1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Discussion Lima Fakta Tentang Sushi

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by blacksheep, Apr 17, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,039 / -0
    Lima Fakta Tentang Sushi


    [​IMG]

    Anda penggila sushi dan sashimi? Makanan asal Jepang yang banyak menggunakan bahan seafood mentah ini sudah mendunia dan memiliki penggemar fanatik. Meskipun mentah sushi memiliki rasa unik yang eksotis. Tapi perdebatan tentang sehat atau tidaknya sushi masih sering terjadi.
    Para penggemar sushi sangat yakin sushi sehat karena kandungan protein dan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Sebaliknya, sushi juga dianggap kurang sehat karena menggunakan ikan mentah. Padahal, ikan mentah berisiko mengandung bakteri yang sangat tinggi.
    Kontroversi itu terbantahkan dengan cara pengolahan sushi yang benar. Di Jepang, hanya chef khusus bersertifikat yang bisa mengolah sushi dan sashimi.
    Agar Anda merasa aman saat menyantap sushi favorit Anda, sebaiknya ketahui fakta-fakta berikut ini.

    Kandungan merkuri tinggi
    Beberapa jenis ikan, termasuk salmon dan tuna yang banyak dipakai untuk bahan sushi, memiliki kandungan merkuri yang tinggi. Jadi sebaiknya jangan makan terlalu banyak ikan-ikan tersebut. Anjuran konsumsi ikan laut sebaiknya tidak lebih dari 150 gram per minggu.
    Selain kandungan merkuri yang tinggi, ikan-ikan tersebut juga berlemak tinggi. Ikan berlemak tinggi hanya dianjurkan diasup maksimal 600 gram per minggu.
    Untuk sementara, jangan terlalu bernafsu memesan salmon sashimi. Pilih salmon yang sudah diolah dalam bentuk sushi. Atau pilih sushi jenis lain yang juga sehat dan lezat. Misalnya yang menggunakan bahan belut atau tobiko (telur ikan terbang yang berwarna oranye).

    Menu diet
    Anda yang ingin berdiet bisa menjadikan sushi sebagai salah satu menu. Para ahli kesehatan mengungkapkan, sushi cukup variatif dan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi.
    Sushi terdiri atas beberapa aneka bahan makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Sushi ukuran sedang mengandung 350 kalori dan kadar lemak rendah, hanya 3,6 gram.
    Meskipun demikian, sebaiknya konsumsi sushi diimbangi dengan asupan sayur-sayuran berserat yang biasanya tersedia di kedai sushi, misalnya ganggang laut atau acar sayuran.

    Apa yang kurang sehat dalam sushi?
    Salah faktor yang dianggap menjadi kelemahan sushi adalah kadar garam. Penggunaan shoyu atau kecap asin sebagai bahan celupan sushi bisa meningkatkan kadar garam di tubuh.
    Tapi sebetulnya tidak. Dua hingga tiga sendok makan shoyu diperkirakan mengandung garam 1 gram. Sedangkan asupan garam dalam sehari maksimal 6 gram. Jadi, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, shoyu masih cukup aman.

    Apakah sushi bisa membuat gemuk?
    Nasi yang dipakai untuk sushi memang mengandung karbohidrat. Tapi pengolahan sushi menggunakan cuka yang menghambat serapan karbohidrat.
    Bumbu-bumbu yang dipakai dalam sushi misalnya wasabi dan bubuk cabai yang pedas juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi ada keseimbangan saat makan sushi.

    Sushi dan sashimi=sehat?
    Tidak. Sushi dan sashimi memang memiliki kandungan protein tinggi. Tapi hanya makan sushi saja tidak akan membuat Anda hidup sehat. Anda tetap harus mengonsumsi makanan lain terutama buah-buahan dan sayuran. (vivanews)

    Sumber
     
    Last edited by a moderator: Oct 9, 2012
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. tresnadi Banned User

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    6,155
    Trophy Points:
    171
    Ratings:
    +113,297 / -0
    salah satu menu jepang yg terus jadi inceran gw..

    sayang mpe sekarang masuk warung sushi aja lum pernah :onion-55:

    setuju sama fakta terakhir..

    yang penting 4 sehat 5 sempurna plus olahraga deh
     
  4. Lyco Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 3, 2008
    Messages:
    8,650
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +9,718 / -0
    err itu bener nggak sih di forum seblah, orang yang mengkonsumsi sushi dari kecil sampai tuanya ditemuin banyak cacing di tubuhnya:???:
     
  5. alotez M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 6, 2008
    Messages:
    1,000
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +627 / -0
    Masa' kaya gitu....
    tapi yang perlu dilirik Sushi kaya dengan merkuri tinggi...
     
