1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Tips Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by kura2berlari, Oct 14, 2017.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. kura2berlari Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 5, 2010
    Messages:
    19
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    [​IMG]

    Makanan yang mengandung asam folat adalah salah satu jenis makanan yang banyak manfaatnya untuk para wanita yang sedang hamil. Pasalnya asam folat atau vitamin B9 ini adalah salah satu vitamin yang sangat diperlukan oleh sel untuk melakukan pembelahan, sesuatu yang terjadi dalam dengan sangat cepat pada embrio/janin.

    Kekurangan folat atau asam folat pada ibu hamil akan membawa dampak buruk pada janin yang dikandungnya. Janin akan mengalami kecacatan dan bayinya akan lahir dengan cacat bawaan tersebut. Beberapa diantaranya adalah bibir sumbing, gangguan jantung, kekurangan berat badan. Pada tahapan yang parah akan menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur.

    Beberapa Makanan Sumber Asam Folat untuk Ibu Hamil

    Karena asam folat sangat penting maka haruslah dipenuhi kebutuhannya selama kehamilan, lalu makanan apa saja yang mengandung asam folat dan cocok untuk ibu hamil? Di situs kesehatan Dedaunan.com dibahas banyak sekali makanan yang kaya akan asam folat atau vitamin B9 ini (link:
    https://dedaunan.com/mengenal-berbagai-makanan-yg-mengandung-asam-folat). Inilah ini beberapa diantaranya

    1. Kacang-kacangan

    Jenis makanan ini sangat kaya akan asam folat. Semua jenis kacang-kacangan kaya akan asam folat, baik itu nuts/peanuts dan juga beans. Nuts/peanuts adalah kacang-kacangan yang memiliki kulit keras, seperti kacang tanah. Sedangkan beans adalah jenis kacang kedelai, kacang hijau, dan kacang merah. Biasanya yang dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jenis beans.

    2. Alpukat

    Buah yang enak ini kaya akan asam folat dan baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Lemak yang dikandung alpukat termasuk lemak nabati yang baik untuk tubuh, sehingga tidak masalah dikonsumsi oleh ibu hamil. Alpukat juga kaya akan vitamin K dan serat. Serat sangat bagus bagi ibu hamil karena dapat mengurangi sembelit yang sering terjadi pada masa hamil.

    3. Jeruk

    Seluruh jenis jeruk banyak mengandung asam folat dan cocok untuk konsumsi ibu hamil, baik itu jeruk lemon, jeruk buah, jeruk manis dll. Namun perlu hati-hati supaya tidak dikonsumsi berlebihan apabila perut tidak kuat. Jika perut tidak ada masalah, maka jeruk dapat sering dikonsumsi. Kandungan penting jeruk lainnya adalah sumber vitamin C dalam jumlah banyak.

    4. Tomat

    Buah berikutnya yang kaya folat adalah tomat. Bagusnya buat tomat ini juga rendah gula. Buah ini kaya akan vitamin, terutama vitamin C. Selain itu kandungan penting lainnya adalah carotene lycopene, yang merupakan salah satu anti oksidan alami yang paling bagus. Bisa dikonsumsi sebagi jus, daripada hanya minum air putih setelah makan, atau juga untuk ditambahkan dalam resep masakan.

    5. Asparagus

    Untuk jenis sayuran, asparagus termasuk yang paling kaya akan asam folat. Mengonsumsi 1 cup asparagus rebus sudah mencukupi 65% jumlah kebutuhan asam folat harian. Sangat bagus sebagai sumber asupan asam folat utama bagi ibu hamil. Termasuk jenis sayuran, asparagus kaya akan serat. Kandungan penting lainnya adalah kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin K dan Mangan.

    6. Brokoli

    Makanan yang mengandung asam folat berikutnya adalah brokoli. 1 Cup brokoli rebus memenuhi 24% kebutuhan harian asam folat. Sayuran ini juga memiliki kemampuan untuk detoksifikasi, atau membersihkan racun-racun tubuh. Brokoli juga kaya akan kandungan vitamin-vitamin lainnya yang bermanfaat untuk tubuh.
     
    Last edited: Dec 1, 2017
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.