1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Dismiss Notice
  7. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  8. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kurang Asam Folat Sebabkan Bayi Cacat

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by boku, Aug 6, 2009.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. boku M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Apr 10, 2009
    Messages:
    3,087
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +53,937 / -0
    [​IMG]

    Kurang Asam Folat Sebabkan Bayi Cacat

    Menurut beberapa penelitian, kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkannya. Bayi dapat mengalami cacat pada otak dan sumsum tulang belakang, karena asam folat sangat berperan untuk fungsi otak serta sumsum tulang belakang. Asam folat juga penting untuk membantu pembelahan sel, mencegah terjadinya anemia,?menurunkan risiko terjadinya neural tube defects, serta sebagai anti depresan.

    Seringkali para ibu tidak mengetahui dirinya kekurangan asam folat karena sebagian besar kehamilan terjadi tanpa direncanakan.?Kebanyakan?pasangan suami istri tidak pernah merencanakan kehamilan, tahu-tahu si ibu langsung hamil setelah telat datang bulan. Mereka baru datang dan konsultasi ke dokter setelah positif hamil beberapa minggu. Karena itu, ibu pun sering tidak membekali dirinya dengan gizi yang mencukupi ketika mulai mengalami kehamilan.?Padahal, kebutuhan asam folat untuk ibu hamil harus disiapkan sejak sebelum kehamilan.

    Di Indonesia,?jumlah angka kematian bayi masih relatif tinggi dan kematian bayi tersebut belum diidentifikasi apa saja penyebabnya karena belum ada data yang mencukupi. Diduga salah satu penyebab terjadinya kematian bayi adalah kekurangan asam folat.

    Kekurangan asam folat dapat menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi dengan berat badan rendah, Down's Syndrome, dan keguguran. Selain itu, bayi dapat juga mengalami kelainan pada pembuluh darah. Gangguan lainnya dapat berupa bayi mengalami gangguan buang air besar dan gangguan buang air kecil, anak tidak mampu untuk berjalan tegak, dan emosinya cenderung menjadi tinggi. Pada anak perempuan, saat ia dewasa biasanya tidak mengalami menstruasi. Sedangkan pada ibu hamil, kekurangan asam folat dapat menyebabkan meningkatnya risiko anemia dengan gejala mudah lelah, letih, lesu, dan pucat.

    Contoh sumber makanan yang mengandung asam folat yaitu hati sapi, brokoli, jeruk, bayam, dan sebagainya.?Roti dan susu juga mengandung asam folat cukup tinggi, sebab kini susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat. Hanya saja hati sapi mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Pemberian vitamin A pada ibu hamil sangat tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan gangguan pada kehamilan. Oleh sebab itu, ibu hamil yang mengonsumsi hati sapi dapat menggantinya dengan minum susu. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur adalah sekitar 400 mikrogram/ hari yang setara dengan dua gelas susu.?Mengonsumsi asam folat sebenarnya tidak hanya ketika ibu sedang hamil, tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan.


    Source

    Info buat Keluarga, Teman, ato Kerabat yang sedang hamil
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. corale M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jul 24, 2009
    Messages:
    259
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +124 / -0
    Masih remaja nih, jadi blm saatnya Hamil :th_104_:
    Ntar dh dibilangin ama saudara :onion-89:
     
  4. gerry1990 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 14, 2009
    Messages:
    80
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    mw nambahin dikit ni

    penting banget asam folat itu,tapi gak cuma buat ibu hamil,karena fungsi kerja sel kita juga disokong oleh asam folat.
    asam folat banyak terdapat dalam buah dan sayuran hijau kok,bukan hal yang susah dicari,,
    :belajar:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.