1. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Jangan rindu, ini berat, kau tak akan kuat, biar aku saja. Cek info libur
    Dismiss Notice
  4. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  5. Suka baca buku? Tuangkan pengalaman baca kamu dalam Event Review Buku, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  6. Mau kasih kado lebaran buat yang terkasih? Yuk ikuti event Kado Hari Raya Untuk Perempuan! Ada gamis & khimar gratis buat kado kamu loh~
  7. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  8. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Fauna laba-laba berdansa di air

Discussion in 'Flora dan Fauna' started by ichreza, Aug 3, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,768 / -0
    [FONT=&quot] Laba-laba pemancing ([FONT=&quot]Dolomedes triton[/FONT]) termasuk makhluk hidup paling berbakat dalam hal melakukan pekerjaan yang tampak sesulit berjalan di atas air. Laba-laba ini benar-benar memperlihatkan keajaiban makhluk hidup dengan cara berjalan di atas air yang mereka terapkan. Bagi laba-laba itu, permukaan air layaknya lantai dansa.[/FONT]
    [FONT=&quot] Laba-laba pemancing mengintai di sepanjang tepian kolam atau sungai, dan saat seekor serangga jatuh ke permukaan air, mereka berlari menyeberanginya untuk menyergap mangsa mereka. Selain itu, laba-laba itu juga bisa mencelupkan kaki mereka ke bawah permukaan air dan menangkap berudu dan ikan kecil yang sedang berenang.[/FONT]
    [FONT=&quot] Hal pertama yang harus dilakukan hewan-hewan dengan gaya hidup seperti itu adalah kemampuan berpijak di atas permukaan air. Laba-laba pemancing memanfaatkan tegangan permukaan air. Molekul-molekul air memiliki gaya tarik-menarik yang lebih besar dibandingkan dengan molekul-molekul di udara. Daya tarik-menarik molekul ini menjadikan permukaan air menyerupai lapisan karet. Ketika laba-laba meletakkan kakinya di atas air, tekanan berbentuk lesung terbentuk di sekeliling kakinya, dan air mendorong balik ke atas untuk meratakan kembali permukaannya.[/FONT]
    [FONT=&quot] Tegangan permukaan bukanlah sebuah gaya berkekuatan besar: misalnya, jika Anda melempar sebuah batu ke dalam air, batu itu akan segera tenggelam. Akan tetapi, laba-laba berbobot ringan dan kaki-kakinya memiliki lapisan luar lilin yang kedap air. Selain itu, mereka memiliki kaki yang panjang dan ini memungkinkannya berdiri di atas permukaan air. Karena tegangan permukaan menolak benda-benda di atas air dari titik terjauhnya, kaki yang panjang berarti tegangan permukaan yang lebih besar. (Itulah mengapa sebatang jarum tidak tenggelam tatkala diletakkan secara mendatar pada permukaan air).[/FONT]
    [FONT=&quot] Walaupun tegangan permukaan memungkinkan laba-laba pemancing bertumpu di atas permukaan air, tapi tegangan permukaan tidak memungkinkannya bergerak ke tempat lain. Kaki berlapis lilin sang laba-laba tidak pula mencukupinya untuk berjalan di atas permukaan air. Akan tetapi air menyediakan permukaan yang cukup licin bagi laba-laba untuk bergerak di atasnya.[/FONT]
    [FONT=&quot] [/FONT]
    [FONT=&quot]Laba-laba Pemancing Melintas Dengan Mendayung[/FONT]
    [FONT=&quot] Laba-laba pemancing menggunakan 3 cara gerak yang berbeda saat melintas di atas air. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Robert Suter dari Vassar College memperlihatkan bahwa laba-laba mendayung di atas air dengan menggunakan lesung yang dibuat kaki-kaki mereka di atas air. Ketika menggerakkan salah satu kakinya ke arah belakang laba-laba pemancing juga mendorong lesungnya ke belakang dengan kaki itu. Saat lesung ini bergerak, kaki laba-laba itu bertindak sebagai dayung dan memberikan tenaga yang mendorong air dan sang laba-laba ke depan. Selain itu, laba-laba itu menggunakan 2 kaki tengahnya dari 4 pasang kakinya untuk mendayung. Kaki depan dan kaki belakang dibiarkan tidak bergerak. Laba-laba menggunakan kaki-kaki ini untuk gerakan yang memungkinkan laba-laba itu berada di atas permukaan air. [/FONT]
    [FONT=&quot] Kecepatan laba-laba pemancing terbatas. Untuk meningkatkan kecepatan, seekor laba-laba membuat lesung-lesung yang lebih dalam atau mendorong lesung-lesung itu ke belakang dengan lebih cepat. Kedua cara ini memperbesar tekanan pada permukaan air, dan setelah batas tertentu tekanan ini melebihi tegangan permukaan dan lesung itu hancur. [/FONT]
    [FONT=&quot] [/FONT]
    [FONT=&quot]Spesies Laba-laba Yang Melompat Dan Berlayar[/FONT]
    [FONT=&quot] Ada bentuk kedua dari cara-jalan yang dilakukan laba-laba. Apabila mereka harus berjalan dengan kecepatan melebihi 1 meter per detik, laba-laba harus beralih ke cara kedua ini. Mereka mengangkat kaki mereka hingga hampir tegak lurus, lalu menjatuhkannya dengan cara sedemikian rupa untuk menembus air. Ketika laba-laba mendorong kaki-kakinya ke bawah dan ke belakang, air melakukan reaksi berlawanan dan mendorong laba-laba itu ke atas dan ke depan. Gerakan ke atas mencegah laba-laba tenggelam, dan gerakan ke depan memungkinkannya bergerak maju. Gaya berjalan ini sangat menyerupai cara yang digunakan kadal basilisk ketika berlari di atas air.[/FONT]
    [FONT=&quot] Meskipun cara berjalan ini agak sulit bagi laba-laba pemancing, akan tetapi laba-laba itu melakukannya saat hendak menangkap mangsa, ketika harus bergerak cepat, atau untuk meloloskan diri dari musuh. Dalam keadaan yang jauh lebih mendesak, laba-laba itu beralih ke cara berjalan ketiga: berlayar…[/FONT]
    [FONT=&quot] Di saat ada angin berhembus laba-laba pemancing kadangkala melambaikan kaki-kakinya ke arah angin (laba-laba yang lebih kecil mengangkat seluruh tubuhnya), yang menyebabkan angin mendorongnya seperti kapal layar. Karena air di bawah tubuh laba-laba sangat licin, daya dorong terlemah mampu membawa laba-laba dari satu tempat ke tempat lainnya.[/FONT]
    [FONT=&quot] Penciptaan khusus dalam tubuh laba-laba pemancing dan aneka macam cara berjalan mereka hanyalah sedikit contoh yang memperlihatkan keahlian mencipta yang tak tertandingi serta pengetahuan mahatinggi dari Allah. [/FONT]

