1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Makan-makan Makanan Khas Maluku Yang Bisa Kamu Temukan di Pantai Ora

Discussion in 'Travelling and Culinary' started by wiwis6002, Mar 26, 2022.

  1. wiwis6002 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Mar 29, 2012
    Messages:
    9,251
    Trophy Points:
    203
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +2,544 / -2
    Makanan Khas Maluku Yang Bisa Kamu Temukan di Pantai Ora​

    [​IMG]




    Pantai Ora, yang keindahannya disejajarkan dengan Kepulauan Maladewa alias Maldives, yang terletak di Maluku, memiliki banyak kuliner menarik. Sebagai pusat perdagangan rempah dunia, Maluku mempunyai banyak hasil alam berupa cengkeh dan pala. Disebut Kepulauan Rempah karena daerah ini memiliki rempah yang berlimpah yang juga berpengaruh dalam citarasa kuliner di tanah air. Provinsi yang makanan pokoknya sagu ini memiliki beragam resep makanan khas Maluku yang wajib kamu coba ketika sedang berkunjung ke sana.

    Sambil menikmati keindahan Pantai Ora, ini dia kuliner yang bisa kamu icipi ketika berada di sana :

    1. Nasi Lapola
    [​IMG]
    Resep masakan yang satu ini cukup simpel. Tinggal memasak beras dengan api kecil lalu setelah matang dicampur dengan kacang tolo yang sudah direbus sebelumnya. Kemudian, tinggal tambahkan kelapa parut dan garam sambil diaduk hingga tercampur merata. Setelah itu, semua adonan yang telah tercampur dikukus kembali sampai matang.

    2. Ikan Kuah Pala Banda
    [​IMG]
    Maluku mempunyai hasil laut yang melimpah. Hal ini berpengaruh terhadap keberagaman kuliner yang banyak menggunakan bahan dasar seafood. Salah satu olahan makanan laut itu adalah ikan kuah pala banda.

    Kuliner khas yang satu ini merupakan makanan yang berasal dari Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Salah satu makanan khas Maluku yang populer dan menjadi kebanggaan masyarakat setempat ini kaya akan rempah-rempah.

    Ikan kakap dan kerapu adalah ikan yang diolah menjadi kuliner yang satu ini. Setelah itu, dengan campuran merica, buah pala, dan bermacam rempah lain dicampur dengan ikan pala tersebut menghasilkan masakan ikan kuah pala banda.

    Rasa yang dominan di kuliner ini adalah asam dan pedas yang bisa membuat orang yang baru mencicipinya langsung suka. Hidangan ini cocok disajikan bersama nasi hangat, sambal bakasang yang terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk, ulang-ulang, serta urap daun pepaya. Dalam sejarahnya hidangan khas ini khusus disajikan untuk petinggi Belanda saja. Tapi tenang, sekarang semua orang bisa kok mencicipinya!



    3. Lalampa
    [​IMG]
    Lalampa merupakan salah satu makanan khas Maluku yang cukup dikenal karena aromanya yang sangat harum yang berasal dari minyak sayur.

    Makanan yang sekilas mirip dengan lemper Jawa ini terbuat dari ikan cakalang atau tongkol yang diolah dengan bumbu rempah dan cabai. Lalampa paling nikmat disantap saat masih panas setelah dibakar di atas bara api.

    4. Gohu Ikan
    [​IMG]
    Makanan satu ini juga dikenal sebagai sashimi-nya Maluku karena disajikan tanpa dimasak di atas api.

    Cara penyajian gohu ikan pun cukup sederhana. Setelah ikan tuna atau cakalang sebagai bahan utama dibersihkan dan dipotong-potong, lumuri garam dan jeruk nipis. Setelah itu, diamkan ikan bersama kemangi untuk kemudian ditumis bersama bawang merah dan cabai rawit dengan minyak kelapa.

    5. Manisan Pala
    [​IMG]
    Manisan Pala khas Maluku satu ini terbuat dari Myristica fragrans, tumbuhan khas Kepulauan Banda yang kaya akan nutrisi.

    Manisan pala terbuat dari campuran buah pala segar, air, garam, dan gula pasir yang waktu pengolahannya memakan lebih dari 1 hari. Waktu pengolahan yang cukup lama ini akan membuat tekstur pala menjadi empuk dan menghilangkan rasa sepat.

    6. Sagu Woku Komo-Komo
    [​IMG]
    Makanan khas Maluku yang terbuat dari sagu selanjutnya adalah woku komo-komo. Supaya rasanya tidak hambar, woku komo-komo diolah dengan berbagai rempah, salah satunya jahe.

    Cita rasa khas dari Woku Komo-Komo juga diperoleh dari jeroan ikan yang dimasak bersama sagu dengan dibungkus daun woka.


    Itu dia beberapa penjelasan singkat beserta gambar makanan khas Maluku yang bisa Anda coba dan cicipi ketika sedang berlibur di Maluku. Kebanyakan bahan dasar dari masakan tersebut adalah sagu dan menggunakan bumbu buah pala karena disana kaya akan rempah. Sudah bikin ngiler, ‘kan?


    https://superapp.id/blog/lifestyle/makanan-khas-maluku/
     
    • Like Like x 33
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. mikdon Gatotkaca
    Adventurer

    Offline

    Insinyur

    Joined:
    Aug 7, 2012
    Messages:
    1,789
    Trophy Points:
    218
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +740 / -1
    Jadi pengen nyobain Gohu nya ih :lalala:
     
    • Like Like x 1
  4. raainism MODERATOR
    Radio Announcer

    Offline

    Sweet but Psycho

    Joined:
    Feb 8, 2012
    Messages:
    9,384
    Trophy Points:
    276
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +55,906 / -1
    sagu woku komo-komo namanya kok lucu
     
  5. dewi_asih M V U

    Offline

    دوي آسيه

    Joined:
    Dec 10, 2011
    Messages:
    811
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +4,527 / -748
    Nasi Lapola -> nasi ini mengandung ketenangan bagi yg makan, krn bikin ga pola-pola.
    Lalampa -> makanan ini menambah stamina, krn bikin kuat me-lampa seterjal jalan apapun.
    :centil:
     
  6. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    6,194
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +143,734 / -10
    2. Ikan Kuah Pala Banda
    macam kuah kuning modelnya kalau di papua :lol:

    ======================
    tidak ada papeda ternyata :nangis:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.