1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekarang kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Discussion in 'Lifestyle' started by nofollower, Nov 26, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. nofollower Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 17, 2009
    Messages:
    105
    Trophy Points:
    52
    Ratings:
    +447 / -0
    Minum teh merupakan salah satu kebiasaan yang hampir tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Teh saat ini telah menjadi komoditas pasar utama di banyak negara, bahkan beberapa diantaranya merupakan komoditas yang sangat berharga. Tapi apa yang benar-benar membuat teh jadi menjadi begitu istimewa? Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali manfaat teh bagi kesehatan seseorang.

    Banyak penelitian yang dilakukan dan telah dipublikasikan di seluruh dunia yang menunjukkan bahwa beberapa jenis teh seperti teh hitam, teh hijau, dan teh melati memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari membantu menyembuhkan diabetes, kanker, bahkan menurunkan berat badan.

    Teh telah sejak lama telah digunakan di negara-negara utama di Asia sebagai minuman alternatif yang bermanfaat membantu menjaga kesehatan. Bahkan sebelum ilmu pengetahuan menjelaskan secara ilmiah manfaat teh, pada beberapa negara tersebut kebiasaan minum teh telah terintegrasi ke dalam budaya mereka. Karena kentalnya kebiasaan ini pada beberapa negara Asia, menurut penelitian penderita penyakit seperti kolesterol dan diabetes lebih rendah dibandingkan dengan negara pada kawasan lainnya.

    Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh menurut kelompok studi Jepang di Kyushu University di Jepang, ditemukan bahwa teh, terutama teh hijau memiliki banyak kandungan anti-kanker. Teh hijau mengandung antioksidan (gallate epigallocatechnin ) yaitu zat yang berfungsi memperlambat pertumbuhan sel kanker, mengurangi jumlah dan ukuran tumor, dan bertindak sebagai agen pencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh kanker. Teh juga mengandung kafein dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Jumlah ini sangat sesuai dan jauh lebih sehat daripada kafein yang ada di dalam kopi. Penggunaan kafein harus dilakukan secara moderat (artinya tidak terlalu banyak) karena sifatnya yang merupakan simultan aktif. Kadar kafein yang tidak terlalu tinggi tersebut memungkinkan tubuh untuk meningkatkan sedikit energi.

    Selain kafein dan antioksidan beberapa jenis teh juga mengandung bahan kimia yang meningkatkan termo genesis tubuh manusia, atau laju pembakaran kalori sehingga cukup efektif bagi orang yang ingin mengurangi berat badannya.

    Manfaat lainnya yang tidak kalah penting dari konsumsi teh adalah mengurangi stres. Stres juga dapat secara dramatis menurunkan oleh konsumsi teh, di mana studi menunjukkan bahwa subyek yang minum empat cangkir teh per hari untuk jangka waktu empat minggu lebih rendah tingkat stresnya bila dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengkonsumsi teh.

    Konsumsi teh mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya manfaat yang ditemukan di dalam teh. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi teh setiap hari karena selain rasanya yang nikmat, harganya murah, serta manfaatnya yang begitu besar bagi kesehatan.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. lehudea M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 11, 2010
    Messages:
    806
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +356 / -0
    terakhir aku baca, justru teh bisa menyerap protein dalam makanan yg kita makan
    dalam anggapan minum teh setelah makan
    yg bener yg mana nich???

    setauku emang sehat
    jenis teh mempengaruhi gak??
     
  4. ahmadg Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 28, 2010
    Messages:
    35
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +44 / -0
    boleh juga tipsnya bung...

    tp setauku juga teh bs menyerap protein dr makanan, gimana nih?
     
  5. coolasice Members

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 20, 2010
    Messages:
    834
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +765 / -0
    kalo minum teh setelah makan itu katanya gak bagus..
    ni minum tehnya pas lagi santai gitu gan ?
    iyaakah bisa nyerap protein ?[​IMG]
     
  6. Eglantine Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 20, 2010
    Messages:
    112
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +2 / -0
    Minum teh nya teh hijau atau teh hitam kalo ga salah.
    Minumnya sore sore pas lagi santai..
     
