1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Apa kamu cukup berani melawan Valak? Satukan kekuatan di The Werewolf Series #16: THE NUN. Open registration: 14 - 21 September 2018!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Kuala Kapuas Kota Kecil Nan Indah... ^_^

Discussion in 'Kalimantan' started by killingmeinsidex, Jun 3, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +893 / -0
    Tidak ada banyak yg bisa di katakan tentang kota kecil kuala kapuas,namun yg pasti kota kecil ini,indah dan permai..walapun tak seindah kota-kota lainnya,,yaa bagi segelintir orang,pasti akan merasa nyaman tinggal di kota kecil ini.. :kenyang:

    [​IMG] Maaf kalo gambar nya kecil banget,ya segitu nya saya dapat :maaf:


    [​IMG] [​IMG] [​IMG] [​IMG]

    Sejarah Kota Kuala Kapuas Penduduk asli di Kabupaten Kapuas adalah suku bangsa Dayak Ngaju, yang terdiri dari dua suku, yaitu uluh Kapuas – Kahayan yang mendiami sepanjang tepian sungai Kapuas - Kahayan bagian hilir dan tengah, dan uluh Ots Danum yang mendiami sepanjang tepian sungai Kapuas - Kahayan bagian hulu.
    Penyebaran penduduk di sepanjang tepian sungai tersebut, tidak dapat diperkirakan ruang dan waktunya secara tepat, karena tidak adanya peninggalan yang jelas maupun tulisan sebagai pegangan. Kawasan ini pada bagian hilirnya, masih merupakan rawa pasang surut, yang tidak mungkin menghasilkan rempah-rempah sebagai komoditi perdagangan yang ramai pada waktu itu, walaupun kapal-kapal company Belanda sudah menyinggahi bandar Banjarmasin sejak tahun 1606.
    Sampai dibubarkannya VOC dan digantikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1800, kawasan Kapuas - Kahayan bersama penduduknya masih terisolasi sekian lama dari hubungan dengan dunia luar.
    Bulan Pebruari 1860, dalam rangka mengawasi lalu lintas perairan di kawasan Kapuas, pihak Belanda membangun sebuah fort (benteng) di Ujung Murung dekat muara sungai Kapuas, sekitar rumah jabatan Bupati Kapuas sekarang. Bersamaan dengan adanya benteng di tempat tersebut, lahirlah nama "Kuala Kapuas" yang diambil dari sebutan penduduk setempat, yang sedianya menyebutnya dalam bahasa Dayak Ngaju "Tumbang Kapuas", seiring dengan itu ditempatkanlah seorang Pejabat Belanda sebagai Gezaghebber (Pemangku Kuasa) yang dirangkap oleh komandan benteng yang bersangkutan. Sehingga kawasan Kapuas - Kahayan tidak lagi berada di bawah pengawasan Pemangku Kuasa yang berkedudukan di Marabahan, disamping itu ditunjuklah pejabat Temanggung Nikodemus Ambu sebagai sebagai Kepala Distrik (Districtshoofd).
    Sementara itu perkampungan di seberang, yakni di kampung Hampatung yang menjadi tempat kediaman kepala distrik, yang pada saat itu bertempat di sekitar Sungai Pasah, sejak terbukanya terusan Anjir (kanal) Serapat tahun 1861 berangsur-angsur berubah dari pemukiman rumah adat Betang menjadi perkampungan perumahan biasa. Selajutnya bertambah lagi Stasi Zending di Barimba pada tahun 1868, disusul munculnya perkampungan orang Cina di antara kampung Hampatung dan Barimba serta terbentuknya perkampungan dengan nama kampung Mambulau di sekitar kampung Hampatung.
    Dari berbagai peristiwa dan keterangan tersebut, akhirnya dijadikan sebagai acuan untuk hari jadi Kota Kuala Kapuas, yaitu dari bermulanya Betang Sungai Pasah yang didirikan sebagai satu-satunya pemukiman adat yang tertua di lingkungan batas Kota Kuala Kapuas (yang masih utuh sewaktu permulaan pembangunan kota ketika Temanggung Nikodemus Jayanegara mulai mendirikan betangnya di kampung Hampatung pada tahun 1863). Sehingga pada lokakarya penyempurnaan buku sejarah Kabupaten Kapuas pada tanggal 1-2 Desember 1981 di Kuala Kapuas, menetapkan hari jadi Kota Kuala Kapuas pada tanggal 21 Maret 1806 berdasarkan atas berdirinya Betang Sungai Pasah pada tahun 1806, sekaligus pada tanggal 21 Maret 1951 sebagai hari jadi Pemerintah Kabupaten Kapuas

    yaa itu saja sebagian kata-kata tentang kota kuala kapuas,yang pernah tinggal di kota ini,ya pasti lah sangat rindu :sedih:
     
    • Thanks Thanks x 1
    Last edited: Jun 4, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +893 / -0
    coba aja ke sana,di daerah kalimantan tengah,,bebas akan kemacetan,,dan jauh dari polusi udara..
     
