1. Hai IDWS Mania, buat kamu yang ingin bebas iklan, cek hidden post, dan fitur lain.. kamu bisa berdonasi membership Gatotkaca di sini yaa~
  2. Silahkan Login atau Register, untuk melihat konten-konten menarik lainnya.
  3. Pengen ganti nama ID atau Plat tambahan? Sekarang bisa loh! Cek infonya di sini yaa!
  4. IDWS Radio is Back! Mau ngobrol seru bareng penyiar (announcer) atau mau ikutan jadi penyiar di IDWS Radio? Mau promoin lagu indie kamu? Bisaa!.Klik info lengkapnya di sini, kuy~.
  5. Terima kasih untuk kebersamaan komunitas selama hampir 12 tahun ini. Apa pengalaman menarikmu selama di IDWS? Apa saran, kritik, dan masukan kamu untuk IDWS? Tolong sampaikan di sini yaa~ Terima kasih.
  6. Tim staff IDWS mengajak dan memberikan kesempatan IDWS Mania bergabung dalam tim staff komunitas forum IDWS nih. Klik untuk info lengkapnya yuk~
  7. Pengen belajar jadi staff forum IDWS? Sekaran kamu bisa ajuin Moderator in Trainee loh!. Intip di sini kuy~

Official Konsultasi Kesehatan Gigi & Mulut

Discussion in 'Intensive Health Unit' started by _KinG_, Jul 23, 2010.

  1. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Gigi geraham merupakan gigi yang biasa digunakan untuk mengunyah. Menerima daya tekan yang besar dapat mengakibatkan bahan tambalan pecah. Komposit pun sekarang beraneka ragam, dimulai dengan ukuran partikel yang kecil sampai besar. Menggunakan komposit dengan partikel besar bagus untuk menerima daya kunyah, cuma dibandingkan dengan logam, masih lebih kuat logam. Sedangkan untuk porcelain. Porcelain sendiri terlalu kaku, memang porcelain bagus dalam hal warna, cuma untuk preparasi porcelain mengambil bagian gigi kita agak banyak agar tidak mudah pecah. Kalau solusi saya, sebaiknya memakai campuran porcelain fused to metal aja ^^ preparasi tidak terlalu sebanyak all porcelain, warna bagus, tetapi untuk daya tahan juga tidak sebagus full metal.

    Kalau anda laki" dan hanya mementingkan untuk pengunyahan, sebaiknya memakai metal saja. Lagipula daerah geraham jarang terlihat kan kalo berbicara ^^

    Sekian info dari saya ^^

    Sent from my GT-N7100 using Tapatalk 2
     
    • Like Like x 1
  2. Ramasinta Tukang Iklan





  3. abenx Administrator

    Offline

    Bastard Administrator

    Joined:
    Aug 12, 2008
    Messages:
    1,762
    Trophy Points:
    292
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +3,873 / -5
    Terima Kasih dok atas sarannya. Yang berarti akan menambah koleksi gigi logam saya. Baiklah, sepertinya bulan bulan depan baru saya akan pergi ke dokter gigi lagi.

    Terima kasih banyak yah.
     
  4. koyuki_fujiwara M V U

    Offline

    Gtop Shipper

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    1,415
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,558 / -0
    kakak mau tanya dunk gigi belakang yang paling belakang sendiri itu numbuhnya umur berapa sih?
    trus aku pernah denger klo saat tumbuh gigi belakang itu bisa sampe demam beneran gk tuh? kok ngeri ya?
    trus supaya gk kejadian demam gimana caranya?
    pengen tau aja, maaf merepotkan :D
     
  5. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Tumbuhnya gigi geraham paling belakang (geraham besar ke-3) biasa umur 18-25 tapi pada beberapa orang bahkan bisa lebih dari 25th.

    Rasa sakit ini, dapat timbul ketika proses gigi keluar menembus gusi yang menutupi gigi ini.

    Bisa juga pada kasus pertumbuhan rahang sudah terhenti, sehingga tidak di dapatkan tempat untuk keluarnya gigi tersebut sehingga gigi tersebut mendesak gigi sebelahnya.

    Letaknya yang tidak normal juga menyebabkan adanya celah diantara gigi geraham ini dengan gigi sebelahnya yang bisa menjadi tempat terselipnya makanan atau bakteri, sehingga susah untuk dibersihkan. bila hal ini terjadi, maka sisa makanan yang terselip dan susah dibersihkan ini dapat membusuk sehingga menyebabkan infeksi maupun lubang pada gigi tersebut.

    rasa sakit yang disebabkan oleh pertumbuhan gigi ini dapat menyebabkan nafsu makan berkurang, sehingga daya tahan tubuh turun dan bila ada infeksi sedikit bisa menjadi demam.
    tetapi hal ini sudah wajar dan sering dialami oleh semua orang.

