1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Fauna laba-laba berdansa di air

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by ichreza, Aug 3, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,769 / -0
    [FONT=&quot] Laba-laba pemancing ([FONT=&quot]Dolomedes triton[/FONT]) termasuk makhluk hidup paling berbakat dalam hal melakukan pekerjaan yang tampak sesulit berjalan di atas air. Laba-laba ini benar-benar memperlihatkan keajaiban makhluk hidup dengan cara berjalan di atas air yang mereka terapkan. Bagi laba-laba itu, permukaan air layaknya lantai dansa.[/FONT]
    [FONT=&quot] Laba-laba pemancing mengintai di sepanjang tepian kolam atau sungai, dan saat seekor serangga jatuh ke permukaan air, mereka berlari menyeberanginya untuk menyergap mangsa mereka. Selain itu, laba-laba itu juga bisa mencelupkan kaki mereka ke bawah permukaan air dan menangkap berudu dan ikan kecil yang sedang berenang.[/FONT]
    [FONT=&quot] Hal pertama yang harus dilakukan hewan-hewan dengan gaya hidup seperti itu adalah kemampuan berpijak di atas permukaan air. Laba-laba pemancing memanfaatkan tegangan permukaan air. Molekul-molekul air memiliki gaya tarik-menarik yang lebih besar dibandingkan dengan molekul-molekul di udara. Daya tarik-menarik molekul ini menjadikan permukaan air menyerupai lapisan karet. Ketika laba-laba meletakkan kakinya di atas air, tekanan berbentuk lesung terbentuk di sekeliling kakinya, dan air mendorong balik ke atas untuk meratakan kembali permukaannya.[/FONT]
    [FONT=&quot] Tegangan permukaan bukanlah sebuah gaya berkekuatan besar: misalnya, jika Anda melempar sebuah batu ke dalam air, batu itu akan segera tenggelam. Akan tetapi, laba-laba berbobot ringan dan kaki-kakinya memiliki lapisan luar lilin yang kedap air. Selain itu, mereka memiliki kaki yang panjang dan ini memungkinkannya berdiri di atas permukaan air. Karena tegangan permukaan menolak benda-benda di atas air dari titik terjauhnya, kaki yang panjang berarti tegangan permukaan yang lebih besar. (Itulah mengapa sebatang jarum tidak tenggelam tatkala diletakkan secara mendatar pada permukaan air).[/FONT]
    [FONT=&quot] Walaupun tegangan permukaan memungkinkan laba-laba pemancing bertumpu di atas permukaan air, tapi tegangan permukaan tidak memungkinkannya bergerak ke tempat lain. Kaki berlapis lilin sang laba-laba tidak pula mencukupinya untuk berjalan di atas permukaan air. Akan tetapi air menyediakan permukaan yang cukup licin bagi laba-laba untuk bergerak di atasnya.[/FONT]
    [FONT=&quot] [/FONT]
    [FONT=&quot]Laba-laba Pemancing Melintas Dengan Mendayung[/FONT]
    [FONT=&quot] Laba-laba pemancing menggunakan 3 cara gerak yang berbeda saat melintas di atas air. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Robert Suter dari Vassar College memperlihatkan bahwa laba-laba mendayung di atas air dengan menggunakan lesung yang dibuat kaki-kaki mereka di atas air. Ketika menggerakkan salah satu kakinya ke arah belakang laba-laba pemancing juga mendorong lesungnya ke belakang dengan kaki itu. Saat lesung ini bergerak, kaki laba-laba itu bertindak sebagai dayung dan memberikan tenaga yang mendorong air dan sang laba-laba ke depan. Selain itu, laba-laba itu menggunakan 2 kaki tengahnya dari 4 pasang kakinya untuk mendayung. Kaki depan dan kaki belakang dibiarkan tidak bergerak. Laba-laba menggunakan kaki-kaki ini untuk gerakan yang memungkinkan laba-laba itu berada di atas permukaan air. [/FONT]
    [FONT=&quot] Kecepatan laba-laba pemancing terbatas. Untuk meningkatkan kecepatan, seekor laba-laba membuat lesung-lesung yang lebih dalam atau mendorong lesung-lesung itu ke belakang dengan lebih cepat. Kedua cara ini memperbesar tekanan pada permukaan air, dan setelah batas tertentu tekanan ini melebihi tegangan permukaan dan lesung itu hancur. [/FONT]
    [FONT=&quot] [/FONT]
    [FONT=&quot]Spesies Laba-laba Yang Melompat Dan Berlayar[/FONT]
    [FONT=&quot] Ada bentuk kedua dari cara-jalan yang dilakukan laba-laba. Apabila mereka harus berjalan dengan kecepatan melebihi 1 meter per detik, laba-laba harus beralih ke cara kedua ini. Mereka mengangkat kaki mereka hingga hampir tegak lurus, lalu menjatuhkannya dengan cara sedemikian rupa untuk menembus air. Ketika laba-laba mendorong kaki-kakinya ke bawah dan ke belakang, air melakukan reaksi berlawanan dan mendorong laba-laba itu ke atas dan ke depan. Gerakan ke atas mencegah laba-laba tenggelam, dan gerakan ke depan memungkinkannya bergerak maju. Gaya berjalan ini sangat menyerupai cara yang digunakan kadal basilisk ketika berlari di atas air.[/FONT]
    [FONT=&quot] Meskipun cara berjalan ini agak sulit bagi laba-laba pemancing, akan tetapi laba-laba itu melakukannya saat hendak menangkap mangsa, ketika harus bergerak cepat, atau untuk meloloskan diri dari musuh. Dalam keadaan yang jauh lebih mendesak, laba-laba itu beralih ke cara berjalan ketiga: berlayar…[/FONT]
    [FONT=&quot] Di saat ada angin berhembus laba-laba pemancing kadangkala melambaikan kaki-kakinya ke arah angin (laba-laba yang lebih kecil mengangkat seluruh tubuhnya), yang menyebabkan angin mendorongnya seperti kapal layar. Karena air di bawah tubuh laba-laba sangat licin, daya dorong terlemah mampu membawa laba-laba dari satu tempat ke tempat lainnya.[/FONT]
    [FONT=&quot] Penciptaan khusus dalam tubuh laba-laba pemancing dan aneka macam cara berjalan mereka hanyalah sedikit contoh yang memperlihatkan keahlian mencipta yang tak tertandingi serta pengetahuan mahatinggi dari Allah. [/FONT]

