1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Pengen ganti nama ID? Plat tambahan? Promo GK? Cek Promo Spesial Hari Kemerdekaan, Kuy~ Cek infonya di sini yaa!
  3. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  4. Hai IDWS Mania, membership gatotkaca telah hadir kembali lho, kalau mau info lebih lanjut klik di sini
  5. Pengen hadiah pulsa buat ngisi paketan internet? Ikuti TTS Cartoons 2018 di AMVC CrossWords. Langsung saja jawab, aku tunggu yaaaa!!
  6. Eh, eh.. IDWS punya kebijakan baru dan Moderator in Trainee baru loh!. Intip di sini kuy!

Historical Places Kota-Kota Musnah yang Ditemukan Kembali

Discussion in 'World History' started by BrownWhite, Sep 16, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. BrownWhite Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 15, 2011
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    Kota-Kota Musnah yang Ditemukan Kembali

    Imajinasi manusia sepertinya butuh mencari tentang hal-hal di masa lalu dalam keterkaitannya dengan saat ini. Oleh sebab itu senantiasa menarik untuk mengetahui cerita seputar situs-situs purbakala dari sejumlah kota penting yang pernah ada, peradaban yang kini musnah.

    Berikut daftar sepuluh kota kuno yang telah hilang, terlupakan, tetapi ditemukan kembali jejaknya.

    10. Pavlopetri (Yunani)
    [​IMG]
    Dimulai dari Pavlopetri, "kota bawah laut" tertua di dunia. Ia diperkirakan telah ditinggali sejak setidaknya awal 2800 SM. Berposisi di area pesisir Laconia sebelah selatan, Semenanjung Yunani pada kedalaman 4-5 meter. Kota ini kemungkinan besar tenggelam di dasar laut akibat kenaikan permukaan laut serta penurunan tanah yang disebabkan oleh gempa. Tingkat permukaan laut pada saat itu memang terus fluktuatif dalam rentang cukup luas. Pavlopetri ditemukan kembali oleh geoarkeolog Nicholas Flemming pada 1967. Tim arkeologi dari Cambridge memetakannya setahun kemudian.

    9. Cliff Palace (Colorado)
    [​IMG]
    Reruntuhannya hingga kini masih ada di sudut barat daya Colorado. Cliff Palace adalah teritori suatu kelompok suku pribumi Amerika, Pueblo atau disebut juga "Anasazi". Diyakini Cliff Palace dibangun di masa kejayaan Anasazi, dan berkembang antara 900-1200 Masehi. Kota ini tiba-tiba ditinggalkan konon berhubungan dengan kejatuhan Anasazi. Berlokasi di Taman Nasional Mesa Verde, Cliff Palace sekarang menjadi situs ikon, yang senantiasa ingin dikunjungi para turis. Desain konstruksi unik di tebing-tebing tinggi menjadi daya tariknya.

    8. Akrotiri (Santorini)
    [​IMG]
    Kota bersejarah ini terkubur di bawah berton-ton abu vulkanik. Akrotiri dan peradaban Bangsa Minoa lenyap karena bencana gunung berapi di Pulau Thera, 1600 SM. Sejauh ini, lebih dari sepuluh bangunan telah digali di Akrotiri. Di antaranya adalah bangunan besar yang disebut Xesta 3, yang dilihat dari ukuran serta dekorasi dindingnya, adalah sejenis kuil tempat upacara ritual tertentu. Temuan lain yang jugalah mengejutkan yakni sederet lukisan spiral yang masing-masing memiliki diameter 2 sentimeter, dihiasi rangkaian titik. Constantin Papaodysseus dari Universitas Teknik Nasional Athena dan timnya sempat meneliti, yakin bahwa lukisan ini bentuknya dapat didefinisikan dengan formula matematika sehingga jarak antara garisnya selalu konstan. Ini menunjukkan bahwa orang-orang Minoa mungkin telah mengenal ilmu geometri sejak 1650 Sebelum Masehi.

