1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

manfaat minum air putih

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by rh0m4ir4m4, Jun 1, 2008.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. rh0m4ir4m4 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 29, 2008
    Messages:
    1,382
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +2,017 / -0
    Mengapa harus minum air putih banyak-banyak? Sebenarnya jawabannya bisa cukup "mengerikan" tapi karena pertanyaan yang jujur harus dijawab dengan jujur, maka inilah penjelasannya.

    Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air. Malah ada bagian organ tubuh kita yang memiliki kadar air diatas 80%. Dua komponen tersebut adalah otak dan darah. Otak mengandung komponen air sebanyak 90%, sementara darah mengandung komponen air sebanyak 95%.

    Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas ukuran besar sedang. Jumlah diatas harus ditambah jika anda tergolong kelompok perokok. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.

    Apa yang terjadi apabila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari? Tentu saja tubuh akan menyesuaikan diri. Caranya dengan "menyedot" air dari komponen dan organ tubuh sendiri. Sumber terdekat yang disedot adalah darah.

    Darah yang di sedot kandungan airnya akan menjadi kental. Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang darah yang mengandung cukup air. Saat melewati ginjal, organ ini akan bekerja ekstra keras menyaring darah. Karena saringan (glomerulus) pada ginjal sangat halus, tidak jarang darah yang kental justru merobek glomerulus ini. Akibatnya, air seni akan berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, suatu saat anda akan menghabiskan jutaan rupiah seminggu hanya untuk cuci darah.

    Saat darah kental ini mengalir melewati otak, perjalanannya menjadi terhambat. Otak tidak lagi "encer" dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen, lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi lagi. Akibatnya fungsi otak seperti daya ingat, refleks, dan kemampuan sensitivitas organ indra akan terganggu. Apabila hal ini kemudian ditambah dengan penyakit jantung, maka serangan stroke hanya tinggal menunggu waktu.

    Sekarang anda bisa pilih, melakukan "investasi" dengan cara mengkonsumsi air putih sedikitnya 2 liter per hari, atau kelak "membayar bunga" lewat gagal ginjal atau stroke. Mana yang anda pilih?
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. cepongsiak M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 26, 2007
    Messages:
    220
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,506 / -0
    Mau - nggak mau, ini harus dilakonin
    gw sepakat sama bung rhoma, dan gw pernah ngerasain manfaatnya,
    gw ngerasa hidup gw penuh dgn hal2 positif, semangat, rileks, pokoke perasaan2 negatif itu lupa deh,
    kayak bete, jenuh, bla bla bla. Its recomended
     
  4. LovedR M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 7, 2007
    Messages:
    1,019
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,109 / -0
    keknya gw pernah buat thread ini..
    ga papa sih... tapi mungkin lebih baik di gabungin saja dengan yang dahulu..

    btw.. good info..
     
  5. taw2 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 21, 2008
    Messages:
    317
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +8 / -0
    Gw minum sehari 3 liter lo?

    G tau bandung panas sih jd banyk minum
     
  6. Yukimura_Hide Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 26, 2008
    Messages:
    172
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +1,444 / -0
    iiih ternyata serem juga ya
    gw jarang si meratiin keadaan tubuh gw
    wakakakkak
    maklum masih muda
     
  7. Feischmaker M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 28, 2008
    Messages:
    1,489
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,022 / -0
    bener tuh, gw juga minum banyak sih, dan gw juga anti air es (air kulkas), maklum aq sensitif giginya...
     
  8. blackwarr M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 1, 2008
    Messages:
    1,357
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +2,891 / -0
    abis baca langsung minum aer gw
    ga mau gw cuci darah
     
  9. LuNaR Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 14, 2008
    Messages:
    98
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +18 / -0
    ia Nih HaruS SeRing MinuM aeR!! apa LaGi, Lagi Udara PaNas Gini!:onion-102:Bisa Bisa Kena DehiDrasi!!:onion-30:.... Lagi Pula Obat Yang Baik MenyembuhKan PenyakiT yaiTu banYak MinuM aeR PuTih:top:
     
  10. underbon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    1,011
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,321 / -0
    banyak minum air juga bagus buat mengurangi kekentalan darah jadi kerja jantung jadi ga terlalu berat:onion-50:
     
  11. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,243
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +43,157 / -0
    beuh, si bon kaya na dokter neh..
    gw minum er putih kalo lg aus2 banget, kalo kg yaa kaga minum :em0100:
     
  12. genzo_sai M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 17, 2008
    Messages:
    444
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,021 / -0
    Untung duit jajan wa sangat minim sekali cuma cukup bwt ongkos doang, jadi na klo d kampus cuma isa bli minum air putih doang...
    :onion-11:
     
  13. underbon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    1,011
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,321 / -0
    kasian amat tiap siang jadi puasa mulu y??:onion-97:

    baik2 j y :onion-105:
     
  14. genzo_sai M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 17, 2008
    Messages:
    444
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,021 / -0
    Makasih kaka :onion-15:

    :kiss:
     
  15. underbon M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    1,011
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +1,321 / -0



    :onion-46::onion-46::onion-46:
     
    • Like Like x 1
  16. kurama013 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2008
    Messages:
    1,615
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +9,019 / -0
    What the heck..
    swt..gw sehari 2 - 3 gelas doank..
    :swt: ........
    widiw, takut sendiri gw..
    ikuttin dah..
    thanks bro !

    trus mo nanya nih, kalo air nya diganti air teh bagaimana ?amper tiap hari minun nya itu..
    :onion-52: warteg/tempat makan pake-nya itu.. :D
     
  17. dragonlord Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2009
    Messages:
    143
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    setujun ma TS. air putih tu bagus bwt kesehatan. malah nyokap g blg air putih bs buat kulit mulus
     
  18. maki-chan M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 17, 2008
    Messages:
    206
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,083 / -0
    hahah kenapa g bawa minum dari rumah, kalo bisa bawa 1 galo sekalian x x aja temen kampus ada yng lebih kekurangan kan saling membantu hehehe..
     
  19. burhan M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 4, 2007
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,055 / -0
    memang benar tuch...!!!

    Tapi aku paling benci dech saat makan diluar (ex:pusat jajanan), mengapa para pelayannya selalu menanyakan minumnya apa mas?? padahal air putih merupakan minuman yang paling. iyak gak sich???
     
  20. Gradient M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 23, 2009
    Messages:
    869
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +59 / -0
    gak tau kenapa, mungkin kebiasaan jg sih, dari kecil gw emang udah terbiasa banyak minum...

    untuk manfaatnya, gw jg kurang ngerti sih...cm ngerasa seger aja kalo banyak minum...hwhwhwhwhwhwhw...
     
  21. TheSinister Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    122
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    air putih emang banyak manfaatnya
    mahluk hidup ga mungkin bisa bertahan hidup klo ga ada air
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.