1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Makan Sepagi Mungkin dan Dapatkan Berat Ideal

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by blacksheep, Jun 9, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,043 / -0
    Belum ada kata "damai" untuk peperangan antara wanita dan lemak. Masih banyak wanita merasa tubuhnya belum sempurna jika belum menurunkan beberapa kilogram lagi dari tubuhnya. Segala macam cara sudah dicoba, dari olahraga, pil diet, hingga akupunktur. Tentu saja usaha-usaha tersebut akan sia-sia jika asupan makanan tidak diatur dengan baik.
    Padahal yang terpenting untuk dijaga agar bobot tubuh tidak melebihi batas yang diinginkan adalah asupan sehari-hari. Tak perlu serta-merta mengurangi atau berhenti makan sekaligus, cukup dengan mengatur jadual dan porsi makan saja.
    Ketika menyangkut makanan, riset yang dilansir RealAge.com mengatakan bahwa kapasitas manusia untuk merasa puas atau kenyang lebih cepat dan kuat di pagi hari, dan secara progresif berkurang sepanjang harinya. Dengan kata lain, jangan lupa makan atau sarapan di awal hari Anda. Jika tidak sarapan, Anda hanya akan merasa lapar di sisa hari, sehingga mengasup lebih banyak kalori.
    Jika Anda ingin menghilangkan beberapa kilo lagi dari tubuh (atau ingin mempertahankan bobot tubuh), sebuah riset menyarankan untuk mengatur porsi makan lebih banyak di pagi hari, porsi menengah di siang hari, dan sedikit di malam hari. Tentunya jika Anda memiliki siklus harian yang teratur.
    Bahkan, makan "berat" saat sarapan, apalagi yang menunya mengandung protein sehat dan karbohidrat, bisa mengurangi rasa ingin mengemil sepanjang hari. Dalam hal ini memang tidak bisa dipastikan berapa jumlah kalori yang harus Anda konsumsi setiap kali makan, karena setiap manusia memiliki hitungannya sendiri.
    Berikut adalah tips untuk menghindari keinginan mengemil dan mengendalikan kalori:
    * Telur. Dengan menambahkan menu telur di sarapan Anda akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kolesterol jahat yang terkandung di dalam telur bisa diminimalisasi jika Anda mengawasi konsumsinya (tak lebih dari 1 sehari).
    * Jangan lewatkan waktu makan, khususnya sarapan. Buat sarapan menjadi kebiasaan harian dalam rentang waktu satu jam setelah bangun tidur.
    * Disiplin dan kekuatan diri. Mengemil karena emosi bisa membuat Anda merasa lebih baik dalam waktu singkat, namun bisa menambah bobot tubuh dalam waktu yang panjang. Ketimbang mengemil, kunyah saja permen karet (beberapa permen karet memiliki efek laktasi jika terlalu banyak, perhatikan berapa banyak yang Anda kunyah), atau minum segelas air putih, atau berjalan-jalanlah sebentar.
    * Atasi rasa lapar. Jika memang Anda terpaksa dan harus mengunyah di luar jam makan, cukup konsumsi sup bening. Jika rasa lapar menyerang di waktu malam padahal Anda sudah makan malam, alihkan pikiran, dan cobalah untuk tertidur. Letakkan kudapan di bagian paling belakang lemari penyimpanan.
    * Jangan kelaparan. Siapkan makanan Anda dalam porsi yang sama, namun pilih makanan yang segar dan ringan (seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan yang direbus) ketimbang makanan berat dan digoren
    Code:
    http://www.tribun-timur.com/read/artikel/32249
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. muliadenavi M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 29, 2008
    Messages:
    482
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +2,510 / -0
    Anjuran di atas bisa di terapkan ke semua orang kaka?? Saia sendiri jarang makan pagi, tapi porsi makan tetep sama... Tapi emang bener seh, kalo makan pagi rasanya g bsa banyak2. bikin sakit perut soalnya..
     
  4. cahyo_pwkm M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 20, 2008
    Messages:
    1,536
    Trophy Points:
    112
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +265 / -0
    tenkyu infonya
    gw cobain dah, moga2 nafsu makan gw terkendali
     
  5. Thirmizy Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 5, 2009
    Messages:
    124
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +13 / -0
    sarapan, harus dunk

    heheheheheh

    kl ga sarapan kn ntar bisa sakit

    :em0800:
     
  6. kill_willys Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 28, 2009
    Messages:
    134
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +19 / -1
    jarang sarapan pagi
    paling baru makan jam 2 siang
    hahahaha telat makan ni namanya
     
  7. lukechamber M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 10, 2008
    Messages:
    600
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +111 / -0
    wew..
    kmren pernah baca klo ga sarapan itu dapat merusak otak...kykny di IDWS juga deh...apa forum sebelah yah...:D :D :D
    tuh kan..saya lupa..gara2 jarang sarapan pagi sih.. :P :P
     
  8. Luciell M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 19, 2009
    Messages:
    350
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +4,596 / -0
    Hem ada tips nieh gan dari yang suka fitness...bukan gua tentunya (gua mah cuman sixpack dikit hehe..)

    sebenernya kalo diet yang bener itu bukannya ngurangi frekuensi makan n bahkan sampai ada yang puasa segala...