  6. Suigintou M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +350 / -0
    Gak nyangka sushi mengandung merkuri juga.
     
  7. NuRaider M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 24, 2008
    Messages:
    3,864
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +54,567 / -0

    Dulu klo ga salah ada pic nya gw dari milis...
    Bukan badan nya kk, tapi di dalam kepalanya klo ga salah..
    Ada kakek2 dari jepang mengluh sering pusing, pas di bedah kepalanya di otaknya banyak cacing tu...
    Cuman ga tau beneran apa kaga..
    Yang jelas dulu pernah dapet fotonya... DP..
     
  8. yosuke_kun M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 5, 2009
    Messages:
    640
    Trophy Points:
    126
    Ratings:
    +1,077 / -0
    nggak,itu hoax
    foto2 yg ada di artikel itu diambil dr berita yg lain
    selengkapnya ada di sini

    http://www.snopes.com/photos/medical/maggots.asp
     
  9. nekoruru M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 14, 2008
    Messages:
    2,070
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,087 / -0
    masih enakan ikan bakar lokal+lalapan :kenyang:

    menyehatkan tubuh & kantong :top:
     
  10. Sine M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +638 / -0
    Sushi ih boleh juga buat diet ya, tp meskipun bisa diet badan tp keliatanya diet kantong ga bisa deh
     
  11. banop M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 19, 2009
    Messages:
    1,720
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,903 / -0
    Berarti Sushi juga bisa bikin Kanker (kantong kering) dong?
     
  12. kulocaki M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Sep 1, 2008
    Messages:
    5,007
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +49,803 / -2
    wih merkury...... ~,~
    mending direbus ato digoreng dulu dech klo mo menyantap ikan ...
     
  13. Sunoe M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 26, 2008
    Messages:
    1,947
    Trophy Points:
    226
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +15,968 / -0
    klo di pikir2 bck to nature bagus juga...
    tapi alam sekarang udah banyak pencemar...
    ge...
     
  14. Suigintou M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 19, 2009
    Messages:
    410
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +350 / -0
    Jangan!
    Direbus atau dikukus aja :th_095_:
    Kandungan gizinya lebih sedikit yang terbuang :th_108_:
     
  15. sinaga86 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 17, 2009
    Messages:
    308
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +44 / -0
    bener tuh bro, buat kanke(kantong kering), n juga buat kita diet (baik itu badan maupun dompet kita jd bener2 ''diet'' alias kurus)....hahahha
     
  16. Sine M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 3, 2009
    Messages:
    244
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +638 / -0
    Ya bisa bikin kanker, diet yg cukup ampuh bagi dompet bukan?
     
  17. wilson M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 21, 2008
    Messages:
    195
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +10 / -0
    tapi sushi mahal.... walaupun banyak omega 3 tapi kan itu guna banget waktu masi bayi sekarang perkembagnan otak uda hampir ga ada
     
  18. collalinxz M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 23, 2009
    Messages:
    176
    Trophy Points:
    81
    Ratings:
    +7 / -0
    tetap jd penggila sushi~~
    >.<
     
  19. ekoiksanto M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    688
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +77 / -0
    termasuk makanan jepun yang pengin ane makan.
    dan kebetulan ada kafe baru nih yang nyediain makanan ini sayang belom mampir
     
  20. Haecked M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2009
    Messages:
    1,601
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +15,636 / -0
    Aduh dari dulu alergi sama yang namanya makanan mentah, apalagi ikan mentah, gak selera makanan kayak gitu. Tapi heran kok orang jepang kok banyak menu makanan yang mentah ....
     
  21. hapoki M V U

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    192
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +13 / -0
    mungkin jangan sering2 juga kali ya makan sushi.. bisa bokek.. heheheh
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.