     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. oxsi91 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 6, 2011
    Messages:
    1,065
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +67,537 / -0
    wow:top: manteb gan, tapi sayang kurang gambarnya.
    coba d kasih gambar pasti tambag manteb lagi.

    pastinya cpt banget itu kaki dari laba" kayak kadal yg lari di atas air.
     
  4. ivonivon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +191 / -0
    si agan nggak ada image trus nih..
    coba ada video nya sekalian.. ane kasih ijo2 :)

    btw nari2 di aer kebayang kayak kutu aer. kayak gitu ya gan?
     
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    TS, tolong lampirkan gambarnya dong :iii:
     
  6. ferryblu3 Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    12,070
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,110,238 / -1
    gw bantu kasih gambar deh..

    [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2011
  7. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    Dilarikan menuju Flora dan Fauna :sigh:

    :bye:
     
  8. hajiudin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2011
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +21 / -0
    wuih keren gan,..
     
  9. coolasice Members

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 20, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +763 / -0
    bukannya si spider emang bisa jalan di atas air yaah ?
    kiraen tadi beneran dansa, makanya jadi penasaran masuk sini..
    ternyata... [​IMG]
     
  10. downloadaddicted M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 19, 2011
    Messages:
    738
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +79 / -0
    biasa di puncak ditempat pemancingan banyak tuh liat laba" air... tapi yah bentuk nya ga sebagus yg difoto..
     
  11. echocuel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    537
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,604 / -1
    itu Gambarnya. laba2 di atas air kan bukan di dalam air...?????
     
  12. bizly M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,279
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +104,008 / -3
    Wah benar-benar laba-laba nelayan nih,
    nice info:top:
     
  13. maducinta M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    659
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +5,921 / -0
    ya laba2 air,,,makanan pun ikan kecil or parasit yg ada diair
     
  14. desa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2010
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +216 / -0
    Laba-laba ko malah mirip tarantula ya.. Kaki-kakinya panjang bener.
     
  15. Drakthul Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 10, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    laba-laba aneh ini origin nya negara apa ya??:nongol:serem ya...kyknya beracun tingkat tinggi......:takut:
     
  16. brnksk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2010
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    jadi ga bisa tenggelam ya.. wih spiderman bisa ga ya?
     
  17. firedrake M V U

    Offline

    liatin siapa hayo ??

    Joined:
    May 15, 2011
    Messages:
    756
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,583 / -0
    hmmm ane pernah baca di buku biologi kelas berapa ya lupa lagi :hehe: itu namanya tuh waterspider + bernapas mengunakan corong kayak ninja gitu :oghero:
     
  18. kitsune159 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    483
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +34 / -0
    hebat ya laba-labanya
    bisa ga tenggelam, airnya jadi keliatan kayak kaca gitu
     
  19. shadow_engine Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,827 / -0
    klo kakinya ga panjang, ya ga bs lah jalan diatas air

    di Indonesia bnyak kok laba2 seperti itu, ukurannya cukup kecil
     
  20. skrupp M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +8,002 / -0
    haha, penasaran masuk sini :haha:
    kirain ane spidernya beneran dansa..
    ternyata..
    tapi tetep :niceinfo:
     
  21. xibitz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 29, 2011
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    wow,
    amazing,
    ciptaan Tuhan memang sempurna..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.