1. Disarankan registrasi memakai email gmail. Problem reset email maupun registrasi silakan email kami di inquiry@idws.id menggunakan email terkait.
  2. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin support forum IDWS, bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi Gatotkaca di sini yaa~
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Humor Kontroversi YouTuber Tawarkan Rp 10 Juta Tunai Asalkan Mau Batal Puasa dengan Makan Pizza

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by IDWS.News, Apr 28, 2020.

  1. IDWS.News adalah Partner/ Kontributor TerverifikasiIDWS.News Gatotkaca

    Offline

    ▁ ▂ ▄ ρεηүεвαя ιηғσ ▄ ▂ ▁

    Joined:
    Feb 18, 2010
    Messages:
    2,158
    Trophy Points:
    71
    Ratings:
    +73 / -0
    Menjadi seorang vlogger atau YouTuber memang telah menjadi tren di era serba digital ini, akan tetapi ada baiknya apabila mempertimbangkan etika dan norma sosial dalam membuat konten video karena pada akhirnya, kita semua hidup bersama dalam masyarakat.

    Sayangnya, masih ada saja para content creator yang tak mengindahkan nilai norma dan etika bermasyarakat ketika membuat konten. Demi popularitas dan uang, apa saja bisa jadi konten, sekalipun menyinggung kehidupan beragama sekalipun.


    [​IMG]
    Prank imbalan Rp 10 juta asal mau batal puasa. (Instagram/@hasanjr11)

    Hal itu lah yang dilakukan oleh seorang YouTuber dan content creator hasanjr11. Belakangan ini, ia membuat para netizen di Indonesia geram lantara membuat konten yang bersinggungan dengan agama. Bagaimana tidak, di hari pertama puasa tahun ini, Hasan membuat kontroversi dengan menawarkan imbalan uang bagi orang-orang yang mau membatalkan puasa mereka.

    Hasan selama ini dikenal sebagai youtuber yang kerap membuat konten video prank. Beberapa videonya memang berisi konten yang agak sensitif. Namun kali ini, ulahnya terhitung kelewatan. Ia menghampiri beberapa orang sembari menenteng sekotar pizza dan koper berisi uang tunai Rp 10 juta.

    Targetnya tak lain adalah orang-orang yang tengah berpuasa. Modusnya sederhana saja, ia menawarkan imbalan Rp 10 juta tunai bagi orang berpuasa yang mau membatalkan puasanya saat itu juga dengan melahap pizza yang ditawarkan Hasan.

    Target pertama adalah seorang petani. Pria yang mengenakan topi caping ini terlihat sedang sibuk mengurus sawahnya di siang hari. Hasan kemudian menawarkan pizza sambil mengatakan kalau petani ini makan pizza maka langsung diberi uang.

    Petani ini terlihat bimbang, ia sempat tergoda dengan tawaran Hasan. Sepotong pizza bahkan sudah dipegang tapi akhirnya ia tersadar dan tak tergoda dengan tawaran Hasan.

    Target keduanya yakni ibu penyapu jalanan. Hasan menawarkan hal yang sama pada ibu ini namun dengan tegas sang ibu langsung menolak tawaran Hasan. "Puasa itu kewajiban umat Muslim. Uang bisa dicari, kalau puasa kan balasannya dari Allah, surga. Nggak mau saya [makan pizza]," ujar ibu berhijab ini.


    [​IMG]
    Prank imbalan Rp 10 juta asal mau batal puasa. (Instagram/@hasanjr11)

    Hasan sudah mencoba membujuk sang ibu namun tetap ditolak dengan tegas. Sang ibu justru melontarkan berbagai kalimat yang malah membuat Hasan menjadi sadar.

    Selanjutnya ada 3 anak-anak yang dijumpai Hasan. Bocah lelaki ini juga menolak makan pizza meskipun dengan imbalan uang dalam jumlah banyak. Bocah ini justru seperti ketakutan dan pergi meninggalkan Hasan.

    Terakhir ada petugas penjaga kolam renang yang juga ditawari pizza dan uang. Lagi-lagi orang ini tak mau menyantap pizza meskipun ia mengaku sedang butuh uang.

    "Nggak mau. Saya sudah niat (puasa). Jadi kan puasa salah satu ibadah umat islam," ujar pria ini.

    Video berdurasi 10 menit ini menunjukkan kalau seluruh orang yang ditemui Hasan menolak untuk makan pizza dan membatalkan puasa mereka. Ternyata uang Rp 10 juta tidak membuat seseorang rela membatalkan puasa.


    [​IMG]
    Prank imbalan Rp 10 juta asal mau batal puasa. (Instagram/@hasanjr11)

    Hasan sempat mengunggah video ini di channel youtubenya namun ia memilih untuk menghapus konten ini karena tampaknya khawatir akan mendapat respon negatif dari netizen. Tapi video ini kemudian diupload ulang di channel YouTubers viral. Netizen pun langsung melemparkan komentar pedas.

    "Konten gak bermutu, maksudnya apa bikin orang batal puasa cuma gara-gara 10 juta? Nyari tenar tapi bikin dosa juga," kata netizen.

    "Inilah setan dalam bentuk manusia. Katanya bulan Ramadhan setan dikurung tapi ini setan yang ada di diri manusia tetap aja ada," celoteh netizen lainnya.



    Pendapat penulis

    Penulis pribadi menyayangkan perbuatan Hasan dalam membuat konten. Sekalipun mungkin ia berniat menunjukkan bahwa umah-umah Muslim masih teguh memegang iman dan ibadah mereka dengan menolak tawarannya, menguji iman seseorang yang bahkan "mungkin" tidak ia kenal merupakan sesuatu yang melanggar etika dan kesopanan.

    Kita juga tidak bisa memastikan apakah video Hasan tersebut settingan atau bukan. Di masa-masa sulit karena pandemi virus corona baru (COVID-19) seperti ini, uang tunai Rp 10 juta bisa sangat membantu apalagi bagi orang kecil. Terasa amat tidak logis apabila mereka menolak begitu saja, minimal mempertanyakan asal muasal uang tersebut dan maksud dari si Hasan menawarkan penawaran nyelenehnya.

    Siapa yang mau percaya begitu saja dengan orang asing yang tiba-tiba datang menawarkan uang tunai?

    Kreatif boleh, namun tetap haris memperhatikan nilai-nilai etika dan norma dalam masyarakat, bukannya malah melakukan pembodohan seperti ini.



    Sumber: Portal IDWS
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.