1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  5. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  6. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Official Konsultasi Kesehatan Gigi & Mulut

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by _KinG_, Jul 23, 2010.

  1. esbuye Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Apr 28, 2010
    Messages:
    94
    Trophy Points:
    7
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3 / -0
    ane mau nanya nih ... sepertinya ane terkena pembengkakan kelenjar air liur CMIIW ...
    bawah lidah ane kan ada kayak kelenjar nya air liur ... itu bengkak ... bibir ane juga kering ... tenggorokan juga sakit ... seluruh rongga mulut jadi aneh rasanya ... seperti mati rasa tp cuma sedikit.

    obat atau perilaku apa yang bisa menyembuhkan pembengkakan ini ... dan juga ... faktor penyebab nya apa kok sampai terkena pembengkakan ini ...
     
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Pembengkakan kelenjar liur bisa disebabkan oleh karena luka kecil yang menyebabkan masuknya bakteri sehingga terjadi infeksi.

    Bisa juga disebabkan oleh karena pengkristalan senyawa kalsium dll yang terkandung dalam air liur sehingga menyumbat saluran keluarnya air liur.

    Bisa juga disebabkan oleh karena faktor usia, sehingga produksi air liur berkurang.

    Lebih baik kondisi anda di periksakan dulu ke dokter gigi Sp. PM (penyakit mulut) atau Sp. BM (bedah mulut) yang lebih berkompeten di bidang ini.

    Penanganannya juga bervariasi, bisa dari perawatan sederhana yaitu pemberian resep sampai perawatan lebih lanjut yaitu dilakukan pembedahan kecil. Semua itu juga tergantung dari kasus yang anda alami.

    Karena saya tidak dapat melihat kondisi yang sedang anda alami, maka lebih baik saya sarankan anda konsultasi ke dokter gigi yang telah saya jelaskan. Maaf bila info sya kurang membantu.

    Terima kasih
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Jan 28, 2014
  4. nikensepteria SUPERMOD
    GADIS MANJA

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    9,397
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +64,762 / -2
    Halo kak, mau tanya :malu
    Minggu kemarin saya habis scaling dan di kasih vitamin atau obat sama dokternya
    Nah saya baru minum sekali terus obatnya hilang jadi saya ga minum obat lagi
    Nah skrg gusi saya yg kiri sakit banget
    Apa karena efek ga makan obat ya kak?

    Terus saya harus minum obat apa sebagai gantinya, apa obat yg sama dijual dipasaran?

    Terima kasih :hmm:


    Sent from my iPhone using Tapatalk
     
  5. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Maaf, kalau boleh tahu, obat selain vitamin yang dikasih itu namanya / jenisnya apa ya?

    Karena setahu saya sehabis scaling biasa tidak perlu di ksh obat juga tidak masalah.

    Kalau untuk kasus yang berat, memang pemberian obat seperti antibiotik itu diperlukan.

    Bila anda lupa / tidak tahu jenis obat yang diberikan, saya sarakan lebih baik anda kembali ke dokter itu untuk meminta resep lagi. :D

    Maaf bila kurang membantu, karena saya tidak melihat kasusnya... Terima kasih
     
  6. nikensepteria SUPERMOD
    GADIS MANJA

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    9,397
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +64,762 / -2
    cuma 1 sejenis obatnya, warnanya putih dan kecil kecil diminum 2x1 hari..
    sempat makan sekali tapi besoknya hilang obatnya..

    kalo bukan gara2 scaling, biasanya kalo gusi yang mengempes dan jadi ngilu itu kenapa ya kak? :???:
    mungkin bisa dibantu :maaf:
     
  7. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Yang dimasud dengan mengempes dan jadi linu itu seperti apa ya? Baru denger hahahaha

    Atau mungkin yang anda maksud itu gusinya turun? Sehingga akar giginya terlihat.
     
  8. nikensepteria SUPERMOD
    GADIS MANJA

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    9,397
    Trophy Points:
    247
    Gender:
    Female
    Ratings:
    +64,762 / -2
    iya seperti itu kak, maaf kalo penjelasannya kurang jelas :maaf:
     
  9. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Kalau gusinya turun sehingga akar gigi terbuka dan menjadi ngilu. Itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.
    1. Oleh karena cara menyikat gigi yang salah

    2. Oleh karena penyakit pada jaringan penyangga gigi

    3. Oleh karena faktor usia (biasanya pada orang yang berumur 40th ++)

    4. Oleh karena tindakan perawatan yang dilakukan oleh dokter gigi (untuk kebaikan)

    Apa ada yang bisa saya bantu lagi? Terima kasih:D
     
    Last edited: Mar 6, 2014
  10. dim_asz Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    May 19, 2011
    Messages:
    42
    Trophy Points:
    6
    Ratings:
    +3 / -0
    gan salah satu gigi gue udah copot sampai ke akar akarnya..itu bisa di pasang gigi palsu gak ya...(gigi yang mirip aslinya..)
     
  11. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Gigi yang mirip asli nya yang bagaimana ya maksudnya?

    Hanya bentuk mahkotanya saja yang asli?
    Atau gigi yang di tanam itu maksud anda?

