1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Geography & Astronomy Lubang Hitam - Video Edukasi

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by xardix, Jan 26, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. xardix Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 13, 2008
    Messages:
    119
    Trophy Points:
    151
    Ratings:
    +12,817 / -0
    [youtube]<object width="425" height="344"><param name="movie" value="http://www.youtube.com/v/gu_2jC9_JeQ&color1=0xb1b1b1&color2=0xcfcfcf&hl=en_US&feature=player_embedded&fs=1"></param><param name="allowFullScreen" value="true"></param><param name="allowScriptAccess" value="always"></param><embed src="http://www.youtube.com/v/gu_2jC9_JeQ&color1=0xb1b1b1&color2=0xcfcfcf&hl=en_US&feature=player_embedded&fs=1" type="application/x-shockwave-flash" allowfullscreen="true" allowScriptAccess="always" width="425" height="344"></embed></object>[/youtube]​

    Narrator : Jauh sebeleum Astronot menemukan bukti adanya lubang hitam, objek asing ini sudah mempesonakan. Di abad ke 21-an, ilmuan tidak hanya membuktikan lubang hitam adalah nyata, mereka melanjutkan dengan membuat terkejutnya penemuan kedua contoh individu lubang hitam dan disekitar jarak lintas populasi alam semesta. Dr. Paul Green dari pusat sinar-X Chandra menjelaskan lubang hitam sebagai berikut.

    Paul Green : Sebuah lubang hitam terbentuk ketika materi runtuh kedalam dirinya sendiri menjadi padat apapun yang datang mendekatinya, bahkan cahaya,`tidak dapat lari darinya. Beberapa menggambarkan sebuah lubang hitam menarik gravitasi menjadi sangat besar di jarak yang cukup dekat, bahkan hal paling cepat di alam semesta, yang mana cahaya tidak dapat lari darinya. Ini disebut "Horizon Peristiwa".Tidak ada peristiwa yang terjadi didekat lubang hitam dibanding horizon peristiwa yang tidak pernah dapat dilihat diluar pengamat seperti kita.

    Narrator
    : Jika semua materi ini lawat disekitar Horizon Peristiwa maka akan dapat menghilang selamanya, bagaimana cara astronot pernah melihat lubang hitam?

    Paul Green : Kita tiak pernah bisa melihat lubang hitam itu sendiri, karena cahaya tidak bisa lepas darinya. Tetapi kita bisa mendeteksi cahaya yang dipancarkan diluar Horizon Peristiwa.Ketika material seperti gas dan debu jatuh ke arah lubang hitam, karena disana sering banyak putaran material,putaran angin ini kedalam orbit pusaran air-seperti struktur yang disebut cakram tambahan. Kecepatan orbit berbeda pada tempat yang berbeda di dalam cakram ini, menyebabkan bergesekan yang menjadikan gas bertambah panas. Didekat lubang hitam, tempratur melebihi pijar, atau bahkan panas sekali hingga tanpak putih.Gas menjadi sinar-x panas, dan menyemburkan sebesar-besarnya kwantitas cahaya sinar-x. Seperti temparur tinggi yang sangat jarang di alam semesta, demikian secara sempurna teleskop sinar-x menemukan dan mempelajari lubang hitam.

    Narrator : Lubang hitam melainkan sama satu dengan yang lainnya, kecuali ia sampai ukuran dan masanya. Bagaimana cara alamsemesta berakhir dengan lubang hitam yang berbeda ukuran dan masanya? Kejadian ini,tergantung bagaimana dan dimana lubang hitam lahir.

