1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Manfaat & Mudharat PLTU ...

Discussion in 'Science and Technology' started by gusrus, Feb 18, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. gusrus M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,432 / -0
    [​IMG]
    Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batubara memiliki dua reputasi yang saling bertolak belakang. Di satu fihak PLTU betubara mempunyai reputasi baik karena mampu memproduksi listrik dengan biaya paling murah dibandingkan sistim pembangkit listrik lainnya. Biaya operasi PLTU batubara kurang lebih 30 persen lebih rendah dibandingkan sistim pembangkit listrik yang lain. Namun di lain fihak, PLTU batubara juga mempunyai reputasi buruk karena merupakan sumber pencemar utama terhadap atmosfer kita.

    Selama ini reputasi bahan bakar fosil, terutama batubara, memang sangat buruk apabila dikaitkan dengan masalah pencemaran lingkungan seperti yang baru-baru ini terjadi di cilacap terkait dengan flay ash batu bara yang beterbangan kerumah penduduk disekitar penampungan flay ash batu bara. Walaupun stasiun pembangkit listrik batubara saat ini telah menggunakan alat pembersih endapan (presipitator) untuk membersihkan partikel-partikel kecil dari asap pembakaran batubara, namun hal yang harus sangat diperhatikan adalah senyawa-senyawa seperti SOx dan NOx yang berbentuk gas dengan bebasnya naik melewati cerobong dan terlepas ke udara bebas. Kedua gas tersebut dapat bereaksi dengan uap air yang ada di udara sehingga membentuk H2SO4 (asam sulfat) dan HNO3 (asam nitrat). Keduanya dapat jatuh bersama-sama air hujan sehingga mengakibatkan terjadinya hujan asam. Berbagai kerusakan lingkungan serta gangguan terhadap kesehatan dapat muncul karena terjadinya hujan asam tersebut.

    Fenomena hujan asam sebetulnya sudah dikenali oleh para pemerhati lingkungan sejak tahun 1950-an. Namun masalahnya menjadi bertambah parah seiring dengan semakin meningkatnya permintaan energi listrik yang disuplai melalui PLTU batubara. Masalah hujan asam mungkin akan merupakan masalah lingkungan jangka panjang yang teramat serius. Hujan asam bisa juga menjadi isu politik besar terutama karena sumber asal dan para korbannya sering berada di tempat yang berbeda. Bahan pencemar NOx dan SOx dapat bergerak terbawa udara hingga ratusan bahkan ribuan kilometer, mencapai lintas batas antar negara.

    Dalam keadaan udara bersih, air hujan bersifat agak asam dengan derajad keasaman (pH) 5,6. Penyebab keasaman ini adalah adanya senyawa carbon dioksida (CO2), suatu senyawa alamiah penyusun udara yang dalam air hujan membentuk asam lemah. Senyawa ini dikeluarkan baik oleh manusia, hewan maupun tanaman melalui sistim pernafasan. Air hujan dikatagorikan sebagai asam apabila nilai pH-nya di bawah 5,6. Air untuk konsumsi manusia harus memiliki nilai pH antara 6-9. Asam dalam air hujan menambah kemampuan air itu untuk melarutkan dan membawa lebih banyak logam-logam berat keluar dari tanah, seperti merkuri (Hg) dan aluminium (Al). Air asam ini juga dapat melarutkan tembaga (Cu) dan timbal (Pb) dari pipa-pipa logam untuk menyalurkan air. Peristiwa ini tentu saja akan menggganggu persediaan air untuk konsumsi manusia. Air dengan pH 5 menyebabkan beberapa ikan tidak mampu berkembang biak. Pada pH sekitar 4,5, ikan lenyap dari perairan. Sedang pada pH 4, perairan menjadi tanpa kehidupan. Pada pH mendekati 3, daun tanaman menjadi rusak. Di berbagai belahan dunia, manusia mulai semakin menyadari perlunya menyelamatkan lingkungan hidup. Tindakan-tindakan protektif kini sedang digiatkan untuk melindungi sumber-sumber alam yang tak ternilai harganya ini dari kehancuran total.