    Bisa ke dua duanya, cuma harus di lakukan pemeriksaan dulu. Apakah masih memungkinkan atau tidak. Setiap macam perawatan, ada indikasi dan kontraindikasinya. :)
     
  12. rizbung Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 11, 2012
    Messages:
    16
    Trophy Points:
    1
    Ratings:
    +5 / -0
    Tanya.. kalo buat ngilangin bau mulut gimana ya? rasanya juga udah sikat gigi teratur,, tapi ludah baunya masih ga enak,, .. mohon pencerahan...
     
  13. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Bau mulut penyebabnya bervariasi.
    1. Oleh karena karang gigi
    2. Oleh karena gigi berlubang
    3. Oleh karena jamur pada lidah
    4. Oleh karena kebiasaan merokok / mengkonsumsi makanan dan minuman yang berbau tajam (durian, kopi, dll)
    5. Pada orang yang mengalami gangguan pada lambung (maag) atau anorexia.
    6. Bisa juga pada orang yang memiliki kondisi (maaf) psikis yang berlebihan (tidak bau, tapi tetap mengatakan bahwa bau).
    7. Kurangnya konsumsi air putih yang menyebabkan mulut menjadi kering

    Cara menghilangkan nya,
    1. Rajin kontrol ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali (bisa hanya melakukan penambalan / membersihkan karang gigi / mencabut gigi yang sudah rusak).
    2. Setiap menyikat gigi, dibiasakan juga untuk menyikat lidah.
    3.Mengurangi konsumsi makanan yang berbau menyengat (pete jengkol, dll)
    4. Bila memiliki gangguan pada lambung sebaiknya konsultasikan ke dokter umum
    5. Bila memiliki gangguan (maaf) psikis, sebaiknya konsultasikan kepada psikiater
    6. Banyak mengkonsumsi air putih (8 gelas perhari)

    Maaf bila kata" saya kurang berkenan. Terima kasih
     
  14. sparkdix M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    Feb 6, 2011
    Messages:
    2,804
    Trophy Points:
    162
    Ratings:
    +1,224 / -0
    Dok, klo ada gigi yg rusak trus dcabut, apakah bisa dpasang gigi palsu untuk menggantikannya?
    ataukah dbiarin ompong aja? :???:
     
  15. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    tergantung kasusnya bro.
    harus di lihat dan dipelajari lebih dulu.

    kalau giginya rusak, perlu di cabut. tapi pencabutan itu diperlukan untuk menggerakkan gigi yang dibelakang / di depan (biasa pada kasus gigi yang sedang dalam perawatan menggunakan behel)
    itu tidak perlu.

    lebih baik konsultasikan saja ke dokter gigi terdekat ^^
     
  16. faza1994 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 20, 2014
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +81 / -0
    wah keren ada dokter gigi
    pak dokter mau naya dong?
    kenapa yah kok gigi saya gampang keropos ?
    terus gigi saya suka tiba tiba ngilu padahal gak makan dan minum aer dingin.
    mohon tanggepannya yah pak dokter
     
  17. faza1994 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 20, 2014
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +81 / -0
    oia dok mau nanya lagi hehe kalo gigi bengkak dengan ada nanahnya itu kenapa yah dok?soalnya saya pernah kayak gitu pas saya begadang . dan itu terjadi langsung tanpa saya harus tidur dulu langsung nongol tuh bengkak hehe itu kenapa yah dok?tolong tanggepannya yah dok
     
  18. grytviken Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Aug 30, 2012
    Messages:
    49
    Trophy Points:
    37
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +46 / -0
    gigi bengkak? maksudnya gusi bengkak & ada nanahnya?

    bisa jadi karena peradangan di gigi sekitarnya. saat ini/dulu pernah sakit gigi di dekat gusi yang bengkak?

    kalau iya,langsung saja ke drg terdekat untuk perawatan

    Sent from my BlackBerry using Tapatalk
     
  19. faza1994 Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Jan 20, 2014
    Messages:
    63
    Trophy Points:
    17
    Ratings:
    +81 / -0
    oh gitu yah hehehe terus bahaya gak kalo didiemin terus?
     
  20. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Gigi gampang keropos bisa jadi oleh karena 1. ada gangguan dalam proses pembentukan gigi.
    2. Serng mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung asam kuat.

    Apakah ngilunya saat terkena udara (bernafas)?
    Apakah linu nya pada gigi yang telah keropos tersebut?
    Apakah bila terkena makan / minuman yang manis juga linu?

    Apakah bengkaknya pada daerah gigi bawah paling belakang?
    Apakah bengkaknya berlanjut sampau sekarang atau hilang sendiri?
    Apakah bengkaknya pada daerah gigi yang berlubang?
     
  21. shinobi32 M V U

    Offline

    Forza Inter!

    Joined:
    Jul 31, 2008
    Messages:
    18,337
    Trophy Points:
    242
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +72,369 / -10
    iya gigi gw ud keropos lagi. ntr ke dentist ah. daripada makin ancuuuuurrrrr trus makin ompong :dead:
     

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.