1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Ungkapin kenangan film Asia paling berkesan buatmu. Berhadiah GK, Pulsa, dan Line Gift Sticker loh! .Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Kontroversi Patung Buddha Berkepala Gus Dur

Discussion in 'Tengah Komunitas' started by Zervo, Feb 10, 2010.

Thread Status:
Not open for further replies.
  1. Zervo CO-ADMIN

    Offline

    Oniisan

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,180
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,152 / -2
    Sebelumnya:
    Untuk momod setempat. Kalau dirasa terlalu mengundang konflik dalam bentuk SARA. silahkan di closed aja. Tp gw ga maksud jelek sama sekali.
    Dan satu hal lagi.

    I'm a Buddhist :hero:

    btw.. blom ada yg buat kan..
    gw coba search ga ada.


    Kontroversi Patung Buddha Berkepala Gus Dur
    Tak ada niat menyakiti umat Buddha. Seniman ingin menggambarkan Gus Dur yang pluralis.

    [​IMG]
    Selasa, 9 Februari 2010, 09:29 WIB
    Elin Yunita Kristanti


    VIVAnews - Dalam rangka memperingati 40 hari wafatnya Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, sejumlah seniman membuat empat patung batu Presiden RI keempat itu.

    Empat karya itu adalah patung “Mata Hati Gus Dur” karya Cipto Purnomo, “Gunung Gus Dur” karya Ismanto, “Presiden di Sarang Penyamun” karya Samsudin, dan “Gladiator Gus Dur” karya Jono.

    Salah satu patung menuai kontroversi. Disebutkan Gus Yusuf panggilan akrab pengasuh Pondok Pesantren Tegalrejo, KH Yusuf Chudlori, patung “Mata Hati Gus Dur” menyerupai Buddha dengan posisi sedang bersemedi.

    Bedanya, wajah patung itu adalah wajah Gus Dur yang memakai kaca mata tebal.

    Patung itupun menuai kontroversi. Protes datang dari Dewan Pengurus Pusat Pemuda Theravada Indonesia (DPP PATRIA).

    Kalangan komunitas seniman Magelang yang diwakili KH Yusuf Chudlori lantas meminta maaf kepada pemuda Buddha.

    "Sebetulnya niatan dari teman-teman seniman Magelang itu untuk menggambarkan tentang betapa sangat pluralisnya Gus Dur tanpa maksud lebih dari itu," kata Gus Yusuf kepada VIVAnews di Solo, Senin, 8 Februari 2010, malam.

    "Waktu itu saya dimintai komentar dan saya pun menjawab Gus Dur tidak hanya milik orang Islam dan jika dilihat dari ekspresi seni itu wajar dan sah-sah saja," lanjut dia.

    Dia menambahkan, kalau patung itu sampai menyakiti kalangan umat Buddha. "Itu bukan sifat Gus Dur untuk menyakiti agama lain."

    "Oleh sebab itu, saya mungkin mewakili teman-teman seniman Magelang meminta maaf. Dan barangkali nanti bisa diselesaikan dengan baik-baik," tegasnya.

    Pada intinya, lanjut dia, tak ada sedikit pun untuk melukai umat Buddha.

    Laporan: Fajar Sodiq| Solo

    sumber :
    http://nasional.vivanews.com/news/read/127854-kontroversi_patung_budha_berkepala_gus_dur

    -----------------------------------

    Alasan Seniman Buat Patung 'Buddha Gus Dur'
    Empat patung Gus Dur dipamerkan di gelar seni budaya bertajuk 'Multitesisgusdurisme'.

    VIVAnews - Dalam rangka memperingati 40 hari wafatnya Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, sejumlah seniman menggelar pentas seni budaya bertajuk 'Multitesisgusdurisme' yang menampilkan empat patung Gus Dur.

    Empat patung yang dipamerkan adalah “Gunung Gus Dur” karya Ismanto, “Presiden di Sarang Penyamun” karya Samsudin, dan “Gladiator Gus Dur” karya Jono, dan “Mata Hati Gus Dur” karya Cipto Purnomo - yang menuai kontroversi karena berwujud perawakan Buddha yang sedang bersemedi. Bedanya, wajah Sang Buddha diganti wajah Gus Dur lengkap dengan kaca mata tebalnya.

