1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja

Discussion in 'Career Talks' started by finansialku_com, May 25, 2017.

  1. finansialku_com Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 4, 2017
    Messages:
    204
    Trophy Points:
    16
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    [​IMG]

    Bagaimana caranya para mahasiswa mencari tambahan uang disamping tetap kuliah namun juga dapat bekerja? Simak beberapa informasi berikut ini yang dipersembahkan oleh Tim Finansialku bagi Anda. Selamat membaca!

    [​IMG]

    Kuliah Beres, Tambah Uang Jajan – YES

    Zaman sekarang ini semakin banyak para mahasiswa yang ingin tetap berkuliah namun dapat menghasilkan uang sendiri dengan cara bekerja paruh waktu disela waktu kosong dari jadwal kuliah mereka. Apakah kamu termasuk diantaranya yang ingin menghasilkan uang tambahan dari keringat kamu sendiri sambil tetap berkuliah. Apalagi kalau kamu bisa membantu orangtua dengan membiayai biaya kuliah kamu sendiri. Dengan demikian kalau kamu punya adik yang masih di bangku sekolah, orangtua kamu bisa fokus untuk pembiayaan sekolah adik kamu.

    Lalu, apa saja pekerjaan yang cocok dan biasanya menjadi pilihan para mahasiswa yang tentu saja pekerjaan tersebut cukup bersahabat dengan jadwal kuliah kita? Berikut ini liputannya yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku.

    [​IMG]

    #1 Guru Les Privat

    Bagi kamu yang senang berinteraksi dengan anak kecil atau bahkan senang mengajar, menjadi guru les privat dapat menjadi salah satu alternatif untuk menambah uang jajan kamu. Banyak orangtua yang tidak menyayangkan uangnya agar anak-anak mereka mendapatkan bimbingan khusus secara privat agar nilai akademik mereka dapat semakin meningkat. Di samping kesibukan dari para orangtua sehingga mereka tidak sempat lagi memiliki waktu untuk mengajar anak mereka setelah pulang sekolah, gunakan peluang ini untuk menjadi guru les privat yang dapat ke rumah mereka. Atur waktu dan jadwal kuliahmu dengan baik dan tetapkan harga yang bersahabat sesuai dengan jenjang pendidikan anak murid yang akan kamu bimbing. Tingkatkan pula skill mengajarmu agar para orangtua yang puas dengan hasil kinerjamu dapat mempromosikan dirimu kepada teman-teman sesama orangtua lainnya. Kamu juga dapat mempromosikan dirimu melalui akun-akun media sosial pribadimu untuk menambah jumlah anak les bimbinganmu.

    #2 Pekerja Kampus atau Asisten Dosen

    Apabila kamu ingin menambah uang jajan tanpa harus meninggalkan kampus kamu untuk mencari sumber penghasilanmu, kamu dapat melamar kerja sebagai pekerja paruh waktu di kampus. Mungkin saja kamu akan diberi tugas seperti bagian administrasi dan lain sebagainya. Dengan demikian, kamu tidak perlu takut dengan jadwal kuliah kamu yang mungkin bisa saja berubah karena kamu masih satu lokasi dengan tempat kamu berkuliah.

    Selain itu, kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai asisten dosen. Pilih mata kuliah yang memang kamu sukai dan tentu saja kamu perlu cukup menguasainya. Menjadi asisten dosen dapat menambah uang sakumu disamping menambah ilmu dari mata kuliah yang kamu gemari tersebut.

    [​IMG]

    #3 Pengusaha Online Shop

    Dengan meningkatnya penggunaan media sosial dan meluasnya jaringan internet bahkan ke beberapa kota kecil, usaha berbasis online shop gini digemari oleh para pengusaha kecil baik berupa produk maupun jasa. Berkat kecanggihan layanan internet dan media sosial, para penggunanya tidak perlu pergi ke daerah-daerah tertentu untuk mempromosikan barang atau jasa yang dia pasarkan. Kamu juga bisa menggunakan berbagai kemudahan dari media sosial. Cukup membuka akun khusus barang atau jasa yang akan kamu pasarkan di media sosial seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya, maka kamu dapat menjangkau pasar-pasar di berbagai tempat yang terkoneksi dengan jaringan internet.