    untuk pencegahannya, sebaiknya kontrol rutin ke dokter gigi untuk melihat perkembangan pertumbuhan gigi geraham paling belakang tersebut.
    bila terlihat tumbuhnya miring, sebaiknya konsultasikan ke dokternya untuk dilakukan operasi untuk pengangkatan gigi miring tersebut.
    misalnya tidak ada masalah dengan pertumbuhannya (tumbuh normal) sebaiknya bila sakit, berkumurlah dengan air garam hangat dan tetap konsultasikan ke dokternya ^^
     
  6. koyuki_fujiwara M V U

    Offline

    Gtop Shipper

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    1,415
    Trophy Points:
    192
    Ratings:
    +2,558 / -0
    Terimakasih kak atas infonya
    itu klo tumbuhnya miring bahayanya apa ya? kok sampai harus operasi segala?
    udah takut duluan begitu lihat kata operasi moga2 gak sampe kejadian deh kayak gitu T.T
     
  7. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Bahayanya banyak. Bisa menimbulkan nyeri pada salah 1 sisi muka (trigeminal neuralgia), bisa menimbulkan kista, bisa menyebabkan pleghmon (paling bahaya), dll. Tapi semua itu kita memang tidak mengharapkan terjadi. Sebaiknya dilakukan pencegahan dari awal lebih baik daripada sudah terjadi.

    Operasinya tidak terlalu beresiko kok. Ya emang lebih baik tidak terjadi hal seperti itu ^^
     
    • Like Like x 1
  8. phantomshadow63 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    769
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +47,899 / -1
    gan ane tny dong
    ane kn rajin gosok gigi sama gak ngrokok, tapi gigi ane kok tetep kuning ya gan??gak bisa putih kyk orang laen gitu
    ada gak caranya biar bisa teliat putih gitu gan??
    kali aja bisa jadi bintang iklan pasta gigi :P
     
  9. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Warna gigi bisa berubah oleh krn banyak hal. Ada yang dari dalam tubuh sendiri / dari luar. Mungkin anda memang tidak merokok, tapi mengkonsumsi teh, kopi, dll yang berwarna bisa menyebabkan perubahan warna pada gigi. Gigi yang berlubang, juga dapat menyebabkan perubahan warna.

    Nah, perawatan untuk merubah warna gigi ini juga tergantung dari kasusnya. Bila gigi berlubang, bisa dengan penambalan. Bila gigi berubah warna oleh karena makanan / minuman yang berwarna, bisa dilakukan bleaching.

    Sebaiknya, konsultasikan dulu ke dokter gigi terdekat, untuk mengetahui penyebab dan rencana perawatan yang terbaik untuk merubah warna gigi anda ^^

    Semoga keinginan anda tercapai ^o^v
     
  10. joineleeven M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 26, 2012
    Messages:
    4,066
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +21,199 / -0
    Geraham bungsuku udah dicabut 44nya malah. Yang geraham bungsu bawah waktu difoto panoramik (kalo ga salah namanya) udah melintang di salah satu saraf muka gitu, jadi harus dioperasi.

    Mau tanya dong, apa yg nyebabin email gigi menipis sih? Aku ke dokter gigi ya, baru buka mulut eeh udah dinasehatin (diomelin) jangan sikat gigi kenceng2, soalnya ktnya emailnya udah tipis. Apa faktor genetik?

    Thanks.
     
  11. phantomshadow63 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    769
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +47,899 / -1
    habis baca komeng diatas ane,jd pengen tny lg,,akibat gosok gigi yg tlalu kenceng tu apa ya gan??
    perasaan ane pernah denger kalo gosok gigi tlalu kenceng jg bisa bikin gigi kuning jg tu bener gak sih??
    soalnya sodara ane pernah komentar kalo ane gosok gigi kyk kenceng bgt
     
  12. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Akibat gosok gigi terlalu kenceng, bisa jadi sariawan, soalnya saking kencengnya sampe kebablasan hahahahaha

    Akibat gosok gigi terlalu kuat bisa menyebabkan lapisan terluar gigi yaitu email gigi menjadi terkikis. Bila berlanjut, maka lapisan email gigi ini bisa habis, dan terlihat lapisan ke 2 yaitu dentin. Nah dentin ini warnanya memang agak kekuningan.
    ^^
     
  13. joineleeven M V U

    Offline

    Post Hunter

    Joined:
    May 26, 2012
    Messages:
    4,066
    Trophy Points:
    187
    Ratings:
    +21,199 / -0
    Maksudnya terlalu ditekan saat sikat gigi, jadi drg ku bilang dilemasin aja, tapi disikat berulang2, lebih baik gitu.

    Yaah si cek ga sampe kebablasan juga kali :haha:
    Btw cek yang ktnya minum antibiotik waktu kecil kalo kebanyakan bisa bikin gigi kuning itu fakta apa mitos ya?
    Terima kasih.
     
  14. phantomshadow63 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Apr 12, 2010
    Messages:
    769
    Trophy Points:
    207
    Ratings:
    +47,899 / -1
    ooo bisa jadi...bisa jadi...ahahahh
    trus2 klo udah teliat dentinnya tu apa bisa balik putih lagi atau bisa agak kuning secara permanen gan??
    trus penanganannya gmn gan biar bisa putih lagi gitu??
     
