1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mandi Sauna Tidak Bisa Mengeluarkan Racun

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by frogkatas, Feb 15, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. frogkatas Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 25, 2009
    Messages:
    11
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +32 / -0
    [​IMG]

    Jakarta, Banyak orang tergila-gila mandi sauna karena percaya berlama-lama di tempat uap panas bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Padahal tidak ada satupun kandungan racun dalam keringat yang keluar saat mandi sauna. Zat paling banyak hilang dari tubuh adalah air, bukan racun.

    Dan jika seseorang sudah kehilangan banyak air, tubuh tidak bisa lagi bertahan hidup lama risiko kematian menjadi ancaman terbesarnya.

    Seperti dilansir dari Health, Senin (15/2/2010), tiga orang meninggal dunia dan beberapa lainnya sakit serius pada minggu lalu setelah melakukan ritual detoksifikasi di tempat spa mahal di daerah Arizona. Pemilik tempat spa tersebut, James Arthur Ray akhirnya ditahan atas kasus tersebut.

    Menurut Dr Rachel Vreeman dari the Indiana University School of Medicine, tindakan membersihkan tubuh melalui pengeluaran keringat berlebih sangat membahayakan.

    "Tubuh sebenarnya sudah dirancang untuk bisa melakukan proses detoksifikasi alami melalui berbagai proses dalam organ tubuh," kata Dr Vreeman.

    Beberapa organ yang berfungsi mengeluarkan racun dalam tubuh antara lain:

    1. Hati, berfungsi menyaring racun dalam darah yang tidak dapat digunakan tubuh.
    2. Ginjal, berfungsi mengeluarkan racun dalam urin yang merupakan produk hasil metabolisme protein.
    3. Usus, berfungsi menyingkirkan apa yang tidak dapat digunakan tubuh dan apa yang bisa dipakai tubuh.


    "Selama ini ada mitos bahwa organ-organ itu adalah tempat untuk menumpuk racun, sehingga perlu dikeluarkan melalui keringat, padahal itu tidak benar. Fungsi utama keringat bukan untuk mengeluarkan racun tapi untuk mengatur suhu tubuh," jelas Dr Vreeman.

    Meskipun komponen utama keringat adalah air, tapi keringat juga mengandung sedikit mineral dan elemen terlarut lainnya, seperti sodium, laktat, urea, potasium, kalsium, magnesium, zinc, nikel, bersi, chromium dan lainnya.

    Tidak ada satupun kandungan racun dalam keringat. Jadi jika seseorang berkeringat, zat paling banyak yang hilang dari tubuh adalah air, bukan racun. Dan jika seseorang sudah kehilangan banyak air, tubuh tidak bisa lagi bertahan hidup lama.

    Istilah detoksifikasi biasanya dipersepsikan sebagai sesuatu yang harus dilakukan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, dan hal itu menurut Dr Vreeman membuat seseorang tidak percaya dengan tubuhnya sendiri.

    "Tubuh tidak perlu perlakuan atau usaha khusus untuk membersihkan diri. Yang diperlukan hanyalah mendapatkan asupan cairan yang cukup dan konsumsi makanan sehat," ujar Dr Vreeman.

    Beberapa studi menyebutkan bahwa melakukan sauna bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah dan fungsi jantung. Tapi tidak ada satu pun bukti atau studi yang menyebutkan bahwa sauna dapat mengeluarkan racun.

    Meski demikian, di beberapa negara di Amerika masih ditemukan tempat-tempat yang menjanjikan detoksifikasi melalui keringat. Bahkan hal itu sudah menjadi bagian dari budaya dan tradisi di sana. Mereka percaya bahwa keringat bisa menjernihkan pikiran dan tubuh.

    Wanita suku Mayan dan Aztec misalnya menggunakan keringat sebagai bagian dari ritual untuk mendapatkan kesuburan. Sementara kaum prianya menggunakan keringat sebagai bahan persiapan untuk berburu dan lainnya.

    Dalam lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin, keringat berfungsi untuk menyeimbangkan berapa panas yang harus dihasilkan atau berapa yang sudah dilepaskan. Tapi jika keringat terus menerus dikeluarkan dalam jangka waktu lama, tubuh tidak bisa lagi mendinginkan badan dengan cukup.

    Alhasil, beberapa gejala seperti kulit terbakar, dehidrasi, sesak nafas, mual-mual, pusing, pingsan, gagal ginjal bahkan kematian pun bisa terjadi.


    http://health.detik..com/read/2010/02/15/122236/1299679/766/mandi-sauna-tidak-bisa-mengeluarkan-racun
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. uchihauchiha M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    263
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    nice info ^^
    kerasanya cuma jadi dehidrasi aja haha~
     
  4. Luciell M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 19, 2009
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +4,596 / -0
    Hem...kalo kotoran dikulit bisa dkeluarkan oleh mandi uap kah??
     
  5. suspect_zero Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    wedew, mikir2 lagi deh buat yang mau mandi sauna
     
  6. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,636 / -0
    Sugesti bisa jadi obat atau racun paling ampuh buat tubuh kita sendiri....

    Kalau saya daripada mandi sauna mending onsen aja deh :onsen: :lol:
     
  7. maniakmusic Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    274
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +180 / -0
    jadi males deh mandi sauna...

    tp bisa bikin kurus kan??
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.