1. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

News Korea Selatan 1950 – 2010 (From Zero To Hero)

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by keemchee, Mar 14, 2011.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,043 / -7
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]

    Pada Tahun 1950, Korea Selatan adalah sala hsatu negara termiskin di dunia. Sama miskinnya dengan negara-negara termiskin di Afrika dan Asia. Ekonominya hanya bersandar pada pertanian, belum lagi sempat hancur gara-gara pendudukan Jepang dan Perang Korea.

    Dalam 4 dekade, Korea Selatan berubah cepat dari negara termiskin, menjadi salahsatu Negara paling kaya dan tercanggih di dunia dengan nilai ekonomi Trilyunan dollar.

    Tahun 1963, GDP perkapitanya cuma $100. Tahun 1995 sudah $10.000. 2007, $25.000. Goldman Sachs meramalkan Korea tahun 2050 nanti akan jadi negara terkaya nomor 2 di dunia, mengalahkan semua bangsa lainnya kecuali Amerika dengan pendapatan perkapita $81.000. Korea, juga tercatat sebagai bangsa dengan kecepatan pertumbuhan ekonomi tercepat sepanjang sejarah.


    Dan inilah keadaan kota Korsel yang berubah menjadi kota nan mewah ini.


    [​IMG]

    Produk-produk elektronik Korea, Samsung dan LG, telah menguasai dunia. Dari ponsel canggih, televisi plasma, LCD, sampai semikonduktor. LG sendiri sekarang adalah perusahaan pembuat panel plasma terbesar di dunia. Samsung, adalah konglomerat terbesar di dunia, yang hanya kalah oleh General Electric.

    [​IMG]

    Industri pembuatan kapal Korea, Hyundai dan Samsung Heavy Industries, adalah yang terbesar di dunia dan mengalahkan Jepang tahun 2004. Hyundai, juga menjadi perusahaan otomotif ke 5 terbesar di dunia.
    Korea juga telah jadi negara termaju di dunia dalam hal infrastruktur teknologi. Sejak tahun 2000, seluruh masyarakat Korea telah menikmati jaringan internet 100 Mbit/detik, siaran televisi interaktif high-definition, teknologi komunikasi 4G.

    [​IMG]

    Awalnya biasa saja
    Ekonomi dibangun dengan membangun industri-industri standar negara berkembang, tekstil, sepatu, yang mudah dan ringan. Tapi pemerintah sudah sekaligus mempersiapkan segalanya, infrastruktur, sumberdaya, dan pengetahuan untuk level industri selanjutnya. Industri berat dan strategis, baja, otomotif, perkapalan. Bukan untuk dimajukan, tapi untuk mengusai dunia.

    [​IMG]

    Sejak awal, strategi besar Korea adalah export oriented. Mereka harus mempersiapkan diri dan berjuang untuk merebut pasar dunia! Ini akibat dari keadaan yang sama seperti Jepang, sumberdaya alam yang sangat terbatas dan pasar dalam negeri yang kecil. Export Oriented! Berjuang keras sejak dini untuk merebut pasar dunia.

    [​IMG]

    Pemerintah memberikan dukungan yang kuat untuk dunia usaha. Infrastruktur, modal yang murah, pajak rendah untuk industri unggulan, dan, sumberdaya manusia berkualitas tinggi. Birokrasi dibuat super efisien dan berkualitas tinggi. Para birokrat dididik dengan proses belajar dan disiplin kelas dunia. Hanya yang terbaik yang ada dalam birokrasi. Yang tidak efisien, langsung dipotong. Tidak ada waktu untuk birokrasi korup.

    [​IMG]
    Kim Young Sam adalah mantan PM Korsel yg mendonasikan seluruh hartanya demi pembangunan negaranya


    Para konglomeratnya, Hyundai, Samsung, dan LG juga adalah pejuang yang sangat nasionalis. Mereka pada dasarnya akan berjuang mati-matian menembus pasar dunia demi kemajuan bangsa Korea. Dengan, atau tanpa bantuan dari pemerintah.

