1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kualitas spermamu tergantung apa yang dimakan!!!!

Discussion in 'Pengetahuan Penting Penunjang Kesehatan' started by shacktee, May 16, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. shacktee Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 29, 2009
    Messages:
    45
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +32 / -0
    'Spermamu adalah apa yang kamu makan'. Istilah ini menunjukkan bagaimana mendapatkan sperma yang baik didapat dengan cara memberikan tubuh gizi serta nutrisi yang tepat.

    Sperma yang sehat merupakan hal penting dalam menentukan keberhasilan proses pembuahan. Untuk mendapatkan sperma yang sehat, maka berikan tubuh makanan yang baik.

    "Sekitar setengah dari kasus kesulitan hamil karena masalah pada sperma laki-laki, dan kadang masalah ini terkait dengan apa yang dimakan dan diminum seseorang," ujar Dr Anne Clark, direktur medis Fertility First di Sydney, seperti dikutip dari ABC.net.au, Senin (16/5/2011).

    Clark menuturkan apa yang laki-laki makan dan minum bisa mempengaruhi seberapa baik sperma yang dihasilkan, sehingga mempengaruhi kesempatan bagi sperma untuk bertemu dan membuahi sel telur di dalam rahim perempuan.

    "Campuran nutrisi yang tepat adalah suatu hal penting dalam menghasilkan sperma yang sehat, karenanya komposisi yang seimbang akan membuat seseorang mendapatkan semua nutrisi penting," ujar Clark.

    Mengonsumsi banyak vitamin dan mineral seperti vitamin C dan E, seng serta selenium merupakan nutrisi yang diperlukan untuk menghasilkan sperma sehat. Selain itu konsumsi buah, sayuran dan wholegrain yang kaya akan antioksidan akan membantu menghambat radikal bebas yang bisa merusak DNA sperma.

    Kerusakan dari DNA sperma bisa disebabkan oleh banyaknya radikal bebas di dalam tubuh serta kekurangan folat (tingkat rendah vitamin B6 dan B12). Selain itu alkohol yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kualitas dari sperma karena meningkatkan produksi estrogen di dalam hati serta sel-sel racun di dalam testis.

    Efek dari kekurangan gizi atau memiliki status gizi yang buruk akan berdampak pada fungsi sperma serta potensi kesuburannya. Hal ini karena jika lebih dari 20 persen sperma yang dihasilkan memiliki DNA yang rusak akan mengurangi peluang pasangan untuk hamil secara signifikan.

    Untuk itu Clark menyarankan mengonsumsi suplemen yang bisa memberikan asupan folat memadai, serta mengandung seng, selenium, vitamin C, vitamin E dan co-enzim Q. Serta memiliki pola makan yang seimbang juga bisa membantu mencegah obesitas yang nantinya dapat berkontribusi terhadap gangguan kesuburan (infertilitas).:hulk:
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.