    Acara Multisesigusdurisme digelar di Studio Mendut yang digagas oleh seniman dan budayawan Sutanto Mendut, Jumat, 5 Februari 2010, kemarin.

    Panitia pergelaran 'Multitesisgusdurisme' membantah pihaknya sengaja membuat kontroversi.

    Sutanto Mendut mengatakan kegiatan itu untuk memperingati 40 hari wafatnya Gus Dur. Tidak ada maksud untuk melukai kelompok agama manapun.

    Sutanto Mendut mengatakan bahwa ini kepedulian para seniman di Magelang yang notabene adalah pemahat batu kepada mendiang Gus Dur.

    "Oleh sebab itu mereka menciptakan karya seni yang menggambarkan sosok Gus Dur dengan cara mereka sebagai pemahat," kata dia kepada VIVAnews, Selasa, 9 Februari 2010.

    Jika ada hal itu menimbulkan kontroversi, bukan itu tujuan yang diharapkan.

    "Kita tidak ingin menodai kelompok manapun atau menodai sosok Gus Dur. Hal ini bisa menjadi sebuah pembelajaran bagi kita untuk tidak langsung memberikan judgement. Inti dari kegiatan ini adalah untuk menyimbolkan Gus Dur sebagai tokoh pluralis yang diterima oleh kelompok manapun tidak hanya Islam," harapnya.

    Laporan : Fajar Sodiq| Solo

    sumber : http://nasional.vivanews.com/news/re...uddha_gus_dur_


    Pendapat gw dari seseorang yang Buddhist.
    Klo gw pribadi sih. Ga terlalu tersinggung. Tp klo dibilang ga tersinggung sama sekali juga ngga.
    Tapi seharusnya umat Buddha yg bijak tidak akan terlalu mempermasalahkan mslh ini

    Buddha tidak hanya dilambangkan dari batu2an atau benda materi lainnya.
    Dan juga keren juga dari sekian banyak. Bisa mengambil ide sosok seorang Buddha :haha: mungkin ada kekaguman sebenernya di hati para pemahat. Sekalian aja konversi agama :hihi: (kidding. tp bagus jg klo jd kenyataan)

    Cuma kalau gw mah.
    Agak2 :panda: liat jawaban (hasil wawancara) nya. Cacad banget jawabnya.
    Keq orang mabok.
    Ngasal abiz..

    sekali lagi.
    Gw ga mengundang keributan. :piss:
    keep it cool guyz
     
    • Like Like x 2
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. cape Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jul 31, 2009
    Messages:
    184
    Trophy Points:
    51
    Ratings:
    +605 / -0
    Ijin nyimak aja gan...ane gak mw ikut2an,tkut salah ngomong,tar malah bikin ribut...'0'v
     
  4. mr_ark SUPERMOD

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Jan 14, 2009
    Messages:
    20,799
    Trophy Points:
    237
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +71,583 / -15
    Mirip banget, cuman beda wajah. Rambutnya malah sama tuh. :hihi::kata: Yup, menurut saia sih ini beresiko menyinggung umat Buddha, soalnya menyangkut simbol sakral mereka. Kecuali kalo pose Gus Dur-nya lagi sila, pake sarung + baju koko, pegang tasbih, dan pake peci. :hehe: Jadi ngambil pose silanya doank, dandanannya enggak.
     
    • Like Like x 1
    • Thanks Thanks x 1
  5. Zervo CO-ADMIN

    Offline

    Oniisan

    Joined:
    Dec 8, 2008
    Messages:
    10,180
    Trophy Points:
    237
    Ratings:
    +148,152 / -2
    Btw..
    klo gw liat mirip Ironman
    :lol:
    wakakakakaka

    ya kan?
     
  6. summonedskull M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,981
    Trophy Points:
    212
    Ratings:
    +25,796 / -0
    ga cuma budha, kedua agama malah berpotensi rusuh kk :maaf:
     
  7. bHell M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Jul 19, 2008
    Messages:
    5,246
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +43,242 / -0
    :kaget: aduh, ane kaga ikut2an ahh... :panik::ngacir:
    gak berani komen, sensitif bgt nih
     
  8. avengedhero Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 18, 2009
    Messages:
    123
    Trophy Points:
    36
    Ratings:
    +649 / -0
    Gak bermaksud menyinggung siapapun.Klo Gus Dur mah gak usah ditanya,dari dulu memang paling sering jadi Kontroversi.
     
