1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!
  3. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
    Dismiss Notice
  4. Indowebster membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator Zona Movies and TV Series. Open Recruitment Moderator Zona MTV (SF Movies, TV Shows, Profile, Fansubs & Encoders, Movie Maker)
    Dismiss Notice
  5. Tertantang untuk menjadi bagian dari staff forum? Indowebster Corner membuka kesempatan bagi kamu-kamu yang berminat untuk melamar menjadi moderator. Open Recruitment Moderator Indowebster Corner
    Dismiss Notice
  6. Mau bergabung dan mengembangkan forum Female Insight Indowebster? Daftar diri kamu menjadi moderator Female Insight! Informasi lebih lengkap, buka link ini
    Dismiss Notice

Pariwisata Kota Padang Sidimpuan, Sumatra Utara, Indonesia Tercinta

Discussion in 'Sumatera' started by dyardian, Dec 30, 2016.

  1. Offline

    dyardian Members

    Joined:
    Oct 16, 2015
    Messages:
    6
    Trophy Points:
    2
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1 / -0
    [​IMG]
    Dyardian Blog Mashel ID
    Terserah aja dah kalau ada orang yang menilai negatif tentang artikel Saya yang satu ini. Seandainya ada orang yang bilang ini artikel bolak-balek di publikasikan atau bahkan mereka bosan membaca artikel Saya ini ya terserah. Yang penting artikel ini Saya publikasikan tidak merugikan pihak manapun karena sumbernya Saya cantumkan.

    Segar dan sejuk udara di Kota Padang Sidimpuan ketika di pagi hari menjelang siang. Jika di bandingkan dengan daerah Kota Labuhan Batu tempat kelahiran Saya.
    Dapat di garis bawahi Kota Padang Sidimpuan ini masih tergolong daerah yang udaranya masih alami. Masih jauh dari polusi udara. Ya mungkin karena belum terlalu banyak perkebunan-perkebunan kelapa sawit dan juga pabrik-pabrik kelapa sawit seperti di daerah Labuhan Batu.

    Tentang Kota Padang Sidimpuan
    Kota Padang Sidimpuan atau ada sebagian orang yang menyebutnya Padang Sidempuan adalah sebuah kota di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota Padang Sidimpuan terkenal dengan sebutan Kota Salak karena banyaknya perkebunan salak di daerah ini, terutama di daerah kawasan kaki Gunung Lubuk Raya.
    Sejarah Kota Padang Sidimpuan
    Nama kota ini berasal dari kata "Padang Na Dimpu" (Padang = Hamparan Luas, Na = Di, dan Dimpu = Tinggi). Yang berarti arti dari kata padang na dimpu adalah "Hamparan Rumput Yang Luas Yang Berada Di Tempat Yang Tinggi".

    Pada zaman dahulu daerah ini merupakan tempat persinggahan para pedagang dari berbagai daerah, pedagang ikan dan garam. Rotasi perdangangan dari Sibolga - Padang Sidimpuan - Panyabungan, Padang Bolak (Paluta) - Padang Sidimpuan - Sibolga.

    Seiring perkembangan zaman, tempat persinggahan ini pun semakin lama semakin ramai dan kemudian menjadi sebuah kota. Kota ini dibangun pertama kali sebagai benteng pada 1821 oleh pasukan paderi yang dipimpin oleh Tuanku Imam Lelo. Benteng ini membentang dari Batang Ayumi sampai Aek Sibontar.

    Sisa-sisa benteng peninggalan perang paderi saat ini pun masih dapat ditemukan, walau pun sudah tidak terawat dengan baik. Dan pengaruh pasukan paderi ini pun berdampak pada penduduk di kota ini yang mayoritas penduduk kota ini beragama Islam.

    Pada zaman penjajahan Belanda, Kota Padang Sidimpuan ini dijadikan pusat pemerintahan oleh penjajah Belanda di daerah Tapanuli. Peninggalan bangunan Belanda di kota ini masih dapat dijumpai berupa Kantor Pos Polisi di Pusat Kota. Sehingga tidak heran, jika ada yang ingin melihat sejarah Kota Padang Sidimpuan ini, foto-foto Kota Padang Sidimpuan ini pada zaman dahulu tersimpan di sebuah museum di Kota Leiden, Belanda.

    Letak Geografis Kota Padang Sidimpuan
    Secara geografis, Kota Padang Sidimpuan secara keseluruhan dikelilingi oleh Kabupaten Tapanuli Selatan yang dulunya merupakan Kabupaten Induknya. Kota ini merupakan persimpangan jalur darat untuk menuju Kota Medan, Sibolga, dan Padang (Sumatera Barat) Di Jalur Lintas Barat Sumatera.

    Topografi wilayahnya yang berupa lembah yang dikelilingi oleh Bukit Barisan. Sehingga jika dilihat dari jauh, wilayah Kota Padang Sidimpuan ini tak ubahnya seperti cekungan yang meyerupai danau.

    Puncak tertinggi dari bukit dan gunung yang mengelilingi kota ini adalah Gunung Lubuk Raya dan Bukit (Tor) Sanggarudang yang terletak berdampingan disebelah Utara Kota.

    Salah satu puncak Bukit yang terkenal di Kota Padang Sidimpuan ini yaitu Bukit (Tor) Simarsayang. Juga terdapat banyak sungai yang melintasi kota ini, antara lain Sungai Batang Ayumi dan Aek Sibontar.

    Sistem Pemerintahan Kota Padang Sidimpuan
    Sebelumnya Kota Padang Sidimpuan ini merupakan Kota Administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1982. Kemudian sejak tanggal 21 Juni 2001, berdasarkan Undang-undang Nomor 4 Tahun 2001, Kota Padang Sidimpuan ini ditetapkan Sebagai Daerah Otonom dan merupakan hasil penggabungan dari Kecamatan Padang Sidimpuan Utara, Kecamatan Padang Sidimpuan Selatan, Kecamatan Padang Sidimpuan Batunadua, Kecamatan Padang Sidimpuan Hutaimbaru, Dan Kecamatan Padang Sidimpuan Tenggara Yang Sebelumnya Masuk Wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan.

    Penulis : Dyardian TH Mashel ID
    Sember Lengkap : Wikipedia
     
    Last edited: Feb 1, 2017
Tags:

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.