  15. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    bila sudah terjadi seperti itu, perawatan yang menurut saya terbaik, antara di tambal atau di beri selubungi dengan mahkota yang bahannya dari porcelain / zirconia yang memiliki warna menyerupai gigi ^^
    tapi, lebih baik konsultasikan saja ke dokter gigi terdekat anda ^^
     
    • Like Like x 1
  16. Marco86 M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Mar 14, 2009
    Messages:
    1,811
    Trophy Points:
    212
    Gender:
    Male
    Ratings:
    +28,440 / -0
  17. imolo M V U

    Offline

    Senpai

    Joined:
    Nov 2, 2013
    Messages:
    5,776
    Trophy Points:
    112
    Ratings:
    +1,608 / -0
    misi nih sebelumnya saya mau tanya nih :maaf:
    apa kalo pake behel, terus kalo mau dilepas kawat dan yang nempel digigi itu suatu saat bisa dipake lagi? :???:
    maaf kalo nanya kurang penting, pengen tau nih :xiexie:
     
    • Like Like x 1
  18. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    maaf, bukan spesialisasi saya.
    tapi mungkin saya bisa membantu sedikit, sebaiknya konsultasikan saja ke dokter gigi terdekat anda ^^

    kalau saya bilang bisa.
    behel ditempelkan ke gigi menggunakan lem khusus yang berbeda dengan tambalan biasa.
    bila behel lepas dan ingin dipasang kembali, lem yang menempel di behel itu biasanya di bakar agar lepas.

    nah behel pun merk nya banyak tetapi tetap seperti kata orang-orang. "ada harga, ada kualitas".
    behel yang jelek, saat di bakar akan bengkok. bila sudah bengkok, jelas tidak mungkin di pasang lagi, harus ganti yang baru (untuk behel dari bahan metal)

    untuk behel dari bahan keramik (ceramic), bila di bakar, takutnya nanti berwarna hitam.

    maka dari itu banyak dokter gigi yang jarang memasang kembali behel yang telah lepas.

    untuk kawatnya, kawat bila dipakai terus menerus pasti akan berkurang kekuatannya.

    maaf bila info saya kurang berguna ^^
     
    • Like Like x 1
    Last edited: Dec 27, 2013
  19. renation89 M V U

    Offline

    Superstar

    Joined:
    Nov 21, 2009
    Messages:
    13,319
    Trophy Points:
    227
    Ratings:
    +27,363 / -2
    nanya dong :iii:
    ada ya yang namanya gigi buatan :???:
    itu maksudnya kayak gigi palsu ato ditanam gitu :???:
     
  20. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Wadow... Maaf saya juga kurang tau...
    Kata "gigi buatan" agak rancu.
    Yang namanya tambalan, mahkota, implan, gigi palsu lepasan. Itu semua termasuk gigi buatan. Karena fungsi dari semua itu adalah mengganti struktur gigi yang hilang dan mengembalikan fungsi gigi sebagaimana harusnya.
    Coba tanyakan lebih detailnya saja ke dokter gigi yang merawat anda dan mengatakan gigi buatan. ;)
     
  21. Periperi M V U

    Offline

    Lurking Around

    Joined:
    Feb 2, 2011
    Messages:
    538
    Trophy Points:
    147
    Ratings:
    +2,467 / -0
    Halo dokterr :hi:
    Saya mau tanya
    2 gigi seri depan saya kan pasang gigi palsu?
    Bisa ga dpasang gigi kawat?
    Soalnya gusi atas agak kedepan ato maju
    Bisa ga?
    Ato ada solusi lain buat gusinya geser kebelakang gituu? :xiexie:
     
  22. encek Members

    Offline

    Silent Reader

    Joined:
    Mar 1, 2009
    Messages:
    144
    Trophy Points:
    27
    Ratings:
    +108 / -0
    Tergantung kasusnya. Harus lihat dulu kondisi sekitarnya. Misalnya posisi gigi yang terlalu maju ke depan, bisa saja di pasang kawat (meski memakai gigi palsu). Tetapi misalnya hanya gusi aja yang terlalu kedepan, itu perawatannya juga pasti berbeda. Karena saya tidak melihat, saya sarankan. Lebih baik konsultasikan saja ke dokter gigi terdekat / langganan anda :D

    Maaf bila kurang berguna :p
     
    • Like Like x 2

Share This Page

About Forum IDWS

IDWS, dari kami yang terbaik-untuk kamu-kamu (the best from us to you) yang lebih dikenal dengan IDWS adalah sebuah forum komunitas lokal yang berdiri sejak 15 April 2007. Dibangun sebagai sarana mediasi dengan rekan-rekan pengguna IDWS dan memberikan terbaik untuk para penduduk internet Indonesia menyajikan berbagai macam topik diskusi.