai fitur dan aplikasi gratis yang banyak disediakan oleh penyedia jasa toko online memudahkan kita untuk mendatangkan pembeli.

    Dari mulai keamanan dan kemudahan transaksi jual beli, pendaftaran yang gratis, sampai dengan promosi gratis telah disediakan oleh banyak penyedia jasa toko online. Mengulas sedikit tentang fitur toko online, saya mempunyai referensi yang mungkin bisa kalian manfaatkan untuk menjual berbagai produk kalian di toko online. Fitur Buka Toko dari ukmmarket.co.id. Fitur ini bermanfaat untuk teman-teman yang ingin berjualan dengan mudah di ukmmarket, hanya dengan mengklik gambar bertulisan Buka Toko di pojok kanan atas kemudian kita akan masuk ke halaman yang berisikan form untuk mendaftar menjadi penjual di ukmmarket.

    Fitur ini mempermudah teman-teman yang ingin berjualan di ukmmarket karena tidak perlu mengisi banyak data untuk mendaftar, seperti yang biasa kita temui di toko online lain. Berikut adalah gambar tampilan halaman pada saat kita mengisi data diri untuk menjadi penjual.


    Penjelasan:
    1. Nama PIC:
    Nama PIC adalah nama teman-teman atau bisa juga nama admin yang akan mengelola toko online teman-teman nantinya. Nama PIC ini akan di jadikan nama user yang di cantumkan di form pendaftaran menjadi penjual di ukmmarket. Saran saja untuk temen-temen, gunakan nama pribadi saja untuk mendaftar, karena kalau tidak salah Nama PIC ini akan di samakan dengan nama yang tercantum di buku rekening bank, tergantung rekening bank perusahaan atau rekening perorangan yang akan di gunakan untuk pembayaran dana hasil penjualan di ukmmarket.


    2. Email:
    Email boleh di isi dengan email pribadi maupun email perusahaan, karena nantinya email ini di gunakan kalian untuk login di ukmmarket. Email ini juga akan menerima notifikasi perihal update data dan stok produk, pembayaran dari hasil penjualan produk, notifikasi pemesanan produk, informasi tentang promo dan event yang akan di adakan oleh ukmmarket.

    3. Nomor handphone:
    Kolom ini di isi dengan nomor pribadi kalian, apabila kalian mempunya lebih dari 1 nomor handphone atau ingin mendaftarkan nomor telepon lain, bisa di isi di kolom Nomor Telepon Lain.

    4. Barang yang akan di jual:
    Di isi dengan produk kalian yang akan kalian jual di ukmmarket, produk yang di jual bisa lebih dari 1 jenis barang. Untuk format pengisian seperti ini “barang 1,barang 2,barang 3” , jika jenis barang yang akan kalian jual lebih dari 1.

    5. Kota:
    Diisi kota tempat kalian berjualan, ini berhubungan kurir yang akan menjemput barang yang kalian jual dan mengirimkannya kepada pembeli.
    Setelah melakukan pendaftaran melalui fitur buka toko, teman-teman akan di follow up oleh Tim ukmmarket 2 hari setelah mendaftar untuk melengkapi beberapa data yang masih di butuhkan, seperti nomor rekening untuk pembayaran dan dokumen lainnya.
    Buka Toko di ukmmarket gratis dan tidak di pungut biaya apapun, ukmmarket juga mempromosikan produk yang kalian jual ke sosial media, grup, dan beberapa forum-forum yang banyak dikunjungi.

    Sekian dulu review dari saya, sukses untuk teman-teman yang sedang memulai usaha dan yang sedang berjalan, semangat selalu
    semoga bermanfaat terima kasih banyak.


    kunjungi thred ane yang lain:

     
  2. startupjobsindonesia Banned User

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 7, 2015
    Messages:
    323
    Trophy Points:
    17
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    wah..mainan baru ini :)
    tapi ane lebih suka main iklan gan, pake fb ads, kita ngiklan tertarget baik di fb maupun di instagram..
    apa google adwords..tapi menurut ane agak mahal ngiklan disana :D

    info lowongan kerja startup
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.