    7. Tikal (Guatemala)
    [​IMG]
    Tikal adalah situs arkeologi terbesar di Amerika Tengah, yang mencakup luas enam belas kilometer persegi. Berada di pedalaman Guatemala Utara. Dulunya merupakan ibukota yang menopang pemerintahan, ekonomi, militer kerajaan Maya. Serangan dari Suku Teitihuacan mengakhiri eksistensi pada akhir abad 10. Taman Nasional Tikal sekarang sudah menjadi salah Situs Warisan Dunia UNESCO. Di sana terdapat piramid setinggi 70 meter, monumen peringatan, juga istana-istana.

    6. Timgad (Aljazair)
    [​IMG]
    Bekas kota perdagangan peninggalan Romawi di Afrika ini dibangun oleh Kaisar Trajan pada tahun 100 Masehi. Di pusat kota terletak gapura dengan tinggi 12 meter, yang disebut Trajan’s Arch. Menjelang abad ke-7, penjarahan dan pengrusakan besar-besaran membuatnya ditinggalkan. Namun pasir Sahara yang menutup kota ini secara tidak langsung menjaga keberadaanya hingga ditemukan kembali pada 1881.

    5. Machu Picchu (Peru)
    [​IMG]
    Merupakan simbol kerajaan Inka yang paling terkenal yang dibangun pada sekitar tahun 1450. Machu Picchu ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Dinasti Inka. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III tahun 1911. Semenjak itu Machu Picchu menjadi objek wisata menarik bagi para turis lokal maupun asing. Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Beberapa bangunan utama: Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela.

    4. Mohenjo-daro (Pakistan)
    [​IMG]
    Salah satu tempat peradaban tertua di Lembah Sungai Indus. Kemajuan peradaban di Mohenjo-daro terlihat dari jalan-jalan yang teratur serta sistem drainase tingkat tinggi. Masyarakat di Lembah Sungai Indus juga disinyalir penganut egaliter, karena tidak nampak adanya tata ruang yang menunjukkan struktur kompleks, seperti bangunan kuil atau istana, setelah Mohenjo-daro ditemukan kembali pada 1922. Belum jelas apa yang menyebabkan kota ini pada akhirnya ditinggalkan sekitar 1800 SM.

    3. Petra (Yordania)

    [​IMG]
    Sebuah situs arkeologikal terkenal di Yordania, terletak pada dataran rendah di sela-sela pegunungan yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Setelah Perang Salib di abad ke-12, Petra sempat menghilang selama lebih dari 500 tahun.


    2. Troya (Turki)
    [​IMG]
    Troya yang legendaris adalah lokasi kota utama di barat laut Turki. Sekitar tahun 1870, arkeolog Jerman Heinrich Schliemann melakukan penggalian di area tersebut. Ekskavasi-ekskavasi selanjutnya membuka tabir bahwa beberapa kota dibangun sebagai pengganti bagi kota sebelumnya di tempat yang sama. Salah satu dari kota awal (dinamai Troya VII) sering diidentifikasikan dengan kota Troya menurut epos (cerita kepahlawanan) karya Homer, seniman Yunani Kuno. Sejarah mencatat pula, Troya berkali-kali runtuh dan dibangun kembali.

    1. Pompeii (Vesuvius)
    [​IMG]
    Di kaki Gunung Vesuvius, di kawasan Campania, Italia, hadir sebuah kota bukti puncak kekaisaran Romawi kuno. Kota Pompeii berdiri pada abad 6 SM dan hancur oleh letusan Vesuvius pada 79 M. Debu letusan yang menimbun Pompeii dengan segala isinya sedalam beberapa kaki menyebabkan kota ini hilang selama 1600 tahun sebelum ditemukan kembali secara tidak sengaja. Ketika letusan terjadi, kota Pompeii mungkin berpenduduk sekitar 20.000 jiwa.

    Semoga Infonya bermanfaat...
    Sorry Kalo repost, gua minta maaf :maaf: dan mohon langsung ditutup threadnya....
    sumber
     
    • Thanks Thanks x 3
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. x8_user Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2011
    Messages:
    65
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +214 / -0
    Entah repost atau tidak tapi menambah pengetahuan aye...
    Btw, apakah di Indobesia gag ada ? Kan ada borobodur ?
     
