1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Kunci Kelezatan Rendang

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by vincentrevival, Sep 16, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    VIVAnews - Pekan lalu, sebuah survei yang diadakan oleh stasiun berita CNN lewat akun Facebook berhasil mengukuhkan rendang dan nasi goreng sebagai makanan terlezat di dunia.

    Kelezatan rendang dan nasi goreng berhasil mengalahkan popularitas pasta yang disebut-sebut sebagai makanan terfavorit mancanegara menurut survei lembaga nirlaba, Oxfam International.

    Menurut pakar kuliner, Hiang Marahimin, kunci kelezatan rendang tidak lain dan tidak bukan adalah teknik memasaknya yang unik dan berbeda. Tidak semua orang mampu memasaknya dengan benar.

    "Kunci kelezatan rendang itu terletak dari cara memasaknya yang lama. Tapi, tidak semua orang bisa memasaknya dengan benar. Rendang bisa menjadi lezat itu ternyata berasal dari pemilihan bahan-bahannya dan timing yang tepat untuk memasukkan dagingnya," ujar Hiang saat dihubungi VIVAnews.

    Kalau tidak tepat, ia mengungkapkan, rendang malah bisa berubah jadi empal. Memang, waktu memasak yang lama tak jarang membuat daging menjadi hancur. Karena itu, daging harus dimasukkan ke dalam bumbu santan yang sudah mendidih, bukannya sedari awal memasak.
    Memilih daging rendang pun tak bisa sembarangan. Supaya bisa empuk dan badaso (bahasa padang: enak), daging yang harus dimasak selama 8 jam itu harus dipilih yang bagus dan tidak terlalu empuk sehingga tidak hancur saat diolah. Yang paling cocok adalah daging sapi bagian sengkel.

    Lamanya waktu pengolahan juga membuat bumbu meresap dengan sempurna. Uniknya, jika dibiarkan, rendang dapat bertahan hingga beberapa minggu dan cita rasanya pun tidak berkurang. Justru semakin lama disimpan, rendang akan terasa lebih lezat.

    "Jika dibiarkan bumbunya semakin meresap dan menyatu. Itu yang membuat rendang semakin lezat," kata Hiang.

    Tak hanya itu, kelangkaan bahan-bahan dasarnya di luar negeri pun menjadikan ciri khas kelezatan rendang Indonesia tak dapat ditiru. "Di luar itu, hanya ada santan instan, sedangkan rendang yang benar itu menggunakan kelapa yang sangat tua, jadi lebih gurih," ujarnya.

    Menurutnya, rasa gurih yang khas dari masakan asal Sumatera Barat ini menjadi hal yang paling dipuja-puja masyarakat internasional. Rasa gurih itu tentu di dapat dari santan, rempah-rempah yang digunakan, dan juga teknik memasak yang rumit.

    Pemilihan kelapa yang sangat tua untuk dijadikan santan pun bukan tanpa sebab. "Kelapa yang tua memiliki lebih banyak lemak. Itulah yang menjadikan rendang super enak, dan banyak yang menyukainya," kata Hiang.

    Pakar kuliner yang juga memiliki bisnis rendang ini pun mengaku bahwa rendang yang dijualnya sudah menyebar ke benua Eropa. Bahkan, dalam berbagai festival kuliner internasional, masyarakat Eropa sering mencari rendang untuk dicicipi.

    sumber : http://kosmo.vivanews.com/news/read/247678-inilah-kunci-kelezatan-
     
    • Thanks Thanks x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. tuan_buncis2002 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jun 24, 2011
    Messages:
    2,541
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,547 / -3
    ternyata membutuhkan waktu yg lama to utk mengolah rendang
    padahal juru masakku masak rendang ga sampe 8 jam tp da enak tuh :???:
    mgkn bukan cita rasa rendang yg sesungguhnya :iii:
     
  4. Royale Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Apr 30, 2011
    Messages:
    354
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +3 / -0
    Gila sampe Eropa
    buset rendang memang mendunia, asal jangan di aku"in aja sama malingsit
    :panda: :panda:
     