    Para pemimpin Korea juga punya visi yang sangat maju dalam penyerapan dan pengembangan teknologi. Inilah kunci dari semua bangsa-bangsa termaju. Tahun 1959, pemerintah Korea sudah mendirikan Korean Atomic Energy Commision. Pertengahan tahun 1960, Kementerian Sains dan Teknologi dibentuk. Lalu Korea Institute of Science and Technology yang dibentuk untuk riset industrial.

    Dan setelah itu, proses pembelajaran sains dan teknologi dilakukan secara besar-besaran. Para ilmuwan asing dan segala macam teknologi terbaru dari Barat diserap habis-habisan. Persis seperti Jepang. Riset dan penelitian digalakkan, orang-orang serta badan-badan riset yang unggul diberi dana yang sangat besar oleh pemerintah. Industri-industri dengan potensi pasar masa depan yang besar dianalisis dan dikejar habis-habisan, baik oleh pemerintahnya maupun swasta.

    [​IMG]

    Industri-industri utama Korea Selatan sekarang adalah otomotif, semikonduktor, elektronik, pembuatan kapal, dan baja. Korea juga dengan intens mengembangkan industri-industri strategis masa depan, seperti Nanoteknologi, Bioteknologi, Teknologi Informasi, Robotika, dan teknologi ruang angkasa.

    Korea mempunyai robot humanoid ke 2 di dunia, HUBO, robot berkepala Einstein. (Robot humanoid pertama dunia adalah Asimo dari Jepang). Korea juga berambisi menjadi “World’s Number 1 Robotics Nation”, bangsa pengguna robot terbesar dunia, 2025 nanti.

    “THE KOREAN BIG SECRET!”
    Dan bagaimana cara agar bangsa Korea punya kemampuan yang tinggi untuk menyerap sains dan teknologi ? Kuncinya adalah ….
    Pembangunan manusia-manusia unggul!

    Manusia-manusia unggul yang punya kemampuan tinggi dalam menyerap ilmu dan teknologi. Pembangunan manusia-manusia unggul, lewat pendidikan unggul. Pendidikan terbaik di dunia.

    Sejak lama, pemerintah telah berjuang agar anak-anak Korea memiliki nilai matematika dan sains yang tinggi. Tidak dalam ukuran Korea sendiri, tapi dalam skala global. Jadi sistem pendidikan terbaik di dunia harus dibentuk.

    Ahli-ahli pendidikan terbaik di dunia, pakar-pakar sains dan teknologi termaju didatangkan untuk membentuk sistem pendidikan Korea. Berbagai usaha dilakukan agar universitas-universitas di Korea bisa sejajar, dengan Harvard dan MIT, terutama dalam advanced science dan technology.
    Sejak awal 70-an, walaupun sangat berat, pemerintah telah memberikan lebih dari 20% anggarannya untuk mengakselerasikan proses belajar bangsa itu. Untuk menciptakan generasi super cerdas. Anak-anak Korea juga didorong untuk belajar ke kampus-kampus paling terkemuka dunia, Harvard, Princeton, MIT.

    Dan Korea telah berhasil. Tingkat IQ Korea secara nasional adalah yang tertinggi di dunia. Dan anak-anak Korea juga memiliki ranking teratas dalam kemampuan matematika, sains, problem solving, dan membaca dalam peringkat OECD, Organisation for Economic Co-operation and Development.

    Sumber: Random Articles

    ..
     
    • Thanks Thanks x 4
    • Like Like x 2
    Last edited: Mar 15, 2011
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. dark_chris M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 22, 2008
    Messages:
    2,108
    Trophy Points:
    177
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,081 / -0
    salut buat korea..

    pemerintah yg perhatian merupakan salah 1 kunci untuk kemajuan bangsa...

    semua ny di persiapkan dengan baik, biarpun pada awalny cukup sulit..

    tp lihat sekrg, stlh 60taon...

    luar biasa..