    Sebenernya diet itu mengatur pola makan gan....

    Perilaku salah yang sering kita lakuin sehari2
    1. makan banyak (sekenyang2nya) karena alasan kita akan beraktivitas lama sehingga kita mesti menimbun makanan biar ga lemes nanti di jalan....hemm..emangnya kita onta or beruang yang bisa menimbun cadangan makanan buat ber hibernasi...

    ><><><>yang benar><><><><

    1. usahakan kita makan sesering mungkin tapi dengan porsi yang proporsional.
    contoh...
    ****contoh yang salah****
    yang tadinya biasa makan 3x sehari dengan porsi 2 piring =3x2=6 piring + cemilan2 ga jelas = 8 piring _____----pola makan jam 8 sarapan 2 piring------jam 12/13 ngemil2 ga jelass-------am 16/17 makan siang/sore 2 piring------ jam 20/21 makan malam 2 piring-----

    *** contoh yang benar****
    dirubah menjadi 5/6 x sehari dngan porsi 1 piring or 3/4 piring...=6 piring + cemilan sehat (jus2 an buah2an)-----Pola makan ------ pagi jam 7 sarapan sedikit----- jam 10 cemilan sehat (jus/buahan)------jam 12/13 makan siang sedikit----- jam 15 makan sore sedikit---- jam 18 bisa nyemil buah2an or oatmeal or makan sedikit----- jam 20/21 makan sayur2an hindari makanan berkarbodirat tinggi...!!


    TO bE continoued ya ...!!
     
  9. luckyaegy M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 8, 2009
    Messages:
    498
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +825 / -0
    wew...beda bgt ma gw...gw malah g ada sarapan...tapi baru makan jam 11.
     
  10. BlackOmega M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 15, 2009
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +103 / -0
    makan pagi emang wajib abies^^


    walau ada kala yg muntah karena eneg mual makan setelah bangun tidur


    bagiku tiada halangan yg berarti buad makan pagi. semangadh2 :D
     
  11. diti M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 12, 2009
    Messages:
    1,068
    Trophy Points:
    86
    Ratings:
    +63 / -0
    wah wah... :yareyare:

    ane kalo gag makan pagi tambah gag bisa beraktivitas... :dead:
     
  12. yanuarep M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 1, 2009
    Messages:
    259
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +5,023 / -0
    wah kelihatannya berat badan ideal dari kegemukan ya?
    kalo berat badan dari yg kurusan kebalikannya ya?:piss:
     
  13. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,207 / -10
    pagi2 itu enaknya ngopi...
    trus makan gorengan/nasi uduk
     
  14. aldehida M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 28, 2008
    Messages:
    1,979
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +16,401 / -0
    Kalo gw sih pagi2 pasti bawaannya udah laper terus sarapan biasanya makan roti sama minum teh rosela, mungkin sekarang tambahin makan 1 telur rebus kali ya
     
  15. melekete M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 29, 2009
    Messages:
    209
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +347 / -0
    makan sahur dong...
     
  16. fcobain M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 17, 2010
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +9 / -0
    ane makan 3 kali sehari, sarapan g pernah kelewat.
    tapi ko berat badan ga ideal2 ya?
    :panda:
     
  17. citrabp Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 13, 2010
    Messages:
    12
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    pagi mah makan aja, kan ga bakal tersimpan jadi lemak juga, karena dipake aktivitas, kecuali kalo abis sarapan trus molor lagi laen crita dah :ehem:
     
  18. olad Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 18, 2010
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +2 / -0
    Tp generasi muda jaman skrng malah ga suka saparan..
    Ckck
     
  19. uchihauchiha M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 26, 2010
    Messages:
    263
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    yup sarapan pagi is the best ^^
     
  20. just_fluke Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    76
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +4 / -0
    wah2 bermanfaat neh. jadi ada tambahan buat cari berat badan edeal heheh
     
  21. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,636 / -0
    Jadi inget dulu waktu SD sering sarapan telur dadar + Susu :nikmat:
    Kebiasaan yang udah lama ditinggalkan.... :hehe:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.