  5. handitya91 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    217
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    makan rendang make sambel terasi, mancapp gan,...
    jadi laper ane.. --"
     
  6. diabetes M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Mar 19, 2011
    Messages:
    3,327
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +9,946 / -7
    wahh ternyata rendang makanan top di luar negri juga ya
     
  7. escafl0wne Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Dec 5, 2008
    Messages:
    3,138
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +3,197 / -2
    wogh rendang:kaget:
    tar ada yg lirik2 iri ne:panda:
    tapi kalo dimasak bener, rendang akan jadi makanan ajaib:top:
     
  8. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,814 / -0
    bahkan orang eropa pun mencari rendang kalau ada festival kuliner:terharu:
    ==============================
    rendang itu yang bikin lama ngeringinnya:iii:
    langkahnya kan:
    gulai--------->kalio---------->rendang:iii:
    tapi kalau kelamaan dikeringinnya dagingnya malah jadi keras lho:iii:
     
  9. zulfikarfahmi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +102 / -0
    cuma negara kita yang bisa begini
    :top:
     
  10. Wolfmother M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 23, 2009
    Messages:
    493
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +8 / -0
    sungguh membanggakan
     
  11. vincentrevival M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    5,337
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +2,524 / -0
    yg blg rendang pake ganja boonk yee???
     
  12. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,814 / -0
    ya nggak pakai gituan lah:swt:
    dedaunan yang dipakai cuma daun jeruk sama daun kunyit doang kok :swt:
     
  13. mr_ark SUPERMOD

    Online

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    20,226
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +70,533 / -15
    kayaknya sih jarang bertahan sampe lama. :lol: pas lebaran aja paling h+2 udah ludes.

    kalo sampe diakui malingshit, ta bongabonga mereka [​IMG]
     
    • Thanks Thanks x 1
  14. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,814 / -0
    bener banget,rendang mah yang bikin gak tahan bukan karena jamur atau apa,tapi gara2 banyak yang doyan:garing:
    kalau gak salah di salah satu trid ada yang bilang m"alay" ngeklaim rendang punya mereka deh:bloon:
    cuma dicuekin klaimnya sama masyarakat dunia:lol:
     
  15. indahfida M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 26, 2008
    Messages:
    967
    Trophy Points:
    126
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,713 / -0
    Bagus ni infonya...
    :top: Mantaff dah klo udah terkenal di manca negara.
    Emang cari rendang enak susah, resto padang di jakarta pun kadang2 ga begitu enak. Makan di Resto S*D*RH*NA, Mahal..
     
  16. ReXis Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 12, 2010
    Messages:
    246
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +2 / -0
    haha bangga gua jadi orang sini!
    nanti di eropa sana bakalan banyak restoran padang menjamur kayak pizza
     
  17. handitya91 M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Oct 23, 2010
    Messages:
    217
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +11 / -0
    jdi laper, pgen makan rendang pake sambel lagi nih.. :D
    brntung mak ane masak tadi pagi.. wkwkwk
     
  18. kacang500 M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Feb 12, 2011
    Messages:
    5,240
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +16,745 / -0
    ugh............

    baca ne trid jd laper ane..............

    tp gw setuju banget klo rendang disebut sebagai salah satu makanan paling lezat.............

    :niceinfo:
     
  19. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,814 / -0
    kalau yang direstoran kadang suka keras karena keseringan dipanasin :garing:
    di SDRHna juga kadang dapat yang keras kok:garing:
     
  20. noerone M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 26, 2009
    Messages:
    398
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +4,349 / -0
    owwh.... jd :ngiler: w....

    w jg baru tau klo rendag ada di eropa... :semangat:

    Mantabbbb... :lol:
     
  21. MvP_KosT M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 10, 2011
    Messages:
    1,691
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +40,758 / -6
    wagh lezat juga rendang bisa menjadi~~

    aplagi ditambah lontong opor sambal dan emping~

    ugh tiada tanding~
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.