1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Pregnancy [Labor & Birth] 5 Cara Mengejan yang Baik Saat Melahirkan

Discussion in 'Parenting and Pregnancy' started by ricki, Sep 25, 2014.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ricki Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 15, 2010
    Messages:
    4,009
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +907,823 / -1
    [​IMG]



    Sekarang ini masih banyak seorang wanita yang lebih memilih melakukan proses persalinan dengan operasi caesar jika dibandingkan dengan persalinan normal, walaupun mereka masih bisa untuk melahirkan dengan normal. Idealnya jika tidak terdapat bahaya yang dapat mengancam keselamatan bayi dan ibu, proses persalinan ini dapat dilakukan secara normal. Pemilihan operasi caesar disebabkan oleh perasaan takut yang mereka alami terhadap rasa sakit yang akan dirasakan ketika melahirkan, atau disebabkan tidak kuat ketika harus mengejan. Namun biasanya tidak kuat ketika mengejan hanya dialami beberapa wanita hamil yang mempunyai riwayat penyakit pada saluran pernafasan. Namun jika anda tidak memiliki masalah pada pernafasan tapi pada saat mengejan mengalami kesulitan, kemungkinan besar anda salah dalam menerapkan cara dalam mengejan.

    Mengejan pada saat yang kurang tepat dapat beresiko terkena udem portio atau terjadi pembengkakan pada rahim. Pembengkakan ini dapat terjadi disebabkan oleh bibir kemaluan tersebut terlalu banyak mengalami dorongan, sementara itu anda belum siap dalam menerima tekanan yang begitu kuat. Jika pembengkakan tersebut telah terjadi, dengan begitu jalan lahir bayi secara normal telah tertutup. Hal ini mangakibatkan anda harus mengambil proses persalinan secara caesar. Pada dasarnya cara mengejan ketika akan melahirkan tidak berbeda dengan mengejan ketika akan buang air besar. Namun karena prosesnya yang berbeda dan lebih lama serta memerlukan tenaga yang sangat besar. Mengejan sendiri merupakan tahapan ketika terjadi pembukaan atau pun dilatasi mulut rahim yang mencapai puncaknya. Ketika itu konsentrasi menjadi semakin kuat juga secara insting anda juga dapat merasakan dorongan yang sangat kuat untuk bisa mengejan.



    Dengan mengikuti cara mengejan yang baik anda tidak perlu membuang tenaga dengan sia-sia. Berikut caranya:

    1. Buka mata anda ketika mengejan. Mengejan sangat membutuhkan banyak tenaga yang kuat, juga koordinasi dengan semua otot di dalam tubuh, termasuk mata anda. Maka ada baiknya buatlah mata anda supaya tetap terbuka ketika anda sedang mengejan. Tekanan pada otot yang terlampau kuat serta keadaan mata anda yang tertutup dapat menyebabkan pembuluh darah pada mata pecah. Akibat dari hal tersebut mata anda akan berubah menjadi merah hingga beberapa hari kedepan setelah melahirkan.

    2. Mulai mengejan ketika di perintah oleh dokter. Karena tidak kuasa menahan sakit dan kebanyakan ingin prosesnya segera selesai banyak wanita hamil berusaha mengejan dengan secepatnya. Padahal mengejan tersebut ada kalanya harus menunggu waktu yang pas. Mengejanlah ketika diperintah oleh dokter.

    3. Tidak berteriak. Banyak wanita hamil yang beranggapan dengan berteriak dapat membantu anda dalam melegakan perasaan dan juga mengurangi rasa nyeri yang dialami. Namun anggapan ini tidak selamanya benar, sebab dengan berteriak justru akan membuat anda merasa cepat lelah. Rasa lelah yang anda alami akan membuat tenaga anda untuk mengejan menjadi habis, dengan begitu proses persalinan yang dialami akan terasa sangat lama serta akan terasa lebih sakit.

    4. Buka mulut anda ketika mengejan. Hal ini sama dengan mengejan ketika akan buang air besar, anda pasti membuka mulut walaupun hanya sedikit. Seharusnya ini juga anda lakukan ketika akan melahirkan. Bukalah mulut sesering mungkin juga semampu anda. Ini juga harus dilakukan agar dapat menambah oksigen yang langsung masuk pada mulut yang kemudian nafas anda terasa lebih panjang.

    5. Ketika anda melakukan proses persalinan sebaiknya anda tidak mengangkat bokong anda. Banyak para ahli yang menyarankan agar menggunakan posisi dengan setengah duduk. Cara seperti ini dinilai sangat efektif juga memperbesar dorongan ketika akan mengeluarkan bayi. Pada saat anda melahirkan sebaiknya anda tidak mengangkat bokong anda. pada saat anda mengejan dengan sangat kuat, dan kemudian mengangkat bokong anda, hal ini dapat menimbulkan luka sobekan hingga mencapai anus.





    Sumber : bidanku.com
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan

  3. purelunacy M V U

    Offline

    MILF hunter

    Joined:
    Nov 23, 2009
    Messages:
    2,564
    Trophy Points:
    151
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +619 / -11
    tambahan buat yg moslem.....sambil berdzikir dalam hati...



    cheers
     
  4. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Tambahan, saat kontraksi mulai terasa langsung mengejan dengan catatan itu sudah bukaan 10. Posisi dagu di tempelkan ke dada, tangan memegang lutut, badan agak terangkat dan mulai mengejan sekuatnya..
    Jika sebelum bukaan 10 mengejan dapat mengakibatkan bayi menjadi trauma, rahim bisa robek dan ujung ujung nya harus sc...
    Kontaksi itu rasanya lebih kurang hampir sama dengan rasa pengen pup, jadi sebelum bukaan 10 jangan coba coba untuk mengejan..
    Atau mungkin bisa sama dirasakan kayak nyeri ketika haid...
     
