1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pregnancy [Labor & Birth] Gangguan Dalam Proses Persalinan

Discussion in 'Parenting and Pregnancy' started by Nawainruk, Jun 26, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Nawainruk M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 3, 2007
    Messages:
    1,042
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +98,422 / -0
    [​IMG]

    Meskipun umumnya berjalan normal, kadang-kadang ada juga persalinan yang menemui hambatan/gangguan. Gangguan dalam proses persalinan yang sering dijumpai adalah:

    1. Distosia
    2. Gangguan pengeluaran plasenta
    3. Luka di jalan lahir

    Distosia

    Distosia (persalinan yang sulit dan tidak bisa berlanjut) dapat diakibatkan karena tidak memadainya tenaga ibu, janin terlalu besar, atau kelainan pada jalan lahir ibu (misalnya panggul terlalu sempit). Biasanya dokter akan berusaha menolong dengan vakum, cunam / forsep, atau sesar.

    Gangguan pengeluaran plasenta

    Jika distosia terjadi pada persalinan tahap 1 dan 2, maka gangguan pengeluaran plasenta baru terjadi pada tahap 3. Meskipun timbul saat bayi sudah lahir, gangguan ini tidak bisa dianggap sepele. Gangguan pada pengeluaran plasenta (misalnya: plasenta tidak keluar sempurna, atau perdarahan setelah palsenta keluar terlalu banyak) dapat menimbulkan perdarahan pasca persalinan (P3) yang dikenal sebagai salah satu penyebab kematian ibu melahirkan yang paling sering terjadi. Karena itu, para dokter dan bidan selalu mengawasi ibu yang baru melahirkan dengan cermat, agar gangguan ini tidak terjadi. Penyebab gangguan pengeluaran plasenta di antaranya:

    1. Kontraksi rahim yang tidak cukup baik
    2. Plasenta hanya terlepas sebagian atau tertinggal sebagian dalam rongga rahim
    3. Akibat kelainan pembekuan darah ibu

    Luka di jalan lahir

    Luka di jalan lahir dapat terjadi pada saat proses bersalin. Misalnya v*gina (jalan lahir) mengalami luka robekan, memar, atau bengkak (hematoma obstetrik atau gumpalan darah akibat cederanya pembuluh darah akibat gerakan kepala janin saat bersalin, tusukan pembuluh darah selama anestesi lokal, dll), dll. Jika tidak diketahui dan dibiarkan saja, luka ini dapat mengakibatkan perdarahan. Sekali lagi, dokter dan bidan selalu mengecek ada tidaknya luka dalam tahap 3 atau 4, supaya bisa segera ditangani (dijahit, dsb).

    Meskipun tampaknya sangat berbahaya, sebenarnya gangguan-gangguan ini tidak selalu dijumpai. Sepanjang ibu giat memeriksakan kehamilannya, menyantap cukup makanan bergizi, cukup beristirahat, tidak merokok/minum minuman keras/menggunakan narkoba, persalinan akan berjalan normal dan ibu segera bisa menimang sang buah hati dalam kondisi sehat dan bahagia.
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. namami_amami M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Nov 8, 2008
    Messages:
    403
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +46 / -0
    Kelihatannya mas Nawainruk
    menggunakan istilah kedokteran yang tidak di mengerti khalayak umum
    Dalam persalinan biasa ada istilah tahap 1 sampai 4 yang lain menyebutnya kala 1-4

    Tahap 1: Fase Pematangan/Pembukaan Leher Rahim (ini lagi siap2 ibu trus rasa sakit perutnya/rahimnya)
    Tahap 2: Fase Pengeluaran Bayi (ini waktu ibu mengejan difilm2 sambil teriak2 ah ah ah)
    Tahap 3: Fase Pengeluaran Plasenta (bayinya udah sekarang plasenta)
    Tahap 4: Observasi Setelah Persalinan (dilihat keadaan umum ibu di jaga diawasi agar tidak terjadi komplikasi post partum/ setelah kehamilan)

    Mudah2an membantu
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. ilm Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 15, 2011
    Messages:
    7,391
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,005 / -1
    :hi:
    Dear all,

    Thread ini telah di pindahkan dari Sub Forum KUYH (Library and Knowledge Center) ke Sub Forum Parenting and Pregnancy (Female Insight)

    Silahkan berdiskusi dengan tetap mengacu kepada rules Zona Female Insight

    Warm Regards,
    Moderator Zona Female Insight.
    :makasih-g:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.