    Dewasa ini manusia di berbagai belahan dunia mulai sadar akan perlunya menyelamatkan lingkungan dengan cara mereduksi maupun menjinakkan polutan-polutan yang terlepas ke lingkungan. Beberapa negara maju telah mengeluarkan peraturan sangat ketat dan menanamkan investasi cukup besar dalam rangka mengurangi polusi udara dari gas buang. Untuk penyelesaian jangka panjang, salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menghindari terjadinya hujan asam adalah dengan menghentikan sumber hujan asam tersebut.

    www.kompasiana.com


    :idws:
    :idws:
    :idws:
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. mulia24 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    info bagus, sebagai bagian dari kampanye untuk melindungi lingkungan khususnya.

    namun sayangnya di Indonesia, kita masih amat bergantung pada batubara sebagai bahan bakar pembangkit listrik. bahkan di sumut sedang dibangun PLTU. lingkungan memang penting untuk dijaga dan dilestarikan, sayangnya kekurangan bahan bakar alternatif dan makin parahnya pemadaman listrik di Indonesia memaksa kita untuk menutup mata akan bahaya PLTU tersebut.

    mudah2an kedepannya akan dapat dicari alternatif solusi untuk menangani pemadaman listrik 2x sehari disini tanpa harus mengorbankan lingkungan dengan menggunakan batubara sebagai bahan bakar pembangkit.
     
  4. s4suke M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    2,099
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +54,272 / -0
    PLTU skrg mgk dah ada alternatif lain tuuuk bahan bakar pembangkit listrik cz hrga batu bara dunia jga sedang mahal :ehem:
    pembangkit listrik bkn hanya dgn bahan bakar batubara aj qo. mlah skrg dah mlai b' alih k gas (Gas Turbine) :unyil:

    aniwei bus wei :niceinfo:
     
  5. mulia24 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0

    tentu saja, kita memiliki banyak jenis pembangkit listrik, ada air, angin dan tenaga panas bumi juga.

    untuk PLTN (bahan bakar nuklir) selalu jadi kontroversi, padahal jika dibanding dengan PLTU diatas juga nilai keburukannya hampir imbang, menurut saya PLTN bahkan lebih baik karena tidak menyebabkan hujan asam, cuman masalahnya akan ada pada limbah nuklirnya.
     
  6. Kenzo M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 5, 2008
    Messages:
    1,049
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,242 / -0
    hmm...kalo menurut gw tidak akan ada yang bisa 100 persen bebas dari efek negatif...

    yang barusan dibangun di Jawa Tengah tuh PLTU ya? lokasi nya deket ama perumahan/sawah warga ga?

    kalo iya wah kasian banget..

    kalo misalnya lokasinya jauh kan walaupun memiliki efek samping yang bisa dibawa sama angin, konsentrasi nya kan ga setinggi kalo deket dengan pabrik..

    IMO. :maaf:
     
  7. ceroberoz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 15, 2009
    Messages:
    1,122
    Trophy Points:
    127
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +381 / -0
    harunya pake PLTA yang bersahabat dengan lingkungan .. tp karena PLTU merupakan sisa2 teknologi lama yg jamak d gunakan jadi susah ngapusnya juga .. :(
     
  8. mulia24 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    284
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +47 / -0
    sayangnya PLTA terbatas hanya untuk daerah dengan aliran air yang cukup deras untuk mampu menggerakkan turbin, solusi mikrohidro mungkin dapat dipertimbangkan.

    PLTU memang susah dihapuskan karena stok batubara dunia masih jauh lebih banyak dan murah dibanding sumber energi lainnya misalnya bensin,solar atau gas.

    dampak dari PLTU sebenarnya juga terasa hingga rumah saya, karena batu2 di sekitar rumah saya yang sering terkena hujan melapuk/mengurai dengan cepat.
     
  9. tamago M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 26, 2008
    Messages:
    358
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +129 / -0
    setuju lingkungan kita emang harus diselamatkan

    Tapi jika PLTU di indonesia negara kita bisa terjadi krisis energi, masalahnya selain murah cadangan batu bara di indonesia lebih banyak daripada bahan bakar lain, selain itu masalah keuangan indonesia yang sangat minim ditambah para koruptor yang makin meraja rela, kemudian pembuatan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) yang menghadirkan pro dan kontra membuat terhambatnya sumber energi baru di Indonesia
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.