    • Like Like x 28
  5. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    Bukaan adaaa sampee berapaa Kak Telo... :???:


    [​IMG]
     
  6. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Bukaan ada sampai 10.. Dan saat persalinan secara normal harus dilewati seluruhnya..
    Biasanya pada saat bukaan 1 atau 2 sudah mulai mengeluarkan flek..
     
  7. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    Ooo begituuu kalo pas air ketuban pecah... kira2 udah bukaan blm yaa... :???:


    [​IMG]
     
  8. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Tergantung...
    Kalau ketuban pecah duluan sebelum ada bukaan maksimal cuma satu hari dan harus ditindak pada saat itu juga dengan jalan induksi kalau ga harus sc, kalau ga bisa membahayakan nyawa bayi..
    Tapi normalnya itu biasanya kontraksi dulu baru ketuban pecah dan ada juga yang tidak pecah walaupun sudah mengalami kontraksi dan harus di bantu dokter untuk memecahkannya..
    Pecahnya air ketuban dapat membantu memperlancar proses persalinan..
     
  9. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    Tapi biasanyaaaa dibukaan 4 kan ya... :iii:
    Pernah bacaa dimana gitu kalo bukaan 4 tanda khasnyaa ya air ketuban pecah... :hehe:


    [​IMG]
     
  10. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Bisa di bilang lain lain orangnya juga...
    Bukaan itu biasanya diukur dari berapa banyak masukknya jari ke dalam [maaf] Miss. v
    Malahan ada yang udah kontraksi gitu masih mengalami morning sick..
     
  11. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    OOO kalo bukaan 4 hitungannya bukan cm ya.... :iii:
    Apaa 1 cm dianggap 1 jari gitu...:???:


    [​IMG]
     
  12. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Kebiasaannya untuk mengukurnya ya dengan menggunakan jari dengan cara seperti yersebut di atas.. Benar ga ilmilm;
    Kalau hitungan bukaan berapa cm kurang paham juga bagaimana...
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  13. ilm Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 15, 2011
    Messages:
    7,395
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,030 / -1
    Ndak ada teori yang menyatakan tanda khas bukaan 4 itu ketuban pecah.. Ketuban bisa pecah kapan saja, normalnya, saat bukaan lengkap atau setidaknya sudah masuk fase aktif persalinan. Saya sudah pernah bikin threadnya tentang ketuban pecah dini, silakan cek d index :maaf:

    Mengenai fase2 persalinan, kapan2 saya buatkan :hmm:
    Yang dimaksud bukaan adalah berapa lebar mulut rahim yang sudah terbuka untuk jalan dedek bayi keluar dari rahim. Diukur dengan lebar jari yg masuk d mulut rahim itu, berapa cm. Bisa jg pake satuan jari, tapi 1 jari itu disamakan dg 1 cm. :hmm:

    Nanti sy kumpulkan bahan2 buat fase persalinan ini ya :maaf:
     
    Last edited by a moderator: Apr 25, 2015
  14. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    Ooo begituuuu...
    Ternyataaaa buku bisa salah.... :keringat:
    Okeee liat diindex duluuu... :ogngacir:


    [​IMG]
     
  15. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    bagaimanapun namtinyamulut miss. v tetap digunting untuk menghindari robek alami
     
  16. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    :aaaa:
    Ternyataaaaaa...... baru tahuuu kalo ada acara gunting menggunting... :ngacir:



    [​IMG]
     
  17. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Tidak bakal terasa. . .
    Karena rasa sakit kontraksi lebih dominan. . . :malu:
     
  18. Yonazr Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 23, 2014
    Messages:
    100
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +2 / -0
    kontraksi dulu baru dilanjutkan dengan ketuban pecah dan harus segera ditangani kalau ketuban sudah pecah
     
  19. ilm Veteran

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Oct 15, 2011
    Messages:
    7,395
    Trophy Points:
    287
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,030 / -1
    Buku apa yang salah kak erni :???:
    Ndak semua persalinan normal harus ada episiotomi atau pengguntingan seperti yg kak telo bilang :hmm:
    Tergantung kulit ibu elastis atau memang kaku, dan faktor jalan lahir lain :hmm:
     
    • Like Like x 3
  20. ernimulyandari M V U

    Offline

    ~ 에르니~

    Joined:
    Jul 6, 2012
    Messages:
    9,283
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +12,165 / -0
    Kmrn baca di buku apa inet gituuu
    katanyaaa "umumnya" bukaan 4 ditandai dengan pecahnya air ketuban.... :sigh:
    Walau setiap orng beda2 tp katanya pecah ketuban biasanya bukaan 4.... begituuu Kak Ilm... :iii:






    Postkuuu dihapus.... :lol:
    Maaf yaaa karena kebawaaa perasaan maunya bales quote terus takut dikira g respect padahal gajes... :ngacir:


    [​IMG]
     
    • Like Like x 1
  21. HateLove M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    419
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +482 / -0
    Yah memang ga semuanya, tapi kan dari pada menunggu sobek sendiri lebih baik di segerakan...
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.