    • Thanks Thanks x 1
  4. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +893 / -0
    di kalimantan tinggal dimana waktu dulu? :???:
     
  5. aji_wulantara Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +86 / -1
    gw tinggal dpontianak gan...
    agan sendiri dkalimantan dmana nya......
     
  6. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +893 / -0
    ane di kuala kapuas gan...di kalteng..
     
  7. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    FYI karena tidak ada di postingan 1:

    Kuala Kapuas adalah ibukota Kabupaten Kapuas, provinsi Kalimantan Tengah.

    Lanjut yah ngepostnya, jangan ngejunk, terutama buat anak2 yg dulu pernah tinggal di sana :top:
     
  8. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +893 / -0
    ok deh om mod.. mf ya klo threadnya brantakan,mklum msih newbie nih ane om mod.. :malu:
     
  9. zz11 Veteran

    Offline

    Rockstar

    Joined:
    Mar 11, 2009
    Messages:
    40,085
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +33,242 / -0
    Kalo udah ada informasi tambahan dll, boleh kok ditambahkan ke post 1.
    Kan tinggal tekan tombol edit :top:
     
  10. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +893 / -0
    ok deh om mod,ntar kalo info2 tambahan,ntar ane update di page 1 deh.. :hero:
     
  11. jeins Members

    Offline

    Joined:
    Jun 27, 2011
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    wahh salam kenal gann ane dari kapuas juga ...
     
  12. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +893 / -0
    akhirnya ada juga dari kapuas..kapuas daerah mna bro..
     
  13. aji_wulantara Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 13, 2011
    Messages:
    180
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +86 / -1
    Wah jauh gan dri pontianak...
    lhat dri peta sih...
    hehehehe
     
  14. killingmeinsidex M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 3, 2011
    Messages:
    472
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +893 / -0
    emank jauh sih,,namun kalo udh sampe kapuas,gag nyesel deh..
     
  15. android_dissidia Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jun 6, 2011
    Messages:
    10
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    assalamualaikum....
    :D
     
  16. Krylanceo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 3, 2009
    Messages:
    454
    Trophy Points:
    66
    Ratings:
    +99 / -0
    uy urangnya, urang kapuas jua nah pa kabar buhan kam
     
  17. r1pper Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 13, 2011
    Messages:
    18
    Trophy Points:
    11
    Ratings:
    +2,050 / -0
    Bagus ya sekarang masjidnya,

    dulu waktu ane kekapuas, tuh masjid masih dalam tahap renovasi
     
  18. maducinta M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 17, 2009
    Messages:
    659
    Trophy Points:
    221
    Ratings:
    +5,920 / -0
    akhirnya ada referensi tempat klau mampir ke kalimantan tengah
     
  19. sendy_077 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 2, 2011
    Messages:
    48
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +2 / -0
    kalo saya punya sodara di kalbar gan... deket dgn sungai kapuas.. tak kirain dr kalbar gan.. mmg panjang sungai kapuas ternyata..ckckck salam kenal gan..mudah2han ada kesempatan tugas kantor bisa ke sana.. amin :D
     
  20. blacksheep M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 23, 2008
    Messages:
    4,595
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +25,011 / -0
    saya sama sekali nda pernah ke kapuas paling jauh itu cuma ke kabupaten pulang pisau deket murung raya(waktu kuliah),sama kabupaten katingan,soalnya banyak keluarga di sana
    jadi pengen ke kapuas nih,cuma orang tua saya ajagh yang pernah ke sana itu juga zaman dulu banget waktu saya masih blueprint,LOL :hahai:
     
  21. pearlwhy M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Apr 25, 2010
    Messages:
    5,150
    Trophy Points:
    227
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +13,004 / -0
    wew kapuas :matabelo:
    tiap hari raya kesana terus, sampai tahun kemarin jg
    ada banyak keluarga jg disana
    enak kotanya adem di pinggir sungai
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.