    :matabelo:
     
  4. Heather M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 20, 2011
    Messages:
    533
    Trophy Points:
    91
    Ratings:
    +1,170 / -0
    kapan indo kayak gini....:sepi:
     
  5. marwe Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Sep 2, 2010
    Messages:
    99
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +42 / -0
    salah satu negara yg pgn gw datengin nih :malu:
     
  6. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,043 / -7
    iya, Korea dari zaman dahulu mmg sudah didominasi oleh pemimpin yg arif dan bijaksana...:sigh:
     
  7. leaver M V U

    Offline

    I'm still a newbie

    Joined:
    May 10, 2010
    Messages:
    8,291
    Trophy Points:
    242
    Ratings:
    +34,100 / -2
    korea emang negara yang top dengan produk yang bagus, apalgi kalo korea utara juga gabung dengan korea selatan tambah makin kuat kekuatan mereka....
     
  8. rumput Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    20,003
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +557,182 / -0
    wooohhh korea keren dari tahun 1950 miskin bisa seperti sekarang.

    saya sih penggemar drama koreanya :top:

    ternyata negaranya juga keren.
     
  9. just_L Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    11,197
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +14,460 / -0
    kalau saja ada mantan/presiden indonesia yg mengikuti jejaknya :terharu:

    sayang di indonesia yg ada kebalikannya:madesu:
     
  10. rumput Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 8, 2010
    Messages:
    20,003
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +557,182 / -0
    iya di sini bisanya abisin, simpan buat diri sendiri sebanyak banyaknya. dan malah jual aset2 dalam negri doang. :suram:
     
  11. yoshikanji Veteran

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Dec 18, 2009
    Messages:
    18,454
    Trophy Points:
    266
    Ratings:
    +38,463 / -0
    dari gempa & tsunami yg melanda jepang, negara paling d untungkan adalah Cina dan Korea Selatan :top:
    berhubung dengan mandeknya industri elektronik dan otomotif jepang :rokok:
     
  12. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,043 / -7
    iya...:suram:

    beruntung bgt jd rakyat korea...:gembel:

    kalau di Korea hal ini justru malah ditiru pada presiden korea yg saat ini menjabat...

     
  13. blackyway22 M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    2,002
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +10,424 / -0
    nah ini yang baru namanya spirit.. kapan ya kita punya spirit kaya gini :iii:
     
  14. Royal_Knight M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 21, 2011
    Messages:
    1,047
    Trophy Points:
    92
    Ratings:
    +3,132 / -0
    pada tahun 1950 mereka miskin banget:iii:
    n bisa bangkit dalam tempo waktu lumayan cepat sampai jadi negara makmur:iii:
    indonesia kok nggak bisa kayak gini?:voodoo:
     
  15. keemchee M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jun 26, 2009
    Messages:
    5,563
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +10,043 / -7
    indonesia terlalu sibuk buat mikirin urusan perut masing"...:sigh:
     
  16. am4terazu M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 25, 2009
    Messages:
    2,631
    Trophy Points:
    162
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +2,583 / -0
    Indonesia Raya ku kapan...???
    :suram:
     
  17. notox Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Nov 11, 2008
    Messages:
    2,841
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +10,017 / -0
    Kalo disni malah meninggalkan banyak utang negara :swt:
     
  18. ifhuda Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 12, 2010
    Messages:
    39
    Trophy Points:
    16
    Ratings:
    +66 / -0
    emang mantep korea
    harusnya para petinggi di indonesia mencontoh Kim Young Sam
    jangan mikirin perut sendiri
     
  19. jimmy168 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 25, 2011
    Messages:
    1,978
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,391 / -0
    masalahnya di Indonesia
    koropsi adalah sifat alami yang udah mendarah daging
    butuh waktu lama untuk meniru Korea
    :suram::suram::suram:
     
  20. liek89 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Feb 27, 2010
    Messages:
    51
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +39 / -0
    wah memang kereen korea sekarang...
     
  21. amado M V U

    Offline

    Joined:
    Nov 20, 2009
    Messages:
    7,723
    Trophy Points:
    192
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +4,014 / -0
    rata2 game online yang sukses di pasaran itu buatan korsel, bahkan anime jepang pun sebagian staffnya melibatkan orang2 korsel.
    salut buat korea selatan.
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.