    Paul Green
    : sedikitnya ada 2 jenis lubang hitam yang mana banyak contoh yang kita lihat-bintang lubang hitam, dan super raksasa lubang hitam.Bintang lubang hitam terbentuk ketika sebuah bintang tunggal yang sangat besar mati. Sebuah bintang lebih dari 3 kali masa matahari hidup hanya dalam waktu singkat sebelum meledak seperti supernova, dan inti ini runtuh kedalam dirinya sendiri menjadi lubang hitam.Bintang lubang hitam ini mencangkup jarak 2 sampai 15 kali masa matahari, dan bisa ditemukan tersebar diseluruh galaksi bimasakti. Super raksasa lubang hitam, dilain pihak, mungkin jutaan sampai miliaran kali lebih padat. Ini hanya ditemukan hanya didalam inti galaksi. Ketika aktif, super raksasa lubang hitam juga menyemburkan limpahan sinar-x, dan diketahui sebagai quasar. Tetapi alam dan asal super raksasa lubang hitam sedikit lebih terang daripada bintang saudaranya yang lebih kecil.

    Narrator : Sementara astronot mengenal bertahun-tahun lubang hitam menjadi terpisah kedalam 2 kategori kecil dan besar, disana selalu mempunyaai pertanyaan apakah ada suatu variasi diantaranya. Pertanyaan ini juga menyebutkan lebih lanjut-massa lubang hitam terlihat menarik pusaran, ketika astonot menggunakan Chandra yang menemukan sebuah objek yang dikenal galaksi M82. Sementara dapat diputuskan, objek ini memberi kesan yang dilakukan lubang hitam, faktanya,menjadikannya ini kedalam ukuran sedang.

    Paul Green : satu hipotesis asatronot menguraikan selanjutnya kepada formasi super raksasa lubang hitam bahwa mereka hanya memulai meng-akumulasi bintang kecil lubang hitam.Ini memerlukan sekelompok padatan dari bintang, tetapi juga membutuhkan pasangan dari lubang hitam yang pergi kedalam orbit disekeliling lainnya masing-masing keadalam kelompok ini,mereka harus kehilangan energi orbit bagaimanapun juga. Jika sebuah bintang terang bisa menemukan orbit seperti sebuah objek, asatronot bisa secara langsung mengukur massanya. Bukti dari keberadaan ini lebih lanjut-massa lubang hitam bisa membantu untuk menyelesaikan rantai evolusi diantara bintang dan super raksasa lubang hitam, diantara bintang dan kuasar.

    Narrator : Kita hanya memulai eksplorasi untuk membangitkan minat topik dari lubang hitam ini menjadi fantastis bahwa mereka terlihat termasuk nyata dari fiksi ilmiah. Faktanya, mereka dengan kuat berakar realitas dari ilmu fiska. Ilmuan bisa menggunakan alat seperti Chandra untuk mencoba teori mereka dan ide tentang lubang hitam, dan seperti yang mereka lakukan, mereka melanjutkan untuk membuat kagum dari pemikiran ini-Objek yang menakjubkan.

    Sumber:
    http://ardiyansyah-notes.blogspot.com/2009/01/lubang-hitam-satelit-sinar-x-chandra.html
     
    Last edited: Jan 26, 2010
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. Aragon81 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 25, 2008
    Messages:
    1,633
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +4,959 / -0
    bagus gan buat edukasi
    tapi ketinggian nih artikelnya untuk dicerna...
    untung da gambar visualnya:hero:
     
  4. kiefs M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 8, 2009
    Messages:
    1,194
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +747 / -0
    yang ane masih kepikiran, abis dimakan trus pada kemana tuh galaksi atau bintang2 yang ditelan sama tuh lubang hitam ya ga
    [youtube]gu_2jC9_JeQ[/youtube]
     
  5. Karishima M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    813
    Trophy Points:
    106
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +970 / -0
    lubang hitam = ruang lintas batas waktu (time travel) belum dapat di buktikan ...
     
  6. lastking M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    4,928
    Trophy Points:
    177
    Ratings:
    +3,627 / -0
    bner bro
    pada kemna ya kalo uda ditelan?? :???:
     
  7. aoi_azzura M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 23, 2008
    Messages:
    268
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +61 / -0
    Katanya Stephen Hawking, lubang hitam memancarkan sejenis radiasi materi, dan seiring dengan itu massa lubang hitam akan berkurang. Saya juga agak kurang paham, tapi mungkin anda bisa baca bukunya Stephen Hawking.

    Anyway, :niceinfo:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.