1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Novel Lock In (Lock In #1) - John Scalzi

Discussion in 'Book Review' started by orange_doughnut, Nov 29, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. orange_doughnut M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 28, 2013
    Messages:
    1,738
    Trophy Points:
    57
    Ratings:
    +427 / -0


    [​IMG]

    Lock In (Lock In #1)




    Judul
    :
    Lock In (Lock In #1)

    Genre
    :
    Science Fiction, Mystery, Thriller, Crime

    Penulis
    :
    John Scalzi

    Penerbit
    :
    Tor Books

    Tanggal Terbit
    :
    August 14th 2014






    SINOPSIS
    Fifteen years from now, a new virus sweeps the globe. 95% of those afflicted experience nothing worse than fever and headaches. Four percent suffer acute meningitis, creating the largest medical crisis in history. And one percent find themselves “locked in”—fully awake and aware, but unable to move or respond to stimulus.

    One per cent doesn't seem like a lot. But in the United States, that's 1.7 million people “locked in”...including the President's wife and daughter.

    Spurred by grief and the sheer magnitude of the suffering, America undertakes a massive scientific initiative. Nothing can restore the ability to control their own bodies to the locked in. But then two new technologies emerge. One is a virtual-reality environment, “The Agora,” in which the locked-in can interact with other humans, both locked-in and not. The other is the discovery that a few rare individuals have brains that are receptive to being controlled by others, meaning that from time to time, those who are locked in can “ride” these people and use their bodies as if they were their own.

    This skill is quickly regulated, licensed, bonded, and controlled. Nothing can go wrong. Certainly nobody would be tempted to misuse it, for murder, for political power, or worse....


    REVIEW
    Motivasi
    Oke, akhirnya selesai juga baca novel ini.
    Ada dua alasan kenapa aku milih baca buku ini dan mengabaikan buku-buku lainnya. Pertama, cover bukunya yang amazing. Bagus banget. Judul dan nama authornya ditengah bikin mata terfokus ke judul, background putih perak yang bisa menggambarkan masa depan, dan patung2 manusia berwarna putih dan merah. kenapa ada yang putih dan ada yang merah? kenapa yang merah lebih dikit? nah, dengan melihat cover bukunya aja udh banyak pertanyaan yang muncul kan? :hmm:

    kedua, bukan karena buku ini NY Times Bestseller -nggak peduli bestseller atau nggak- tapi karena buku ini baru-baru ini jadi kandidat novel terbaik 2014 pada kategori science-fiction di Goodreads. Dari kemarin udh pengen baca novel ini cuman nggak kesampaian karena nggak nemu ebooknya, dan setelah ngeliat buku ini langsung nyari, dan akhirnya ketemu.

    Dan akupun membaca buku ini. Bahasa Inggrisnya lumayan sederhana, 90% kebanyakan dialog -hal yang paling aku suka- tanpa banyak inner monologue dari mcnya, dan misteri pembunuhan.

    Apalagi yang aku tunggu, baca dan akhirnya selesai. Berikut reviewnya:

    Cerita
    Buat yang malas baca sinopsisnya, eee~, cerita ini settingannya di masa depan tah. terus ada virus yang outbreak -hal yang cliche kan? :lol:- yang gejala2nya itu kek meningitis gitu. Banyak manusia yang mati, tapi ada juga yang nggak mati. Nah, yang nggak mati ini nggak dibilang beruntung juga, karena tubuh mereka nggak bisa digerakkan. Otak mereka nggak bisa ngasih respon ke saraf kek gitu deh, jadi mereka nggak bisa jalan, nggak bisa makan, nggak bisa ngapa-ngapain pokoknya. Tapi mereka sadar. Nah, nama syndrome ini adalah Haden Syndrome, dan keadaan nggak bisa ngegerakin badan mereka ini disebut Lock In, dan orang yang menderita penyakit ini disebut Haden.

    Lumayan rumit ya? :haha:
    Tah iya banget. soalnya, aku juga pas baca awal buku ini yg ngejelasin setting dasar dunia Lock In ini langsung bingung. Setelah nyari2 di inet, baru agak ngeh. Tapi seiring berjalan cerita bakalan ngerti juga kok.

    Kembali ke poin cerita, ini ceritanya lebih fokus ke detective cop games. Ada kasus, nyari2 bukti, dan akhirnya ketemu deh pelakunya :yahoo: cuman yang menarik dan unik dari novel ini ketimbang novel lain kek ulat sutra atau sherlock holmes adalah kasusnya berhubungan dengan settingan masa depannya ini. Baklan ngelibatin Haden, Integrator, serta konflik politik dan ekonomi dari dunia masa depan ini. Seru pokoknya.

    Klo disuruh nyari kemiripannya, mgkin mirip dgn Almost Human atau Psycho-Pass klo di anime klo pattern ceritanya ya kek gitu hampir mirip.


    Karakter
    Yep, karakter. Nah, aku kasih poin tinggi buat karakternya juga nih. MC (Main Character) kita adalah seorang agen FBI rookie yang mengidap penyakit Haden sehingga harus makai threep aka robot yang di minggu pertamanya aja udh langsung nemuin kasus sulit kek gini. Partnernya adalah agen FBI yang udah veteran bernama Leslie Vann yang mantan Integrator.

    Personality Shane aku suka banget. Kombi dia dengan Vann beneran bagus. Dia nggak bodoh, nggak careless, dan malah analisisnya tepat terus. Selain itu, latar belakangnya dari keluarga orang kaya nggak bikin dia keliatan sombong. :top:

    Leslie Vann disini juga bikin kolaborasinya jadi makin menarik -dan lucu-. Paling suka klo mereka berdua lagi duet ngeinterogasi pelaku, berdialog berdua, mencoba mengintimidasi pelakunya, dan malah itu yang bikin lucu.

    Selain itu, ada juga roommatenya Shane yang ngidap Haden juga. Salah satunya adalah Toby yang berperan penting dalam memecahkan kasus. Sifatnya yang klo kerja harus dibayar itu sesuatu banget :haha:

    Enjoyment
    Yep, klo enjoyment buat memecahkan kasus serta menganalisis kasus aku kasih 9. Beneran bisa ngajak pembaca untuk berpikir akan kasus, pertanyaan2 yang bikin buntu langsung dikasih tahu, bukti2 langsung dibeberkan tanpa disembunyiin, dan tanpa red herring nggak jelas.

    sportif banget lah authornya.


    Akhirnya, saya hanya bisa bilang buku ini asik banget untuk dibaca buat penggemar misteri, penggemar scifi robot cop, hingga penggemar buku yang mudah untuk dibaca. :top:







    Verdict: 9.3/10

    + Sebagian besar Dialog yang mudah dibaca dan cepat dibaca.
    + Haden Syndrome and Integrators
    + Analisis Kasusnya dan kasusnya sendiri menarik untuk diikuti.

    - Need Sequel Here!!

    safadafa




    :cheers::cheers:
     
    Last edited: Nov 30, 2014
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.