1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Manfaat Kopi Untuk Kesehatan "secangkir kopi untuk menemani santai"

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by infoherbal, Dec 24, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. infoherbal Members

    Offline

    Joined:
    Dec 24, 2014
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    2
    Ratings:
    +0 / -0
    Selamat Sore Semua....

    Salam Sehat Salam Bahagia....

    pada saat ini saya akan memberi sedikit info tentang manfaat kopi....
    langsung saja

    Kopi merupakan sejenis minuman yang terbuat dari ekstrak biji tanaman kopi yang kemudian diproses melalui pengolahan. Kebanyakan orang beranggapan kopi adalah minuman yang tidak sehat karena mengandung kafein yang cukup tinggi. Minum kopi memang dapat meningkatkan kadar hormon stress dan memicu efek ketergantungan pada kafein. Namun ternyata kopi juga dapat dijadikan Obat Herbal Alami karena bermanfaat untuk kesehatan dan tidak berbahaya jika dikonsumsi dengan tepat.

    Jumlah kafein yang terdapat dalam kopi adalah 1 – 1,5% sedangkan dalam teh 1 – 4,8%. Kafein merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Dalam dunia medis kafein sering digunakan sebagai perangsang kinerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Dalam dosis yang rendah kafein bisa digunakan sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.

    Selain itu kafein juga dapat menyaingi adenosine yaitu senyawa dalam sel otak yang bisa membuat orang cepat tertidur. Kafein tidak memperlambat gerak sel – sel tubuh namun membalikkan semua kerja adenosine sehingga tubuh tidak lagi mengantuk dan muncul perasaan segar, gembira, mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot – otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energy ekstra.

    Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo, Brazil menyatakan pria yang rutin minum secangkir kopi setiap pagi ternyata memiliki sperma yang mampu berenang lebih lincah dibanding pria yang tidak pernah minum kopi pada pagi hari. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Canter Institute juga menyimpulkan bahwa peminum kopi memiliki resiko kematian dini 16% lebih kecil. Hal tersebut juga telah diterbitkan di New England Journal of Medicine.

    Selanjutnya ...
    1. Mengandung Antioksidan
    Edward Giovannuci seorang peneliti Harvard menerbitkan hasil penelitannya dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention” yang menyatakan bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dari pada kebanyakan sayuran dan buah – buahan.

    2. Mengurangi Resiko Liver
    Kopi mengandung antioksidan dan kafein yang cukup tinggi sehingga mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya.

    3. Mencegah Penyakit Batu Empedu
    Pada tahun 2007 para peneliti di Harvard University menemukan bahwa orang yang meminum 4 cangkir kopi sehari mempunyai resiko terkena batu empedu 25% lebih rendah.

    4. Mencegah Depresi
    Dalam Archive of Internal Medicine tahun 2011 menyatakan perempuan yang meminum kopi 2 – 3 cangkir sehari memiliki kemungkinan mengalami depresi 15% lebih rendah dan 20% lebih rendah bagi yang meminum 4 cangkir sehari.

    5. Peningkatan Memori
    Dalam sebuah studi yang dipresentasikan pada Radiological Society of Nort America menyatakan bahwa mengkonsumsi 2 cangkir kopi berkafein dapat meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.

    6. Mengurangi Resiko Diabetes
    Dalam laporan Journal of Agricultural & Food Chemistry januari 2012 menjelaskan bahwa efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi HIAAP, polipeptida yang menghasilkan serat protein abnormal yang ditemukan pada penderita diabetes tipe 2.


    7. Menurunkan Resiko Kanker
    Mengkonsumsi kopi dikaitkan dapat menurunkan resiko kanker payudara, endometrium, kanker prostat, kanker hati, obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi yang dilakukan di Swedia pada tahun 2008 menyebutkan bahwa dengan meminum kopi 2 – 3 cangkir sehari dapat mengurangi atau menunda timbulnya kanker payudara. Baru – baru ini sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa kopi dapat menurunkan resiko kanker prostat.


    8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
    Sebuah studi lama pada tahun 1980 menemukan bahwa kafein dalam kopi dapat merangsang metabolisme tubuh pada manusia normal. Sedangkan pada penderita obesitas mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

    9. Menurunkan Resiko Penyakit Parkinson
    Pada tahun 2000 Journal of American Association menemukan dengan mengkonsumsi kopi dan kafein akan menurunkan resiko menderita penyakit Parkinson.

    10. Meningkatkan Kinerja dan Performa
    Dalam beberapa studi telah menyatakan bahwa kopi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kinerja jangka pendek.

    11. Mengurangi Resiko Serangan Stroke
    Berdasarkan hasil penelitan yang dilakukan di Finlandia menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dengan standar konsumsi yang baik ternyata memiliki resiko lebih rendah terhadap serangan stroke.


    demikian sedikit info yang bisa saya bagikan...
    Sumber Manfaat dan Khasiat Kopi Untuk Kesehatan
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.