1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Lima Makanan Pengantar Tidur Nyenyak

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by khuma_putry, May 5, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,804
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +124,308 / -10
    Tidur penting untuk Anda yang menjalani kesibukan sepanjang hari. Dengan tidur, sel-sel tubuh melakukan pembenahan dan pemulihan. Jika tidur kurang berkualitas, maka fungsi pemulihan itupun berkurang.

    Selain ini, mereka yang tidak tidur dengan baik sepanjang malam lebih cenderung terjadi peningkatan kadar kortisol dalam tubuh mereka, yang kemudian akan mendorong akumulasi lemak perut.

    Apa yang Anda makan akan memiliki pengaruh besar pada kualitas tidur Anda. Anda dapat dengan mudah tidur lebih baik dengan membuat beberapa perubahan dengan antara lain mengonsumsi makanan yang mendukung kualitas tidur Anda. Namun, perlu diketahui bahwa Anda tidak harus makan makanan ini segera sebelum tidur, karena hal ini justru membuat Anda tetap terjaga karena peningkatan aliran darah ke sistem pencernaan.

    Cara paling tepat, makan satu hingga dua jam sebelum Anda berencana untuk menyerahkan diri Anda pada pelukan malam; tidur.

    Makanan apa yang mendukung tidur pulas? Situs Askman merekomendasikan lima macam, yaitu:


    Keju lembut

    Keju merupakan sumber protein yang sempurna sebelum tidur karena mengandung protein kasein yang lamban dicerna sehingga akan mendistribusikan asam amino ke jaringan otot selama berjam-jam.

    Selain ini, keju benar-benar akan membantu meningkatkan kualitas tidur Anda karena mengandung asam amino triptofan, yang secara alami akan menyebabkan relaksasi tubuh dan membantu Anda mendapatkan istirahat yang baik di malam hari.

    Oatmeal

    Sementara kebanyakan orang berpikir oatmeal sebagai makanan sarapan, fakta menyebutkan bahwa karbohidrat menyebabkan pelepasan serotonin dalam tubuh. Serotonin adalah hormon yang membuat kita "merasa-baik", mengurangi stres, dan menempatkan Anda dalam keadaan jauh lebih tenang.

    Karena oatmeal juga merupakan sumber karbohidrat lebih lambat mencerna, Anda tidak perlu khawatir tentang terbangun pada tengah malam karena kadar gula darah meningkat.

    Iris apel setengah dan tambahkan pada oatmeal Anda, bersama dengan sedikit kayu manis. Sajikan dengan percikan susu skim jika diinginkan.

    Kacang atau selai kacang

    Makanan yang harus Anda pertimbangkan jika Anda sering mengalami kesulitan tidur adalah kacang tanah atau selai kacang alami. Kacang tanah merupakan sumber yang kaya niacin, yang merupakan nutrisi yang membantu untuk meningkatkan pelepasan serotonin dalam tubuh.

    Memang, kacang memiliki kadar lemak dan kalori lebih tinggi, sehingga Anda akan ingin mempertahankan ukuran berat badan Anda harus berhati-hati. Namun, ketika kacang atau selai kacang dimakan dalam porsi yang wajar, maka tak ada masalah.

    Cobalah sepotong roti gandum diolesi dengan selai kacang untuk hasil terbaik.

    Susu hangat

    Anda mungkin pernah mendengarnya sebelumnya bahwa segelas susu hangat sebelum tidur benar-benar dapat membuat tidur lebih cepat. Alasan di balik ini adalah karena fakta bahwa susu juga mengandung asam amino yang triptofan, dan bagi kebanyakan orang, cairan hangat memberikan efek menenangkan.

    Selain itu, susu juga menawarkan sebuah dosis kalsium yang baik, yang bekerja di otak untuk membantu mengatur produksi melatonin, yang merupakan zat yang secara alami akan mengontrol siklus tidur-bangun Anda.

    Tambahkan satu sendok teh madu jika Anda memilih untuk mempermanis dan memberikan sedikit karbohidrat yang selanjutnya akan menyebabkan pelepasan serotonin.

    Anggur

    Anggur adalah buah yang mengandung hormon melatonin yang mengatur tidur. Jadi dengan menambahkan mereka secara teratur dalam diet Anda Anda dapat membantu meningkatkan siklus tidur-bangun alami dalam tubuh. Anggur juga memungkinkan Anda untuk bisa tidur lebih cepat setiap malam.