  4. novhalgan Members

    Offline

    Joined:
    Jan 23, 2011
    Messages:
    5
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +0 / -0
    harusnya bangsa skrg belajar dari kebudayaan dulu, kaya mohenjodaro atau machu pichu, kota kuno tapi sangat terorganisir
     
  5. rain4est Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 21, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    CMIIW.. Indonesia sebenarnya ada kota2 zaman dulu yang hilang... tapi belum ada yang mencari.. bisa dikarenakan data2 yang kurang lengkap... :peace::semangat:
     
  6. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,814 / -0
    kebanyakan sudah kelihatan cukup maju tata kota nya:iii:
    drainase mohenjo daro keliatan rapi banget padahal tahunnya masih sebelum masehi:iii:
     
  7. herdian M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 18, 2008
    Messages:
    1,249
    Trophy Points:
    176
    Ratings:
    +3,171 / -2
    yang di peru itu kok tanahna dah berwarna ijo?? apa karna lumut gt? atau emank dah dr sonona pas ditemukan dah kyk gt??
     
  8. nyobaposting Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 4, 2010
    Messages:
    58
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +10 / -0
    ada satu lagi si gan,,
    ane baru baca kompas kemarin,,

    kerajaan sanggai di lereng tambora yang suku dan bahasanya hilang oleh letusan gunung tambora 1815,, letusan terdahsyat sejak letusan toba katanya,,
     
  9. Double_DecaKiva_DenBlades M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Sep 14, 2009
    Messages:
    17,534
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +36,814 / -0
    ah iya ya:kaget:
    tapi kalau lumut kayaknya kok rapi banget ya?:bloon:
     
  10. zulfikarfahmi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 20, 2010
    Messages:
    555
    Trophy Points:
    56
    Ratings:
    +102 / -0
    [​IMG]

    bukane troya itu cerita epos bukannya nama kota?
    CMIIW
     
  11. gondeaz13 M V U

    Offline

    Re:Coded

    Joined:
    Mar 25, 2011
    Messages:
    225
    Trophy Points:
    72
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +74 / -0
    nice info gan..
    tapi kan di dasar laut mati juga ada kota namanya apa y?
     
  12. nugonugo Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Dec 16, 2009
    Messages:
    170
    Trophy Points:
    86
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +32 / -0
    tatanan rumah2nya kaya2 rumah2 di kota Rio y??
     
  13. BrownWhite Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 15, 2011
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    :swt: Borobudur bukan kota melainkan bangunan....

    Udah jadi tempat wisata sekarang makanya rumputnya di kasih rapi....

     
    Last edited by a moderator: Aug 16, 2012
  14. cakrabyuha M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    364
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +17 / -0
    [​IMG]

    Machu Picchu udah sering liat gambarnya tetap selalu mempesona............ kehidupan waktu masih ada penduduk - situasi disana kayak gimana ya?
     
    Last edited by a moderator: Oct 3, 2011
  15. kampredh M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Sep 11, 2009
    Messages:
    590
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +13 / -0
    beuh, petra
    bukti sejarah superioritas arsitektur jaman dulu
    gimana itu ya???
     
  16. nelli Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 8, 2011
    Messages:
    38
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +5 / -0
    kok Atlantis gak ada
    apa gak pernah ditemukan kembali ya:ehem:
     
  17. BrownWhite Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Sep 15, 2011
    Messages:
    202
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +12 / -0
    Atlantiskan masih diperdebatkan...
    dan juga kotanya belum ditemukan....

    Kalo gak salah Atlantis ada Thread nya coba kk cek....
     
  18. Fantapupay Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2011
    Messages:
    64
    Trophy Points:
    7
    Ratings:
    +1 / -0
    saya belum nemu nih di internet. google-ing hanya menghasilkan kerajaan sanggau di kalbar. please link-nya ya.
     
  19. hanggeroko M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Oct 2, 2008
    Messages:
    1,718
    Trophy Points:
    211
    Ratings:
    +13,503 / -0
    yang pernah musnah, dan ditemukan kembali... Gitu masssss
     
  20. Daniel707 Members

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 29, 2012
    Messages:
    418
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +5 / -0
    busett yg machu piccu itu indah banget pemandangan nya..
    ane gag bisa bayangin kehidupan damai pnduduk nya pas sbelom kedatangan penjajah spanyol ckckck
     
  21. eantz M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Mar 18, 2010
    Messages:
    252
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +8 / -0
    machu piccu kalo di game kayaknya aneh.,
    tapi di sini kelihatan wow banget..
    kota di atas gunung..
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.