1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

kota makasar sarang AIDS

Discussion in 'Education Free Talk and Trivia' started by ichreza, Apr 18, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. ichreza M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Nov 8, 2009
    Messages:
    839
    Trophy Points:
    191
    Ratings:
    +8,779 / -0
    [FONT=&quot]Kota Makassar di Sulawesi Selatan, merupakan salah satu kota besar di Indonesia Timur yang memiliki kawasan hiburan malam cukup banyak. Tak kurang dari 90 lokasi yang diduga menjadi ajang bisnis seksual, beroperasi di kota ini.

    Lokasi yang cukup menonjol sebagai tempat hiburan malam adalah kawasan Jalan Nusantara yang berhadapan langsung dengan Pelabuhan Makasar.


    Diduga kuat, sebagian dari pekerja s*ks komersial di Makassar didatangkan lewat pelabuhan ini. Mereka adalah korban-korban perdagangan manusia atau trafficking yang sulit untuk bisa keluar, dari lingkungan tempatnya bekerja.

    Tak bisa dihindari, seiring makin banyaknya perempuan yang menjajakan diri, penyakit kelamin pun semakin mengintai, khususnya AIDS. yaitu Acquired Immuno Deficiency Syndrome yang menyebabkan hilangnya kekebalan tubuh seseorang akibat virus HIV atau Human Immuno Deficiency Virus.

    Hal yang sangat membahayakan, saat ini, para pekerja s*ks yang sudah terpapar virus HIV, belum juga menghentikan aktivitas seksual dengan banyak lelaki langganannya. Bahkan, tidak sedikit, justru berusaha menutupi keadaan sesungguhnya agar tetap bisa mendapatkan uang.

    Bayangkan, bila dalam seminggu ada 12 lelaki yang dilayani oleh seorang pekerja s*ks, berapa orang perempuan lain sebagai istri yang ikut tertular. Bahkan, tak menutup kemungkinan menular pula pada bayi yang tengah dikandung.

    Seorang pemilik tempat hiburan di kawasan Jalan Nusantara, Makassar, beranggapan penggunaan k*nd*m membuat kemungkinan penularan HIV/AIDS melalui para pekerja s*ks menjadi kecil. Apalagi dia merasa sudah melakukan seleksi ketat terhadap perempuan-perempuan yang mau menjadi pekerja s*ks komersial, dan telah menerapkan prosedur pemeriksaan kesehatan berkala.

    Mereka tampaknya tak sadar, berbagai penyakit seksual, termasuk HIV/AIDS, awalnya berasal dari hubungan s*ks tanpa kendali. Akibatnya, AIDS yang diperkirakan muncul di Afrika Sub Sahara pada abad ke 20, saat ini sudah menjadi wabah global. Badan Kesehatan PBB atau WHO memperkirakan, di tahun 2004 lalu saja, sekitar 3,5 juta melayang akibat AIDS di seluruh dunia.

    Pencegahan penularan HIV/AIDS memang bukan sebatas masalah lokal, tetapi juga menjadi masalah dunia. Karena itu, berbagai lembaga dan badan, gencar melakukan penyuluhan, khususnya bagi pekerja s*ks, agar penyakit satu ini bisa diatasi.

    Orang yang terjangkit virus HIV pada tahap awal, biasanya tak merasakan tanda-tanda berarti secara fisik. Fisik mulai menurun seiring berkurangnya kekebalan tubuh.

    Biasanya, ditunjukkan oleh diare terus menerus, flu dan batuk yang tak kunjung sembuh, nafsu makan berkurang, penurunan berat badan yang drastis, rambut rontok, serta berkeringat di waktu malam. Pada titik ini, seharusnya penderita AIDS atau disebut orang dengan HIV/AIDS, harus sudah menjalani terapi dengan anti retroviral.

    Menurut Zulkifli yang mengelola kelompok relawan antisipasi HIV/AIDS, saat ini masih banyak orang, khususnya para PSK yang mengabaikan berbagai penjelasan mengenai penyakit tersebut. Bahkan, mereka juga sering tak peduli dengan bentuk-bentuk penularannya.

    HIV/AIDS diyakini, tidak bisa diatasi hanya melalui bidang kesehatan, karena erat pula hubungannya dengan masalah sosial.

    Pasalnya, kemiskinan sering memaksa orang bisa berbuat apa saja demi memenuhi kebutuhan hidup, termasuk melacurkan diri ke lingkaran prostitusi. Hal ini biasanya dialami oleh perempuan-perempuan kalangan menengah ke bawah yang tidak mendapat pendidikan yang cukup.