  9. dejivrur M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jan 31, 2009
    Messages:
    3,896
    Trophy Points:
    131
    Ratings:
    +1,109 / -2
    gawat juga nih senimannya...

    gus dur di alam sana mungkin tak tenang liat umat nya bikin patung yang merendahkan agama lain...

    sungguh terlalu
     
  10. feather M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 22, 2010
    Messages:
    306
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +2,072 / -0
    . . . .

    Yg terpenting intinya itu :ehem:
     
  11. peter82 Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Jul 5, 2009
    Messages:
    3,516
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +39,471 / -0
    maksudnya untuk mengenang jasa beliau yg menjadikan imlek masuk dalam kalendar nasional ya :???:
    tapi kq bawa2 agama :???: buat aja patung aslinya truz pajang :panda: kalau begini jadi sensasi, pasti ada yg mau mengambil keuntungan :rokok:
     
  12. kabuki M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    May 14, 2009
    Messages:
    6,180
    Trophy Points:
    226
    Ratings:
    +10,229 / -0
    buat patung mo ngenang kok aneh2
    gak byk komen
     
  13. rky3prince M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    May 13, 2009
    Messages:
    273
    Trophy Points:
    141
    Ratings:
    +1,033 / -0
    wah ngakak banget baca judulnya, tp isinnya kok agak SARA ya :ngacir:
     
    • Like Like x 4
  14. anggayasha M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Jun 21, 2008
    Messages:
    1,036
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +950 / -0
    Kasihan, setelah matipun masih saja jadi kontroversi....zzzzzzzzzzz
     
  15. doraemonix_under M V U

    Offline

    Beginner

    Joined:
    Jan 25, 2010
    Messages:
    233
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +746 / -0
    no comment;

    dia kan emang kontroversial :cerutu:
     
  16. saracen70 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Nov 17, 2008
    Messages:
    31
    Trophy Points:
    22
    Ratings:
    +15 / -0
    asal jgn disembah aja
     
  17. Rushpatee Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Aug 30, 2009
    Messages:
    2,707
    Trophy Points:
    251
    Ratings:
    +7,432 / -0
    Wah klo menurut pendapat gw sih agak sedikit nyeleneh tp bukan brarti salah..Mungkin patung budha yg dipake harusnya bukan Budha Maitreya..KAn ada budha tidur dll...Drpda pk itu terlalu memicu kontroversi ntar...
     
  18. riedjal Veteran

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 23, 2009
    Messages:
    3,591
    Trophy Points:
    252
    Ratings:
    +9,947 / -0
    jangan2 besok malah ada Gur Dur vesri disalib ... :tega: ...
    :piss::piss: ....


    tindakan seniman emang kadang sulit dimengerti .. selama bisa ngasih penjelasan yang masuk akal sih nggak masalah .. :rokok:
    tapi kebebasan berekspresi-pun ada batasnya ... hendaknya dipikirkan masak2 apa akibatnya di masa mendatang, baik pro maupun kontranya ... :rokok: ...
     
    • Like Like x 1
  19. callmefreek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 26, 2009
    Messages:
    69
    Trophy Points:
    21
    Ratings:
    +41 / -0
    di musyawarahkan lagi aja gan biar tar gak terjadi konflik berkepanjangan- pokoknya damai aja gan
     
  20. Kingform555 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Dec 12, 2009
    Messages:
    1,301
    Trophy Points:
    111
    Ratings:
    +387 / -0
    lampu di dadanya....jadi inget ama Ironman....
     
  21. hidey-holey M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 7, 2008
    Messages:
    12,340
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +23,720 / -0
    em, kalo sebelumnya udah dikonsultasikan ke yang mengerti agama buddha, kayae ga bakal jadi kontroversi,
    memang, spontanisme ya seperti ini jadinya, soalnya kalo ditahan2 idenyaudah kadung menguap keluar
     
Thread Status:
Not open for further replies.

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Di bangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.