1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

logika waktu pendek

Discussion in 'Science and Technology' started by ichreza, Feb 20, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,779 / -0
    LOGIKA WAKTU PENDEK
    Haryatmoko


    Revolusi teknologi informasi melahrkan lagika waktu pendek. Media elektronok dan computer memungkinkan informasi dan pertukarannya dalam waktu riil yang singkat.
    Tersedianya informasi secara instant membuat orang tidak lagi menghargai penantian dan kelambanan. Logika waktu pendek menular ke media massa dan menentukan mati-hidupnya. Untuk bisa bertahan hidup, prinsip pengorganisasian kerja harus menekankan tepat waktu, ringkas, luwes dan menguntungkan. Saat tegang harus ditekan sampai titik nol. Kehilangan momentum adalah bentuk kekalahan.
    Dilema media massa
    Logika waktu pendek ini menempatkan media dalam situasi dilematis. Di satu sisi, idealisme media massa menuntut peran sebagai sarana pendidikan agar pembaca, pemirsa atau pendengar kian memiliki sikap kritis, kemandirian, dan kedalaman berpikir; disisi lain, pragmatisme ekonoi memaksa media mengadopsi ligika mode yang terpatri pada yang spektakuler, sensasional, superficial, dan pesan yang beragam.
    Logika mode memungkinkan diskualifikasi masa lalu dan penghargaan terhadap yang baru (S. Charles, 2004: 21). Baru itu indah. Pembaruan terus-menerus untuk mempertegas kekhasan supaya tetap diminati, dan berarti terjaminnya kelangsungan hidup.
    Tanpa kemasan kebaruan, aktualitas yang spektakuler, dan presentasi yang ringkas, media biasa ditinggal pelangganya. Semua ini demi efektivitas, rasionalitas, dan keuntungan. Bahayanya, bisa kehilangan tujuan karena teknik yang ingin mengalahkan nilai.
    Sindrom yang menyertai logika pendek ialah dorongan untuk memberi informasi singkat dan cepat saji. Maka pilihan harus jeli. Akhirnya criteria spektakuler dan sensasional menjadi domonan. Akibatnya, media yang diandaikan memberi informasi cenderung menyamakan yang layak bernilai berita dengan yang sensasional dan politik murahan.
    Media diharapkan meningkatkan mutu debat public, tetapi justru mengubah politik menjadi pimpinan. Kecenderungan ini tampak menggejala saat kampanye pilkada dengan mengerahkan artis dan penyelenggaraan berbagai hiburan. Artis dan hiburan yang diberitakan, sedangkan program dan diskusi lepas dari liputan. Padahal media diharapkan berperan dalam pendidikan politik untuk mengantar ke kematangan politik pemilih.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. kampungkali Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    179
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +1,507 / -0
    banyak media yang telah dipolitisir. Tentang artis yg jadi wakil rakyat menurut ane cuma modal tenar walaupun ada beberapa yg memang kompeten
     
    • Like Like x 1
  4. aqua00 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    765
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +1,080 / -0
    waktu pendek di kalangan anak-anak kuliahan juga sedang jadi perdebatan.. di satu sisi mereka dituntut untuk kuliah dengan baik dan lulus tepat waktu (kalau bisa lebih cepat), tapi karena waktu pendek itu mereka tidak punya waktu untuk turun ke jalan :dead:
     
  5. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,779 / -0
    biarkan media sesuai dengan ideologi pemiliknya, yang penting rakyat dapat berita
     
  6. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,779 / -0
    ini gara2 kasus NKK/BKK di era 80 untuk menghadang pergerakan mahasiswa
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.