    Sumber : Ada Disini :cerutu:
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. ahmadts Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 20, 2009
    Messages:
    383
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +1,749 / -0
    keknya ada yg kurang gan :???:
     
  4. khuma_putry Regional Leader

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 7, 2009
    Messages:
    5,804
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +124,308 / -10
    apanya yang kurang sepengetahuan ane mah dah pas alias dah 5 macam :???:

    kalau ada 1 lagi tu berarti bukan 5 tapi 6 :lol:
     
  5. Hhmm M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    2,089
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +9,054 / -0
    kalau makanan utk orang insomnia ada ga ya? :???:

    maksudnya, biar jd ngantuk & tertidur sehabis konsumsi tu makanan :???:

    itung2 utk ngembaliin pola tidur sehat :iii:
    --------------------------
    btw ne artikel cocoknya di Keep Up Your Health deh :hmm:
     
  6. Viewawa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 14, 2010
    Messages:
    509
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +91 / -0
    wah ga salah berarti pilih oatmeal :lol:
    padahal krn ga punya duit bwt beli makan :swt:
     
  7. HcDohl M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    1,125
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +985 / -0
    Pantes gua sering ngantuk pagi-pagi :niceinfo:

    Yang paling manjur
    OBAT TIDUR,
    Yakin anda akan tertidur
     
  8. Ozzvx M V U

    Offline

    Red Carpet

    Joined:
    Jan 24, 2009
    Messages:
    59,612
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +126,819 / -1
    gw pernah coba yg anggur

    tapi anggur yg gw minum,minuman keras loh :cerutu:

    bukan nya sehat tapi bangun pagi2 malah punyeng,sakit kepala,dan lain2 :dead:
     
  9. deshiki M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 7, 2009
    Messages:
    690
    Trophy Points:
    156
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,773 / -0
    klo gw bisanya gw minum susu hangat,,


    :hahai:
     
  10. heroimba Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 5, 2008
    Messages:
    307
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +23 / -0
    ane biasanya susu gan.. tapi susunya dingin.. hehe :hmm:
     
  11. kemesiran Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    kalo aku sih biasa susu hangat..
    bikin cepet ngantuk
     
  12. albarnevans Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 19, 2010
    Messages:
    237
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -0
    Wah, sering ga bisa tidur nih ane...
    Thanks ya, walau ane gak terlalu suka makan..
     
  13. peyz M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 25, 2010
    Messages:
    1,655
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +32,779 / -0
    nasi goreng + supermie = kenyang
    kenyang = ngantuk
    ngantuk = tidur
     
  14. Raxophone M V U

    Offline

    The Most Innocent Member

    Joined:
    Jul 26, 2010
    Messages:
    12,284
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +36,762 / -2
    tiap hari saya minum susu di siang hari pas kuliah, pantesan di kampus bawaan ngantuk, pingin tidur mulu..:XD:
     
  15. mochanz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 16, 2010
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +16 / -0
    iya bener banget , udah kebiasaan begadang jd jadwal tidur berubah

    mau balik ke pola tidur biasa ga bisa lg

    gw udah coba minum susu hangat tapi ga mempan .

    ga ngantuk"

    :madesu:
     
  16. mmhH M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 5, 2011
    Messages:
    421
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +232 / -0
    ^
    katanya, obat utk orang pengidap insomnia itu dengan rutin olahraga sore.. malamnya pasti bakalan ngantuk :hmm:
     
  17. Pariaman M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    489
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +27 / -0
    susu hangat, makanan pengantar tidur yang paling murah serta paling gampang ditemukan
     
  18. mochanz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Aug 16, 2010
    Messages:
    298
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +16 / -0
    ini dia masalahnya ,

    gw baru bisa tidur itu pulang kuliah , bangunnya udah hampir maghrib . abis itu melek deh sampe pagi

    ga sehat bgt ya pola tidur gw

    :swt:
     
  19. Elendra Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 6, 2010
    Messages:
    59
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +0 / -0
    ohhh Indomie goreng nda' masuk ya..???
     
  20. moegila M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 28, 2009
    Messages:
    1,263
    Trophy Points:
    97
    Ratings:
    +950 / -0
    jadi referensi anenih:top:
    soalnya ane uda ada tanda2 insomnia:madesu:
     
  21. ginda01 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 20, 2011
    Messages:
    558
    Trophy Points:
    221
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +21,702 / -0
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.