1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Macam macam bunga yang bisa dikonsumsi!! + Khasiatnya

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Hktoyshop, Feb 3, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,911 / -0
    Yo, iseng lagi bikin trit, kali ini gw akan ngebahas tentang bunga, tau dong lo yang namanya bunga??

    Nih contoh dari bunga


    [​IMG]

    Eh, salah....:D

    Maksud gw yang ini


    [​IMG]

    Tuh, udah tau kan yang namanya bunga


    Di trit ini, gw akan ngebahas tentang bunga yang bisa dimakan, mungkin ada yang bertanya, "Bunga? Dimakan? Baru denger tuh" atau juga ada yang mungkin udah denger

    Makan bunga, sebenarnya sama sekali bukan hal aneh. Seperti daun, buah, biji, akar atau batang, bunga juga punya kandungan senyawa kimia yang bisa membantu menyehatkan tubuh. Dan ini juga dilakukan di beberapa negara, misalnya China dan Myanmar, bunga jadi bahan masakan yang segar.

    Bunga yang dapat dimakan ada dua jenis. Beberapa bunga yang dapat dimakan ini sangat penting untuk dihidangkan . Beberapa digunakan untuk tambahan rasa atau tambahan warna dalam makanan yang dihidangkan. Mengkonsumsi bunga merupakan hal yang tidak biasa karena begitu banyak jenis bunga termasuk daun dan batang yang dapat dimakan. Seperti , bumbu pelengkap, banyak bunga dapat digunakan dengan minuman dan dengan beberapa jenis makanan yang berbeda seperti salad, sup, dan makanan pembuka.

    Bunga apa saja itu? Langsung aja liat dibawah


    [​IMG]


    Di negara seperti Jepang dan Korea, bunga juga dijadikan hidangan. Di Jepang, bunga krisan diolah dengan tepung tempura dan kemudian digoreng. Negara Korea dalam makanannya juga menggunakan bunga mentah yang dicampur dengan makanan mereka.

    Khasiat: Untuk memperlancar proses pencernaan dan juga sistem pembuangan. Jenis ini berkhasiat membantu gangguan yang terjadi pada usus.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Dulu kelopak Rosella dikenal sebagai frambozen yang digunakan sebagai bahan pembuat sirup berwarna merah yang beraroma khas. Sekarang ini, kelopak Rosella dikenal sebagai bahan minuman dan disebut teh Rosella. Tanaman yang masih kerabat bunga sepatu ini banyak ditemukan sebagai tanaman pagar.

    Khasiat: Kadar antioksidan yang tinggi pada kelopak Rosella dapat menghambat radikal bebas. Beberapa penyakit kronis yang ditemui saat ini banyak yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Di antaranya kerusakan ginjal, diabetes, jantung koroner, hingga kanker

    Kelopak bunga tanaman tersebut berwarna merah tua, tebal, dan berair. Semakin pekat warna merah, rasanya kian asam dengan khasiat yang juga semakin besar. Teh rosella dapat dibuat dengan cara berikut. Ambil tiga hingga empat kuntum bunga rosella segar, cuci bersih, kemudian seduh dengan air panas secukupnya (satu cangkir).

    Setelah beberapa saat, tekan kelopak bunga hingga air berwarna merah, kemudian saring. Airnya kemudian dapat diminum. Sehari, minum satu hingga tiga cangkir seduhan tersebut. Agar lebih enak, dapat ditambahkan madu dan atau air jeruk nipis. Untuk kelopak bunga rosella kering, seduh tiga hingga lima kuntum dengan segelas air mendidih. Tunggu tiga sampai sepuluh menit. Kemudian, seduhan dapat diminum sebanyak satu hingga tiga kali per hari. Supaya lebih nikmat, bisa ditambahkan madu atau gula, lantas dihidangkan dengan es batu.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Bunga berwarna ungu ini biasa digunakan untuk membuat permen, pewangi pada gula, bahkan bisa dipakai untuk menghilangkan bau anyir pada daging atau ikan. Satu batang lavender biasanya berisi satu kelompok bunga dengan aroma yang cukup menyengat.

    Khasiat: Setetes minyak esens lavender yang dibakar untuk aromaterapi mampu meredakan sakit kepala. Setetes minyak esens lavender pada bantal Anda juga memberikan efek relaksasi dan istirahat maksimal.


    [​IMG]

    [​IMG]

    Sari mawar digunakan untuk pembuatan wine, saus salad, serta penambah rasa dan aroma pada adonan kue, puding, serta selai

    Mawar sebagai bahan makanan, miuman ataupun zat aditif bagi makanan olahan. Karena kandungan vitamin C-nya yang tidak kalah dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk, kelopak atau helai bunga mawar (petal) bisa diolah menjadi sirup, selai ataupun unsur vitamin tambahan yang ditambahkan pada makanan olahan.

    Khasiat: Sebagai anti radang, anti kejang, melancarkan aliran empedu, pengatur haid

    [​IMG]

    [​IMG]

    Khasiat:

    - Untuk campuran pembuatan obat obatan
    - Sebagai campuran untuk produksi minyak wangi
    - Sebagai penawar luka akibat sengatan lebah

    [​IMG]

    [​IMG]

    Khasiat:

    Bunga tulip bisa digunakan bagi penderita anemia, memar, kepekatan darah tidak normal, stagnasi darah, kanker darah, tekanan darah tinggi dan darah rendah, pendarahan di dalam, gangguan sirkulasi darah, sakit punggung, parasit dalam darah (pada bunga tulip merah).