  7. spectre08 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 13, 2010
    Messages:
    338
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +19 / -0
    ternyata byk bgt yaa manfaat dari TEH :peace:
     
  8. fouchan M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 17, 2010
    Messages:
    1,520
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +20,740 / -0
    minum teh abis makan katanya bisa melunturkan zat bezi y .. :bloon:
    tapi kayanya ga ngurus ,, yang penting enaak :lalala:
     
  9. Artanis Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    10,612
    Trophy Points:
    261
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,710 / -1
    obat buat penawar penyakit kanker gan.,
    selain baik untuk kesehatan..
    bisa bkin kulit awt muda juga lho., tuh, bukti nya di china sm jepang..
    kulit nya pda bagus dan halus..
     
  10. soukeeya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    545
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +397 / -0
    yg aku denger juga zat besi bukan protein, bukan melunturkan tapi mencegah penyerapan zat besi dalam usus, makannya dilarang diminum sehabis makan

    bikin kurus kok yg teh ijo, dulu sempet jalanin diet pake teh ijo selama sebulan dan sukses, tapi juga melakukan disiplin konsumsi makanan sih ;P


    yup di minumnnya pas santai, bisa sebelum tidur, sore2, antara jam 9-12 pagi sebelum makan siang, pokoknya jangan deket2 waktu makan

    oya, jgn minum teh yg terlalu pekat, klo terlalu sering minum yg pekat bisa bikin konstipasi ato sembelit
     
    Last edited: Nov 27, 2011
  11. alex_priyadi Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 14, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +3 / -0
    banyak banget manfaat dari teh ternyata...
     
  12. abczxc Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 15, 2011
    Messages:
    74
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    nice info kk..
    teh emang bikin sehat kok..
     
  13. hopefulkids Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 14, 2011
    Messages:
    127
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +1,530 / -0
    Minum teh sambil makan gimana? Efeknya masih sama..

    Smua jenis teh atau hanya teh hijau aja, setau gw yang bagus itu hanya teh hijau..
    Mohon informasi yang benarnya, takut salah kapra
     
  14. soukeeya M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    545
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +397 / -0
    minum teh sambil makan ga bagus, bahkan ga hanya minum teh, minuman apa saja baik dingin maupun panas sambil makan juga ga bagus.

    secara nalar aja, klo pas lagi makan disambi minum, maka air akan mendorong makanan lebih cepat sebelum zat2 baik dalam makanan sempat diserap oleh usus :)


    untuk lebih jelasnya liat di situs ini http://brilliantoro.wordpress.com/makan-nasi-janganlah-minum-air-teh/


    ato penjelasan ini :
    Apabila meminum air saat makan, air akan diserap oleh dinding usus lambung sehingga menyebabkan refluks asam dan heartburn. Minum air bersamaan dengan makan juga dapat menyebabkan peningkatan kadar insulin. Semakin banyak insulin dilepaskan ke aliran darah, semakin tinggi kemungkinan kita menyimpan lemak di dalam tubuh.

    Oleh karena itu, pastikan makanan tidak terlalu asin karena akan membuat kita lebih haus memicu keninginan minum air. Selain itu, makan terburu-buru akan menyebabkan makanan sulit tertelan menuju ke bawah sehingga kita akan merasa perlu untuk minum air putih. Banyak mengunyah akan sangat baik karena akan mempermudah kerja perut dalam mengolah makanan
    source:http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2011/11/28/4678/3/Bahaya-Air-Putih-di-Sela-Makan


    oya, teh yg bikin kurus ga hanya teh hijau sebetulnya, teh apa aja bisa kok
    cuma teh hijau lebih bagus karena lebih banyak antioksidan-nya :)
     
    Last edited: Dec 1, 2011
  15. atuttallula M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 9, 2012
    Messages:
    989
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +139,837 / -0
    :malu2:bnyk juga ternyata manfaatnya,,pantes bokap gw suka ma teh
     
  16. zlotneb M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 20, 2012
    Messages:
    455
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +31 / -0
    wah baru tau kalo teh bisa ngilangin stresss

    katanya bisa di pake buat awet muda juga ya?
     
  17. Clogon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 20, 2012
    Messages:
    1,157
    Trophy Points:
    197
    Ratings:
    +15,136 / -0
    setau aku sih bagusan teh yang bentuk serpihan
    bukan ynag teh celup
    soalnya teh celup ada pengaruh zat kimia dari kantong tehnya :iii:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.