    Gambaran mengenai perempuan kelas bawah yang terpaksa terjun ke dunia prostitusi tampak dari para pekerja s*ks jalanan yang terjaring dan mendapat binaan dari panti-panti sosial, termasuk Panti Sosial Karya Wanita Mattiro Deceng, Makassar.

    Diantara ratusan PSK kelas bawah ini, 85 persen diantaranya terindikasi terjangkit virus HIV. Bahkan ada pula yang dalam keadaan hamil.

    Perempuan ini, kini tak berdaya menunggu kelahiran anaknya yang diperkirakan kembar. Meski tak bisa bicara banyak, dia sangat khawatir bila kelak anaknya ikut terpapar virus yang menyebabkan hadirnya penderitaan demi penderitaan.

    Penyebaran HIV/AIDS bisa secara langsung melalui hubungan s*ks dan jarum suntik, atau secara tidak langsung dari ibu kepada anak yang dikandungnya. Kualitas hidup orang yang sudah terjangkit virus tersebut bisa tetap baik, bila menerapkan gaya hidup sehat serta menjalani terapi obat dengan benar.

    Banyak cara-cara atau strategi yang dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran HIV/AIDS agar tidak menjadi sebuah bom waktu bagi umat manusia. Salah satu cara yang sederhana adalah dengan penyuluhan gencar terhadap kelompok berisiko tinggi tertular virus, yaitu pekerja s*ks.

    Tanpa kita sadari, setiap tahun, hampir 2 juta 400 orang di seluruh dunia ikut menjadi korban perdagangan manusia.

    Di Indonesia sendiri, tercatat sekitar 200 hingga 300 ribu orang, terutama kaum perempuan di bawah usia 18 tahun menjadi korban yang sebagian besar bekerja menjadi pemacu industri s*ks di kota-kota besar, seperti Medan, Batam, Pekan Baru, Jakarta, Surabaya, Makassar dan Bali. Diperkirakan, 150 ribu di antaranya telah terjangkit virus HIV. Menakutkan bukan??

    Namun, bila memang sudah terjangkit, bukan berarti dunia benar-benar kiamat. Bagi para pekerja s*ks, dihimbau untuk beralih ke profesi lain, kendati ini jarang mereka penuhi, hingga fisik mereka tak lagi memungkinkan melayani kaum lelaki hidung belang.

    Para relawan di berbagai daerah, termasuk di Makassar, mengharapkan orang yang terpapar virus HIV menerapkan gaya hidup sehat. Misalnya, banyak mengkonsumsi buah-buahan dan susu, serta berolahraga teratur.

    Sehingga, bisa memperkuat kekebalan tubuh yang sudah dirasuki virus. Selain itu, bagi mereka yang berisikp tinggi terpapar virus seperti para pekerja s*ks, pelaku s*ks bebas, maupun pengguna jarum suntik, harus aktif memeriksakan diri.

    Sebagian korban HIV/AIDS saat ini juga aktif mengisi di lembaga-lembaga konsultan AIDS untuk memberikan penyuluhan kepada sesama korban lainnya. Kebanyakan, mereka adalah mantan karyawan hiburan malam. Sehingga dia mudah menjaring atau membujuk para psk untuk memeriksakan kesehatan ke dokter.

    Selain harus berjuang menghadapi penyakit, orang dengan HIV/AIDS juga harus berjuang mengatasi tekanan mental yang dihadapi atas perlakuan yang terasa menyakitkan.


    Bila nasi sudah menjadi bubur, apalah daya ini. Hikmah tetap harus dipetik. Ketika sudah berani menyentuh sisi-sisi gelap kehidupan, harus berani pula menerima akibat yang didapat.

    HIV/AIDS memang penyakit yang mengerikan. Namun, penderitanya atau dikenal sebagai orang dengan HIV/AIDS, tidak perlu dijauhi, karena penularannya cukup terbatas.[/FONT]
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. yuripuspita M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jul 24, 2010
    Messages:
    1,144
    Trophy Points:
    132
    Ratings:
    +4,776 / -0
    1st...
    waduhuuhhh keluarga gw di makassar buanyak euy,,
    jgan sampe lah main2 ketempat2 begituan...
     
  4. JESSishaq Members

    Offline

    Joined:
    Jul 15, 2011
    Messages:
    1
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    :panik: ane org makassar gan.... baru tau di kota ane banyak yg gtuan... hehehehe
     
  5. ttopengg M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    May 13, 2011
    Messages:
    610
    Trophy Points:
    57
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +126 / -0
    karena setitik.. rusak sekota.. :hot:

    peribahasa ini pas gak ya..?
     
