1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Trivia Makanan ASIA - AFRIKA

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by Nawainruk, May 19, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nawainruk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,363 / -0
    ASIA
    Tak dapat disanggah bahwa makanan Asia adalah makanan yang paling banyak mendapat sorotan dunia, karena selain variasi dan rasanya yang memang unik dan nikmat, pengaruh penyebaran orang Asia ke seluruh belahan dunia juta memegang peranan penting bagi ketersediaan makanan asia di belahan dunia mana pun

    Tapi dari semua makanan yang ada, beberapa makanan dianggap sebagai makanan unik (bahkan menjijikkan bagi sebagian orang) yang tidak banyak diketahui banyak orang, mau tahu apa aja?

    Simak tujuh makanan yang bia bikin Anda mual atau justru tertantang mencobanya.

    7. Larva lebah
    [​IMG]


    Makanan ini ternyata cukup terkenal di China dan di Jepang. Penyajiannya sederhana, hanya digoreng kering dan diberi garam dan merica, atau ditumis dengan kecap dan gula. Larva ini gurih dan manis, dan walaupun penampilannya yang kurang (atau sama sekali tidak) menarik, tapi orang China dan Jepang menganggap makanan ini sebagai snack bergizi tinggi.

    6. Laba-laba goreng
    [​IMG]


    Kamboja dan banyak negara Asia Tenggara sering menganggap serangga sebagai makanan unik, bahkan Kamboja dapat dianggap sebagai ibu kota pemakan serangga dunia. Salah satu kota kecil dengan nama Skuon, dijuluki Spiderville. Di kota ini, sepanjang jalan penuh dengan wanita yang membawa baki besar penuh dengan laba-laba Skuon. Rasa makanan yang disebut-sebut gurih seperti kepiting, tetap saja mengerikan dengan ukuran laba-laba yang sebesar tangan manusia.

    5. Darah Ular.
    [​IMG]



    Makanan ini mungkin tidak terlalu aneh di Indonesia, apalagi dengan panasnya darah yang akan 'membuat darah kaum lelaki mendidih'. Cara penyajiannya sangat praktis, dan langsung dari 'kemasannya' (potong kepalanya, dan tampung darahnya di gelas) cukup mengerikan bagi banyak orang. Apalagi ketika darah tersebut ditambahkan empedu dan alkohol, cukup menantang bagi mereka yang menginginkan pergolakan dalam darah mereka.

    Gang Ular (Snake Alley) di Taipei, Taiwan, menawarkan semua jenis ular dan berbagi produk (makanan dan bukan) dari ular asli.

    4. Tikus Goreng
    [​IMG]


    Tapi bukan tikus yang biasa berkeliaran di rumah kita, tikus yang dimaksud ini adalah tikus hutan. Makanan ini dimasak dengan berbagai bumbu, terutama di Vietnam dan Thailand. Menurut dokter, daging tikus yang kurang matang akan berbahaya, karena bisa menyebabkan diare dan berbagai penyakit lain. Pastikan makanan tersebut matang, dan pastikan mental Anda kuat menghadapi sepiring makanan ini.

    3. Sop Sarang Burung
    [​IMG]


    Bukan sarang burung biasa tentunya, tapi sarang walet. Makanan ini memang sudah terkenal di negara kita apalagi dulu sempat booming peternakan walet. Boleh dipercaya atau tidak, sarang walet adalah bahan makanan paling mahal di dunia.

    2. Kopi Luwak
    [​IMG]

    Kopi paling langka dan paling mahal di dunia. Itu yang banyak diketahui orang lain di belahan dunia barat, jarang mereka tahu bahwa kopi yang mereka minum di panen dari kotoran Luwak. Kopi ini hanya bisa ditemui di Indonesia, karena Luwak memang hanya hidup di negara kita. Luwak menggemari kopi matang, tapi bukan bijinya, biji kopi ini keluar utuh bersama dengan kotoran luwak karena memang tidak dapat dicerna dengan sempurna. Asam di lambung dan berbagai enzim yang ada, akhirnya memberikan proses yang mirip dengan fermentasi kepada biji kopi dan akhirnya akan memberikan aroma yang luar biasa kepada kopi ini.