     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. oxsi91 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 6, 2011
    Messages:
    1,065
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +67,536 / -0
    wow:top: manteb gan, tapi sayang kurang gambarnya.
    coba d kasih gambar pasti tambag manteb lagi.

    pastinya cpt banget itu kaki dari laba" kayak kadal yg lari di atas air.
     
  4. ivonivon Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2009
    Messages:
    188
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +191 / -0
    si agan nggak ada image trus nih..
    coba ada video nya sekalian.. ane kasih ijo2 :)

    btw nari2 di aer kebayang kayak kutu aer. kayak gitu ya gan?
     
  5. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,237 / -0
    TS, tolong lampirkan gambarnya dong :iii:
     
  6. ferryblu3 Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Apr 20, 2009
    Messages:
    12,072
    Trophy Points:
    252
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,110,035 / -1
    gw bantu kasih gambar deh..

    [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 2
    Last edited by a moderator: Aug 8, 2011
  7. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,109
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,237 / -0
    Dilarikan menuju Flora dan Fauna :sigh:

    :bye:
     
  8. hajiudin Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2011
    Messages:
    57
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +21 / -0
    wuih keren gan,..
     
  9. coolasice Members

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 20, 2010
    Messages:
    835
    Trophy Points:
    0
    Ratings:
    +763 / -0
    bukannya si spider emang bisa jalan di atas air yaah ?
    kiraen tadi beneran dansa, makanya jadi penasaran masuk sini..
    ternyata... [​IMG]
     
  10. downloadaddicted M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 19, 2011
    Messages:
    738
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +79 / -0
    biasa di puncak ditempat pemancingan banyak tuh liat laba" air... tapi yah bentuk nya ga sebagus yg difoto..
     
  11. echocuel M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 12, 2011
    Messages:
    537
    Trophy Points:
    106
    Ratings:
    +1,603 / -1
    itu Gambarnya. laba2 di atas air kan bukan di dalam air...?????
     
  12. bizly M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 13, 2010
    Messages:
    20,281
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +103,949 / -3
    Wah benar-benar laba-laba nelayan nih,
    nice info:top:
     
  13. maducinta M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    659
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +5,905 / -0
    ya laba2 air,,,makanan pun ikan kecil or parasit yg ada diair
     
  14. desa M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 31, 2010
    Messages:
    563
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +216 / -0
    Laba-laba ko malah mirip tarantula ya.. Kaki-kakinya panjang bener.
     
  15. Drakthul Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 10, 2010
    Messages:
    21
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    laba-laba aneh ini origin nya negara apa ya??:nongol:serem ya...kyknya beracun tingkat tinggi......:takut:
     
  16. brnksk Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 4, 2010
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +1 / -0
    jadi ga bisa tenggelam ya.. wih spiderman bisa ga ya?
     
  17. firedrake Gatotkaca

    Offline

    liatin siapa hayo ??

    Joined:
    May 15, 2011
    Messages:
    743
    Trophy Points:
    172
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,580 / -0
    hmmm ane pernah baca di buku biologi kelas berapa ya lupa lagi :hehe: itu namanya tuh waterspider + bernapas mengunakan corong kayak ninja gitu :oghero:
     
  18. kitsune159 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    483
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +33 / -0
    hebat ya laba-labanya
    bisa ga tenggelam, airnya jadi keliatan kayak kaca gitu
     
  19. shadow_engine Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 22, 2010
    Messages:
    194
    Trophy Points:
    52
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,827 / -0
    klo kakinya ga panjang, ya ga bs lah jalan diatas air

    di Indonesia bnyak kok laba2 seperti itu, ukurannya cukup kecil
     
  20. skrupp M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 18, 2009
    Messages:
    570
    Trophy Points:
    142
    Ratings:
    +8,001 / -0
    haha, penasaran masuk sini :haha:
    kirain ane spidernya beneran dansa..
    ternyata..
    tapi tetep :niceinfo:
     
  21. xibitz Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 29, 2011
    Messages:
    219
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +1 / -0
    wow,
    amazing,
    ciptaan Tuhan memang sempurna..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.