  6. x1210x M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Dec 11, 2009
    Messages:
    201
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +743 / -0
    belum pernah tuh maen2 ke tempat2 begituan..
    lebih baik jangan deh daripada nanggung resiko yang fatal..:takut:
     
  7. maskasman Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 12, 2010
    Messages:
    184
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +723 / -0
    kalo hubungannya dengan urusan perut, apapun dilakukan.
    ini pr pemerintah buat mensejahterakan rakyatnya.
     
  8. myvinot Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 8, 2010
    Messages:
    83
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +6 / -0
    maaf yah,tolong cantumkan sumber dan data yg valid.klo yg gw baca sih,data ma info yg tertera sangat umum jd judulnya sangat tidak sesuai dan cenderung diskriminasi.but,anyway,thanks for the info
     
  9. Hktoyshop M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 19, 2008
    Messages:
    14,785
    Trophy Points:
    161
    Ratings:
    +3,918 / -0
    masa sih gan baru tau ane..
    serem juga ya :dingin:
     
  10. fakkumod Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 8, 2011
    Messages:
    208
    Trophy Points:
    26
    Ratings:
    +225 / -0
    Tapi sekarang obat AIDS sudah menunjukkan perkembangan yang luar biasa loh... Berita terakhir, kode enzim dari virus AIDS sudah bisa dipecahkan oleh gamer dan itu sangat membantu ilmuwan..
     
  11. jarmen_kerll M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    526
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +34 / -1
    wew kok yang mecahin kode genetiknya seorang gamer bukan dokter otau ilmuwan gitu....
    tapi bagus deh semoga wabah AIDS bisa cepet dikendalikan.........
     
  12. kampredh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    590
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    hmmm,
    makin parah ya gan,
    btw, itu beneran tuh atas ane??
    gimana ceritanya itu gamer?
    mainan game aids?
     
  13. echalee M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 6, 2009
    Messages:
    1,529
    Trophy Points:
    147
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +1,463 / -0
    sumber dong.. :minta:
    sebenernya banyak kota2 di Indonesia jadi terkenal karena tempat "begonoan"nya.. tapi setau aku sih di papua.. karena mereka disana ya bebas! dan pendidikan s*ks disana pun sedikit.. itu sih dari sumber yang pernah kesana dan hidup beberapa tahun lho yaa.. CMIIW :peace:

    dan kayaknya dlu pernah ada beritanya deh :dandy:
     
  14. Di4m0nD M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Aug 6, 2011
    Messages:
    704
    Trophy Points:
    67
    Ratings:
    +88 / -0
    kok g dikasi sumber sih
    kok makassar yg no.1, kalo dibilang jawa sih masuk akal,
     
  15. oberst Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 18, 2012
    Messages:
    96
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +8 / -1
    penyebaran aids seprti penomena gunung es, kecil di atas meluas di bawah lngkah antisipasinya ya jgn jajan sembarangan aja
     
  16. joeash Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Oct 20, 2009
    Messages:
    148
    Trophy Points:
    41
    Ratings:
    +756 / -0
    duh bingung judul ama isinya kok agak gimana gitu, harusnya data2 nya di perjelas, misal jumlah penderita, persentasi kenaikan jumlah perderita dalam periode waktu tertentu,jumlah kematian, dll
    kalo cuma mengatakan kalo pusat lokalisasi dalah di daerah dekat pelabuhan, itu hanya masuk salah satu faktor yang mempermudah penyebaran, bukan berarti makasaar sarang AIDS, dimana2 juga lokalisasi pasti ada yang di daerah dekat pelabuhan
     
  17. Kazegawa04 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    868
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +662 / -0
    emang betul? datanya akurat ga tuh????
     
    • Thanks Thanks x 1
  18. wahrusakiki Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 15, 2009
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    26
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +323 / -0
    Iya nih saya baru denger kalo makassar jadi sarang AIDS.

    Kayaknya di banyak kota, pasti ada lokasi begituan sih.
     
  19. CroWiNight M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jan 21, 2012
    Messages:
    708
    Trophy Points:
    76
    Ratings:
    +241 / -0
    :shock1:


    gua punya banyak teman makassar, tapi gk ada yang sampe kayak gitu juga.
     
  20. renation89 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    13,319
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +27,366 / -2
    tapi tempatnya lumayan asik sih nusantara itu :iii:
    masak ada kampus dekat daerah sono :swt:
     
  21. ferryo M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Feb 14, 2011
    Messages:
    444
    Trophy Points:
    31
    Ratings:
    +12 / -0
    Sampe segitunya gan?
    Wih, ngeri juga ya... Tapi aku yakin, di sana masih banyak orang2 yang baik.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.