    Bayangkan, tiap 100 gram kopi ini, dapat berharga 5 juta rupiah! Wow!

    1. Otak Monyet
    [​IMG]


    Memang rasanya aneh dan kejam untuk memakan bagian apapun dari 'saudara jauh' kita yang satu ini. Yang lebih kejam lagi, otak ini dikonsumsi ketika monyet malang tadi masih hidup. Cara makan yang sadis ini ternyata banyak ditemui di China Selatan, dengan meja khusus di mana monyet yang mabuk berat morfin tadi dibedah tengkoraknya dan otak tadi dikonsumsi.

    Kenikmatan yang ada sangat berbahaya, karena ada resiko spongiform encephalopathy, penyakit otak yang dapat Anda alami, yang ternyata sangat berbahaya dan terbukti sangat fatal buat manusia.
    Jadi, sebelum bepergian ke beberapa negara tetangga kita, ada baiknya Anda cermati kuliner unik mereka. Awas, salah makan bisa-bisa justru berabe atau justru makin asyik dan menantang! Enjoy ur traveling culinary!


    AFRIKA

    Makanan Afrika memang tak terlalu populer di belahan dunia mana pun, apalagi sesudah Anda melihat makanan unik khas Afrika di bawah ini. Setelah 7 makanan unik dari Asia, tidak ada salahnya Anda memeriksa daftar makanan dari benua tetangga jauh kita ini.


    7. Ulat Mopane
    [​IMG]


    Mopane adalah sejenis ngengat yang hanya bisa ditemukan di Afrika Selatan. Ulat Mopane dianggap sebagai makanan unik yang nikmat. Ulat ini dikumpulkan di alam liar, dipencet dan diremas untuk membuang cairan yang ada di dalam ulat. Setelah dipencet tadi, ulat kemudian dikumpulkan untuk dikeringkan di bawah sinar matahari atau dengan proses pengasapan untuk menambah rasa.



    Ulat kering ini kemudian dimakan mentah sebagai snack, atau direndam dulu dan kemudian dimasak dengan sayuran. Menurut mereka yang pernah memakan, rasanya tidak jauh berbeda dengan daun teh hijau.



    6. Larva Weevil.
    [​IMG]

    Weevil adalah sejenis kumbang Afrika yang banyak ditemui di Benua Hitam ini. Di negara seperti Nigeria, larva kumbang ini disebut sagoo grubs. Panjang larva ini bisa mencapai 10 cm dengan lebar 3 cm, dengan kandungan lemak yang sangat tinggi.



    Penduduk lokal Nigeria akan mengatakan bahwa larva ini adalah larva paling nikmat yang akan Anda rasakan. Pastikan bahwa larva ini diambil dari pohon sagu, kemudian disiapkan dengan cara dibelah, dicuci dan digoreng untuk kenikmatan sempurna. Mau (atau lebih tepatnya, berani) coba? O yah, tantangan berikutnya: makan mentah dan hidup-hidup. Orang Nigeria, ternyata doyan sekali makan makanan ini dalam kondisi hidup-hidup.



    5. Belalang Goreng
    [​IMG]


    Mungkin ini adalah cara balas dendam orang di Afrika terhadap hama perusak tanaman ini (Kamu makan tanamanku, aku makan kamu), ya jika boleh diibaratkan seperti itu. Menurut orang Nigeria, rasanya gurih!



    Di negara ini, jika ada tanaman diserbu belalang, tidak lama kemudian akan banyak orang mengunyah-ngunyah cemilan dari belalang. Tapi bukan berarti buat mereka ini adalah bencana kelaparan, karena bagi mereka belalang goreng lebih nikmat dari caviar. Cara memasaknya mudah, potong sayapnya, taburi bumbu, tumis sebentar, kemudian jemur sampai matang. Nyammm.. gurih!