    Yang dimakan dari tulip adalah umbinya, dalam memasak umbi tulip, kebanyakan ahli kuliner akan berhati-hati terhadap rasa pahitnya. Memasak umbi tulip biasanya sebagai pengganti bawang merah atau dalam sup.


    [​IMG]

    [​IMG]

    Bunga ini dikenal akan kemampuannya menyembuhkan penyakit penyakit tertentu serta bunga daisy ini juga dipercaya mampu untuk mengurangi stres dan berfungsi sebagai relaksasi otot dan menurunkan ketegangan

    Daun dan bagian petal dari bunga ini dapat dimakan dan bisa digunakan untuk membuat teh untuk menyembuhkan sakit tenggorokan atau sakit perut.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Perlu diingat bahwa jangan memakan bunga yang mendapat perawatan dengan pestisida. Juga harap mempersiapkan dengan sangat teliti bunga yang akan di konsumsi. Walapun bunga tertentu dapat dimakan, tapi bunga tersebut tidak bisa digabungkan dengan makanan lainnya . Harap perhatikan dan belajar dengan cermat pada saat mengkonsumsi bunga tertentu yang dapat dimakan.



    Sekian pembahasan tentang bunga yang bisa dimakan/konsumsi, masih banyak bunga yang lain, tapi cukup segini dolo deh






     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ark_beetle M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 29, 2008
    Messages:
    3,184
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,545 / -0
    makan bunga :kaget: serius baru denger gw... kayaknya di Indo masih terbilang hal yang baru yah...
     
  4. zakuroba M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 12, 2009
    Messages:
    1,605
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +7,358 / -0
    gmna rasa ne ntu mkan bunga.. :???:

    g pait gan... :hehe:
     
  5. mouriful Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    52
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -0
    bunga yg prnh g mkn mawar rasanya paiiittt..:apa:
    p'saran sm bunga chrisentium rasanya kyk ap
     
  6. blue_lionx M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 13, 2008
    Messages:
    4,370
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +32,199 / -0
    kalau bunga citra lestari bisa diicip ga? :hihi:
     
  7. antipasat M V U

    Offline

    /人 ◕‿‿ ◕人\~☆

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    1,055
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,125 / -0
    Saia pernah nyobain Teh Rosella, rasanya asem-asem gitu deh. Harus dicampur dengan gula biar lebih mantap. :haha:

    Ampas hasil saringannya malah saia makan juga karena dapet bisikan dari temen yang ngasih. :lol:
     
  8. AlexRoddick M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    508
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +27 / -0
    wew, klo dimakan langsung mah pahit
    musti diolah dulu neh..
    kyk bunga chrysantenum
     
  9. deleter M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 10, 2009
    Messages:
    743
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +129 / -0
    [​IMG]
    [​IMG]
    wa klo bunga ni ma gua dah tanam di rumah
     
    Last edited: Feb 3, 2010
  10. jerukno15 Veteran

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,961
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +18,492 / -0
    yang rosela enak dijadikan teh. enak banget kalau pas udara panas terus diminum pakai es batu :nikmat:


    pernah dengar salad bunga, tapi mau coba masih :nongol: :muntah:
     
    Last edited: Feb 3, 2010
  11. exleecher Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    147
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    ^
    ^
    klo teh rosela dah pernah nyoba, n bner enak rsnya,
    salad bunga kyk ap y??
     
  12. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    Baru tau kalo bunga bisa dimakan hehe ane cuman biasa makan lalapan pake sambel terasi
     
  13. g4kuto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 18, 2008
    Messages:
    875
    Trophy Points:
    96
    Ratings:
    +120 / -0
    kebanyakan tu bunga cuman di pake buat lelaku mbah dukun buat manggil setan.... ternyata setan emang pinter minta bunga yang berkhasiat..
     
  14. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    krisan itu bunga sakti

    kalau panas dalam nyeduh teh pake bunga itu rasanya seger aromanya plus ngilangin panas dalam
     
  15. baru M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 10, 2008
    Messages:
    1,755
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,775 / -0
    :hehe: bunga yang paling atas konsumsi khusus laki-laki hahahahaha :haha:
     
  16. eXcImEr M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 18, 2009
    Messages:
    5,259
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +35,938 / -1
    bsa dikonsumsi tapi ngolahnya sulit ya :???:
     
  17. exleecher Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    147
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    kayaknya sih gitu,
    tp mungkin bisa dibuat lalapan plus sambel aja kali ye...
    :piss:
     
  18. rechajulay M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 12, 2008
    Messages:
    1,373
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,454 / -0
    bunga rosella tuh enak bener. asem2, diminum tanpa masupin gula, mantepppp
    mana khasiatnya banyak bgt lagi :top:
     
  19. n4n0Br4in M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    2,995
    Trophy Points:
    131
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,308 / -0
    Ga lh bro, makan bunga bank kn dah biasa .... :hahai: :hahai:
     
  20. vlarz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    wah ane baru baca di forum sblh gan
     
  21. lightcube M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 7, 2009
    Messages:
    187
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +1 / -0
    waw ada bcl :hahai:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.