    Dalam memilih produk atau jasa yang akan kamu pasarkan, kamu perlu meneliti atau mensurvei terlebih dahulu berbagai barang atau jasa yang memang diperlukan oleh masyarakat dan yang sedang menjadi trend. Hal itu akan memudahkanmu dalam mencari barang yang cocok dan pasar mana yang menjadi sasarannya. Sambil tetap menimba ilmu, kamu tetap dapat menghasilkan tambahan uang jajan. Tentu saja kamu harus tetap mengatur waktumu dalam proses pengecekan barang dan pesanan dengan jadwal kuliah dan waktu belajar.

    [​IMG]

    #4 Penyiar Radio dan Model

    Apabila kamu memiliki skill dalam berhubungan dengan orang lain dan juga dalam hal public speaking, kamu dapat mencoba pekerjaan paruh waktu sebagai penyiar radio dengan mengeksplor berbagai informasi terkini dipadukan dengan kemampuan berbicara kamu yang fasih dalam merangkai kata-kata.

    Selain itu, untuk kamu yang merasa yakin dan percaya diri akan penampilan fisik. Menjadi model berbagai majalah juga dapat menjadi alternatif yang bisa dipertimbangkan. Tentu saja kamu juga harus menjaga pergaulanmu dan tetap mawas diri dalam dunia modeling. Selain menjadi dikenal oleh masyarakat luas, kamu mendapat tambahan uang untuk uang jajan dan biaya kuliahmu.

    #5 Penulis Artikel Lepas

    Berbagai lowongan sebagai content writer dan proofreader juga menjadi pekerjaan paruh waktu yang sangat bersahabat dengan jadwal perkuliahan anak mahasiswa. Tanpa harus pergi ke kantor setiap hari, kamu dapat mengerjakan pekerjaan itu di kos atau di rumah atau bahkan saat menunggu jadwal kelas berikutnya di kampus. Daripada menunggu lama di kantin, lebih baik menghasilkan sesuatu dengan cara menjadi content writer atau proofreader. Tentu saja kamu perlu kejelian khusus dan skill menulis yang baik dalam penyusunan kalimat serta pengetahuan akan EYD yang benar.

    #6 Barista Coffee Shop

    Menjadi barista sebuah coffee shop termasuk salah satu pekerjaan yang saat ini menjadi trend di kalangan anak muda, terutama para mahasiswa. Bagi kamu yang memiliki hobi ngafe sambil minum kopi, kenapa tidak mencoba untuk menjadi barista. Kamu malahan dapat menghasilkan uang dari job yang satu ini. Tetap dapat menikmati kopi sambil menambah uang jajan. Tidak perlu khawatir dengan jadwal kuliah kalian karena para pemilik coffee shop juga biasanya menerima para mahasiswa dan punya toleransi tersendiri bagi para karyawannya yang bekerja sambil kuliah.

    [​IMG]

    Kerja Sambil Kuliah – Kenapa Tidak?

    Masih banyak pekerjaan sampingan atau paruh waktu yang dapat menjadi pilihan kamu untuk menambah uang jajan di samping tetap menimba ilmu di bangku kuliah. Namun jangan lupa untuk tetap mengutamakan waktu belajarmu ya! Manfaatkan peluang yang ada untuk menambah pengalaman bekerja sambil berkuliah dan dapat uang tambahan pula, sapa tahu dapat menolong orangtuamu juga sehingga tidak membebani mereka dengan biaya kuliahmu yang cukup besar.


    Pekerjaan paruh waktu mana yang akan kamu ambil? Bagi kamu para mahasiswa yang ingin tahu cara menata keuanganmu, Tim Finansialku dapat menolong kebutuhanmu itu. Bagikan pendapat kamu dan juga bagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalanmu. Terima kasih.


    Sumber:
    Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja

    Baca Juga:
    Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda
    Cara Mengatur Keuangan Mahasiswa: Belum Punya Penghasilan Tetap dan Masih Bergantung pada Orang Tua
    Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan? Bisa Kok Ini Panduannya!
    Cara dan Strategi Pembayaran Pinjaman untuk Mahasiswa


    [​IMG]

    Tentang Finansialku:
    Finansialku.com adalah portal perencanaan keuangan individu dan keluarga. Kunjungi kami di:
    Website: Finansialku.com
    Facebook: @Finansialku
    Twitter: @Finansialku
    Google+: +Finansialku
     
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.