    4. Bushmeat
    [​IMG]


    Secara singkat dikenal sebagai daging misterius! Anda tidak akan pernah tahu apa yang berhasil mereka tangkap dan hidangkan ke depan Anda dengan label bushmeat mungkin buaya, mungkin ular, besok tikus, lusa monyet, minggu depan kucing liar, dan mungkin juga anjing liar, bisa Anda makan dengan lahap, tergantung 'keberuntungan' Anda.



    Negara yang sering tertimpa musibah kelaparan seperti Kenya, Pantai Gading dan Guinea, harus dapat hidup dengan cara seperti ini. Daging misterius tadi digoreng, dibakar atau direbus dan dibumbui selengkap mungkin dan kemudian disantap bersama. Menarik bukan? Anda tidak akan pernah tahu apa yang Anda makan! Mungkin itu tantangannya, dan kejutan!!



    3. Rayap
    [​IMG]


    Serangga ini ternyata menarik sekali untuk ditangkap dan dikumpulkan. Di Uganda, rayap ditangkap dengan dentuman aneh pada alat musik dan hasilnya para rayap ini akan keluar dari sarang mereka. Di tempat lain, ujung sarang satu akan diberi perangkap, sementara ujung sarang lainnya ditutup, jadi para rayap akan berjalan sendiri masuk ke perangkap.



    Selain cara menangkap yang unik, cara memasaknya juga unik, di Maragoli, rayap digoreng kering sampai lemaknya keluar dan kemudian dibumbui garam. Di Nigeria, rayap dibakar atau digoreng dengan minyak, dipanggang, atau digiling menjadi tepung.



    2. Darah Sapi
    [​IMG]


    Suku Masai menyukai sekali makanan ini, dan seringkali dikonsumsi dengan cara dicampur susu, darah sapi dipercaya memperkuat manusia di kalangan suku Masai. Darah ini diambil dengan cara melubangi pembuluh darah utama sapi dengan panah, dan setelah darah cukup, lubang tadi ditutup, sehingga sapi tadi sembuh. Cara ini bisa diulang sebulan sekali tanpa menyebabkan sapi tadi terancam.



    Darah beku dipisahkan, dan darah murni cair dicampur dengan susu dan diminum mentah. Di beberapa suku lain, darah ini dicampur dengan susu asam dan dimasak sampai kental, menyerupai scrambled egg.



    1. Kepala Kambing
    [​IMG]


    Kepala Kambing ini dihidangkan di banyak restoran kelas atas di Nigeria. Kepala tadi dibersihkan dari rambut yang menutupi kulit kepala dengan cara dicukur dan kemudian dibakar. Setelah bersih, kepala ini dipotong-potong dengan kapak dan direbus dengan bumbu bawang putih, tomat, jahe, cabe, dengan berbagai bumbu lain.



    Bagian yang paling nikmat menurut cerita adalah otak, lidah, kuping dan mata. Mata kambing biasanya diberikan kepada tamu kehormatan. Jadi jika Anda beruntung (atau sial ya?) Anda akan mendapat sepotong mata kambing di piring Anda!


    Menakjubkan atau justru membuat Anda mual? Apapun yang Anda pikirkan, patut diakui benua hitam menyimpan banyak keunikan mulai tradisi sampai kulinernya.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ~airiRin~ M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 7, 2008
    Messages:
    9,631
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,744 / -0
    [​IMG]


    Makanannya enak semua kaya'nya [​IMG]

    TS duluan yang coba dong. [​IMG]
     
  4. ZinX Members

    Offline

    Joined:
    May 19, 2009
    Messages:
    2
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    Yang larva itu temen gw pernah makan lo :D

    Mang sehat banget tuh larva.. :D

    Malah temen gw makan nya langsung caplok tanpa cuci2 dulu.. :D

    gila deh... hahaha
     
  5. gilagame Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 17, 2009
    Messages:
    75
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +18 / -0
    Wah kok mirip ma yang di kaskus yah?
    Penasaran makan belalang goreng tuh... :)
    Keliatannya enak.. :)
     
  6. BlankShade M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,073
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +3,443 / -0
    ^
    Kalo yang belalang dulu kalo ga salah pernah nyoba makan rasanya gurih2 gitu
     
  7. dawerzzzz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 9, 2009
    Messages:
    1,516
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,135 / -0
    [​IMG][​IMG] gw paling suka ama kurva lebah loh karena enak dan lezat nyam... nyam...nyam[​IMG][​IMG]
     
  8. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,650
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,717 / -0
    Bushmeat itu parah juga tergantung keberuntungan :lol:

    rata2 makanannya nggak membangkitkan selera :swt:
     
  9. zutara M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 3, 2008
    Messages:
    9,280
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +46,318 / -0
    :muntah:
    ngeri cuy....mending sate kambing deh....
     
  10. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    20,819
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,615 / -15
    Di Indonesia adanya Baso Tikus sama Tikus Fried Chicken ... :haha: buset dah, sampe belalang, rayap, otak monyet dimakan... :swt: gak ada makanan lain apa. zaman semakin edan saja
     
  11. stigermorgan M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 16, 2009
    Messages:
    481
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +11 / -0
    Vegetarian aja dach lebih baek dan ga aneh2
     
  12. budikikiw M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 10, 2009
    Messages:
    1,004
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,170 / -0
    :onion-103::onion-103::onion-103: itu makan manusia apa makan burung.... :dead::dead::dead:
     
  13. ark_beetle M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,184
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,544 / -0
    :muntah: NgEQ :muntah:
    gw paling benci ma mahluk yang satu itu.. dijadikan makanan pula :onion-51:

    ga heran orang Eropa sana mandang orang Asia sinis gitu...
     
  14. sunny_taiyou M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    751
    Trophy Points:
    142
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,923 / -0
    kok sepertinya nikmat banget.

    saking nikmatnya gw ampe mw muntah...

    gile orang2 ntu. dapet ide darimana coba makan makanan aneh gt....:muntah:
     
  15. Arthuria M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    1,234
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +259 / -0
    yg larva goreng gue pernah makan, belalang juga pernah makan, tapi yg laen hmmm ntar dulu de piki2 dulu heheheh
     
  16. Sunoe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,967 / -0
    Wah perut langsung bereaksi untung blum ad isinya...

    Nilai proteinnya tinggi banget nih...
    Begitu juga virus, bakteri dan semacamnya...
     
  17. xiefu M V U

    Offline

    Kuro's Husbando

    Joined:
    Apr 24, 2009
    Messages:
    2,468
    Trophy Points:
    202
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +3,490 / -23
    Kayaknya perlu dicoba satu satu nih............
     
  18. abdurrasyid M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 27, 2008
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +490 / -1
    hiyyyyyy.......

    otak monyet.....

    ohox... ohox...
    hueeeeeekkkxxxx.......


    jadi inget film nye om indiana jones
     
    Last edited: Jun 29, 2009
  19. kaptenusope M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    198
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +3,314 / -0
    yang pernah ak coba mah cuma belalang goreng pas di daerah gunung kidul yogya rasanaya enak kok tapi awas yang alergi

    larfa ulet sagu ak juga pernah nyoba di papua rasanya rada aneh tapi bagi mereka itu makanan yang enak

    kalau ular dan cacing pernah ak coba waktu pelantikan mapala cacing gak ada rasanya kok kalau ular enak loh

    tambahan satu lagi laron enak kok buat di jadikan peyek rasanya gurih

    gak percaya coba aj
     
  20. v3rt3x M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2009
    Messages:
    2,605
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +1,394 / -0
    :muntah::muntah::muntah::muntah::muntah:

    ngebayangin ntu 'makanan' aj dah buat mual :onion-59:

    no thanks, tau kek gini eyke jadi love Indonesian food deh :onion-72:
     
  21. selfrit M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2008
    Messages:
    912
    Trophy Points:
    107
    Ratings:
    +531 / -0
    ditambahin lagi makanannya peyek laron atau cicak
    diindonesia terkenal lho dulu sayang sekarang jarang ada yang bikin
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.